Ragam

6 Tips Mencari Apartemen Murah di Jakarta Selatan

Sewa Apartemen di Jakarta Selatan? Bisa Murah!? Anggapan bahwa Jakarta Selatan adalah rumah bagi apartemen-apartemen premium, tidak sepenuhnya salah.

Dengan banyaknya pusat-pusat bisnis yang ada di Jakarta Selatan, jadi salah satu faktor meningkatnya harga sewa dan jual properti di kawasan ini.

Hal tersebut tentu merupakan kabar baik bagi investor.

Namun tidak bagi konsumen yang ingin menyewa apartemen murah di Jakarta Selatan dengan harga yang murah.

Mencari apartemen murah di Jakarta Selatan memiliki tantangannya tersendiri.

Meskipun sulit, untuk harga sewa apartemen di Jakarta Selatan yang relatif murah, tetap mungkin untuk dilakukan.

Berikut adalah tips dan trik yang bisa Anda ikuti jika ingin mendapatkan harga sewa apartemen murah di Jakarta Selatan.

Pilih Lokasi Apartemen di Luar Pusat Kota

Apartemen yang berada di pusat kota atau pusat bisnis Jakarta Selatan memang menawarkan segudang keuntungan.

Letak apartemen yang dekat pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga sarana transportasi adalah beberapa contoh keuntungan yang wajib ada pada apartemen-apartemen di lokasi premium Jakarta Selatan, seperti Kuningan dan Sudirman.

Bisa ditebak, apartemen-apartemen di lokasi ini mematok tarif sewa yang juga premium.

Contohnya di Kuningan, harga sewa termurah jatuh pada apartemen Taman Rasuna, dengan harga Rp5 jutaan per bulannya untuk unit 1 Bedroom.

Lain halnya jika Anda memilih apartemen di luar lokasi premium.

Di Jakarta Selatan sendiri, lokasi-lokasi yang dihuni apartemen tipe low-end ada di Kebayoran, Kalibata, Kebagusan dan Pasar Minggu.

Kisaran harga sewanya ada di angka 2-3 jutaan per bulan.

Pertimbangkan Apartemen di Dekat Fasilitas Transportasi

Menyewa apartemen murah di Jakarta Selatan akan percuma jika lokasi apartemen jauh dari fasilitas transportasi.

Apalagi jika Anda lebih sering menggunakan kereta, MRT atau moda transportasi umum lainnya ketika bekerja. Yang ada malah pengeluaran makin membengkak, akibat terlalu banyak menggunakan jasa taksi, ojek online atau yang lainnya.

Oleh karena itu, ketika berburu apartemen murah di Jakarta Selatan, perhatikan juga jaraknya dengan stasiun KRL, MRT atau jalan protokol yang strategis.

Apartemen-apartemen di Kalibata seperti Kalibata City dan Kalibata City Green Palace adalah contoh apartemen murah di Jakarta Selatan yang lokasinya dekat dengan stasiun, yakni stasiun Duren Kalibata.

Bijak Menentukan Ukuran dan Tipe Unit

Ukuran dan tipe unit sangat memengaruhi harga sewa apartemen di Jakarta Selatan.

Jika Anda melihat apartemen di Sudirman dan Kuningan, rata-rata menyewakan unit yang tidak kurang dari 1BR.

Seandainya ada unit studio yang disewakan, ukurannya tetap luas dan berada di kisaran 30 m2. Sangat berbeda dengan apartemen-apartemen murah di Jakarta yang unit studionya berukuran 19-21 m2.

Apabila Anda menginginkan harga sewa apartemen terjangkau di Jakarta Selatan, maka Anda perlu mempertimbangkan menyewa unit studio yang efisien.

Maksudnya, unit tidak terlalu luas, namun tetap kondusif untuk dijadikan hunian.

Anda mungkin akan kehilangan beberapa meter persegi di dalam unit apartemen, namun itu dapat menekan biaya sewa hingga beberapa juta lebih murah setiap bulan.

Misalnya saja unit studio di apartemen Tamansari Semanggi berukuran 31 m2 disewakan dengan harga Rp5.450.000 per bulannya.

Angka yang tidak jauh berbeda juga ditunjukkan apartemen Signature Park di Tebet. Unit studio di apartemen ini berukuran 28 m2 dan disewakan dengan harga Rp4.300.000 per bulan.

Coba bandingkan dengan unit studio di Kebagusan City. Ukurannya memang memiliki selisih kecil (23 m2), akan tetapi harga sewanya jauh berbeda, yakni Rp2.800.000 per bulan.

Jika Memungkinkan Pilih Unit Unfurnished

Unit full-furnished adalah unit yang sudah dilengkapi furniture.

Keuntungannya, penghuni tidak perlu lagi membeli perabotan, karena semua sudah tersedia di unit. Sedangkan unit unfurnished tidak demikian.

Unit unfurnished bisa Anda pilih jika sebelumnya Anda sudah memiliki perabotan di tempat tinggal yang lama.

Dengan memilih unit ini, Anda telah melakukan penghematan yang lebih jauh lagi dalam menyewa apartemen di Jakarta Selatan.

Sebagai contoh, sebelumnya unit studio full-furnished berukuran 23 m2 disewakan dengan harga Rp2.800.000 per bulan. Anda hanya perlu membayar Rp1.850.000 per bulan jika menyewa unit yang sama dalam kondisi unfurnished.

Cari Unit di Situs Properti atau Aplikasi Sewa Properti

Jangan hanya bergantung pada pencarian offline untuk menemukan unit murah di Jakarta Selatan. Manfaatkan juga platform jual beli atau sewa properti online.

Situs-situs ini biasanya dilengkapi dengan fitur filter, yang bisa Anda atur sendiri untuk memenuhi kebutuhan.

Misalnya Anda bisa memainkan filter harga untuk menyesuaikan budget dengan harga apartemen yang akan disewa. Selain itu manfaatkan juga filter lokasi, fasilitas dan lainnya untuk mencari karakteristik apartemen yang Anda inginkan.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi sewa properti untuk melihat listing-listing apartemen murah di Jakarta Selatan.

Aplikasi ini biasanya akan memberikan notifikasi bila ada listing baru yang mungkin belum Anda lihat.

Mencari Roommate

Konsep co-living akhir-akhir ini sedang menjadi tren terbaru untuk tinggal di hunian vertikal.

Keuntungan tinggal bersama roommate, Anda bisa membagi dua biaya sewanya agar lebih murah. Namun, tentu Anda memerlukan unit yang lebih besar jika ingin tinggal bersama roommate.

Unit studio tidak akan cocok jika ingin ditinggali bersama roommate. Unit-unit yang cocok ditinggali adalah tipe 2BR dan 3BR.

Jangan khawatir, meskipun harga sewanya akan jauh lebih mahal, Anda akan membaginya berdua, jadi terasa lebih ringan.

Sebagai contoh unit 2BR berukuran 33 m2 di apartemen Kalibata City Green Palace dihargai Rp4.550.000 untuk sewa per bulannya.

Anda bisa membayar lebih murah dengan harga Rp2.275.000 per bulan jika memutuskan untuk tinggal bersama roommate di apartemen ini.

Nah, itu tadi beberapa tips bagi Anda yang ingin mencari sewa apartemen di Jakarta Selatan dengan harga yang terjangkau.

Banyak jalan menuju Roma, begitu juga dengan pencarian apartemen murah di Jakarta Selatan. Yang perlu dilakukan adalah up-to-date dengan segala informasi yang muncul, terlebih soal listing terbaru apartemen di Jakarta Selatan.

[VIDEO] Cara Mudah Mencari Sewa Apartemen Murah Di Jakarta Selatan

Artikel ini tayang pada kategori Lifestyle, dan kedepannya saya akan lebih banyak membahas postingan gaya hidup. Apalagi di era sekarang ini. Saya pikir itu perlu.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

9 Comments

  1. Pernah ditawarin kerja di Jakarta Selatan inhouse di sebuah perusahaan apps developer sebagai digital marketing, hanya saja saya tolak karena berbagai pertimbangan. Kalau masalah gaji tidak masuk pertimbangan, hanya saja bingung apakah bawa istri dan anak atau sendiri doang. Belum lagi saat itu aku gak tau daerah jakarta selatan, dan gaya hidup di sana, alhasil aku tolak tawaran yang menggiurkan itu.

    Seandainya 2 taun lalu aku mengenal jendela360 pasti udah tinggal di Jakarta, dan kerja di sana, namun begitu apa yang sekarang harus aku syukuri. Mungkin lain kali, ketika akan tinggal di luar kota aku akan cari referensi tempat tinggal apartemen dari jendela360.

    Sungguh tips mencari apartemen dari ulasan ini sangat menambah wawasan, selanjutnya bakal ikutin tipsnya nih, makasih ya infonya bang.

    1. Terimakasih sudah blogwalking yooo.
      Iya, kadang penyesalan itu terlambat. Bisa jadi rezekinya ada lagi nanti itu. Slow ya kan..

      1. Ya benar, Bang. Apartemen saat ini memang menjadi primadona di kota besar seperti Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

        Sudah menjadi kebutuhan hunian tinggal yang layak dengan harga cukup terjangkau juga. Lokasi yang strategis, apa lagi berada di dekat kantor, kampus, swalayan dan sarana transportasi umum.

        Lengkaplah apartemen jadi solusi utama atas kebutuhankan masyarakat kota saat ini.

        Jendela360 sebagai startup, sejauh ini juga sudah memberikan penawaran yang baik untuk kemudahan mencari rekomendasi apartemen yang sesuai dengan kebutuhan.

        Semoga pelayanan yang diberikan dapat lebih berkembang hingga daerah potensial lainnya. Salam sukses

  2. Jaksel emang udah jadi pusat start up sekarang, banyak juga perusahaan yang berdiri d jaksel. Apalagi yang buat apartemen di daerah jaksel juga banyak…

    Pernah sih ke jaksesl waktu ada event start up d sana. Suasananya juga masih bisa di bilang lebih hijau dari jakpus ( jakarta pusat)

    1. Weeessss. Semoga startupnya Bang Eko semakin membahanaaaa, ditunggu gebrakannya ya..

  3. Apa dayaku bang blahe, makan masi pkek telur ceplok, mana bisa tebelik apartemen walaupun murah hmmm, piye iki kang

  4. jadi pengen punya apartemen juga nih suatu hari.

    terima kasih tipsnya bang, bisa di save untuk dipelajari jika ada kawan yang ingin membeli apartemen nantinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button