Teknologi

Solusi Untuk Podcaster Pemula, Gunain 9 Aplikasi Podcast Terbaik Ini

Aplikasi podcast terbaik tentunya dibutuhkan bari para podcaster untuk menjalankan kegiatannya.

Bagi Anda yang berminat untuk mulai mendengarkan beragam informasi di podcast, atau malah ingin membuat konten sendiri tapi bingung karena tidak tahu harus mulai darimana?

Beberapa aplikasi podcast di bawah ini bisa menjadi solusinya :

Castbox

Aplikasi ini mempunyai lebih dari sejuta koleksi podcast dari berbagai sumber, termasuk iTunes.

Menariknya, Castbox juga mendukung hingga 70 bahasa yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Aplikasi satu ini dapat Anda download secara free, dan tanpa iklan.

Anchor

Mungkin sudah banyak dari Anda yang pernah mendengar aplikasi satu ini, bukan? Anchor memang cukup familiar di berbagai kalangan. Selain untuk mendengarkan podcast, Anda juga dapat membuat konten pod sendiri via Anchor.

Membuat siaran melalui aplikasi ini bukan hanya bisa menjadi cara menyalurkan hobi Anda. Namun juga dapat membantu menghasilkan uang tambahan. Kalau berminat, bisa langsung mengunduh Anchor melalui App Store atau Play Store.

Anchor menawarkan unlimited hosting sehingga pengguna dapat merekam audio kemudian mempublikasikannya ke berbagai platform, seperti Google Podcasts dan iTunes. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengimpor audio ke device lain untuk di upload.

Podbean

Meskipun kurang populer apabila dibandingkan dengan aplikasi lain, namun Podbean tetap layak untuk dicoba. Ada beragam koleksi podcast disini yang sudah ditata dalam kategori rapi. Jadi, Anda dapat berlangganan memilih channel favorit.

Podbean juga mempunyai fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan audio dengan beragam efek berbeda. Hal ini dikarenakan Podbean di support Amazon Alexa, dan Chromecast. Jadi, dijamin tidak akan membuat penggunanya merasa kecewa.

Google Podcasts

Sejauh ini ada 3 aplikasi Google yang memiliki support terhadap pod. Tapi yang menjadi andalan sampai sekarang adalah Google Podcasts.

Di samping menawarkan tampilan yang simpel dan gampang dimengerti, aplikasi ini juga dibekali library super lengkap.

Di Google Podcasts, Anda bisa download mana yang disukai dan mendengarkannya kapan saja.

Proses pencarian kategori yang dilakukan Google Podcasts ini berdampingan dengan Google Assistant, dan Google Search App, jadi sangat recommended sekali.

Podcast Addict

Aplikasi Podcast Addict adalah kebalikan dari Podbean, dengan kata lain sangat populer. Selain koleksi konten pod, ada juga siaran radio streaming, audio book, dan sebagainya. Menariknya, aplikasi ini bahkan mempunya support saluran Twitch, dan YouTube.

Keuntungan lain dari menggunakan Podcast Addict adalah karena dibekali bermacam-macam fitur menarik. Jadi, Anda bisa memutarnya dalam format Mp3. Di samping itu, aplikasi satu ini juga dilengkapi integrasi speaker SONOS.

Pocket Casts

Bagi pengguna perangkat ponsel pintar berbasis Android, Pocket Casts bisa jadi pilihan terbaik. Aplikasi premium ini menawarkan berbagai hal menarik yang pasti akan Anda sukai. Salah satunya adalah kemampuan sinkronisasi dengan berbagai perangkat.

Ada juga fitur playback yang bakal memanjakan Anda. Pada awal tahun 2019 lalu, Pocket Casts mengupgrade tampilannya menjadi lebih kekinian sehingga lebih enak dipandang. Untuk menggunakan aplikasi ini, maka Anda tinggal mengunduhnya di Playstore.

Podcast Go

Aplikasi ini bisa dibilang masih baru, namun fitur yang ditawarkan tidak kalah bagus dengan aplikasi lain yang sudah lebih senior. Dengan Podcast Go, Anda bisa download, mempercepat pemutaran, mengatur timer, dan lainnya.

Hadir dengan mengusung tampilan desain UI yang apik, Podcast Go memiliki koleksi ratusan ribu konten yang dapat Anda subscribe dengan mudah. Hal ini tentu akan mempersingkat waktu Anda untuk menemukan kategori yang disukai di waktu selanjutnya.

Spotify

Penikmat musik tentu sudah sangat mengenali aplikasi satu ini. Tapi sudah tahukah Anda kalau Spotify juga bisa digunakan untuk membuat serta menyiarkan pod? Selain itu, pengguna juga bisa mendengarkan beragam podcast menarik disini.

Meskipun Spotify ini bisa di download secara gratis, tapi jangan kaget kalau tiba-tiba ada iklan yang numpang lewat saat Anda sedang asik mendengarkan materi. Namun pastinya masih tetap worth to use.

Spreaker Studio

Apabila tertarik untuk terjun di dunia podcasting, Anda juga bisa menjadikan Spreaker Studio sebagai pilihan. Setelah audio selesai direkam, Anda dapat langsung mempublikasikanya secara live, atau share ke media sosial. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur efek suara.

Demikian ulasan mengenai aplikasi podcast terbaik yang bisa Anda gunakan.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button