Teknologi

Apa Itu Artificial Intelligence?

Apa Itu Artificial Intelligence? Mungkin pertanyaan ini sudah tidak asing dan bisa jadi Anda juga pernah mengajukannya. Sebab, istilah artificial intelligence atau AI sekarang memang banyak digunakan.

Selain itu, penggunaannya juga dinilai sangat membantu dalam kehidupan manusia.

AI merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam teknologi, terutama mengarah kepada mesin atau komputer dan sangat kompleks.

AI saat ini tengah gencar dikembangkan untuk berbagai lini kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, industri, dan lain sebagainya. AI atau kecerdasan buatan dibuat oleh para ahli dengan tujuan baik demi kemaslahatan masyarakat dunia pada umumnya.

Cara kerja kecerdasan buatan adalah dengan meniru kecerdasan manusia, sehingga dapat melakukan berbagai tugas atau kegiatan yang mulanya hanya bisa dilakukan manusia. Oleh sebab itu, AI merupakan hal yang sangat kompleks.

Bagi Anda yang masih penasaran mengenai artificial intelligence ini, kami memiliki beberapa informasi terkait hal tersebut. Mulai dari pengertian, sejarah, juga manfaatnya bagi kehidupan manusia. Silakan simak uraian berikut ini.

Mengenal Apa Itu Artificial Intelligence (AI)

Istilah AI saat ini sangat sering disebutkan dan mengundang rasa penasaran, terutama bagi yang belum memahami apa sebenarnya maksud dari hal tersebut. Jika digambarkan dengan singkat AI merupakan teknologi kecerdasan buatan yang dibuat oleh manusia.

Teknologi ini dibuat dengan tujuan yang baik, yaitu untuk membantu manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Pembuatan kecerdasan diatur dan dikembangkan dalam konteks ilmiah dan ditambahkan ke dalam suatu sistem teknologi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa apa Itu Artificial Intelligence adalah suatu pengetahuan atau sistem teknologi buatan manusia yang dibuat untuk mempermudah kegiatan manusia. Saat ini telah dikembangkan di berbagai bidang kehidupan.

Pengembangan dan pengaturan AI dibuat menggunakan teknologi mesin atau komputer dengan tujuan membantu penyelesaian pekerjaan manusia. Terutama jenis pekerjaan sulit yang biasanya memerlukan tenaga besar atau waktu kerja panjang.

Intinya, kecerdasan buatan adalah sebuah tiruan dari kegiatan yang dilakukan manusia sehingga dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan bertujuan membantu mempercepat serta mempermudah pekerjaan.

Sejarah Perkembangan Artificial Intelligence di Dunia

Jika menilik sejarahnya, AI dimulai pada musim panas di tahun 1956. Jadi, sebenarnya bukanlah barang baru dalam dunia teknologi. Hanya saja, beberapa tahun belakangan ini perkembangannya memang sangat pesat.

Di tahun 1956 mungkin belum banyak orang bertanya mengenai, apa Itu Artificial Intelligence. Sebab memang baru mulai dikembangkan oleh para pakar komputer dan peneliti dari berbagai akademi di Dartmount College.

Pembahasan awal yang dilakukan para ahli ini adalah mengenai potensi komputer dalam rangka menirukan atau mensimulasikan kepandaian manusia. Nama-nama ahli yang terlibat adalah Allen Newell, Herbert Simonm Marvin Miskey, Oliver Selfridge, dan John McCarthy.

Orang-orang inilah yang menjadi tonggak sejarah kecerdasan buatan sehingga manfaatnya dapat dinikmati saat ini. Di akhir tahun 1970-an pengembangan secara penuh dilakukan dan hasil pengembangan kecerdasan buatan mulai dipasarkan.

Mulanya, difokuskan untuk menciptakan sistem komputer yang meniru proses berpikir manusia dalam menyelesaikan permasalahan umum saja. Namun, kini perkembangannya makin pesat, cepat, dan luas.

Manfaat Artificial Intelligence Bagi Kehidupan Manusia

Pembuatan AI pada hakikatnya memang untuk membantu kehidupan manusia. Agar perkerjaan menjadi lebih ringan dan cepat. Berikut beberapa manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh manusia:

Kemudahan dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Adanya kecerdasan buatan memang sangat membantu kehidupan manusia, bukan hanya dalam satu bidang saja, tapi hampir semua bidang. Tujuannya adalah meringankan beban sehingga kehidupan menjadi lebih mudah.

Bidang-bidang yang saat ini menjadi fokus perkembangan AI adalah teknologi, industri, kesehatan, dan pendidikan. Karena bidang-bidang ini merupakan bidang penting dalam perkembangan kehidupan manusia.

Adanya Bantuan Menyelesaikan Masalah Cepat dan Konsisten

Apa Itu Artificial Intelligence, yaitu bantuan penyelesaian permasalahan dalam berbagai bidang. Terutama memberikan kecepatan kerja sehingga membuat manusia dapat menghemat waktu.

Selain itu, juga konsisten artinya dapat melakukannya secara terus menerus setelah perintah dari manusia diberikan atau bisa dikatakan bekerja otomatis. Jadi, hanya perlu satu perintah dan AI akan melaksanakannya.

Penyelesaian Masalah yang Tidak Dapat Diselesaikan Secara Konvensional

Banyak permasalahan yang solusinya tidak dapat diselesaikan secara konvensional. Misalnya, pembuktian beberapa teorema yang selama ini belum bisa diketahui kebenarannya.

Atau hal-hal terkait pekerjaan industri, pendidikan, maupun dunia kesehatan. Terutama untuk membantu dalam memberikan solusi yang sebelumnya sulit atau tidak bisa dipecahkan manusia.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Manfaat kecerdasan buatan berikutnya adalah bantu tingkatkan produktivitas, karena AI dapat mempersingkat waktu pekerjaan dengan minimal error. Misalnya pengerjaan produksi di pabrik.

Dengan adanya kecerdasan buatan ini, pekerjaan yang dulunya membutuhkan waktu berhari-hari bisa dikerjakan dalam hitungan jam. Sehingga sangat menguntungkan, terutama apabila digunakan di dunia industri.

Kesimpulannya, kecerdasan buatan dibuat oleh manusia untuk meniru kecerdasan manusia, misalnya dalam berpikir dan melakukan sebuah pekerjaan. Tujuannya agar pekerjaan tersebut dapat dikerjakan lebih efisien.

Baca : Apa Itu Metaverse?

Pemanfaatan kecerdasan buatan saat ini dilakukan di berbagai bidang kehidupan manusia dan terus dikembangkan oleh para ahli. Jadi, sangat wajar apabila Anda mengetahui apa Itu Artificial Intelligence sehingga tidak ketinggalan perkembangan teknologi dunia.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button