Marketing

Volume Penjualan Meningkat Dengan Bauran Pemasaran 7P

Dalam pengelolaan bisnis, strategi pemasaran memiliki peran penting dalam kesuksesan bisnis. Bauran pemasaran menjadi strategi yang banyak dipilih oleh pebisnis. Bauran pemasaran menurut para ahli merupakan strategi yang cukup menjanjikan.

Strategi tersebut merupakan padanan kata dari istilah bahasa Inggris, marketing mix.

Bauran pemasaran dapat dilakukan dalam beberapa cara serta memiliki fungsi dan konsep khusus.

Apa Itu Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang berupa gabungan selaras dari berbagai elemen marketing yang ditujukan untuk meraih tujuan pemasaran yang sudah ditargetkan. Marketing mix juga merupakan landasan yang paling mendasar dari suatu bisnis.

Istilah ini pertama kali muncul pada tahun 1948 dan diperkenalkan oleh Neil Borden. Ia adalah seorang profesor dalam bidang marketing dari Harvard University. Namun, marketing mix sebenarnya bukan murni pemikirannya.

Profesor ini memperkenalkan istilah marketing mix setelah memperoleh membaca jurnal karya Prof. James Culliton, yang juga merupakan koleganya di Harvard. Namun, konsep bauran pemasaran yang saat ini diterima secara luas adalah konsep milik Jerome McCarthy.

Meski telah dikenalkan sejak lebih dari setengah abad lalu, bauran pemasaran tetap dapat diaplikasikan pada bisnis masa kini. Marketing mix juga cocok untuk berbagai jenis dan ukuran bisnis.

Bauran pemasaran menurut para ahli merupakan strategi pemasaran yang mampu memberikan banyak manfaat kepada para pelaku bisnis. Dengan mempraktekkan strategi ini, mereka akan mampu mencapai target pemasaran dan penjualan dengan lebih efektif dan efisien.

Pengertian Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli

Ahli dalam bidang pemasaran memiliki pendapat beragam tentang bauran pemasaran. Di bawah ini beberapa pengertian bauran pemasaran menurut para ahli:

Buchari Alma

Buchari Alma (2005:205) berpendapat bahwa bauran pemasaran ialah strategi yang mengkombinasikan beragam kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal dengan harapan bahwa hasil yang paling memuaskan akan diperoleh.

Sumarmi dan Suprihanto

Pada tulisannya yang diterbitkan pada tahun 2010, Sumarmi dan Suprihanto mengemukakan pendapatnya tentang marketing mix. Pengertian bauran pemasaran menurut para ahli ini adalah : Kombinasi variabel yang merupakan inti dari marketing, yaitu harga, distribusi, promosi, dan produk.

Definisi marketing mix di atas juga dapat dipahami sebagai kumpulan beragam variabel yang dapat diterapkan oleh pelaku bisnis guna mempengaruhi tanggapan konsumen.

Kotler dan Armstrong

Pengertian bauran pemasaran menurut para ahli yang paling sering dikutip dalam makalah dan karya ilmiah lainnya adalah pengertian milik Kotler dan Amstrong.

Menurut Kotler dan Armstrong (1997:48), bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikontrol, meliputi produk, promosi, distribusi, dan harga, yang dipadukan oleh pelaku bisnis guna memperoleh respon yang diinginkan dari target market.

Sofjan Assauri

Pengertian bauran pemasaran menurut Sofjan Assauri (2013:12) adalah kombinasi kegiatan inti yang ada pada sistem pemasaran yang dapat dikendalikan untuk mempengaruhi reaksi konsumen atau pembeli.

Dhaimesta dan Iwan

Dhaimesta dan Iwan (2000:74) berpendapat bahwa bauran pemasaran adalah berbagai variabel yang digunakan oleh para pelaku bisnis sebagai sarana untuk melayani dan memenuhi kebutuhan serta keinginan konsumen.

Gugup Kismono

Pengertian marketing mix menurut Gugup Kismono (2001:308) adalah gabungan kegiatan atau variabel yang merupakan inti dari pemasaran dan terdiri dari produk, tempat, harga, dan promosi.

Stanton

Stanton (1978) berpendapat bahwa bauran pemasaran adalah kombinasi 4 variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran, yang meliputi harga, kegiatan promosi, distribusi, dan produk.

Fungsi Bauran Pemasaran

Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi fisik berkaitan dengan pengangkutan serta penyimpanan produk selama periode tertentu. Produk dari produsen disediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karenanya, produk tersebut diangkut ke berbagai area tempat konsumen berada melalui jalur darat, laut, atau udara.

Distribusi fisik dari suatu produk ini tidak langsung sampai ke tangan konsumen akhir. Produk perlu disimpan di gudang terlebih dahulu sebelum didistribusikan ke pedagang besar dan pengecer. Tujuan pengendapan produk ini adalah untuk menjaga pasokan produk tetap aman.

Jika pasar kelebihan atau kekurangan suatu produk, maka harga produk tersebut akan mengalami perubahan. Hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi produsen.

Fungsi Pertukaran

Dalam bauran pemasaran, terjadi proses transfer kepemilikan dari produsen ke konsumen. Proses pertukaran ini dilakukan dengan cara menukar uang dengan barang atau barang dengan barang oleh konsumen dan produsen. Dengan begitu, kegiatan jual beli pun terjadi pada proses ini.

Fungsi Perantara

Fungsi perantara ini diartikan bahwa pemasaran adalah perantara antara produsen dan konsumen. Bauran pemasaran menurut para ahli adalah suatu media yang berfungsi menyampaikan produk dari produsen ke konsumen.

Fungsi perantara ini merupakan penghubung antara fungsi distribusi fisik dan fungsi pertukaran. Dalam melakukan fungsi perantara, pelaku bisnis akan melakukan berbagai kegiatan, misalnya proses pembiayaan, proses pengelompokan produk, dan proses pencarian informasi.

Manfaat Bauran Pemasaran

Selain memiliki tiga fungsi di atas, bauran pemasaran juga memberi berbagai manfaat bagi pelakunya. Di bawah ini beberapa manfaat bauran pemasaran menurut para ahli.

Menyederhanakan Kegiatan Pemasaran

Marketing mix membantu pelaku bisnis untuk menyederhanakan kegiatan pemasaran yang perlu mereka lakukan. Melalui bauran pemasaran, mereka dapat menyatukan atau menggabungkan berbagai kegiatan pemasaran sehingga mereka mampu mengelolanya dengan lebih mudah.

Membantu Menganalisa Keuangan

Bauran pemasaran menurut para ahli dapat membantu pelaku bisnis untuk menganalisa keuangan dengan lebih mudah. Dalam menjalankan suatu bisnis, pelaku bisnis perlu mengetahui apakah arus biaya serta pendapatan sesuai dengan kondisi yang terjadi.

Ketika mengkombinasikan banyak variabel pemasaran, pelaku bisnis dituntut untuk mampu mengalokasikan keuangan dengan baik agar tetap dapat membiayai banyak kegiatan atau kebutuhan pemasaran dan memperoleh keuntungan.

Jika pelaku bisnis sering melakukan hal di atas, kemampuan mereka dalam menganalisa keuangan akan meningkat. Alhasil, mereka dapat melakukan analisa keuangan dengan mudah.

Alokasi Sumber Daya yang Lebih Efisien

Kebanyakan bisnis pada umumnya memiliki sumber daya yang terbatas yang mengharuskan pelaku bisnis untuk mengalokasikan sumber tersebut dengan efisien dan efektif.

Ketika menerapkan konsep bauran pemasaran, pelaku bisnis akan tahu semua elemen pemasaran yang perlu diterapkan. Dengan demikian, mereka dapat mengalokasikan sumber daya sesuai dengan elemen tersebut sehingga pengalokasiannya lebih efisien dan efektif.

Alokasi Job Desk Secara Tepat

Bauran pemasaran menurut para ahli dapat meningkatkan skill pelaku bisnis dalam pengalokasian tanggung jawab pemasaran secara tepat. Marketing mix mengharuskan pelaku bisnis untuk membagi tugas pemasaran dengan tepat dan seimbang.

Penyatuan berbagai elemen pemasaran akan memunculkan job desk yang beragam. Untuk itu, pelaku bisnis perlu membagi job desk sesuai dengan kemampuan stafnya. Jika hal ini sering dilakukan, skill pebisnis dalam mengalokasikan job desk secara tepat akan meningkat.

Memfasilitasi Proses Komunikasi

Selain membantu pelaku bisnis mengalokasikan job desk, bauran pemasaran dapat membantu pelaku bisnis untuk belajar menyatukan komunikasi antara semua staf atau divisi. Dengan komunikasi yang padu ini, tentu kegiatan internal bisnis dapat berjalan dengan baik.

Makalah Bauran Pemasaran

Mahasiswa manajemen pemasaran pasti akan memperoleh tugas membuat makalah bauran pemasaran.

Tugas membuat makalah ini pada umumnya memiliki bobot nilai yang besar. Oleh karena itu, mahasiswa perlu menuliskannya dengan maksimal.

Beberapa tips di bawah ini dapat dicoba agar memperoleh nilai maksimal:

1. Pilih Topik Bauran Pemasaran Terkini

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menulis makalah bauran pemasaran adalah menentukan topik. Pemilihan topik bauran pemasaran terkini dapat membuat makalah memiliki bobot yang lebih baik dari makalah dengan topik lawas.

2. Gunakan Judul Makalah Bauran Pemasaran yang Menarik

Setelah menentukan topik makalah, Anda perlu menentukan judul makalah. Judul yang menarik akan membuat orang tertarik untuk membacanya. Judul tersebut juga akan menambah nilai plus dari makalah tersebut.

3. Gunakan Sumber Referensi Terbaru

Penggunaan sumber referensi terbaru akan menambah nilai makalah bauran pemasaran anda. Untuk memperolehnya, Anda tentu harus menghabiskan banyak waktu di perpustakaan guna membaca sumber pustaka yang sesuai dengan topik.

Anda juga perlu membaca jurnal-jurnal online terbaru, baik nasional ataupun internasional. Dari jurnal ini, Anda biasanya akan lebih mudah menemukan sumber referensi daripada membaca buku perpustakaan.

4. Tulis Makalah dengan Bahasa yang Baik dan Benar

Makalah yang baik memiliki penulisan yang baik pula. Oleh karenanya, penggunaan bahasa yang baik dan benar sangat penting dalam penulisan karya tulis ini. Hal sepele seperti salah ketik harus dihindari.

Selain itu, Anda juga perlu mengacu pada penulisan makalah lain dan kamus bahasa dalam menulis makalah bauran pemasaran. Setelah penulisan selesai, jangan lupa untuk membaca kembali dan mengedit makalah anda.

5. Jangan Lupa Perhatikan Format Makalah

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah format makalah bauran pemasaran yang Anda tulis. Pastikan bahwa makalah Anda memiliki format seperti makalah ekonomi pada umumnya.

Contoh Judul Makalah Bauran Pemasaran

Beberapa contoh judul makalah bauran masalah yang baik adalah:

  • Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk X
  • Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk X
  • Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penggunaan Jasa Perhotelan
  • Bagaimana Penerapan Bauran Pemasaran dalam Bisnis Online

Bauran Pemasaran 7p Menurut Para Ahli

Bauran pemasaran menurut para ahli terbagi dalam 2 model. Salah satunya adalah bauran pemasaran 7p. Model marketing mix ini terdiri dari 7 elemen pemasaran dan terbilang lebih modern karena telah mengalami perkembangan. Tokoh yang merancang model ini adalah Jerome McCarthy

Marketing mix 7p lebih cocok untuk bisnis di bidang jasa.

Namun, pelaku bisnis mungkin tetap perlu melakukan penyesuaian berdasarkan bisnis yang mereka jalankan.

Pada umumnya, 7 elemen yang terdapat dalam model marketing mix ini adalah:

Product

Produk layanan yang ditawarkan oleh perusahaan jasa harus memenuhi tiga parameter utama. Parameter tersebut adalah memenuhi kebutuhan pelanggan, memberi manfaat kepada pelanggan, dan dapat memuaskan pelanggan.

Jika produk layanan tidak dapat memenuhi semua parameter tersebut, produk akan memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk laku di pasaran. Hal ini terjadi karena sejatinya pelanggan mementingkan manfaat dari produk layanan yang mereka beli.

Price

Harga perlu ditetapkan dengan penuh pertimbangan karena memiliki peran yang sangat penting dalam pemasaran produk layanan. Harga harus sesuai dengan pelayanan yang diberikan, biaya yang dikeluarkan dalam memberikan pelayanan, pasar yang dituju, dan harga pesaing.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga adalah bauran produk layanan. Penetapan harga yang tepat dapat memberi pengaruh positif pada pendapatan total dari perusahaan jasa.

Place

Elemen lain dari 7p bauran pemasaran menurut para ahli adalah place atau tempat. Variabel ini berkaitan dengan pemilihan tempat dimana pelaku bisnis akan menjual layanan. Dalam memilih tempat usaha, pelaku bisnis sebaiknya memilih tempat yang strategis.

Tempat usaha yang mudah diakses oleh pelanggan akan memberi dampak positif pada bisnis. Di sisi lain, pelaku bisnis juga harus mempertimbangkan biaya sewa tempat usaha karena tarif sewa tempat usaha strategis biasanya lebih mahal.

Promotion

Elemen pemasaran ini berkaitan dengan periklanan, teknik penjualan, dan marketing. Promosi dapat dilakukan dengan cara modern ataupun tradisional. Manapun cara yang dipilih, pesan yang disampaikan harus dapat sampai ke konsumen dan memberikan efek yang diinginkan.

Agar promosi berjalan efektif dan efisien, pelaku bisnis perlu melakukan promosi pada orang, waktu, dan tempat yang tepat. Untuk itu, mereka harus memahami audiens melalui market segmentation.

People

People yang dimaksud di sini adalah staf atau sumber daya manusia dari suatu bisnis. Bagi perusahaan jasa, memiliki staf yang berpengalaman, kompeten, dan mampu memberikan pelayanan yang baik adalah suatu keharusan.

Staf dengan kinerja yang sangat baik akan mendorong first time buyer menjadi pelanggan loyal dan pelanggan lama tetap kembali menggunakan layanan yang diberikan. Mereka tidak hanya membawa kebaikan dalam internal perusahaan, tapi juga menciptakan citra positif perusahaan.

Process

Apa yang dimaksud proses dalam aspek 7p ini adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam penyampaian layanan atau jasa. Beberapa hal yang masuk dalam elemen ini adalah sistem pembayaran, pengelolaan hubungan pelanggan, dan sistem distribusi.

Semua rangkaian kegiatan tersebut harus dilakukan dengan pertimbangan budget. Sebaiknya proses yang dijalankan memakan biaya sesedikit mungkin, tapi memberi manfaat maksimal bagi konsumen.

Physical Evidence

Bukti fisik atau physical evidence dapat membuat konsumen yakin bahwa suatu perusahaan tersebut legal, benar-benar ada, dan dapat dipercaya. Physical evidence dapat berupa nota, brosur, dan kemasan.

Selain itu, cara lain untuk menunjukkan physical evidence dari sebuah bisnis dapat dilakukan dengan cara memiliki website, punya social media presence, logo, dan dekorasi tempat usaha nyaman dan mendukung eksistensi bisnis.

Bauran Pemasaran 4p Menurut Para Ahli

Model bauran pemasaran 4p sebenarnya muncul lebih dahulu dari model bauran pemasaran 7p. Model 4p tersebut hanya terdiri dari 4 elemen pemasaran, yang bisa dikatakan sebagai elemen yang paling mendasar.
Keempat elemen tersebut adalah:

Produk

Produk merupakan elemen bauran pemasaran yang paling utama. Tanpa produk, maka elemen lain, seperti harga, promosi, dan tempat distribusi tidak akan muncul. Dalam bauran pemasaran, terdapat istilah bauran produk.

Istilah tersebut mengacu pada semua rangkaian produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Produk mencakup fitur, kualitas, variasi produk, layanan, pengembalian, garansi, ukuran, kemasan, dan nama brand.

Price

Price atau harga adalah nilai uang yang perlu dibayar oleh pelanggan untuk memiliki suatu produk yang diproduksi dan ditawarkan perusahaan. Elemen price pada bauran pemasaran 4p memiliki kaitan erat dengan banyaknya pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan.

Harga suatu produk diibaratkan sebagai pedang bermata dua. Jika harga produk terlalu tinggi, produk tersebut kemungkinan akan dianggap sebagai produk berkualitas atau premium. Akan tetapi, harga tersebut mungkin akan membuat produk tidak cepat laku.

Di sisi lain, harga produk yang terlalu murah dapat membuat konsumen menganggap bahwa produk kurang berkualitas. Akibatnya, produk pun kurang diminati. Oleh karenanya, penetapan harga produk harus dilakukan dengan hati-hati.

Beberapa variabel pemasaran yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan harga adalah keuntungan, diskon, metode penetapan harga, kebijakan kredit, dan periode pembayaran. Dengan menggunakan pertimbangan ini, diharapkan akan diperoleh harga yang tepat.

Promotion

Elemen promosi dalam bauran pemasaran 4p ini bertujuan untuk memberitahu konsumen tentang produk yang dijual dan pada saat yang sama membujuk konsumen untuk membeli produk tersebut.

Cara menyampaikan informasi dan pesan persuasif ini dapat dilakukan dalam berbagai cara. Sedangkan elemen bauran promosi terdiri dari periklanan, publisitas, penjualan pribadi, pemasaran langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat.

Promosi yang dilakukan secara efektif dan efisien akan memastikan bahwa penjualan berjalan sesuai harapan pelaku bisnis. Oleh karenanya, promosi harus dilakukan dengan mempertimbangkan karakter target pemasaran dan banyak aspek lainnya.

Place

Place di sini dapat diartikan sebagai tempat atau distribusi fisik mengenai perpindahan produk dari produsen ke konsumen. Semakin cepat produk sampai ke tangan konsumen akhir, semakin cepat pelaku bisnis dapat membukukan keuntungan.

Hal tersebut terjadi karena produk yang sampai ke titik penjualan dengan lebih cepat akan meningkatkan kesempatan pelaku bisnis dalam memuaskan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka.

Bauran distribusi terdiri dari banyak elemen. Beberapa di antaranya adalah logistik, saluran distribusi, kontrol inventaris, proses pemesanan, dan penanganan produk.

Bauran Komunikasi Pemasaran

Kotler (2009:4) menyampaikan bahwa saluran pemasaran dibedakan menjadi saluran distribusi, saluran layanan, dan saluran komunikasi. Saluran komunikasi berkaitan erat dengan kegiatan menyampaikan pesan kepada dan menerima pesan dari pelanggan.

Saluran tersebut mencakup telepon, surat kabar, televisi, papan iklan, flier, poster, situs, dan media sosial. Dalam saluran pemasaran ini, komunikasi pemasaran akan terjadi.

Menurut Nickle, komunikasi pemasaran adalah komunikasi antara penjual dan pembeli yang memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran dan membantu mengarahkan pertukaran yang lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik.

Dengan demikian, komunikasi pemasaran adalah pertukaran informasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam pemasaran dan terjadi secara dua arah.

Lingkungan komunikasi pemasaran berkembang dengan cepat. Oleh karenanya, komunikasi pemasaran yang hanya berupa iklan tidak lagi efektif dalam membangun citra produk dan kepercayaan konsumen. Hal ini memunculkan konsep bauran komunikasi pemasaran.

Istilah tersebut diartikan sebagai strategi penggabungan kegiatan komunikasi pemasaran untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sehingga, dalam bauran komunikasi pemasaran, pelaku bisnis perlu mencari kombinasi kegiatan komunikasi pemasaran yang pas untuk mencapai apa yang ditargetkan.

5 Elemen Komunikasi Pemasaran

Bauran komunikasi pemasaran umumnya terdiri dari 5 elemen komunikasi pemasaran, yakni:

Iklan

Elemen komunikasi pemasaran yang memiliki peranan sangat penting dalam penyampaian informasi pemasaran adalah iklan atau advertisement. Iklan adalah pesan berbayar yang disampaikan via berbagai saluran iklan atau media untuk menjangkau targeted audience.

Saluran iklan yang dapat dipilih oleh pelaku bisnis ada bermacam-macam. Saluran ini dibedakan menjadi saluran iklan tradisional dan modern.

Media iklan yang tergolong tradisional adalah koran, majalah, tv, radio, papan iklan, dan poster. Meski tergolong tradisional, namun media tersebut cukup efektif untuk menyampaikan pesan.

Sedangkan saluran iklan yang tergolong modern adalah media online. Iklan ini dapat berupa iklan media sosial, iklan dalam aplikasi, dan iklan dalam situs. Media online ini hampir sama efektifnya dengan media tradisional dan bahkan lebih terjangkau.

Biaya yang dihabiskan oleh pelaku bisnis dalam mengiklankan produk mereka biasanya cukup besar mengingat iklan memang mahal. Namun, mereka mau tak mau harus melakukannya karena iklan dapat menyampaikan informasi dengan efektif.

Promosi Penjualan

Apakah yang dimaksud promosi penjualan dalam bauran komunikasi pemasaran? Promosi penjualan adalah insentif jangka pendek terkait suatu produk atau layanan yang diberikan perusahaan.

Perusahan mungkin akan memberikan insentif dalam bentuk diskon, kupon, atau kode diskon. Promosi penjualan dilakukan untuk menarik pelanggan baru, meningkatkan penjualan, serta menghabiskan stok.

Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat (humas) berkaitan erat dengan pengembangan hubungan yang baik antara perusahaan dengan media serta publik. Hubungan masyarakat yang baik dapat menciptakan citra perusahaan yang positif.

Sekilas, humas hampir seperti iklan, namun sebenarnya tidak sama. Dalam melakukan kegiatan periklanan, perusahaan biasanya akan mendorong audiens untuk membeli produk/jasa. Akan tetapi dalam humas, perusahaan melakukan kegiatan untuk membangun citra perusahaan.

Penjualan Pribadi

Perusahaan terkadang memilih untuk melakukan penjualan pribadi karena mereka dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Cara ini dapat membantu perusahaan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Metode komunikasi pemasaran ini lebih cocok untuk produsen produk industrial karena memungkinkan mereka untuk memberi penjelasan lengkap dan mudah dimengerti mengenai produk yang dijual kepada pelanggan.

Penjualan pribadi juga cocok untuk mereka yang menyediakan produk atau layanan ekslusif. Produk dan layanan tersebut biasanya membutuhkan upaya yang lebih besar untuk meyakinkan pelanggan.

Pemasaran Langsung

Elemen komunikasi pemasaran ini berkaitan erat dengan pengiriman pesan yang dikirimkan kepada pelanggan yang telah ditargetkan. Pengiriman pesan ini dapat dilakukan via email, telepon, atau pos.

Pesan tersebut berisi penawaran khusus atas suatu produk atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Cara ini lebih cocok untuk menawarkan produk baru atau yang dibuat dalam jumlah terbatas.

Strategi Bauran Pemasaran

Pada umumnya, strategi bauran pemasaran menurut para ahli hanya terdiri dari dua model, yaitu 7p dan 4p. Akan tetapi, ada beberapa ahli dan pelaku bisnis yang melakukan penyesuaian atas salah satu model bauran pemasaran di atas agar sesuai dengan kondisi perusahaan.

Salah satu contoh pengembangan strategi pemasaran yang mereka aplikasikan adalah bauran pemasaran 5p.

Elemen-elemen pemasaran yang mereka gabungkan pada strategi tersebut adalah product, price, place, promotion, dan people.

Selain itu, ada pula ahli yang mengembangkan model marketing mix 8p. Strategi ini memiliki 8 elemen yang berupa product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, dan productivity and quality. Perumusan marketing mix ini baru dilakukan pada tahun 2002 oleh Lovelock dan Wright.

Konsep Bauran Pemasaran

Istilah konsep bauran pemasaran ini sebenarnya sama seperti istilah model bauran pemasaran. Dengan demikian, masyarakat akan mengenal konsep bauran pemasaran 4p, 7p, 5p, dan 8p. Konsep 4p sebagai konsep bauran pemasaran yang tertua sudah mulai jarang diaplikasikan.

Meski demikian, berbagai jenis usaha kecil dapat mengaplikasikan konsep marketing mix 4p karena lebih sederhana dan hemat biaya. Sebagai alternatif, usaha kecil dan rumahan dapat juga mengaplikasikan konsep bauran pemasaran 5p.

Sekian tulisan mengenai bauran pemasaran yang telah publish di kategori Marketing.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

One Comment

  1. Artikelnya menarik menambah wawasan dalam memahami konsep ilmu pemasaran.

    Salam kenal sebelumnya mas wahyu ­čÖé

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button