Teknologi

Apa Itu Blockchain?

Apa itu blockchain? Secara garis besar, blockchain merupakan teknologi yang mendukung penggunaan mata uang kripto seperti bitcoin, ethereum atau berbagai mata uang kripto lain.

Namun sebenarnya, manfaat dan fungsi blockchain lebih dari sekedar menunjang penggunaan mata uang kripto.

Karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang terutama digitalisasi. Namanya sendiri diambil dari Bahasa Inggris, yakni kata block dan chain.

Block mempunyai makna kelompok sementara chain mempunyai makna rantai. Jadi, dapat diartikan sebagai teknologi yang memanfaatkan komputasi untuk menciptakan sebuah kelompok-kelompok atau blok agar saling terhubung satu sama lain.

Mengenal Lebih dalam Apa Itu Blockchain

Pada awalnya, blockchain dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan sistem efisien, hemat biaya, andal dan aman. Dipakai dalam melaksanakan dan mencatat sebuah transaksi keuangan.

Teknologi ini dipakai pada bitcoin yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamooto di tahun 2009. Bitcoin sendiri berbeda dari uang tradisional yang diterbitkan Bank Sentral. Mata uang kripto tidak mempunyai otoritas sentral dan tidak ada pihak mengontrol.

Mata uang tradisional mempunyai otoritas yang bertugas mengawasi, melakukan verifikasi dan menyetujui transaksi serta mengelola stok. Sementara bitcoin diaktifkan oleh jaringan komputer peer to peer.

Apa itu blockchain, yakni sebuah pusat data terdistribusi, dibagikan pada setiap titik jaringan komputer. Sebagai data base atau pusat data, teknologi ini berisi berbagai informasi dalam format digital.

Informasi di dalamnya tergantung pada jenis penggunaan blockchain. Contohnya pada bitcoin. Maka informasi meliputi detail transaksi, banyaknya koin, pemilik koin sampai penerima koin.

Jadi, tugas apa itu blockchain technology adalah menjaga catatan mengenai transaksi aman dan terdesentralisasi. Dapat dikatakan pula sebagai sebuah buku kas besar (ledger) terdistribusi.

Teknologi ini menciptakan pencatatan di banyak komputer atau biasa disebut nodes/simpul. Setiap pengguna dapat menjadi simpul yang saling terhubung. Simpul tersebut lantas melakukan verifikasi, menyetujui dan mencatatkan data di ledger.

Blockchain menyediakan fasilitas informasi digital untuk tercatat dan terdistribusi tanpa bisa diubah. Teknologi ini menjadi pondasi atas buku besar atau ledger yang tidak dapat diubah, dihapus, atau dihancurkan.

Keunggulan dari Apa Itu Blockchain

Sebagai teknologi lebih baru, blockchain mempunyai berbagai keunggulan. Terutama apabila dibandingkan dengan pencatatan tradisional. Berikut berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Transparan

Blockchain dapat menyimpan transaksi secara aman dan transparan. Saat melaksanakan transaksi memakai teknologi ini, tersedia akses publik yang membuatnya dapat dilihat oleh semua orang tanpa syarat tertentu seperti akses log in.

Proteksi Data

Apa itu blockchain buku besar terpusat, hanya mampu menambahkan data namun tidak tersedia opsi edit. Sistem diverifikasi oleh para penambang (miner) sebelum dieksekusi pada banyak komputer. Sehingga, tidak ada peretas mampu mengubah data ini.

Audit

Dalam teknologi ini, data bersifat publik, immutable (tidak dapat diedit atau dihapus), dan hanya dapat ditambahkan. Setiap orang dapat melihat data transaksi sehingga memungkinkan untuk mengetahui jejak audit sebuah aset.

Efisien

Proses transaksi memakai mata uang tradisional terbilang menghabiskan banyak waktu. Selain itu, terdapat risiko kesalahan manusia yang menyebabkan masalah tertentu. Melalui apa itu blockchain, transaksi lebih efisien dan aman.

Aman

Blockchain terbilang aman karena terdapat histori transaksi yang tidak bisa diubah. Hal ini didasari penggunaan enkripsi kriptografi dalam sistemnya. Maka tidak ada tindakan penipuan yang mampu mengancam kriptografi ini.

Tidak Ada Biaya Calo

Ketika melakukan transaksi tradisional, terkadang masih banyak orang mengandalkan jasa calo. Namun dalam blockchain, calo ini tidak ada gunanya. Sebab, semua pencatatan transaksi hingga proses verifikasi menggunakan satu akses database yang sifatnya immutable.

Cara Kerja dari Apa Itu Blockchain

Secara sederhana, cara kerja teknologi ini dimulai saat satu data baru disimpan dalam blok. Sistem ini terbagi ke dalam dua buah macam record, yakni transaksi dan blok. Satu blok memuat hash kriptografi yang membentuk jaringan.

Hash memiliki tugas mandapatkan data dari blok asal lalu membuatnya menjadi compact string. String tersebut akan menjadi alarm apabila muncul risiko sabotase. Mari menyimak apa itu blockchain cara kerja berikut.

Misalnya sebuah toko online A mempunyai wallet bitcoin sebagai wadah untuk menampung pembayaran oleh pelanggan. Selanjutnya, pelanggan ingin membeli produk yang tersedia pada website toko online A memakai bitcoin.

Pihak toko online A membagikan informasi wallet bitcoin yang dapat dipakai pembeli untuk melaksanakan pembayaran. Pembeli melaksanakan pembayaran ke alamat wallet bitcoin milik penjual online toko A yang dibagikan satu paket dengan kunci transaksi.

Permintaan transaksi dibagikan kepada pihak-pihak penambang (minners) bitcoin. Penambang bitcoin merupakan pihak-pihak yang mempunyai PC khusus dalam melaksanakan perhitungan matematis untuk mengakses celah baru di blockchain.

Pihak penambang bitcoin mempelajari nilai hash baru melalui hash kriptografi yang sudah ada. Kegiatan ini akan menghasilkan satu blok baru dan dipakai menyimpan bitcoin yang berkaitan pembayaran pembeli di toko online A.

Blok yang telah tercipta akan menjadi sebuah catatan transaksi permanen, tidak dapat diubah. Transaksi selesai dan terverifikasi setelah adanya peningkatan jumlah bitcoin pada wallet milik toko online A.

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Mulai muncul berbagai teknologi yang membantu mengatasi kesulitan manusia. Misalnya mengenai proses pencatatan transaksi digital yang saat ini bisa memakai apa itu blockchain.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button