Blog

Kegiatan blogging telah menjadi kebiasaan baru para Blogger Medan. Berbagai topik telah ikut mereka bahas untuk menghasilkan sebuah karya tulisan yang bagus. Salah satu topik yang banyak digemari adalah Internet Marketing.

Apakah Anda sudah ahli dalam topik ini?

Pasti Anda tidak asing lagi dengan istilah blogger. Banyak yang bahkan memanfaatkan waktu kosong yang mereka miliki untuk menulis blog.

Singkatnya, blog tersebut merupakan bahan bacaan yang ditulis oleh orang tertentu sesuai apa yang ia suka, dan topik yang mereka kuasai.

Blogging sendiri adalah istilah untuk menggambarkan kegiatan blogger. Jika Anda juga punya ketertarikan lebih soal membaca dan menulis, maka blogging bisa menjadi sarana hiburan dan hobi yang bisa Anda tekuni.

Blogger di kini telah menjadi profesi baru dan aman.

Artinya, dari blogging ini bukan hanya sekedar hobi saja, melainkan bisa menjadi sarana mendapatkan uang dari hobi.

Namun, sadar atau tidak, blogging ini lahir bukan secara langsung. Blogger menjadi sebuah komunitas melalui sejarah panjang di kota ini.

Sejarah Tentang Blogger Medan

Lahirnya teknologi yang perkembangannya sangat cepat ini turut melahirkan banyak kegiatan baru yang bahkan tidak terpikirkan sebelumnya.

Dengan adanya teknologi ini, apa saja bisa dilakukan secara online, dan ini merupakan satu hal yang bagus untuk kemajuan dunia.

Dulu mungkin Anda tidak akan mengenal istilah Internet Marketing karena masih belum ada internet, dan belum ada blogger yang membahasnya.

Namun sekarang, bahasa ini tumbuh dan kegiatan menulis yang dulunya dilakukan secara biasa, kini dengan teknologi.

Artinya, kegiatan tulis menulis menggunakan pensil di secarik kertas mulai ditinggalkan dan digantikan dengan keboard dan layar saja.

Dan ini yang membuat blogger lahir. Menulis blog adalah ciri utama dari seorang penulis blog, dan disesuaikan dengan keahlian mereka.

Menulis blog ini dilakukan di situs tertentu dan penulisnya bebas untuk menulis apa saja yang mereka sukai.

Pada awalnya, Blog sendiri lahir sebelum adanya Internet Explorer ada sehingga orang yang bisa mengaksesnya sangat terbatas dan perlu alat khusus untuk bisa baca.

Perkembangan terus terjadi hingga kegiatan blogging juga menjadi salah satu kegiatan yang ditekuni warga medan.

Salah satu topik yang paling banyak ditulis di halaman sejarah blogger adalah Internet Marketing, dimana kota ini telah mendigitalisasi banyak hal.

Jenis Blog yang Ditekuni Blogger Medan

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa blog merupakan hasil perkembangan dari teknologi dan secara pasti peminatnya juga semakin banyak, maka kegiatan blogging ini turut berkembang dan memberikan kebebasan untuk penulis blog memilih apa yang ia suka.

Dari sini juga nantinya pembagian jenis blog menjadi muncul. Mereka menulis berdasarkan apa yang mereka kuasai atau yang mereka suka, dan ini terkadang berbeda dengan blogger yang lain. Calon pembaca juga bisa sesuaikan apa yang mereka suka dengan jenis blog:

Blog Personal

Jenis blog pertama dan yang paling sering ditulis oleh para blogger adalah soal tulisan pribadi. Secara singkat, unsur dan tujuan ditulisnya blog ini adalah untuk urusan personal dan penulis hanya suka menulis tanpa ada topik tertentu.

Mereka menggunakan blog ini untuk menceritakan pengalaman, memberikan info yang mereka tahu dan lain-lain. Karena bersifat non topik dan non tema, penulis dapat menulis sesuka hati saja tanpa harus memikirkan topik blog secara umum.

Blog Professional

Setelah blog pribadi, satu tingkat yang berada di atasnya adalah blog Professional. Bagi para blogger medan, jenis blog ini dikelola secara serius oleh penanggung jawab di bidang ini dengan tujuan agar memberikan kualitas dan topik yang konsisten.

Dengan ini juga, orang yang ingin membaca sebuah topik tertentu tahu harus kemana. Jika mereka menyukai topik tentang internet marketing, mereka sudah tahu situs blog yang menyajikan blog ini. Jadi, seorang blogger dituntut untuk konsisten di sini.

Blog Bisnis

Satu lagi jenis blog yang banyak ditekuni para blogger adalah tentang bisnis. Jenis blog ini dikenal sebagai tempat mereka memasarkan produk jualan mereka juga dalam sifat review serta digunakan untuk melakukan update mengenai stok jualan.

Penulis blog yang menekuni bidang ini biasanya tidak akan kehabisan ide. Mereka memiliki ide yang tidak terbatas dan tentunya produk yang mereka pasarkan itu akan semakin laku dan menjangkau pihak yang lebih luas dan akhirnya semakin laku.

Apalagi di tengah kondisi toko online yang semakin banyak, mereka akan lebih memilih memasarkan produk dengan cara kreatif. Seorang blogger bisa saja hadirkan tips dan trik, hingga promosi agar bisnisnya semakin mendapat perhatian lebih.

Komunitas Blogger Medan

Seperti banyak hobi kebanyakan. Jika sudah banyak orang yang memiliki hobi yang sama, maka sudah pasti mereka akan sering berkumpul dan menyuarakan lebih banyak tentang hobi tersebut. Dan ini juga yang menjadi latar belakang banyak komunitas blogger di Medan.

Pada awalnya, mungkin bisa dikatakan bahwa peminat blogger itu tidak banyak.

Namun karena terpengaruh satu sama lain, komunitas itu akan semakin berkembang dan berpotensi melahirkan tulisan yang jauh lebih bermanfaat daripada yang telah dipublish sebelumnya.

Komunitas penulis blog ini juga yang menjadi saksi awal perubahan sistem blogging. Dimana ketika transisi blogger biasa, kini telah berubah menjadi yang lebih terfokus pada satu bidang saja.

Terbukti dengan banyak blogger membahas tentang Internet Marketing.

Ini bukan sesuatu yang buruk. Komunitas ini malah bertujuan untuk mengembangkan keterampilan seseorang dalam menghasilkan tulisan yang bagus. Terlepas dari kini banyak blogger yang berdiri sendiri, di komunitas tentu saja lebih banyak keuntungan.

Cara Daftar Blogger Medan

Karena terpengaruh oleh kehadiran para blogger lain, jumlah peminat dan orang yang ingin mendaftarkan dirinya ke sebuah situs blog juga semakin banyak.

Dimulai dari yang hanya mengisi waktu luang, hingga ada yang memiliki keinginan membagikan ilmu lebih besar.

Artinya, blogger kini memiliki jangkauan yang sangat luas dan terus mempengaruhi orang lain untuk melakukan hal serupa.

Jika Anda memiliki keinginan untuk menjadi seorang blogger, maka ikuti saja cara-cara ini dan semoga Anda bisa sukses jadi seorang blogger :

1. Tentukan Dimana Anda akan Menulis (situs gratis atau domain berbayar)

2. Buat tata ruang halaman blog yang menarik dan sebisa mungkin sesuai dengan tema

3. Tentukan warna dan elemen yang akan dimasukkan

4. Tentukan nama blog Anda dan tulis deskripsi singkat mengenai blog

5. Tentukan jenis blogger yang ingin Anda tekuni

6. Catat keahlian Anda pada kolom deskripsi

7. Anda harus konsisten, sehingga harus tentukan total jumlah kata

8. Riset terlebih dahulu sebelum mulai menulis

9. Pastikan tulisan rapi dengan font yang mudah dibaca

10. Mulai tulis hasil riset dan tuangkan ke dalam bentuk blog

11. Publish dan jadikan itu sebagai portfolio

12. Cari komunitas yang ingin Anda masuki dan lampirkan portfolio

13. Belajar banyak dari komunitas blogger.

Tidak ada yang susah ketika memiliki keinginan untuk menjadi seorang blogger. Memiliki keahlian menulis atau suka melakukan riset akan memberikan keuntungan.

Untuk menjadi seorang Blogger Medan juga, Anda harus perhatikan banyak aspek terlebih dahulu.

Back to top button