Blog

30 Blogger Indonesia Yang Sukses Menginspirasi

Blogger Indonesia yang sukses menginspirasi pada dasarnya memiliki kemampuan mengelola blog dengan baik. Bonusnya adalah mendapatkan pundi-pundi rupiah dari internet. Hal tersebut dilakukan dengan menjadi blogger profesional.

Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan saya bagikan tips menjadi blogger sukses.

Anda berkesempatan untuk bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya dengan cara menjadi blogger, alias mengelola blog pribadi. Apabila Anda gemar menulis dan membagikan berbagai informasi kepada khalayak luas, tentu saja ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Sebab, melalui blog pribadi yang Anda miliki tersebut Anda bisa sekaligus menyalurkan hobi atau kegemaran Anda dan mendapatkan uang sekaligus.

Seperti hal nya foto di atas adalah momen di mana anak Blogger Medan berkumpul usai pelaksanaan DURIAN (Diskusi Ringan Anak Medan).

Tips Menjadi Blogger Indonesia Yang Sukses

Tips Menjadi Blogger Sukses

Untuk menjadi yang terbaik juga tidak semudah itu kawan. Seorang blogger juga punya banyak cara untuk bisa dikatakan menjadi yang terbaik. Berikut ini beberapa tips yang bisa dibaca :

Menentukan Tujuan Anda Sebagai Blogger

Tips menjadi blogger sukses, kaya, dan menginspirasi yang pertama adalah menentukan tujuan Anda sebagai blogger. Seseorang yang ingin menjadi blogger sukses biasanya akan memiliki tujuan yang cukup banyak dari aktifitas bloggingnya.

Ada yang ingin menyalurkan hobi, perasaan, dan kisah pengalamannya, ada pula yang hanya sekadar iseng membuat catatan harian yang penuh ceria-cerita seru. Bahkan ada juga yang ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Apabila tujuan awal Anda memang hanya sekadar iseng ingin menuliskan momen-momen indah dalam hidup, Anda pastinya tidak harus menunggu uang hingga jutaan rupiah untuk bisa dikatakan sukses dan menginspirasi.

Beda halnya jika tujuan awal Anda menjadi blogger adalah untuk menghasilkan uang atau pundi-pundi rupiah, maka ia bisa dibilang sukses, kaya, dan menginspirasi jika sudah mendapatkan sejumlah uang dari aktifitas bloggingnya tersebut.

Oleh karenanya, sebagai langkah awal di dunia blogging yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan awal Anda menjadi blogger. Dengan identifikasi yang jelas seperti ini, maka Anda akan lebih cepat lagi menemukan bentuk kesuksesan seperti yang Anda inginkan tersebut.

Menentukan Target Monetisasi

Apabila tujuan awal Anda menjadi blogger adalah untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, itu artinya Anda harus menentukan target monetisasi Anda. Apa dalam satu bulannya Anda ingin mendapatkan penghasilan sebesar $1000? Atau, hanya $500 per bulan di awal ngeblog?

Selain target angka uang yang ingin dicapai, target waktu pun juga harus Anda perhatikan dengan baik. Kira-kira kapan Anda bisa mencapai angka yang telah Anda targetkan tersebut? 1, 2, atau 3 tahun? Pada saat target angka dan waktu ini sudah Anda tetapkan, maka Anda pastinya akan lebih mudah lagi menggapai kesuksesan tersebut.

Tetap Fokus Pada Minat Terbesar

Pada dasarnya bentuk dari kesuksesan sendiri ada banyak sekali, bahkan bisa berwujud dari apa saja. Apabila Anda sebagai pengelola blog ingin mendapatkan penghasilan dari aktifitas blogging yang sudah Anda lalukan, maka wujud dari kesuksesan yang akan Anda dapatkan adalah uang.

Tetapi pada kenyataannya ternyata tidak semua blogger memfokuskan kegiatannya tersebut pada monetisasi.

Sebagian blogger sudah merasa puas dan sangat bahagia apabila mereka bisa membagikan kisah suksesnya di blog yang dikelolanya tersebut. Sambil sesekali melakukan blogwalking ke blog kawan-kawan lainnya.

Inilah yang disebut sebagai wujud dari kesuksesan yang lain. Makanya, pada saat Anda akan melakukan aktifitas blogging maka Anda harus bisa lebih fokus lagi pada minat terbesar yang Anda miliki.

Menulis Dengan Jadwal Rutin Dan Terencana

Tips menjadi blogger sukses, kaya, dan menginspirasi yang selanjutnya adalah menulis dengan jadwal yang rutin dan terencana dengan baik. Sebagai blogger, waktu menjadi sesuatu hal yang penting sehingga Anda harus memiliki jadwal terencana untuk menulis serta mengisi blog Anda secara rutin.

Bila perlu Anda bisa membuat jadwal terencana dan rutin tersebut diwaktu yang menurut Anda paling efektif untuk menulis. Ya, seperti yang kita tahu bersama bahwa dunia blogger memang diidentikan dengan menulis. Itu artinya semakin aktif Anda menulis, maka kesuksesan pun akan bisa segera Anda dapatkan.

Menjaga Orisinalitas Tulisan

Agar tulisan yang Anda buat bisa bermanfaat dan tidak merugikan pihak lain, maka Anda perlu menjaga orisinalitas tulisan Anda. Keaslian sebuah konten pada dasarnya menjadi sesuatu yang wajib dijaga dengan baik oleh para blogger. Dalam benak dan jiwanya harus menjunjung tinggi kaya yang orisinil.

Meskipun dalam membuat konten atau tulisan Anda bisa saja terinspirasi dari tulisan orang lain, tetapi tetap harus diingat bahwa Anda tidak boleh melakukan copy paste semua tulisan tersebut.

Sebaiknya Anda mengelola dengan baik tulisan orang lain dengan kata dan kalimat yang Anda buat sendiri. Selain itu, sebagai seorang blogger Anda juga dituntut untuk terus mengupdate blog yang Anda miliki dengan konten-konten yang menarik secara rutin.

Evaluasi Aktifitas Dan Target Yang Ingin Dicapai

Silakan Anda coba luangkan waktu Anda sejenak untuk melakukan evaluasi kinerja Anda sebagai blogger. Jika memang ada target yang melesat dari perkiraan, itu artinya Anda harus segera mencari letak kesalahan dan segera perbaiki kesalahan tersebut.

Semakin aktif dan rutinnya Anda melakukan evaluasi, maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk mencapai kesuksesan sebagai blogger.

Iklan

Dikarenakan sumber utama penghasilan para blogger asalnya dari iklan-iklan yang terpasang di blog yang dimilikinya, itu artinya Anda bisa memasang iklan tersebut ke dalam postingan atau artikel. Tapi sayangnya, untuk mendapatkan iklan sebuah blog harus terlebih dulu memiliki traffic pembaca yang tinggi.

Namun Anda tak perlu khawatirkan masalah tersebut, sebab Anda masih bisa kok memasang iklan dari Google AdSense. Ini berguna sekali buat Anda yang baru membangun sebuah blog dan masih memiliki pengunjung dengan skala kecil.

Afiliasi

Tahukah Anda apa itu afiliasi? Ini merupakan salah satu cara mudah menghasilkan uang dari blog, misalnya saja dengan membuat tautan link ke sebuah produk yang dijual situs lain, apabila pembaca blog Anda mengikuti tautan atau pun mengeklik link tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan.

Tautan link bisa Anda sisipkan dalam review postingan atau yang lainnya.

Menawarkan Jasa Atau Layanan

Menjadi blogger sukses, kaya, dan menginspirasi pastinya akan membuat Anda jadi belajar banyak hal, mulai dari cara membuat blog, mengoperasionalkan sebuah blog, mendesain logo, dan belajar SEO untuk menaikkan visitor atau pengunjung.

Dengan berbekal ilmu tersebut Anda tentu saja juga bisa membuka atau pun menawarkan jasa yang sifatnya freelance kepada pembaca yang tertarik untuk mengikuti jejak kesuksesan Anda, mulai dari jasa pelatihan blogger, jasa desain logo, dan lainnya.

Baca : Mau Ngeblog? Ini Caranya

30 Blogger Indonesia Terbaik

Kisah sukses blogger di Indonesia sebenarnya berasal dari latarbelakang cerita yang berbeda. Apalagi, kisah blogger sukses dan menjadi inspirasi banyak pihak, dimulai dari hal sepele. Ada yang mulai menulis di blog, iseng-iseng saja.

Tapi, siapa sangka hingga akhirnya terkenal. Apabila blog Anda sudah cukup terkenal dan memiliki banyak pengunjung, tentunya pundi-pundi rupiah yang Anda dapatkan bisa mencapai hingga jutaan rupiah bahkan lebih dari itu. Dan, akan pantas disebut Blogger kece.

Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi blogger kece adalah Anda cukup dikenal banyak pihak, memiliki jam kerja yang bebas, sebab bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun tanpa harus terikat dengan waktu kerja.

Nah, berikut dijabarkan beberapa kategori berdasarkan Top 5 Blogger Indonesia sesuai kategori yang saya anggap kece, sebagai berikut :

Beauty Blogger Indonesia

Sasyachi

One of POWER BEAUTY BLOGGER in Indonesia. Seorang beauty blogger yang wajahnya mirip artis Korea ini gemar berbagi tutorial dan tips make up yang dituliskannya di http://www.hellosasyachi.com

Sasyachi

Keberadaannya sekarang ini menjadi inspirasi banyak beauty blogger, terlebih brand Sephora juga menawarkan kerjasama padanya; “saatnya review produk lipstick lagi, kali ini aku akan review lipstick Sephora.”

Lizzie Parra

Kini, dirinya semakin dikenal sebagai influencer dan menjadi pemilik brand produk kecantikan “By Lizzie Parra” dengan berlatarbelakang make up artist, dan meluncurkan blog https://blpbeauty.comΒ membuat namanya semakin banyak dikenal.

Lizzie Parra

Isi dari blognya berawal dari tulisan review tentang make up yang bagus, efek banyaknya pertanyaan tersebut dan menuliskan beberapa tips, semakin bayak brand-brand mulai bekerjasama.

Elin Ivana

Gadis yang hobinya nonton drama korea dan make up ini menuliskan tips tentang kecantikan di blognya https://www.ngobrolcantik.com

Elin Ivana

Karena kegemarannya itu, banyak kerjasa dari brand kecantikan yang terus berdatangan. Dalam memberikan review juga dengan bahasa dan kata yang santai.

Harumi Sudrajat

Harumi Sudrajat
Blog https://www.mytipscantik.com

Stella Lee

Stella Lee adalah seorang blogger Indonesia untuk saat ini berada di di Tokyo, Jepang dan memberikan review tentang kecantikan http://www.stellalee.net

Stella Lee

Dirinya yang sebagai mahasiswa bahasa, menggunakan kesempatan yang ada tetap menjadi seorang influencer dan beautypreneur.

Fashion Blogger Indonesia

Olivia Lazuardy

Olivia Lazuardy

Pemilik weblog http://olivialazuardy.com

Claradevi Handriatmadja

Claradevi Handriatmadja

Pemilik weblog https://www.lucedale.co

Zilqiah Angraini

Zilqiah Angraini

Pemilik weblog https://www.qiahladkiya.com

Eryvia Maronie

Eryvia Maronie

Pemilik weblog https://www.emaronie.com

Rani Hatta

Rani Hatta

Pemilik weblog https://ranihatta.com

Food Blogger Indonesia

Sashy

Sashy

Pemilik weblog http://www.sashylittlekitchen.com

Fellexandro Ruby

Fellexandro Ruby

Pemilik weblog http://www.wanderbites.com

Daisy & Kato

Daisy & Kato

Pemilik weblog http://thefoodescape.com

Marius & Julia

Marius & Julia

Pemilik weblog https://anakjajan.com

Filipus Verdi Danutirto Tanu

Filipus Verdi Danutirto Tanu

Pemilik weblog http://www.thehungrydoctor.net

Lifestyle Blogger Indonesia

Andra Alodita

Andra Alodita

Pemilik weblog http://www.alodita.com

Sonia Eryka

Sonia Eryka

Pemilik weblog https://www.soniaeryka.com

Mollyta Mochtar

Mollyta Mochtar

Pemilik weblog https://mollyta.com

Diana Rikasari

Diana Rikasari

Pemilik weblog http://dianarikasari.blogspot.com

Agnes Oryza

Agnes Oryza

http://www.agnesoryza.com

SEO Blogger Indonesia

Wahyu Blahe

Wahyu Blahe

Pemilik weblog https://wahyublahe.id

Syamsul Alam

Syamsul Alam

Pemilik weblog http://www.syamsulalam.net

Ibrahim Vatih

Ibrahim Vatih

Pemilik weblog https://vatih.com

Didik Arwinsyah

Didik Arwinsyah

Pemilik weblog https://didikarwinsyah.com

Andreas

Andreas

Pemilik weblog https://www.seosatu.com

Travel Blogger Indonesia

Trinity

Trinity

Pemilik weblog https://naked-traveler.com

Wira Nurmansyah

Wira Nurmansyah

Pemilik weblog https://wiranurmansyah.com

Muhammad Arif Rahman

Muhammad Arif Rahman

Pemilik weblog https://backpackstory.me

Bobby Ertanto

Bobby Ertanto

Pemilik weblog https://virustraveling.com

Rijal Fahmi

Rijal Fahmi

Pemilik weblog https://catperku.com

Demikian artikel mengenai Blogger Indonesia yang sukses menginspirasi kita. Dan beberapa nama blogger di atas, belum sempat direview. Tunggu aja updatenya ya.

Salam!

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

25 Comments

    1. Wajib perbanyak semangat, minimal kan bisa cari cara agar nulis nggak mentok πŸ˜€

  1. Itu yg pakek baju ijo lagi jongkok, blogger juga kayaknya

  2. Untuk komitmen nulis secara rutin memang menjadi tantangan sendiri bagi saya dan juga teman-teman Blogger lainnya. Sebuah tips yang perlu ditiru kalau memang sudah kita jadwalkan dan mewajibkan harus menulis dijadwal yang kita tentukan bisa membuat blog yang kita bangun jadi lebih baik lagi.

    1. Iya, komitmen menulis, itu bisa jadi konten untuk presentasi kalau diundang ya Nikmal πŸ˜€

  3. Ya Allah, malunya, awak gak ada apa-apanya dibanding sederetan blogger2 keren Indonesia ini…

    Tetusuk sama kata-kata abang, sebenarnya tujuan ngeblog itu apa?
    Motivasi terbesar apa?

    Dan kalau mau targetnya monetisasi, apa yang udah dilakukan,

    Inilah yang belum betul-betul awak rancang bang,

    Bismillah, next mulai lagi awak susun dr awal ya bang,
    Makasih bang suhu, abang setau awak, blogger Indonesia yang paling keren, pinter, tapi gak sombong plus gak pelit sama ilmu. Makasih bang,

  4. Wah ada kak Molly salah satu blogger favoritku.
    Mantap tulisannya bang.
    Nengok tulisan Abang ini jadi semangat benahi blog.
    Makasih bang suhu.

    1. Alhadulillah, memberi manfaat juga ternyata nih tulisan ke banyak pembaca πŸ˜€

  5. Keren kali memang kalau tulisannya.
    Lengkap kali list blogger indonesia yang terkenal yakan bang πŸ˜€

    orang tu pun gak pelit ilmu, semua daging dikasih yakan.

    1. Kalau berbagi gak hitung-hitung, rezeki yang Allah kasih juga gak kan terhitung πŸ˜€

  6. Pengen banget sukses seperti mereka, harus pantang menyerah untuk bangun blog nih

  7. Kok saya ga masuk pakar seo ya,,,,belajar lagi ah supaya bisa masuk halaman 1 untuk kata kunci pakar seo, sekarang baru eksis di bandung saja he3

  8. Semoga aku bisa seperti mereka, para kakak kakak inspiratif masuk di eretan blogger sukses nan inspiratif ya Bang :D.

  9. Jleb kali tulisannya bang.
    Memang harus menemukan tujuan yang jelas dulu nih dalam ngeblog biar nulisnya bisa semangat dan konsisten. Kayak abang kakak di atas yang sudah sukses menginspirasi banyak orang lewat tulisannya.

  10. sangat bagus sekali tulisan nya bang…semoga lancar jaya sukses selalu bang, salam kenal dari kota tauco dengan saya yunus bang…!!!!

  11. Semoga saja saya bisa menjadi seperti mereka,, amien mudah mudahan saya cepat dapat penghasilan minimal 3 juta dari ngeblog..

  12. Ada bang ibrahim vatih dan bang didik arwinsyah, sering ngikutin beliau di blog maupun channel youtube nya, terima kasih mas wahyu atas tulisan nya, sangat memotivasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button