Fenomena Blogwalking, Cara Yang Baik Untuk Backlink Atau Kekuatan Networking?

Fenomena Blogwalking, Cara Yang Baik Untuk Backlink Atau Kekuatan Networking?

Penasaran dengan fenomena blogwalking yang saya kenal sejak pertama sekali gemar menulis di blog. Karena itu menjadi aktivitas sejarah dalam perkembangan blog yang saya miliki. Namun, apakah sekarang ini blogwalking dikatakan sebagai bentuk networking atau sekadar dijadikan ajang membangun backlink, dan bertujuan agar link tersebut sebagai sarana guna blog kita dikunjungi balik? Kita tentunya mempunyai sudut pandang masing-masing dalam menentukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Dan di tulisan ini saya memberikan gambaran tentang fenomena blogwalking menurut pengalaman selama ini.

 

Fenomena Blogwalking

 

Perlu diketahui bahwa dengan melakukan teknik blogwalking, tentunya dapat berpengaruh pada peningkatan trafik. Karena, blogwalking merupakan aktivitas yang dilakukan oleh para blogger dengan memberikan komentar serta meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain. Bagi blogger lain ataupun pemilik blog, bila penasaran dengan yang memberi komentar di blognya, tentunya akan mengklik tautan yang ditinggalkan tersebut. Dan secara otomatis akan menjadi salah satu upaya guna meningkatkan trafik blog.

 

Blogwalking Meningkatkan Sitebranding

 

Namun bagi saya, blogwalking tidak lain merupakan upaya untuk meningkatkan sitebranding. Karena perlahan saya sadar, semakin sering saya melakukan blogwalkiing, semakin banyak terjalin pertemanan sesama blogger Indonesia. Selain itu juga, banyak saya temukan sumber referensi yang cocok untuk dijadikan sebuah tulisan. Tentunya besar harapan saya dapat memperbaiki gaya penulisan saya agar bisa lebih baik lagi. Untuk itu, bagi Anda yang sekarang bisa dikatakan belum menjalankan teknik blogwalking, sudah boleh melakukannya dengan cara yang baik dan benar. Artinya, jangan sampai kita dicap jelek karena melakukan cara-cara yang tidak disukai blogger lain.

Seperti, tidak serius memberikan komentar dari sebuah tulisan dari blogger lain dengan isi hahaha, mantap nih, keren tulisannya kak, lanjutkan nuslisnya kak, blogwalking balik ya, bener juga tuh idenya. Tanpa ditambahi dengan komentar yang relevan. Karena kebanyakan blogger masih mengutamakan menyisipkan backlink dengan cara menjadi seorang blogger Spammer. Yakni, terlalu asal meletakkan tautan/link di kolom komentar, tentunya bisa menyebabkan blogwalking yang dilakukan menjadi sia-sia karena beberapa faktor seperti pemilik blog tidak menyetujui komentar kita untuk dipublish dan malah dihapus.

 

Blogwalking Menambah Kekuatan Networking

 

Namun, menjadi pertanyaan bagi banyak blogger yang baru belajar SEO (Search Engine Optimization) dan sudah sedikit banyak paham tentang manfaat SEO bila diterapkan pada blog mereka adalah sejauh mana manfaat blogwalking itu bila setiap kita berkomentar di blog-blog kawan lainnya yang sudah auto nofollow setting-an blognya. Nah, di sini saya ingin berpendapat bahwa jangan terlalu menjadikan komentar di blog-blog kawan lainnya sebagai upaya untuk mendapatkan backlink, namun lebih kepada kekuatan networking atau seperti penjelasan saya pada paragraf ke tiga di atas.

 

Penjelasan Baik Buruknya Blogwalking

 

Yang menjadi persoalannya adalah, kalau kita terlalu sering melakukan blogwalking dan meletakkan tautan pada kolom komentar tentunya sangat saya tidak sarankan. Karena, bisa dianggap Spammer yakni kegiatan meletakkan tautan/backlink secara bertubi-tubi di beberapa blog dalam waktu yang relatif singkat. Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya? Biasa saya melakukan blogwalking adalah dengan melakukannya sehari 10 blog. Dan karena saya sadar banyaknya blog kawan-kawan blogger yang nofollow, maka saya manfaatkan itu sebagai sarana sitebranding dan bertujuan agar blogger lainnya bisa mengunjungi blog saya kembali dengan metode URL Redirect.

Karena tujuannya adalah sitebranding dan agar kawan-kawan blogger tersebut berkunjung ke blog saya, maka saya menerapkan metode Short URL yang menggunakan metode URL Redirect. Contohnya, URL dari blog saya https://wahyublahe.id/travel yang kemudian disingkat menjadi http://goo.gl/kW88g4 dan hal tersebut tadinya menjadi pertanyaan di diri saya apakah ini masih berpengaruh sebagai backlink. Jawabannya tergantung dari penempatannya.

 

Blogwalking Nofollow

 

Kalau berkomentar di blog nofollow, dan diletakkan link pada kolom komentar, maka dampak dari nofollow adalah meminta search engine robots untuk tidak mengikuti website yang ada dalam link tersebut. Jadi terkesan sia-sia, dan oleh karena itu di kolom komentar saya gunakan Short URL saja, karena tujuannya untuk berkunjung, bukan backlink dan mencegah terlalu banyaknya link dari site kita di kolom komentar malah berpengaruh buruk. Sebab, backlink jangan melulu dari komentar blog, bisa berbahaya dikarenakan sepengetahuan saya algoritma Google sedang dikembangkan untuk mengantisipasi para spammer backlink di kolom komentar. Alangkah baiknya backlink dilakukan dari berbagai cara, yakni dengan guest posting, menulis di forum, membuat blog dummy, backlink profile, register web 2.0, dan lain sebagainya.

 

Blogwalking Short URL

 

Metode Short URL dengan tipe redirect: 301 yang saya contohkan di atas sangat bisa diletakkan pada blog dofollow dan juga dinilai memiliki kredit link juice, karena perannya sebagai URL Redirect. Yang mana, bila mesin pencari bertemu dengan 301-redirect, maka web server akan memberi sinyal bahwa web halaman tersebut sudah pindah secara permanen ke halaman yang baru dan akan diteruskan. Tentunya akan berefek pada penilaian dari web crawler, yang menganggap URL tersebut sebagai yang telah diarahkan ke lokasi permanen dari dokumen web.

 

Blogwalking List Indonesia

 

Sub-judul ini tentang blogwalking list sebenarnya lebih kepada bagaimana memberitahukan daftar blog blogwalking Indonesia dengan menyesuaikan niche blog. Adalah istilah dalam dunia blogging yang mengartikan topik apa yang dibahas dalam sebuah blog, ataupun dapat dikelompokkan pada jenis blog dilihat dari konten yang disajikan. Oleh karena itu, blog https://wahyublahe.id dibagi berdasar beberapa page yang memiliki niche seperti blog, branding, copywriting, seo, travel.

Nah, untuk meningkatkan page travel, link dari blog saya https://wahyublahe.id/travel dilakukan penerapan Short URL menjadi http://goo.gl/kW88g4, lalu saya list blog dengan niche travel dengan mengetikkan di google : Travel Blogger Indonesia, karena target keyword tersebut sedang saya optimasi agar bisa masuk halaman pertama search engine. Maka, akan muncul banyak website dan weblog kawan-kawan travel blogger yang tentunya akan saya lakukan yang namanya penerapan teknik blogwalking.

Namun, dalam melakukan teknik blogwalking itu, saya melakukan pengecekan terlebih dahulu pada blog-blog dari list niche traveling tersebut dengan beberapa metode. Yakni, saya melakukan yang namanya cek DA PA,  untuk mengetahui domain authority dan page authority dari masing-masing blog tersebut. Saya memprioritaskan blogwalking pada DA PA di atas 30, karena faktor website/blog nya tentu dianggap baik oleh Google. Selain itu, tentu memiliki konten yang berkualitas, On Page SEO nya sudah bagus, popularitas situsnya tidak diragukan lagi ditambah usia domain tidak berbilang bulan lagi.

Sudah tentu, kalau saya melakukan blogwalking di website/blog dengan kriteria tersebut, sedikitnya kredibilitas blog kita akan berpengaruh positif bila memiliki tautan di blog yang sudah populer tersebut.

 

Optimasi DA PA & Link Juice

 

Bagaimana dengan DA PA dari blog milik saya? Sudah berumur sebulan lebih, baru memiliki jumlah site yang masih sedikit. Cara mengeceknya di google yakni dengan cara site:wahyublahe.id terdapat baru 80 hasil yang terindex pada halaman website. Dan melihat alexa rank nya : Global Rank 7,138,772 dan Rank in Indonesia 93,145. Daily Pageviews per Visitor 3.40. Daily Time on Site 3:46.

Dengan Google cached, saya ingin memberitahukan kepada kawan-kawan dalam progres pengoptimasian website. Agar terkesan rapi, dan itulah yang dibaca oleh Google mulai dari header dan sub-heading. Masing-masing page yang ada dioptimasi dengan kata kunci bidikan. Sehingga, link juice dari homepage terbagi merata ke masing-masing page. Oya, untuk tulisan tentang lick juice, secepatnya nanti akan dibuat ya.

Domain Authority : 17, Page Authority : 23 dan umur blog sudah dua bulan. Dengan optimasi offpage beberapa backlink dari forum, profile, dan web 2.0. Setidaknya itu salah satu cara optimasi yang dilakukan di website/blog saya ini. Tampak jelas, yang dioptimasi dengan blogwalking dan membuat backlink akan berpengaruh pada tingkat authority.

Dari beberapa paragraf penjelasan saya mengenai cara blogwalking yang baik dan benar di atas, semoga menjadi referensi yang bermanfaat untuk kawan-kawan bisa praktikkan dalam menerapkan metode blogwalking. Oh ya, cara penulisan komentar untuk blogwalking sebaiknya hindari yang namanya mencantumkan link hidup. Jika ingin menanam link, coba gunakan dengan mengisi di kolom komentar Name/URL yang disediakan.

 

Fenomena Group Blogwalking

 

Untuk pembahasan yang terakhir kalinya ini, sepertinya perlu saya tuliskan di sini mengenai fenomena yang diterapkan beberapa blogger jaman now! Apa itu, sudah semakin banyaknya group-group yang bekerja sama untuk mengoptimasi link dari sebuah tulisan masing-masing blogger tersebut. Para blogger tersebut memberi nama group blogwalking.

Berikut ini contoh dari ketentuan di group blogwalking yang saya tahu;

1. Wajib aktif lihat group.

2. Wajib isi komentar dari link yang dikirim di group.

3. Sebelum meletakkan link, peserta group wajib Blogwalking terlebih dahulu di blog link yang lain. Karena itu masuk dalam ketentuan Point 2.

4. Tidak ada batas waktu, namun, wajib menyelesaikan Point 1,2,3.

5. Kalau terkendala untuk BW, kabari di group.

6. Bagi yang tidak sertakan link, wajib BW.

7. Minimal kata di komentar, sesuaikan dengan Point Dua.

Dan, para blogger tersebut menjelaskan teknik blogwalking yang baik :

1. Serius dalam memberikan komentar. Wajib dibaca link tulisan kawan, agar benar-benar baik dan nyambung komentar yang kita berikan (terbantu view/menitnya) sehingga bagus bounchrate kita. Kalau selama ini terbiasa dengan group lain yang komen singkat, upayakan di group ini kita berlakukan hal beda.

2. Jangan ngambang dan tak berbobot. Artinya tidak menjalankan Point 1; sehingga komentarnya: salam kenal, sukses, pakai emoticon doang, keren tulisannya kak, blogwalking balik ya. Tanpa ditambahi dengan komentar yang relevan.

3. Saling konfirmasi antara sudah memberikan komentar, dan approved comment. Fungsinya mengingatkan kawan untuk melakukan tugasnya.

4. Bertanya dan kritik dengan bahasa yang tidak singkat, agar tidak terkesan menyinggung pemilik blog.

Keren juga ya kan. Itu sekadar informasi tambahan karena sesuai dengan temanya Fenomena Blogwalking, jadinya pembahasan agak melebar dikit. Cocok? Kalau tulisan tentang blogwalking ini dirasa bermanfaat dan tidak membosankan, boleh bantu share ya. Dan, kasih komentar yang mantab juga pada kolom di bawah. Keep writing yes!

24 thoughts on “Fenomena Blogwalking, Cara Yang Baik Untuk Backlink Atau Kekuatan Networking?

  1. Baru tau kalau terlalu banyak BW dalam satu hari bisa dianggap spam. Makasih infonya bang😊

  2. Untung aku ga pernah nyepam komen di blog-blog orang. Hahahaha. Aku punya jadwal untuk BW ke postingan temen-temen, Bang. Kebanyakan siy yang sama niche nya, travel atau lifestyle. Tapi kalau kontennya bagus, walau ngga satu niche pun aku tetep tinggalkan komentar. Soalnya manfaat yang paling terasa itu ya, silaturrahim dan saling kenal satu sama lain☺.

    1. Banyak kali untungnya kakak ya. Nanti awak juga BW ke kak Molly sering-sering, dan mantau kawan-kawan kakak lainnya ya, biar ketularan kerennya..

  3. Ternyata Blogwalking memmang punya beragam manfaat ya bang.. dan ada dampak tertentu jika salah langkah dalam blogwalking.. dtunggu postingan selanjutnya bang

    1. Padahal, Blogwalking yang kita lakukan tadinya sekedar stalking. Biar nambah ilmu, dan sepertinya informasi yang beginian perlu dituliskan, ya kan Rudi 🙂

  4. Dari dulu sampai sekarang entah kenapa aku suka aja Blogwalking di blog teman-teman blogger. Mengesampingkan backlink atau keuntungan yang lain, tapi tetap ada saja info ataupun ilmu baru yang bisa kudapatkan.

    Btw, jangan berhenti ngasi ilmu yang bermanfaat kaya gini ya, bang. Jujur makin melek aku soal Link Juice.

    1. Iya, semoga tambah bermanfaat yaaaaaa. Mengenai link juice dan SEO Silo, ntar kushare menurut sepengetahuan ku yaaa

  5. Membaca ini, saya teringat/terpikir bbrp hal;

    1. Saya baru tahu istilah Link Juice. Ditunggu tulisan berikutnya yang tentang itu.

    2. Di grup2 BW yg saya ikuti, tidak ada yg mewajibkan BW kalo tdk ikut nge-list link.

    3. Teman saya pernah ngecekkan dan mengabari bhw blog saya auto nofollow. Nah, itu belum saya pelajari lagi. Apakah sebaiknya saya buat jadi dofollow (bagaimana caranya)? Atau gpp seperti itu? Bagaimana menurut Bang Wahyu?

    1. Hai kaaaak Mugniar. Untuk Point 1, ditunggu yaaaaaa. Point 2, agar membuat rajin nulis, karena termotivasi biar di-BW. Point 3, sebaiknya biarkan seperti itu, biar gak jadi sasaran spam comment nanti blognya kk

  6. Saya baru tahu manfaatnya BW (saya baru ngeblog soalnya, hehehe..). Yapi kalau bw sudah lama dan lumayan sering lakukan itu tapi hanya karena dua alasan saja. Pertama, untuk cari informasi yang saya butuhkan dan kedua, untuk silaturahim.
    Ternyata banyak banget yah manfaatnya. Baiklah saya akan lebih rajin lagi BW.

  7. saya menggunakan BW dengan akun blogger bang, jadi ga langsung name/URL. Orang2 akan mengklik profil blogger dulu, baru kemudian mengunjungi blog yang ada di profil tersebut. Maka ga heran sih kalau lihat report dari google analytic lebih banyak hail dari Direct dibandingkan referal.

    Yah, kecuali kalau yang WP, pasti akan menginput nama/url secara langsung.

  8. Hai bang, ini info bermanfaat sekali. Selama ini memang aku suka BW ke blog teman2 yang niche sama denganku atau yang personal dengan berbagai topik. Sebelumnya ini memang belum paham kali tentang manfaatnya namun sekarang mulai paham sedikit demi sedikit efeknya ke blog.

  9. Aku aja ga tau cara cek da pa dll nya itu. Selama ini aku rutin BW, hanya krn pgn nambah temen, nambah bacaan yg bagus, belajar menulis dr blog orang2 yg memang sudah bagus, dan networking. Aku ga ngarepin juga orang yg aku BW bakal berkunjung balik ato ga, krn buatku, hak masing2 orang untuk mau membaca blog orang lain.

    Yg pasti, saat komen di blog orang, aku ga mau asal komen, ga membaca dulu apa isinya. Itu hanya menunjukkan kalo kita ga ikhlas, juga ga suka membaca. Kalo memang isi blognya terlalu berat, ato ga sesuai ama keinginan, tinggal tutup aja pagenya toh 🙂 .

    1. Selagi kita kuat menghargai orang lain, maka baik pula hasil yang kita akan raih. Dan, postingan blog saya ini dikomentari kak Fanny. Terimakasih untuk apresiasi nya ya kak. Salam kenal, salam untuk Bulgaria

  10. artikel nya bagus gan,apa lagi buat saya yang baru kenal ngeblog,buat blog baru ga papa gan langsung di tanam bw apa tidak berpengaruh sama blog ter sebut.minta info nya,,makasih dulu

    1. Blog baru rajin buat artikel aja bang, bakal keren itu. Dan coba searching panduan SEO dasar. Semoga beruntung ya

  11. blogwalking sekarang sudah lebih mudah soalnya banyak yang buat grupnya di medsos. Tapi kalau membernya itu-itu aja jadi ga maksimal kalau mau cari backlink, ya kan kakak?

  12. jujur saya masih bingung mas cara naikin PA DA. DA masih 9. itu juga ga tau dapet darimana karena ilmu PA DA ku masih cetek banget. selama ini fokus bikin artikel aja.

    pengen masuk grup BW itu biar tau lebih banyak 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *