BlogSEO

Fenomena Blogwalking ‘Distancing’

Penasaran dengan fenomena blogwalking yang saya kenal sejak pertama sekali gemar menulis di blog. Karena itu menjadi aktivitas sejarah dalam perkembangan blog yang saya miliki.

Namun, apakah sekarang ini blogwalking dikatakan sebagai bentuk networking?

Atau sekadar dijadikan ajang membangun backlink, dan bertujuan agar link tersebut sebagai sarana guna blog kita dikunjungi balik?

Kita tentunya mempunyai sudut pandang masing-masing dalam menentukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dan di tulisan ini saya memberikan gambaran tentang fenomena blogwalking menurut pengalaman selama ini. Semoga, pertanyaan yang muncul seperti; jelaskan yang dimaksud dengan blogwalking, dapat terjawab di sini.

Apa Itu Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan berkunjung ke blog milik orang lain dan memafaatkan hal-hal yang mungkin bisa bermanfaat bagi blog sendiri.

Karena, blogwalking merupakan aktivitas yang dilakukan oleh para blogger dengan memberikan komentar serta meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain.

teknik melakukan atau berkunjung ke website orang lain dan meninggalkan komentar disebut blogwalking

Manfaat Blogwalking

Perlu diketahui bahwa dengan menerapkan teknik blogwalking, tentunya dapat berpengaruh pada peningkatan trafik.

Oleh karena itu

Bagi blogger lain ataupun pemilik blog, bila penasaran dengan yang memberi komentar di blognya, tentunya akan mengklik tautan yang ditinggalkan tersebut. Dan secara otomatis akan menjadi salah satu upaya guna meningkatkan trafik blog.

Blogwalking Meningkatkan Sitebranding

Namun bagi saya, blogwalking tidak lain merupakan upaya untuk meningkatkan sitebranding. Karena perlahan saya sadar, semakin sering saya melakukan blogwalkiing, semakin banyak terjalin pertemanan sesama blogger Indonesia.

Selain itu juga, banyak saya temukan sumber referensi yang cocok untuk dijadikan sebuah tulisan. Tentunya besar harapan saya dapat memperbaiki gaya penulisan saya agar bisa lebih baik lagi.

Untuk itu, bagi Anda yang sekarang bisa dikatakan belum menjalankan teknik blogwalking, sudah boleh melakukannya dengan cara yang baik dan benar. Artinya, jangan sampai kita dicap jelek karena melakukan cara-cara yang tidak disukai blogger lain.

Seperti, tidak serius memberikan komentar dari sebuah tulisan dari blogger lain dengan isi hahaha, mantap nih, keren tulisannya kak, lanjutkan nuslisnya kak, blogwalking balik ya, bener juga tuh idenya. Tanpa ditambahi dengan komentar yang relevan.

Karena kebanyakan blogger masih mengutamakan menyisipkan backlink dengan cara menjadi seorang blogger Spammer. Yakni, terlalu asal meletakkan tautan/link di kolom komentar, tentunya bisa menyebabkan blogwalking yang dilakukan menjadi sia-sia karena beberapa faktor seperti pemilik blog tidak menyetujui komentar kita untuk dipublish dan malah dihapus.

Blogwalking Menambah Kekuatan Networking

Namun, menjadi pertanyaan bagi banyak blogger yang baru belajar SEO (Search Engine Optimization) dan sudah sedikit banyak paham tentang manfaat SEO bila diterapkan pada blog mereka adalah sejauh mana manfaat blogwalking itu bila setiap kita berkomentar di blog-blog kawan lainnya yang sudah auto nofollow setting-an blognya.

Nah, di sini saya ingin berpendapat bahwa jangan terlalu menjadikan komentar di blog-blog kawan lainnya sebagai upaya untuk mendapatkan backlink, namun lebih kepada kekuatan networking atau seperti penjelasan saya pada paragraf ke tiga di atas.

Cara Blogwalking

Yang menjadi persoalannya adalah, kalau kita terlalu sering melakukan blogwalking dan meletakkan tautan pada kolom komentar tentunya sangat saya tidak sarankan. Karena, bisa dianggap Spammer yakni kegiatan meletakkan tautan/backlink secara bertubi-tubi di beberapa blog dalam waktu yang relatif singkat.

Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya?

Biasa saya melakukan blogwalking adalah dengan melakukannya sehari 10 blog. Dan karena saya sadar banyaknya blog kawan-kawan blogger yang nofollow, maka saya manfaatkan itu sebagai sarana sitebranding dan bertujuan agar blogger lainnya bisa mengunjungi blog saya kembali dengan metode URL Redirect.

Karena tujuannya adalah sitebranding dan agar kawan-kawan blogger tersebut berkunjung ke blog saya, maka saya menerapkan metode Short URL yang menggunakan metode URL Redirect.

Contohnya, URL dari blog saya https://wahyublahe.id/travel yang kemudian disingkat menjadi http://goo.gl/kW88g4 dan hal tersebut tadinya menjadi pertanyaan di diri saya apakah ini masih berpengaruh sebagai backlink. Jawabannya tergantung dari penempatannya.

Blogwalking Nofollow

Kalau berkomentar di blog nofollow, dan diletakkan link pada kolom komentar, maka dampak dari nofollow adalah meminta search engine robots untuk tidak mengikuti website yang ada dalam link tersebut.

Jadi terkesan sia-sia, dan oleh karena itu di kolom komentar saya gunakan Short URL saja, karena tujuannya untuk berkunjung, bukan backlink dan mencegah terlalu banyaknya link dari site kita di kolom komentar malah berpengaruh buruk.

Sebab, backlink jangan melulu dari komentar blog, bisa berbahaya dikarenakan sepengetahuan saya algoritma Google sedang dikembangkan untuk mengantisipasi para spammer backlink di kolom komentar.

Alangkah baiknya backlink dilakukan dari berbagai cara, yakni dengan guest posting, menulis di forum, membuat blog dummy, backlink profile, register web 2.0, dan lain sebagainya.

Atau dapat dibaca lebih lengkapnya di : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Dan kalau mau tau cara mudah meniru backlink website orang lain dengan membaca ini : Cara Cek Backlink Website Orang Lain

Blogwalking Short URL

Metode Short URL dengan tipe redirect: 301 yang saya contohkan di atas sangat bisa diletakkan pada blog dofollow dan juga dinilai memiliki kredit link juice, karena perannya sebagai URL Redirect.

Yang mana, bila mesin pencari bertemu dengan 301-redirect, maka web server akan memberi sinyal bahwa web halaman tersebut sudah pindah secara permanen ke halaman yang baru dan akan diteruskan.

Tentunya akan berefek pada penilaian dari web crawler, yang menganggap URL tersebut sebagai yang telah diarahkan ke lokasi permanen dari dokumen web.

Selengkapnya, bisa baca artikel tentang bagaimana cara melakukan blogwalking : Cara Blogwalking Yang Efektif

Blogwalking List Indonesia

Sub-judul ini tentang blogwalking list sebenarnya lebih kepada bagaimana memberitahukan daftar blog blogwalking Indonesia dengan menyesuaikan niche blog. Adalah istilah dalam dunia blogging yang mengartikan topik apa yang dibahas dalam sebuah blog, ataupun dapat dikelompokkan pada jenis blog dilihat dari konten yang disajikan.

Oleh karena itu, blog https://wahyublahe.id dibagi berdasar beberapa page yang memiliki niche seperti blog, branding, copywriting, seo, travel.

Nah, untuk meningkatkan page travel, link dari blog saya https://wahyublahe.id/travel dilakukan penerapan Short URL menjadi http://goo.gl/kW88g4, lalu saya list blog dengan niche travel dengan mengetikkan di google : Travel Blogger Indonesia, karena target keyword tersebut sedang saya optimasi agar bisa masuk halaman pertama search engine.

Maka, akan muncul banyak website dan weblog kawan-kawan travel blogger yang tentunya akan saya lakukan yang namanya penerapan teknik blogwalking.

Namun, dalam melakukan teknik blogwalking itu, saya melakukan pengecekan terlebih dahulu pada blog-blog dari list niche traveling tersebut dengan beberapa metode. Yakni, saya melakukan yang namanya cek DA PA,  untuk mengetahui domain authority dan page authority dari masing-masing blog tersebut.

Saya memprioritaskan blogwalking pada DA PA di atas 30, karena faktor website/blog nya tentu dianggap baik oleh Google. Selain itu, tentu memiliki konten yang berkualitas, On Page SEO nya sudah bagus, popularitas situsnya tidak diragukan lagi ditambah usia domain tidak berbilang bulan lagi.

Sudah tentu, kalau saya melakukan blogwalking di website/blog dengan kriteria tersebut, sedikitnya kredibilitas blog kita akan berpengaruh positif bila memiliki tautan di blog yang sudah populer tersebut.

Optimasi DA PA & Link Juice

Bagaimana dengan DA PA dari blog milik saya? Sudah berumur sebulan lebih, baru memiliki jumlah site yang masih sedikit. Tips mengeceknya di google yakni dengan cara site:wahyublahe.id terdapat baru 80 hasil yang terindex pada halaman website. Dan melihat alexa rank nya : Global Rank 7,138,772 dan Rank in Indonesia 93,145. Daily Pageviews per Visitor 3.40. Daily Time on Site 3:46.

Fenomena Blogwalking 'Distancing' 1

Dengan Google cached, saya ingin memberitahukan kepada kawan-kawan dalam progres pengoptimasian website. Agar terkesan rapi, dan itulah yang dibaca oleh Google mulai dari header dan sub-heading. Masing-masing page yang ada dioptimasi dengan kata kunci bidikan.

Sehingga, link juice dari homepage terbagi merata ke masing-masing page. Oya, untuk tulisan tentang lick juice, secepatnya nanti akan dibuat ya.

Fenomena Blogwalking 'Distancing' 2

Domain Authority : 17, Page Authority : 23 dan umur blog sudah dua bulan. Dengan optimasi offpage beberapa backlink dari forum, profile, dan web 2.0. Setidaknya itu salah satu cara optimasi yang dilakukan di website/blog saya ini. Tampak jelas, yang dioptimasi dengan blogwalking dan membuat backlink akan berpengaruh pada tingkat authority.

Dari beberapa paragraf penjelasan saya mengenai cara blogwalking yang baik dan benar di atas, semoga menjadi referensi yang bermanfaat untuk kawan-kawan bisa praktikkan dalam menerapkan metode blogwalking.

Oh ya, cara penulisan komentar untuk blogwalking sebaiknya hindari yang namanya mencantumkan link hidup. Jika ingin menanam link, coba gunakan dengan mengisi di kolom komentar Name/URL yang disediakan.

Group Blogwalking

Untuk pembahasan kali ini, sepertinya perlu saya tuliskan di sini mengenai fenomena yang diterapkan beberapa blogger jaman now!

Apa itu, sudah semakin banyaknya group-group yang bekerja sama untuk mengoptimasi link dari sebuah tulisan masing-masing blogger tersebut. Para blogger tersebut memberi nama group blogwalking.

Berikut ini contoh dari ketentuan di group blogwalking yang saya tahu;

  1. Wajib aktif lihat group.
  2. Wajib isi komentar dari link yang dikirim di group.
  3. Sebelum meletakkan link, peserta group wajib Blogwalking terlebih dahulu di blog link yang lain. Karena itu masuk dalam ketentuan Point 2.
  4. Tidak ada batas waktu, namun, wajib menyelesaikan Point 1,2,3.
  5. Kalau terkendala untuk BW, kabari di group.
  6. Bagi yang tidak sertakan link, wajib BW.
  7. Minimal kata di komentar, sesuaikan dengan Point Dua.

Dan, para blogger tersebut menjelaskan teknik blogwalking yang baik :

1. Serius dalam memberikan komentar. Wajib dibaca link tulisan kawan, agar benar-benar baik dan nyambung komentar yang kita berikan (terbantu view/menitnya) sehingga bagus bounchrate kita. Kalau selama ini terbiasa dengan group lain yang komen singkat, upayakan di group ini kita berlakukan hal beda.

2. Jangan ngambang dan tak berbobot. Artinya tidak menjalankan Point 1; sehingga komentarnya: salam kenal, sukses, pakai emoticon doang, keren tulisannya kak, blogwalking balik ya. Tanpa ditambahi dengan komentar yang relevan.

3. Saling konfirmasi antara sudah memberikan komentar, dan approved comment. Fungsinya mengingatkan kawan untuk melakukan tugasnya.

4. Bertanya dan kritik dengan bahasa yang tidak singkat, agar tidak terkesan menyinggung pemilik blog.

[UPDATE]—-

Spam Score Tinggi

Muncul fenomena baru dikalangan blogger yang sudah sangat familiar melakukan blogwalking. Apa itu?

Spam Score (SS) yang tinggi.

Hal itu katanya akibat blogwalking yang terlalu sering. Dan juga karena melakukan blogwalking di blog kawan yang tinggi spam scorenya.

Maka, membatasi aktivitas blogwalking tentunya.

Untuk apa dibatasi? Agar tidak semakin tinggi Spam Score dari blog mereka. Karena, setiap melakukan blogwalking ke blog kawan lainnya, tentunya menitipkan link blog di kolom komentar.

Nah, di sini saya melihat dari sudut pandang saya mengenai aktivitas blogwalking.

Begini, dulu kala saya sering melakukan blogwalking dan malah tujuannya untuk backlink. Dan tidak mengenal lebih dalam tentang ilmu SEO.

Sekarang, saya melihat potensi besar dari blogwalking adalah pada poin ke-2 di atas : Manfaat Blogwalking.

Jadi, singkat cerita mengenai bagaimana menyikapi blogwalking, maka tetap melakukannya. Namun, tetap memperhatikan beberapa kaidah seperti di bawah ini :

1. Cek Spam Score

Lakukan pengecekan spam score sebuah website, dengan mengetikkan di Google : cek spam score. Maka keluar link, salah satunya : websiteseochecker << klik.

Lalu masukkan, alamat blog yang mau diketahui berapa jumlah matriks dari spam scorenya.

Cek Spam Score

Setelah itu, keluar hasilnya (terlihat pada gambar di bawah).

Metrik Spam Score

Pada kolom SS : 1% jumlah dari spam score. Masuk kategori yang aman. Blog yang tidak baik nilai spam score nya adalah, SS : 50% ke atas.

Untuk itu, biasanya sebelum saya melakukan blogwalking, terlebih dahulu cek SS dari blog target yang mau disisipkan komentar. Kalau aman, maka lanjutkan dan berkomentarlah dengan baik dan benar.

Kalau tinggi spam score nya, dan Anda ikut ‘arisan blogwalking’ yang mengharuskan BW ke blog kawan lainnya kan? Maka, solusinya tidak meletakkan link blog kita.

Dan, kalau platformnya masih menggunakan blogspot. Maka berkomentarlah dengan menggunakan link profile dari blogger. Jadi, kita tidak perlu menyisipkan link dari blog kita.

Beres kan?

Terus, kalau sudah terlanjur Spam Score nya tinggi? Gimana dong cara menurunkannya?

Biasanya saya buka satu per satu link yang mengandung spam score. Saya buka dari Moz, untuk melihat persen dari Spam Score nya.

Hapus Spam Score

Saya kumpulkan di dalam satu noted dengan format file : hapus-spam-score.txt

Tidak saya tampilkan daftar link weblognya, hanya di bawah ini tertera persen dari Spam Score blog tersebut yang sangat tinggi. Dan harus saya hapus.

Weblog Spam Score Tinggi

Lalu, masuk ke link ini, lalu pilih website yang akan dihapus backlink yang tinggi spam score nya.

Disavow Link

Klik, Menolak Link!

Menyangkal Tautan

Upload, dan pilih file yang sudah disimpan dengan format .txt tadi.

Lalu, klik kirim. Dan, selesai!

Keren juga ya kan. Itu sekadar informasi tambahan karena sesuai dengan temanya Fenomena Blogwalking, jadinya pembahasan agak melebar dikit. Cocok?

Kalau tulisan tentang pengertian dan tujuan blogwalking ini dirasa bermanfaat dan tidak membosankan, boleh bantu share ya. Dan, kasih komentar yang mantab juga pada kolom di bawah. Keep writing yes!

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

227 Comments

  1. Baru tau kalau terlalu banyak BW dalam satu hari bisa dianggap spam. Makasih infonya bang?

  2. Untung aku ga pernah nyepam komen di blog-blog orang. Hahahaha. Aku punya jadwal untuk BW ke postingan temen-temen, Bang. Kebanyakan siy yang sama niche nya, travel atau lifestyle. Tapi kalau kontennya bagus, walau ngga satu niche pun aku tetep tinggalkan komentar. Soalnya manfaat yang paling terasa itu ya, silaturrahim dan saling kenal satu sama lain☺.

    1. Banyak kali untungnya kakak ya. Nanti awak juga BW ke kak Molly sering-sering, dan mantau kawan-kawan kakak lainnya ya, biar ketularan kerennya..

    2. Kayaknya blogwalking ini teknik yang nggak bakalan tergerus zaman, ya.. mengingat beberapa tujuan lain (tidak hanya menanam backlink) yang dilakukan blogger agar blognya berkembang, menambah relasi, dan menemukan ide untuk menulis postingan di blognya.

  3. Ternyata Blogwalking memmang punya beragam manfaat ya bang.. dan ada dampak tertentu jika salah langkah dalam blogwalking.. dtunggu postingan selanjutnya bang

    1. Padahal, Blogwalking yang kita lakukan tadinya sekedar stalking. Biar nambah ilmu, dan sepertinya informasi yang beginian perlu dituliskan, ya kan Rudi 🙂

  4. Dari dulu sampai sekarang entah kenapa aku suka aja Blogwalking di blog teman-teman blogger. Mengesampingkan backlink atau keuntungan yang lain, tapi tetap ada saja info ataupun ilmu baru yang bisa kudapatkan.

    Btw, jangan berhenti ngasi ilmu yang bermanfaat kaya gini ya, bang. Jujur makin melek aku soal Link Juice.

    1. Iya, semoga tambah bermanfaat yaaaaaa. Mengenai link juice dan SEO Silo, ntar kushare menurut sepengetahuan ku yaaa

  5. Membaca ini, saya teringat/terpikir bbrp hal;

    1. Saya baru tahu istilah Link Juice. Ditunggu tulisan berikutnya yang tentang itu.

    2. Di grup2 BW yg saya ikuti, tidak ada yg mewajibkan BW kalo tdk ikut nge-list link.

    3. Teman saya pernah ngecekkan dan mengabari bhw blog saya auto nofollow. Nah, itu belum saya pelajari lagi. Apakah sebaiknya saya buat jadi dofollow (bagaimana caranya)? Atau gpp seperti itu? Bagaimana menurut Bang Wahyu?

    1. Hai kaaaak Mugniar. Untuk Point 1, ditunggu yaaaaaa. Point 2, agar membuat rajin nulis, karena termotivasi biar di-BW. Point 3, sebaiknya biarkan seperti itu, biar gak jadi sasaran spam comment nanti blognya kk

          1. Baru baca pagi ini. Kelihatannya harus saya baca ulang lagi. Dan ternyata saya sudah pernah baca😀

            Sudah pernah baca tetap berasa refreshing dan ada lagi yang nambah.

            Kalo utk group BW, sekarang ada batas waktu dan yang wajib saling komen hanya yang ada di list. Saya kalo lagi butuh komen bisa nge-list di 4-5 grup. 😂

          2. Baru baca pagi ini. Kelihatannya harus saya baca ulang lagi. Dan ternyata saya sudah pernah baca😀

            Sudah pernah baca tetap berasa refreshing dan ada lagi yang nambah.

            Kalo utk group BW, sekarang ada batas waktu dan yang wajib saling komen hanya yang ada di list. Saya kalo lagi butuh komen bisa nge-list di 4-5 grup. 😂

            Oya utk short URL berarti bisa ya diterapkan kalo komen di blog yang gede SSnya? Supaya tidak langsung ngefek ke blog kita?

  6. Saya baru tahu manfaatnya BW (saya baru ngeblog soalnya, hehehe..). Yapi kalau bw sudah lama dan lumayan sering lakukan itu tapi hanya karena dua alasan saja. Pertama, untuk cari informasi yang saya butuhkan dan kedua, untuk silaturahim.
    Ternyata banyak banget yah manfaatnya. Baiklah saya akan lebih rajin lagi BW.

    1. Mampir untuk yang ketiga kalinya, he he.

      Tertarik pelajari file tolak link. Itu

      Pengennya blog sebersih mungkin walau 2% masih aman. Cuma mau dicegah supaya gak naik ke 3. 😂

      Oya blog yg tinggi SSnya malah ada yg sudah dihapus. Koq masih terdeteksi ya?

      1. Iya, proses penghapusan dan dibaca clean, juga butuh proses kak. Sabar aja kita ya kan, heheheheh

  7. saya menggunakan BW dengan akun blogger bang, jadi ga langsung name/URL. Orang2 akan mengklik profil blogger dulu, baru kemudian mengunjungi blog yang ada di profil tersebut. Maka ga heran sih kalau lihat report dari google analytic lebih banyak hail dari Direct dibandingkan referal.

    Yah, kecuali kalau yang WP, pasti akan menginput nama/url secara langsung.

  8. Hai bang, ini info bermanfaat sekali. Selama ini memang aku suka BW ke blog teman2 yang niche sama denganku atau yang personal dengan berbagai topik. Sebelumnya ini memang belum paham kali tentang manfaatnya namun sekarang mulai paham sedikit demi sedikit efeknya ke blog.

  9. Aku aja ga tau cara cek da pa dll nya itu. Selama ini aku rutin BW, hanya krn pgn nambah temen, nambah bacaan yg bagus, belajar menulis dr blog orang2 yg memang sudah bagus, dan networking. Aku ga ngarepin juga orang yg aku BW bakal berkunjung balik ato ga, krn buatku, hak masing2 orang untuk mau membaca blog orang lain.

    Yg pasti, saat komen di blog orang, aku ga mau asal komen, ga membaca dulu apa isinya. Itu hanya menunjukkan kalo kita ga ikhlas, juga ga suka membaca. Kalo memang isi blognya terlalu berat, ato ga sesuai ama keinginan, tinggal tutup aja pagenya toh 🙂 .

    1. Selagi kita kuat menghargai orang lain, maka baik pula hasil yang kita akan raih. Dan, postingan blog saya ini dikomentari kak Fanny. Terimakasih untuk apresiasi nya ya kak. Salam kenal, salam untuk Bulgaria

  10. artikel nya bagus gan,apa lagi buat saya yang baru kenal ngeblog,buat blog baru ga papa gan langsung di tanam bw apa tidak berpengaruh sama blog ter sebut.minta info nya,,makasih dulu

    1. Blog baru rajin buat artikel aja bang, bakal keren itu. Dan coba searching panduan SEO dasar. Semoga beruntung ya

  11. blogwalking sekarang sudah lebih mudah soalnya banyak yang buat grupnya di medsos. Tapi kalau membernya itu-itu aja jadi ga maksimal kalau mau cari backlink, ya kan kakak?

    1. Oleh karena itu, buat konten yang berkualitas dengan sedikit pemahaman mengenai SEO On Page. Jadi, membernya tidak itu-itu saja. Yup. Benar sekali kak..

  12. jujur saya masih bingung mas cara naikin PA DA. DA masih 9. itu juga ga tau dapet darimana karena ilmu PA DA ku masih cetek banget. selama ini fokus bikin artikel aja.

    pengen masuk grup BW itu biar tau lebih banyak 🙁

    1. Fokus di konten aja rutin. Dan jangan lupa share ke akun sosmed, usahakan ada interaksi dan visit ke blog kita

  13. Bang, awak boleh jujur? Sebenarnya pengen kali belajar jumpa langsung, ada bbrp point yg abg jelaskan di blog ini yang awak kurang ngerti. Backlink itu sebenarnya kekmana bg? Sekedar ngisi situs web kita sewaktu mau komentar aja kan bg? Atau ada yang lain.

    Awak baca td diatas abg buat ” Alangkah baiknya backlink dilakukan dari berbagai cara, yakni dengan guest posting, menulis di forum, membuat blog dummy, backlink profile, register web 2.0, dan lain sebagainya.”

    Itu lah penasaran awak bang, apa maksudnya itu.. Haha

    Link Juice dan Short URL itu kurang paham lah bang,

    Dan Alhamdulillah awak selalu baca betul kok bang setiap bw ke blog org lain. Blog abg ini lagi, Awak memang tujuannya buka utk belajar.. Hehe sampe praktek langsung lagi?

    Blog awak usianya hampir 3 bulan bang, DA nya 17, Pa nya 11 bang..

    1. Wajib jujur. Kalau berbohong nggak ada gunanya. DA PA nya udah bagus, karena fokus di artikel dan konten yang baik serta di share di sosmed. Lanjutkan secara manual saja. Udah keren itu

  14. Bang blaheee,,,, sehat baang?? Hahaha aku aktif di blog lagi ini,, hahahha kayakya musti banyak belajar bang blahe ini .. wkwkkw suksess ya ..

  15. Bang saya suda mencobanya bang, yang bagian blogwalking dengan cara komentar menggunakan nama dan link. Hasilnya PA saya bang naik, dulunya 12 sekarang sudah 20 bang..

    Next mencobanya mentode blogwalking lainnya

    1. Saya sebagai blogger pemula yang baru terjun ke dunia blog merasa sangat berterimakasih sama.bang wahyu, melalui artikel ini saya dapat pelajaran yg begitu berharga dan saya juga baru tau apa itu Blogwalking.
      Sukses slalu.. Aamiin

  16. salam BW om,
    lagi cari2 info seputar backlink euy….

    salam 1 aspal

  17. Blogwalking itu baik, tapi jika berlebihan jadi tidak baik. bahkan di grub facebook pun mulai jarang spam komentar link.

  18. Informatif…terima kasih atas maklumat kepentingan blogwalking dan manfaatnya..

  19. Duh sy mah plg banter hanya kasih komeb sj kl sedang baca artikek seseorang.. Gak prnh tu ninggalin link url sy.. Mo kunbal apa nggak sy ga prnh maksa kq.. Kl emang tukisan menarik walaupun beda niche sy mh ya komen aja.. Gk ornh jg ikut bw grup… Sy ksh komen bwt silaturahim aja sih dn nmbh wawasan aja

  20. Aku ngerasa Blog Walking bagus untuk di lakukan, selain bisa dapat kenalan baru atau menjadi network baru bang hehe..
    Cuman kalau udah BW tapi gak di bales kadang memang sedih, karna secara gak langsung dengan banyak nya yang komen di blog kita maka blog kita kan bukan blog sembarangan hehe…

    Semangat Blog Walking hehehe

  21. Terima kasih insight nya mas, cuma kalau saya lihat beberapa grup fb para blogger kok udah sepi bw ya mas? Beda dg 2-3 th yang lalu, atau mungkin saya yg jarang pantau ya? Hehe

  22. isi group blogwalking sekrang ga bener semua mas -_-,mau bw dan share link. malah di jahilin di jingling -_-.
    saya belum ngerti yang blogwalking short url mas. kita buat backlink di link yang mati milik orang lain atau bagaimana ?

    1. Grupnya coba yang kekeluargaannya tinggi, saling kenal, bukan asal kasih link biar memberikan peluang yang iseng jigling blog kita 😀

  23. Saya masih melakukan blog walking, terutama untuk blog konten berbahasa Indonesia. Tapi masalahnya semakin hari semakin susah blog yang membolehkan menanam link secara gratis 🙁

  24. Alhamdulillah… informasi dan wawasan yang sangat berarti bagi blogger pemula seperti saya… semoga sukses buat wahyublahe.id

  25. Terima kasih mas infonya , banyak membantu ini juga lagi belajar blogwalking

  26. apapun itu saya pikir oke oke saja baik blog walking ataupun networking selama memiliki kualitas yang baik pasti akan berdampak yang baik pula untuk blog kita. bukankah begitu mas?

  27. Cari-cari artikel backlink berkwalitas eh, nyangkut disini, masih bingung sama fungsi backlink, Domain authority dll. Dulu pernah ngeblog isinya tutorial n seputaran desain grafis, sempat tak custom domain, 4 tahunan lah. trus lupa bayar (telat 2 bulan lah..) Pas mau bayar ternyata sudah di sambar amazon. n dijual ulang $1.800 .. kok bisa? padahal artikelnya cuma 53 biji. Kata temen yang blogger, web ku yg lama backlink nya bagus, dll. Gak ngerti aku.. hehe.. Sekarang mulai lagi dari awal bangun blog .. ganti nama ..
    Ahaha,,, kok malah curhat.. he..
    yo wis, sukses mas agan makasih ilmunya.. top

  28. terimakasih banyak atas ilmunya tentang blog walking… membuka wawasan dan ilmu baru buat saya…saya masih newbi… ingin belajar lebih banyak tentang bagaimana bisa page one di google

  29. Tulisannya komplit. Biasanya kalau blogwalking cuman lihat dari group-group di facebook. Lain kali nyobain caranya bang wahyu pake googling dulu mantab kayaknya.

    Biar sesuai dengan topik blog kita ya bang.

  30. Terimakasih akang, baru pemula liat artikel ini jadi semangat… ijin kang… ^_^

  31. saya juga sudah mencoba berbagai teknik seo dari backlink seo on page dll dan memang terbukti ada visitor ampe dibawah 15k/hari tetapi kok stagnan terus dan mungkin bisa minta saran lain agar trafik bisa naik lagi dan salam kenal dari admin – 2dua.com

  32. Cari-cari info tentang blogwalking ketemu tulisan ini. Sangat menambah pengetahuan. Selama ini saya ngeblog, tapi jarang blogwalking. Makasi pengetahuannya bang.

  33. Baru tahu saya kalau komentar di blog orang bisa jadi backlink buat blog kita

    Infonya dong group blogwalking yang recomended

  34. Akhirnya ada juga yang bahas lengkap banget tentang blogwalking, makasih ilmunya yaa gan

  35. Bagus … ilmunya manfaat banget…jangan lupa ya berkunjung di blog saya juga

  36. baru tau kalo’ ngelakuin banyak blogwalking banya” bisa di anggap spam ? kok bisa min ? padahal kan gk di website yang sama gt ? sebelumnya thanks banget min , artikelnya sangat membantu. ditunggu next artikelnya

  37. Terimakasih mas sangat membantu, kalau ada buki tentang bloging / tips trik boleh di share mas hehehe

  38. Baru ini coba ikut grup Blogger dan sering ada kata BW, yang ternyata artinya Blogwalking. Jadi blogwalking gak harus nyertakan link di textbox komentar juga ya gan. link bisa diletakkan di textbox website saja jika ada. Makasih gan infonya, semoga jadi berkah.

  39. Wah bener bgt nih dengan adanya BW sih bagus ya bang buat silaturahmi tapi ngeri juga kalo sampe di katakan spam

    1. Klik kanan pada bidang tertentu, pilih : inspeksi, maka akan keluar seperti ini.. Ada tulisan nofollow link nya : < a href="https://id-ayobelajar.blogspot.com" class="url" rel="external nofollow ugc">Tomi Nurhidayat

  40. halo gan untuk melakukan blogwalking ada batasan tidak berapa banyak komentar yang dianjurkan? trims

  41. aku baru tau nih istilah blogwalking, karena memang bisa mempererat tali persaudaraan sesama blogger ya mas heheh
    salam kenal mas 🙂

  42. Terima kasih atas perkongsiannya. Salam dari Malaysia 🙂

  43. Baru tahu ni istilah Blogwalking, dan saya cari tahu maksudnya. Msih baru banget dalam blogging😅

  44. BW sepertinya efektif bila dikerjakan rutin dan telaten, semoga mulai rajin deh kita BW, tks Kaka

    1. Yoi, sangat banyak manfaatnya. Dan itu yang membuat konsistensi dari para blogger makin tinggi, bukan hanya blogwalkingnya, namun rajin menulisnya dan tetap fokus menghasilkan karya..

  45. Tandai dulu ah.. Salam kenal, Mas. Pas banget nih saya agak desperate sama blog yang baru. Lama banget mikirnya sampai akhirnya memutuskan untuk nge-blog lagi. Saya bingung dengan tampilan blogspot, karena kebetulan dulunya saya pakai multiply, jejak kelihatan, jadi bisa saling follow juga. Trus pindah ke blog yang baru ini malah berasa sendirian.. haduh.. malah curhat

    1. Loh, gak usah merasa sendirian lagi. Toh, banyak grup yang bisa ikutan join di sana. Dan dalam waktu sebentar, banyak kawan yang akan berbagi informasi bermanfaat tentunya perihal blog.

  46. awak masih kurang paham yang namanya blogwalking ini bang, untuk sebagian orang blogwalking dikerjakan ketika ada tulisan yang harus direport ke client nah biar bagus reportnya barulah sibuk blogwalking.

    kalo aku pribadi blogwalking, untuk jalin relasi tapi ya gak gencar kali dan gak targetin harus seminggu sekian blog, karena banyak kawan yang mainnya gitu, awak blogger santui bang kalo luang waktu ngeblog kalo lagi sibuk ya gak ngeblog.

    tapi blogwalking itu sendiri menurut awak sangat bermanfaat, baik itu bagi blog yang kita kunjungi dan blog kita sendiri. beberapa orang masih berpikiran sempit kalo blogwalking itu nguntungin blog yang dikunjungi saja.

    awak sendiri pemain blogger masih bang, jadi belum ada filter untuk mereka yang blogwalking yang mengakibatkan spamscore di blog tinggi, nah gimana ya sarannya bang. selama ini awak hapusin aja jika ada pemilik blog yang akunnya sebabkan spamscore naik dan awak sediakan deh url untuk yang komentar sebagai alternatif.

    1. Jadi, belum kepada approved atau tidaknya komentar mereka apakah memiliki spamscore tinggi. Sejauh ini, berpengaruhnya spamscore tinggi disaat link kita ada di blog mereka

  47. Harus teliti berarti ya Bang, kalau nggak ya kasihan blog kita
    dari pengecekan da, dan ss untuk berkomentar.
    Aku pas ngecek Da, abang jatuh di 31 alamakkkkk
    mupeng daku. Tak susul Bang.

    1. Iya, teliti, skeptis, itu kan penting dalam hidup berkehidupan. Duh, kena cek DA kita, yuk disusul. Mudah kok, apalagi yang nyusul itu blognya udah 9tahunan. Wow

  48. wah makasih ilmunya suhu
    saya save dulu

    saya sekarang juga mulai berlajar BW yang mengena, baik terhadap blog saya maupun blog yang saya kunjungi

    tapi, karena niat saya buat hepi, jadi saya tidak bisa BW banyak lantaran terkendala waktu
    yang saya kunjungi kebanyakan rekan yg sudah saya kenal, yg artikelnya saya baca sampai habis agar nyambung

    tapi tidak tertutup kemungkunan artikel blogger lain yang bagi saya bermanfaat akan saya baca juga

    terima kasih sharingnya

    1. Semangat aja ngeblog, jadi itu. Berikan hal positif untuk kawan-kawan dan pembaca blog kita..

  49. Awalnya BW hanya awak lakukan untuk mendapatkan backlink, makin kesini, ternyata gak hanya itu aja, banyak juga yg bisa kita dapat dari kegiatan BW itu ya kan, lebih dari nambah kawan la: tau gaya template kawan, isi gaya tulisan kawan, niche dan lain2. Kalau awak rasa blog kawan itu bagus, baik dr serp, template, niche, gaya tulisan, pasti awak bongkarin apa aja yg di pakai tolsnya, berapa jumlah backlink dan sumbernya dan lain lain.. Gitu kira-kira Bang Blahe :D. Cemana komen awak? 😀 Cheers!

    1. Begini baru namanya komen mantab, lanjutkan belajar SEO itu mudah, konsistensinya yang membuat seseorang bilang itu susah..

  50. Matiz Elevator kalo web spt ini, bisa gak ya untuk blog walking?

    1. Halo mas Wahyu, artikelnya lengkap saya suka, awalnya gak percaya blog walking ini ada efeknya untuk meningkatkan traffic, tapi setelah membaca dari berbagai sumber dan mencobanya sendiri, ternyata benar perlahan traffic mengalami peningkatan walau tidak besar, terima kasih Mas

  51. kayaknya sekarang jarang yang blogwalking ya gan,,, rata rata pada ngeyutub semua 😀

  52. sekarang tau saya bang. bang klo buat blockwalking bisa sendiri apa harus ada group bang ? terus kalo say komt kaya gini termasuk blockwalking

  53. Hadir untuk kedua kalinya, absen pertama cm baca2 doang.. absensi kedua baru berani komen.. lumayan nih, nambah ilmu baca artikelnya sekaligus dapet link blog buat dikomentarin selanjutnya dari yg komen2.. hahahaha ^_^.. trims artikelnya bro wahyu

  54. untuk tahun 2020 apa masih efektif ya, untuk penggunaan Blogwalking

  55. Bgtulah susah2 gampang untuk BW, harus ektra hati2. Sekalipun jarang BW klo BL kita telah ada di blog SS tinggi kemungkinan besar SS blog kita akan tertular. 😥

    1. Spamscore rata-rata bila melakukan hal-hal yang over. Cara ngatasi spamscore sebenarnya gampang, sudah dituliskan di atas.

      Blogwalking itu debesss..

  56. Hallo mas Wahyu (izn untuk menyapa seperti itu). Pertama – tama salam kenal dan apresiasi untuk penulisan yang enak dibaca (kalimatnya simpel dan mudah dipahami). Pertanyaan saya adalah bagaimana caranya sampai nulisnya simpel dan mudah dicernah seperti postingan di atas. Apakah tulis langsung posting atau membiarkan beberapa hari untuk diedit terlebih dahulu.

    Kedua terkait isi postingan ini.

    Mas kalau saya sehari mungkin 2 kali berkunjung ke blog yang sama dan memberi komentar yang sesuai dengan isi artikel dan menurut saya komentarnya berkualitas, apakah itu bisa dianggap spam oleh mesin pencari, lalu apa dampaknya bagi blog saya dan blog teman yang saya kunjungi?

    Bila rutinitas seperti itu saya lakukan seminggu 3 atau 4 kali di blog yang sama apa dampaknya bagi blog saya dan blog teman saya. Mohon dishere ilmunya mas. Terima kasih salam sukses…

    1. Nulisnya hasil editing berkali-kali..
      Membiarkan beberapa hari juga, kalau tulisannya perlu pembahasan panjang.

      Untuk jumlah kunjungan dan komentar, aman-aman aja bang. Sejauh yang saya pelajari, spam itu melakukan komentar dengan isi komentar yang sama di banyak tempat.

      Bagi blog teman, banyak dampak positif, bagi blog kita, tidak berampak negatif.

      Silahkan terus blogwalking

  57. Terima kasih bang, saya kagum sekali dengan tulisan abang, ‘enak’ bangat buat dibaca, kalau tulisan saya ampun orang jadi bingung maksud saya apa hehhee,

    Soal komentar blog baik siap abang, terima kasih soalnya saya takut berdampak buruk bagi blog teman saya karena niat saya hanya menjalin silaturahmi saja, jadi jangan sampai niat itu bisa jadi bumerang buat teman saya. Sekali lagi terima kasih banyak untuk ilmunya bang…

    1. Selagi blog kawan itu ada kolom komentar, ya isi aja. Sejauh ini, kalau mereka tidak suka dengan komen kita, mereka bisa hapus..

  58. Terima kasih artikel nya, sekarang saya sedang mengimplementasikan. Hanya saja bingung, jika website yang saya beri komentar tidak sesuai dengan website saya. Yang di maksud adalah pembahasan antar website. Itu bisa membuat masalah kah?

  59. Akhirnya mendapatkan penjelasan lengkap mengenai blogwalking. Maklum masih pemula dalam membangun blog.
    Terimakasih sangat..

  60. BW nya di website yang berkuliatas, 10 sehari bagus gak ya ?

  61. Menarik postnya mas makasih share ilmunya jadi lebih memahami do’s and don’ts nya Blogwalking..Sukses selalu ya

  62. Terimakasih, cocok banget bagi pemula seperti aku jadi banyak tau, ada juga ya grup FB untuk ngeblog

  63. Katanya backlink dari komentar itu nilainya rendah banget… tapi mungkin gpp ya ? daripada ga nambah sama sekali….

  64. Terima kasih atas ulasannya.
    Blogwalking ini termasuk salah satu strategi promosi blog yang simple tapi ampuh juga kalau dilakukan terus menerus dalam jangka panjang.

    Kalaupun nggak dapat backlink, paling tidak untuk sekadar publikasi dan awareness blog.

  65. Bener banget sih, sekarang saya paham benefit dari blogwalking itu apa. Secara langsung maupun nggak langsung itu bisa bermanfaat baik buat pengembangan blog kita.

  66. Wah mantap banget mas penjelasannya jelas, nambah ilmu baru nih dimari. terima kasih

  67. Halo Bang Wahyu Blahe terima kasih artikel yang sangat menarik dan menambah ilmu perblogeran lengkap dengan cara optimasinya.

    Baiknya kl kita mau BW itu harus di blog atau website yang sama dengan niche kita atau boleh yang beda niche ya mas?’

  68. Ijin belajar suhu, terima kasih ilmunya. mantap

  69. lagi cari info tentang blogwalking ketemu tulisan di blog ini. Sangat menambah pengetahuan. Selama ini saya tapi jarang blogwalking.

  70. Waduh…….. bertahun2 saya pelajari blog, baru sekarang nemui blog sebagus ini, nama blog juga lucu……
    Terimakasih banyak Guruku atas postingannya yang suangat bermanfaat.
    Saya tunggu update blognya via email.

  71. Tapi apakah BlogWalking (BW) tahun 2020 masih efektif mas buat optimasi blog

  72. terimasih mas.. atas informasi nya.. selama ini blogwalking yang aku kerjakan salah..
    maturnuwun..

  73. Terima kasih mas pemaparannya jelas sekali!

    Tak bookmark dulu postingannya, so much things to process, hehe. Lagi nyari artikel tentang backlink ketemu ini. Belum ngerti sepenuhnya tapi nanti mau coba explore tools2 yang dimention di artikel ini. Makasi Mas Wahyu!

  74. wah bagus nih, saya baru ngeeh kalau Blogwalking bisa menseleksi pilihan kita untk mendapatkan nilai Spam skornya sudah kecil, supaya gak membesar hehehehe. untuk toolsnya lumayan lengkap deh makasih mas

    semangat..

  75. Blog walking emang efektif untuk meningkatkan engagement sehingga rating domain kita bagus. Saya pernah ikut grup WA blog walking dan disiplin beri komentar. Tapi lama2 saya krn kesibukan pekerjaan utama, kelupaan komentar. Akhirnya saya dikick duh.. Pdhl saya ingin melakukan pengakian dosa. Hehe.. Oh iya mgkin mas wahyu ada rekomendasi grup WA blog walking. Atau jangan2 kita pernah satu grup WA hehe.. Terima kasih..

    1. Halo, salam blogwalking. Untuk grup WA nya belakangan ini saya tidak ada join. Karena faktor pekerjaan yang makin padat, ya.

  76. terimakasih infonya mas, mungkin ini adalah blogwalking pertama saya yaa 😀 salam kenal

  77. Mencerahkan setelah baca ini sampai habis
    Intinya jangan kebanyakan blogwalking karena takut juga dianggap spam.

  78. Bagaimana cara nurunkan spam score ya min, punya saya ada 11 %

  79. kemari karena cari thread blog walking :D. thanks infonya gan. ijin jejak 🙂

  80. Waduh..klo keseringan blog walking ternyata bisa ningkatin scor spam..thank infonya om

  81. Saya baru mulai blogwalking dan penasaran gimana cara yang bener nya. Cari di google dan blog mas wahyu ada di pejwan. Jujur, tadinya mau BW yang sekadar BW aja, nggak mikirin ini itu. Untungnya tulisan ini menyelamatkan saya. Makasih mas, sehat selalu 😇

  82. Terima kasih bang sharingnya. Mulai hari ini bakal masukin blogwalking sebagai aktivitas harian.

  83. menarik banget sih infonya untuk yang masih belajaran tentang SEO, apalagi kalo yang masih suka spam

  84. Paling suka sehabis baca artikel lanjut baca komen – komen., apalagi kalau tertib dan bersih dari sampah 🙂

  85. Rutin blogwalking dan berkomentar di blog orang lain lumayan bisa jadi backlink. Terimakasih infonya mas, postingannya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button