Brand Awareness Perkuat Minat Beli Konsumen, Benarkah?

Brand Awareness

Brand awareness adalah kesadaran merek terkait pengakuan konsumen terhadap produk. Karena, semakin tinggi tingkat kesadaran merek oleh konsumen maka tinggi pula minat beli.

Idealnya kesadaran merek tersebut mencakup perbedaan masing-masing produk.

Istilah brand awareness tentu begitu familiar, khususnya para pebisnis. Produk yang mampu untuk mempertahankan kesadaran merek dengan baik, maka cenderung dapat menghasilkan pendapatan yang lebih banyak.

Hal ini dikarenakan konsumen lebih gemar berbelanja produk yang terkenal dibanding yang tidak diketahui.

Pentingnya hal tersebut tentu membuat para pebisnis berlomba-lomba dalam meningkatkan kesadaran merek.

Demi mendapatkan banyak konsumen maka sudah sewajarnya bagi para pebisnis untuk sadar akan realisasi upaya peningkatkan brand awereness tersebut.

Apa Itu Brand Awareness

Pengertian brand awereness adalah suatu kondisi dimana seseorang maupun sekelompok orang telah mengetahui merek, produk maupun jasa dari suatu perusahaan tertentu. Jadi, secara singkat istilah tersebut merujuk kepada kesadaran merek, kenal merek atau tahu merek.

Meski demikian, kenal merek bukan berarti seseorang telah menggunakan produk maupun jasa suatu merek. Tidak perlu mencuci baju memakai deterjen Rinso kalau ingin mengenal Rinso. Tidak melulu harus mengidolakan artis K-Pop kalau hanya ingin mendengar lagu-lagunya saja.

Indikator atau kriteria brand awereness adalah apabila sebagian besar konsumen dalam target pasaran telah mengetahui merek tersebut. Tinggi rendahnya brand awereness bergantung pada total addressable market.

Misalnya, jumlah total penduduk Indonesia adalah 290 juta jiwa. Hampir semua penduduk Indonesia mencuci baju.

Ketika 1 juta orang mengetahui merek deterjen Rinso sedangkan 500 ribu orang mengetahui merek deterjen So Klin maka yang memiliki brand awereness tinggi adalah Rinso.

Para ahli turut serta dalam memberikan pendapat tentang kesadaran merek.

Brand awareness menurut para ahli seperti Rossiter dan Percy mengatakan bahwa istilah sadar merek merupakan suatu kemampuan pembeli guna mengenal merek tertentu.

Sementara itu, Shimp menyatakan bahwa sadar merek suatu kondisi yang hanya dialami oleh konsumen.

Kondisi tersebut menyebabkan konsumen hanya memikirkan produk tertentu yang sering muncul di iklan publik. Kemudian, Soehadi menjelaskan bahwa kesadaran merek berarti pelanggan senantiasa mengerti kategori produk, dimana mereka sangat bergantung pada produk tersebut demi mencukupi kebutuhan.

Pengukuran kesadaran merek sejatinya mencakup tiga tingkatan yaitu top of mind, brand recall serta brand recognition.

Top of mind (puncak pikiran) menggambarkan merek yang pertama kali paling diingat konsumen ketika ditanyakan tentang suatu produk.

Misalnya, ketika ditanyakan tentang deterjen cuci baju yang terbayang dalam benak konsumen adalah Rinso.

Sementara itu, brand recall (bentuk pengingat merek kembali) mencerminkan brand apa saja yang perlu diingat usai menyebutkan brand kali pertama.

Terakhir adalah brand recognition (bentuk pengenalan terhadap merek). Brand recognition merupakan suatu pengukuran brand awereness konsumen dimana kesadarannya dapat diukur dengan memberikan sejumlah bantuan.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa sejatinya ada empat indikator kesadaran merek yang dijelaskan secara teori di atas.

Indikator tersebut di antaranya recognition, recall, purchase serta consumption. Keempat indikator tersebut senantiasa saling berkaitan demi menciptakan brand awereness yang tinggi.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Kesadaran merek sangat penting bagi dunia bisnis apapun. Selain untuk mengundang konsumen dalam membeli produk dari bisnis tersebut, kesadaran merek juga mampu untuk menghimpun konsumen agar senantiasa membeli produk secara kontinyu.

Kesadaran merek penting guna menciptakan kepercayaan pelanggan serta untuk menjaring konsumen baru. Di samping itu, sadar merek juga sangat bermanfaat guna meningkatkan brand equity serta mendorong loyalitas konsumen.

Mengingat betapa pentingnya kesadaran merek, maka Anda perlu tahu bagaimana cara meningkatkan brand awereness tersebut. Adapun cara untuk meningkatkan tingkat kesadaran merek dapat Anda tempuh melalui beberapa cara berikut.

Manfaatkan Social Media

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, social media sangat penting bagi tim marketing suatu perusahaan. Melalui social media, tim marketing tidak hanya dapat fokus pada penjualan produk saja melainkan juga fokus pada calon konsumen.

Media sosial akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan para konsumen secara langsung. Ciptakan brand experience sesuai dengan keinginan konsumen sehingga membuat rasa percaya mereka kepada brand Anda semakin besar.

Selain itu, dengan memanfaatkan social media maka Anda juga bisa melihat reaksi maupun respon dari para konsumen terhadap bisnis yang dijalankan. Hal ini sangat penting guna menyesuaikan strategi promosi Anda.

Dalam menggunakan social media, maka Anda harus senantiasa aktif baik urusan posting maupun merespon konsumen. Jangan lupa perhatikan konten social media yang Anda posting.

Sesuaikan konten yang Anda posting dengan apa saja yang sedang trending di waktu ini.

Content Marketing

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran merek ialah dengan membuat konten pemasaran online. Sebisa mungkin Anda harus menuliskan artikel yang tidak sekadar menarik melainkan juga relevan, riil dan memiliki nilai-nilai tertentu.

Pastikan konten yang Anda buat bisa menjelaskan kepada khalayak ramai bahwa Anda memang expert di bidangnya. Dengan demikian, maka kepercayaan konsumen akan semakin meningkat dan tentu dapat menambah jumlah konsumen dari produk bisnis Anda.

Ketika membuat suatu konten, yang perlu Anda ingat adalah harus memberikan informasi bagi viewer bukan sekadar jual produk barang atau jasa bisnis saja.

Tulislah konten yang informatif sekaligus memiliki nilai positif dengan melibatkan peran konsumen.

Tujuan utama dari pembuatan konten ini tidak lain adalah guna membantu perusahaan dalam menekankan citra bisnis. Maka dari itu, sebelum membuat konten ada baiknya jika Annda membuat strategi yang jelas terlebih dahulu.

Video Marketing

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan demi meningkatkan kesadaran merek adalah membuat video marketing. Melihat fenomena digital saat ini, rasanya sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkannya dengan baik.

Statistik viewer dari beragam media live streaming mencapai kisaran liyaran per harinya. Banyaknya orang yang menghabiskan waktunya untuk menonton video online tentu menjadi angin segar bagi pelaku digital marketing.

Anda dapat membuat video singkat dalam bentuk explainer video. Jadi, dalam video tersebut Anda hanya perlu memberikan informasi penting terkait bisnis Anda.

Selain berbentuk video explainer, Anda juga dapat memasarkan produk menggunakan metode video pre-roll serta vlog.

Video pre-roll adalah sejenis video marketing yang biasanya berbentuk video iklan yang diputar sesaat sebelum video ditonton. Sementara itu, vlog menjurus pada video harian dengan optimasi keyword. Video ini dirasa cukup informatif guna menarik perhatian calon konsumen.

Influencer Marketing

Peningkatan kesadaran merek juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan influencer marketing. Yakni, semacam strategi marketing dengan melibatkan para influencer social media.

Adapun yang dimaksud dengan influencer adalah orang berpengaruh yang memiliki banyak followers social media. Melalui kerjasama tersebut, kiranya dapat lebih banyak menjaring calon konsumen terkait produk bisnis Anda.

Para pebinsis biasanya bekerjasama dengan influencer karena interaksi baik yang berhasil dibangun oleh influencer dengan followersnya.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa influencer berhasil meningkatkan brand awereness hingga mencapai 75%.

Tidak hanya itu saja, influencer juga memberikan pengaruh penting pada peningkatan 71% audience baru dari suatu produk bisnis tertentu. Influencer juga bertanggung jawab atas peningkatan traffic website bisnis perusahaan.

Event Marketing

Penyelenggaraan event merupakan jurus jitu lainnya yang dipakai oleh para pebisnis demi meningkatkan kesadaran merek. Apapun bisnis Anda, dengan menyelenggarakan suatu live event tentu dapat membantu dalam menjaring konsumen baru.

Event marketing yang dimaksud bisa berupa launching produk baru, promosi, seminar maupun konser musik tertentu.

Tentunya dengan adanya event tersebut, memberikan tim marketing kesempatan guna bertemu serta berinteraksi langsung dengan bakal konsumen.

Di samping itu, melalui event tersebut tentunya orang-orang dapat berkesempatan melihat sekaligus mengenal brand produk bisnis Anda secara langsung. Tim yang fokusnya sebagai marketing juga akan menjelaskan informasi produk kepada bakal konsumen.

Contohnya, event Goyang Nex II yang diselenggarakan oleh Suzuki Indosolo setiap bulannya di Karesidenan Surakarta. Event ini mampu meningkatkan market share dari produk sepeda motor Suzuki di kawasan Solo.

Sponsporship

Tahukah Anda bahwa dengan menjadi sponsor dalam gelaran acara tertentu juga dapat meningkatkan brand awereness. Dalam menentukan event, Anda perlu memastikan bahwa event tersebut relevan dengan target audience yang diinginkan.

Usahakan jangan sampai Anda salah memilihevent yang hendak disponsori. Pastikan event yang akan disponsori memiliki prinsip berhubungan dengan bisnis Anda. Sebab, jika memiliki perbedaan prinsip maka akan berdampak buruk bagi bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda bergelut dalam bisnis air minum maka bisa menjadi sponsor acara bola basket, futsal maupun olahraga lainnya. Dengan demikian, maka promosi produk pun akan semakin efektif dan efisien dalam menyasar target.

Pengadaan Kontes

Pengadaan kontes juga perlu Anda coba guna meningkatkan brand awereness. Kontes atau challenge tersebut bahkan telah banyak terbukti ampuh menarik khalayak ramai untuk membeli produk bisnis. Seperti halnya yang dilakukan oleh para influencer.

Strategi semacam ini kiranya dapat meningkatkan mention serta engagement bisnis dalam kurun waktu singkat.

Setelah usainya kontes tersebut, sebagai pemilik bisnis Anda mesti mendesain strategi lanjutan dengan memanfaatkan euvoria yang masih tersisa dalam gelaran ontes sebelumnya.

Caranya adalah dengan memberikan kupon diskon, promo maupun benefit tertentu kepada peserta kontes yang telah ikut berpartisipasi. Cara ini penting dilakukan karena peserta kontes dapat menjadi kandidat pelanggan yang professional.

Kemungkinan besar para kontestan tersebut tertarik untuk memakai produk barang atau jasa yang Anda tawarkan. Tidak jarang sebagian dari mereka justru akan menjadi pelanggan tetap dari produk bisnis Anda. Strategi marketing ampuh ini sayang sekali jika tidak segera diterapkan dalam bisnis Anda.

Podcast

Podcast adalah angin segar bagi tim marketing Indonesia. Podcast mulai populer dengan adanya sebuah aplikasi musik Spotify.

Potensi podcast sebagai salah satu trik guna meningkatkan kesadaran merek patut ditelusuri lebih lanjut.

Jika dibandingkan dengan beraneka macam konten promosi lainnya, podcast memiliki kelebihan tersendiri. Konten berbentuk audio ini dapat menunjukkan sisi ramah dari suatu brand bisnis tertentu.

Dengan adanya podcast, maka brand suatu produk dapat menjadi lebih dekat dengan calon pelanggan.

Podcast senantiasa mampu membantu suatu bisnis agar tampak lebih relevan di mata Google. Dengan demikian, maka bisnis Anda dapat menempati ranking paling atas pada sistem pencarian.

Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk segera mencoba podcast.

Akan tetapi, jika Anda bingung mengenai bagaimana cara membuatnya maka ada baiknya bekerjasama dengan podcaster.

Mintalah kepada podcaster untuk menyebutkan produk bisnis Anda agar didengar oleh banyak kalangan. Bekerjasama dengan podcaster membuat Anda tidak perlu membuat podcast sendiri.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133