Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online

Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online

Cara bayar pajak mobil secara online lebih praktis dan hemat waktu, tentu itu menjadi harapan kita semua.

Anda ingin mengurus pembayaran pajak mobil tapi Anda sibuk dan tidak sempat jika harus pergi ke Samsat langsung? Sekarang, Anda bisa menggunakan pelayanan pembayaran pajak mobil secara online.

Layanan ini sangat membantu untuk Anda pencinta otomotif yang sibuk agar tidak terlat dalam membayar pajak kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan wajib hukumnya untuk membayar pajak setiap tahunnya, jika Anda telat membayar atau bahkan tidak membayar akan dikenakan denda. Lagi pula, kendaraan yang telat maupun tidak membayar pajak bisa kena tilang oleh pihak kepolisian.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan layanan pembayaran pajak secara online yang lebih praktis dan hemat waktu.

Pembayaran pajak secara online merupakan terobosan baru sebagai langkah mempermudah masyarakat dan juga mendukung perkembangan e-commerce anak bangsa.

Anda bisa mengunduh aplikasi pembayaran pajak secara gratis di google play store pada smartphone berbasis android.

Langkah-Langkah Pembayaran Pajak Mobil

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara membayar pajak mobil secara online, berikut ini langkah-langkahnya :

  • Anda harus mendownload aplikasi Samsat online terlebih dahulu pada smartphone berbasis android. Setelah proses mendownload selesai, klik aplikasi tersebut untuk membukanya dan tekan mulai. Anda harus mendaftar sebelum membayar, jadi Anda bisa memilih menu pendaftaran dan pilih setuju jika Anda sepakat dengan terms and Conditions.
  • Kemudian, Anda bisa mengisi data-data pada formulir pendaftaran dengan menyertakan No. Polisi, No. KTP, No. Rangka, No. Handphone dan e-mail.
  • Setelah semua terisi, Anda pilih lanjutkan dan akan muncul kode pembayaran yang berlaku selama 2 jam setelah proses pendaftaran selesai.
  • Anda bisa melakukan pembayaran via ATM dan bisa juga melakukan pembayaran di minimarket terdekat, proses selanjutnya akan berjalan secara otomatis setelah menyelesaikan pembayaran.

Mudahnya Melakukan Pembayaran Pajak Mobil Secara Online

Membayar pajak secara online, membantu Anda yang sedang berada di luar kota untuk melakukan pembayaran dengan mudah dan praktis.

Sekarang, Anda tidak perlu takut telat membayar pajak jika sedang berada di luar kota maupun sedang sibuk bekerja. dengan menerapkan cara membayar pajak secara online, Anda bisa menghindari praktik percaloan.

Batas waktu penukaran struk pembayaran ATM maksimal selama 30 hari setelah proses pembayaran di lakukan. Sedangkan pembayaran di minimarket batas maksimal 6 hari dari tanggal proses pembayaran dilakukan.

Jika Anda menukarkan struk melebihi batas maksimal dan tidak melakukan pengesahan STNK sesuai dengan ketentukan, maka kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional dan harus mengurus ke kantor Samsat langsung.

Dengan menerapkan cara pembayaran pajak mobil secara online, Anda bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlu mengantri lama lagi. Anda bisa membayar pajak online dimana saja, tetapi penukaran struk tetap dilakukan di kantor Samsat terdekat. Setelah melakukan penukaran, Anda akan mendapatkan STNK yang sudah dibubuhi stempel.

Teknologi semakin canggih dan sekarang manfaat dari teknologi tersebut bisa Anda rasakan, salah satunya adalah pembayaran via online. Hampir semua kebutuhan manusia bisa terpenuhi dengan melakukan transaksi berbasis online.

Sama hal nya seperti marketplace Seva mobil bekas. Untuk segera transaksi online.

Prosesnya lebih cepat, mudah dan bisa dilakukan dimana saja tanpa takut tidak terpenuhi.

Kemajuan teknologi sudah tidak bisa dipungkiri oleh setiap orang, karena sudah terbukti mempermudah setiap orang dalam melakukan sesuatu tanpa perlu lama menunggu dan menghabiskan waktu.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133