Cara Blogwalking Yang Baik

Cara Blogwalking Yang Baik dan Benar

Bagaimana cara blogwalking yang baik dan benar? Dan, apa saja manfaat yang didapatkan dari kegiatan blogwalking tersebut? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya, mari simak informasinya di bawah ini.

Pada dasarnya istilah blogwalking ini sudah tidak asing lagi di dunia blogging. Tapi sayangnya ternyata bagi blogger pemula agaknya kurang paham betul mengenai blogwalking tersebut.

Secara umum, blogwalking adalah kegiatan berkunjung ke blog milik orang lain dan memafaatkan hal-hal yang mungkin bisa bermanfaat bagi blog sendiri.

Meskipun terlihat sangat sederhana sekali, tetapi pada kenyataannya kegiatan blogwalking ini bukanlah perkara yang mudah.

Karena, melakukan teknik blogwalking pastinya harus saling memberi keuntungan dan itu biasanya disebut dengan simbiosis mutualise, baik itu bagi si pengunjung blog maupun pemilik blog itu sendiri.

 

Baca Isi Artikel Sebelum Mulai Berkomentar

Ya, seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa cara blogwalking yang baik dan benar ini sebenarnya mudah sekali.

Sebagai langkah awalnya Anda perlu membaca terlebih dulu isi artikel dengan seksama. Ini merupakan langkah paling penting yang harus Anda lakukan sebelum mulai berkomentar.

Kenyataannya, masih banyak blogger yang kadang mengabaikan hal tersebut. Sehingga, mereka sering melakukan komentar yang tidak tepat, ataupun tidak nyambung dengan isi artikel.

Ini tentu saja akan membuat reputasi Anda menurun, baik di mata pemilik blog atau pun pembaca yang lain.

Oleh karenanya Anda disarankan untuk berkomentar dengan baik, yakni dengan membaca isi artikelnya terlebih dulu dengan tuntas.

 

Jangan Asal Memberikan Komentar

Apabila Anda sudah melakukan langkah awal, itu artinya Anda sudah selesai membaca isi artikel dengan seksama, maka satnya untuk berkomentar atau meninggalkan jejak.

Nah, dalam berkomentar pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Berkomentar dalam blogwalking sebenarnya menjadi hal yang wajib.

Silakan memberikan komentar yang bisa membuat nama dan blog yang Anda miliki mendapat reputasi yang baik, inilah yang disebut sebagai teknik meningkatkan personal branding dalam sebuah blog.

Anda bisa memberikan komentar dengan kata-kata yang baik, sopan, memberi value tambahan terkait artikel, dan pastinya harus menarik.

 

Jangan Lupa, Promosikan Blog Yang Anda Miliki

Ketika Anda mulai berkomentar, maka hal penting yang tidak boleh Anda lupakan adalah meninggalkan jejak blog yang Anda miliki.

Untuk urusan satu ini Anda tidak perlu sungkan-sungkan atau gengsi, sebab dengan meninggalkan link menuju blog Anda di blog yang sedang Anda kunjungi itu artinya Anda sudah saling memperkenalkan diri sebagai sesama blogger, juga memperkenalkan blog Anda.

Tapi Anda juga tidak disarankan untuk memasang Url Blog dalam komentar, Anda lebih disarankan untuk menambahkan Url Blog Anda di kolom yang tersedia.

 

Para Blogger Biasanya Saling Memfollow

Cara blogwalking yang baik selanjutnya adalah saling memfollow. Tapi ternyata pada saat blogwalking hal yang paling sering menjadi hambatan untuk terus bersilaturhmi dengan waktu yang lama adalah keengganan para blogger untuk saling memfollow.

Tentu saja yang demikian ini kurang baik bagi para blogger.

Makanya untuk membuat blogwalking dan perkenalan tersebut terus berlanjut, kegiatan saling memfollow penting dilakukan oleh kedua belah pihak. Hal tersebut sudah saya lakukan sesama blogger di Medan

Blogger di Medan

Mendapatkan Ilmunya

Untuk yang terakhir ini juga tidak kalah pentingnya dalam cara blogwalking yang baik dan benar.

Ketika Anda mengunjungi blog milik orang lain, tentunya Anda akan membaca dengan seksama isi dari artikel dalam blog tersebut, dan pastinya mengandung pengetahuan dan menambah wawasan.

Oleh karenanya Anda harus membawa artikel secara tuntas, dengan begitu akan ada banyak hal yang mungkin belum Anda kuasai, kini Anda bisa mendapatkan pengetahuannya melalui blog orang lain yang Anda kunjungi.

Blogwalking Memberikan Banyak Manfaat

Akan ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan blogwalking selain bagi blog Anda sendiri, beberapa manfaat blogwalking diantaranya sebagai berikut.

Mendapat Pengetahuan, Informasi, Dan Wawasan Baru

Seperti yang sudah kami singgung di atas, dalam cara blogwalking yang baik dan benar Anda sebetulnya tidak hanya untuk sekadar berkunjung, tetapi membaca isi artikel dari blog tersebut. itu artinya Anda akan mendapatkan pengetahuan, informasi, dan wawasan baru.

Memunculkan Inspirasi Atau Ide Baru

Kadang kalanya inspirasi atau ide tidak hanya datang dari pemikiran Anda saja, Anda pastinya juga perlu membuka pikiran Anda lebih luas lagi dengan cara membaca dari buku atau pun artikel di blog lain.

Setelah Anda mendapatkan informasi baru, Anda juga bisa mendapat inspirasi atau ide-ide baru untuk menulis artikel selanjutnya di blog Anda. Tapi juga penting untuk selalu diingat, Anda tidak disarankan untuk mem-copy paste artikel dari blog lain.

Menambah Koneksi

Bagi blogger, koneksi sangat penting sekali, tidak tidak hanya untuk kemajuan blog Anda tetapi juga untuk menambah persaudaraan. Dengan blogwalking maka Anda bisa menambah koneksi blog Anda dengan blog yang Anda kunjungi.

Semakin banyaknya Anda mendapat koneksi, pastinya akan semakin banyak pula peluang untuk mendatangkan visitor atau pengunjung.

Mendapat Hal Yang Dibutuhkan Visitor Anda

Pada saat Anda ingin mengunjungi sebuah blog, pastikan blog yang Anda kunjungi tersebut adalah blog yang sukses. Dengan begitu Anda bisa mempelajari dengan baik bagaimana blog tersebut bisa mencapai kesuksesannya.

Dari sinilah Anda akan mendapat banyak hal yang dibutuhkan oleh visitor atau pengunjung, baik itu lewat konten atau artikel, keywords, optimasi blog, dan lain-lain.

Backlink Yang Baik

Kegiatan blogwalking ini juga disebut-sebut sebagai backlink yang bisa Anda coba dan lakukan secara gratis.

Melalui kegiatan tersebut Anda bisa bertukar link dengan pemilik blog, atau Anda juga bisa menambahkan nama plus Url blog yang Anda miliki sebagai profil pemberi komenter di beberapa blog yang sudah mendapatkan kesuksesan pastinya.

Atau, berikut ini : Cara mendapatkan backlink berkualitas

Mempromosikan Blog Anda

Blogwalking juga diidentikan dengan backlink dan promosi sebuah blog dengan cara meninggalkan komentar-komentar.

Silakan Anda tinggalkan komentar yang baik, yakni ramah dengan blog tersebut sehingga pemilik blog yang Anda kunjungi akan berusaha berkunjung balik ke blog Anda.

Meningkatkan Perkembangan Blog Di Search Engine

Penting untuk Anda tahu juga bahwa pada dasarnya SEO tak melulu mengenai optimasi pada internal blog saja, tetapi semua upaya yang Anda lakukan untuk meningkatkan serta mengoptimalkannya di Search Engine adalah SEO, tak terkecuali mengenai blogwalking.

Dan yang terakhir adalah, dapat meningkatkan Domain Authority, selengkapnya klik : Cara Optimasi DA & PA

Oleh karenanya dengan melakukan cara blogwalking seperti yang sudah dijelaskan di atas, itu artinya Anda sudah berusaha meningkatkan blog dan bisa pula meningkatkan jumlah visitor yang berkunjung ke blog Anda.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133