BlogSEO

Cara Cek Backlink Website Kompetitor Lewat 7 Tools Gratis dan Berbayar!

Cara cek backlink website lewat 7 tools gratis tentu menjadi artikel yang saya pikir bermanfaat untuk Anda. Harapannya dapat menjawab beberapa seperti cara mengetahui keyword website kompetitor, cara melihat jumlah backlink website dan blog orang lain.

Sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa keuntungan memilih backlink berkualitas.

Backlink sendiri adalah sebuah link yang dipasangkan di sebuah situs blog atau website yang diarahkan menuju halaman situs yang Anda miliki.

Pada dasarnya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan backlink tersebut, antara lain sebagai berikut.

  1. Memudahkan Google menemukan situs blog atau website Anda
  2. Sangat berguna sekali untuk menjaga reputasi situs yang Anda miliki di Google
  3. Pemilihan backlink yang berkualitas dan relevan bisa membantu meningkatkan kredibilitas sebuah situs website atau blog
  4. Mampu mendatangkan trafik ke situs website atau blog

 

Tools Cek Backlink Website Berbayar!

Tools ini sering saya gunakan sehari-hari guna mengetahui cara cek backlink website pribadi maupun kompetitor. Simak ulasannya berikut ini :

Ahrefs

Ahrefs Tool - Cek Backlink Website Berbayar

Tool dengan kemampuan mengaudit situs website untuk expert, menurut saya. Karena cocok untuk yang ingin lebih mengeksplore dan mengasah kemampuan analisa kata kunci. Dan apa saja yang dilakukan oleh kompetitor lain.

Dapat meneliti lebih dalam kata kunci dan backlink dari website kompetitor Anda jadi lebih mudah. Dan mengetahui potensi keyword serta jumlah volume pencarian dengan kata kunci tertentu, mengetahui cara cek jumlah backlink dan melihat jumlah backlink blog.

Tentunya sekalian melihat posisi kompetitor dengan menganalisa kekuatan backlink yang dimiliki.

Majestic

Majestic

Tool ini saya rekomendasikan untuk Anda sebagai salah satu cara cek backlink website yang bagus. Melalui tool inilah Anda bisa dengan mudahnya mengecek atau mengintip backlink yang dimiliki situs blog atau website lain.

Namun demikian, untuk menggunakan tool tersebut Anda harus terlebih dulu berlangganan.

Majestic tidak hanya bisa digunakan untuk mengecek backlink, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui secara akurat berapa trust flow dan citation flow secara lengkap dan terperinci. Itu artinya, tool tersebut benar-benar sangat recommended untuk Anda gunakan.

Semrush Toolkit

Semrush

Berbicara mengenai cara cek backlink website, tool satu ini pastinya tidak boleh sampai lupa untuk di bahas. Semrush adalah tool paling akurat untuk mengecek link website. Dan untuk menggunakan tool tersebut Anda harus terlebih dulu berlangganan.

Namun meskipun demikian, melalui tool ini pula Anda bisa melihat dan menganalisa backlink kompetitor dengan mudah.

Tools Cek Backlink Website Gratis!

Cognitiveseo Explore

Lalu untuk pilihan selanjutnya ada Cognitiveseo Explore yang tidak kalah menariknya untuk digunakan mengecek backlink sebuah website atau blog. Selain mudah dalam hal penggunaannya, tool ini ternyata tersedia secara gratis.

Namun demikian, ada batasan dalam penggunaan tool Cognitiveseo Explore dimana Anda hanya diberi kesempatan mengecek sebanyak 5 kali saja dalam sehari.

Openlinkprofiler.org

Melalui tool tersebut Anda bisa melakukan pengecekan backlink sebuah situs website atau blog secara online dengan mudah. Sama seperti tool untuk mengecek backlink gratis pada umumnya, di sini Anda juga diberi batasan pengecekan sebanyak 5 kali.

Namun hal tersebut tentu tidak menjadi masalah besar bagi Anda selama bisa dilakukan secara gratis, kan?

Alexa Tools Backlink

Seperti namanya, tool berikut ini juga bisa dimanfaatkan untuk cek backlink sebuah situs website. Menariknya, tool tersebut bahkan bisa digunakan untuk melihat peringkat situs web Anda. Namun bisa pula digunakan untuk mengecek sumber backlink yang terindex.

Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu membuka browser terlebih dulu kemudian ketik : http://alexa.com/siteinfo/wahyublahe.id (silakan ganti wahyublahe.id dengan nama situs website Anda).

Jika sudah baru kemudian Anda bisa scroll sampai ke bawah dan menemukan total Site Link In, dan banyaknya backlink dari situs Anda.

Ranksignals

Cari tool gratis untuk mengecek baclink website? Tool Ranksignals adalah jawaban tepatnya. Ya, melalui tool tersebut Anda bisa melakukan pengecekan secara gratis dan mudah.

Tapi sangat disayangkan sekali ternyata tool tersebut tidak bisa menampilkan semua jumlah backlink, khususnya link dari situs web 2.0 dan sosial media.

Ubersuggest

Ubersuggest

Buka website https://neilpatel.com dan isi pada kolom Enter a domain, dengan url dari domain yang ingin dicek backlinknya. Setelah itu, akan ada overview dari domain yang kita ingin cek backlinknya.

Akan didapati; organic keywords, organic monthly traffic, domain score, backlinks, top SEO pages, top keywords. Lengkap kan?

Coba bongkar aja satu demi satu menu side bar, yang ada di sebelah kiri. Selamat berselancar.

SmallSEOTools

SmallSEOTools

Tool ini juga keren bagi saya, saya sering juga menggunakannya selain cek authority domain maka backlink dari kompetitor juga dapat dilihat di sini.

Buka web smallseotools.com dan cari menu Backlink Checker, klik. Anda akan diminta masukkan URL domain, Enter Domain (with http://). Maka akan ditampilkan secara random backlink dari website yang sedang dicek.

Open Site Moz & Backlink Checker

Open Site Moz

Apabila Anda ingin melakukan pengecekan dengan menggunakan tool secara gratis dan akurat, maka Anda bisa memanfaatkan Open Site Moz & Backlink Checker satu ini.

Namun tetap, ada batasan dalam penggunaan tool tersebut. Dimana Anda hanya bisa melakukan pengecekan hingga 5 kali dalam sehari. Jadi, silakan manfaatkan tool tersebut sebaik-baiknya. Saya menggunakan yang berbayar, untuk bisa lebih eksplore lagi.

Nah, muncul pertanyaan : masih perlukah dilakukan blogwalking? Klik di : Fenomena Blogwalking

Baca : Tips Mudah Dapat Backlink

Semuanya tergantung pilihan Anda untuk mengetahui cara cek backlink website, mau tool gratis atau tool berbayar. Karena, mau gratis dan berbayar, menfaatnya sangat besar yang telah saya rasakan.

Ok? Sekian ya, terimakasih sudah berkunjung ke wahyublahe.id semoga apa yang disajikan bermanfaat.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

32 Comments

  1. Sekarang lebih sering pakai ubersugest sih bg,coz lebih simple aja awak rasa makai nya. Dan Fitur nya jga udah cukup lah buat pemula kyak awak hehe

  2. apakah sistem backling sekarang masih bisa diandalkan?menurut anda mana yang paling bagus?

  3. Terima kasih Gan…. sangat membantu artikelnya, sangat bermanfaat sukses selalu Gan… terimakasih

  4. Sungkem suhu, makasi sharingannya meskipun melalui blog post bukan face to face :v

  5. Terima kasih Inforormasinya yang sangat berguna, saya sangat tertarik dengan artikel ini, sukses selalu

  6. Hampir semua sudah saya coba Bang. Untuk Semrush Toolkit masih bisa free akses, mesti terbatas 😀

    1. Tinggal bagaimana fokus dan eksekusi, pelan-pelan akan mendapatkan kesimpulan sendiri bagaimana sebagaiknya berbuat untuk mendapatkan hasil baik prosesnya juga baik

  7. Saran untuk optimasi seo dan menanam backlink untuk website yang masih baru dong gan.. hehehe

  8. menurut algoritma google backlink pada website sudah tidak begitu di perhatikan. dalam kata lain, google cenderung lebih mengutamakan on page daripada off page. tapi bukan berarti backlink benar-benar tidak berfungsi. hanya saja presentase hasil penggunaan backlink untuk sebuah website sudah mengalami penurunan. jadi menurut saya kembali lagi kualitas artikel yang lebih harus diperhatikan. tapi ane juga menggunakan tools backlink sih gan, cuman ya begitu tidak banyak perubahan yang signifikan

    1. Kalau ada yang order jasa SEO, saya masih sangat memprioritaskan backlink, hanya saja sudah memilih tipe backlink yang baik dan bagus..

    2. Saya sudah banyak tanem backlink namun kayanya gak ngaruh untuk blog saya, gimana ya mas solusinya ? Thanks

  9. Masih terasa tarikan dari backlink ya mas ? pingin order tapi takut harganya …. hihihi

  10. Terima Kasih Informasinya mas Wahyu, sangat membantu sangat bermanfaat

  11. Ini dia yang saya cari mas,, dengan ini saya bisa tahu backlink blog saya sudah ke index apa belum.. makasih mas,,

  12. Kalo backling nya disamain sama kompetitor gimana mas? Apakah bisa bersaing?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button