3 Cara Iklan di Instagram (Facebook Ads, Story, IG)

Cara Iklan di Instagram

Cara iklan di Instagram banyak metodenya, entah berbayar atau gratis. Apabila Anda seorang pebisnis, kecil atau besar, maka bisa memanfaatkan jangkauan Instagram yang luas untuk beriklan memasarkan barang atau jasa.

Sebagai pelaku usaha, peluang beriklan di Instagram ini harus dimanfaatkan secara maksimal agar usaha semakin sukses dan maju.

Lebih jelasnya tentang seluk beluk beriklan di IG, bisa langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Cara Iklan di Instagram dengan Facebook Ads

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin membuat iklan Instagram dengan cara ini. Pertama, Anda harus meng-upgrade akun Instagram (yang akan digunakan untuk jualan) menjadi akun Instagram bisnis. Caranya bisa klik Menu > Setting > Account > Switch to Professional Account.

Syarat kedua adalah Anda harus menjadi admin Facebook yang terhubung dengan akun Instagram tersebut. Terakhir, Anda harus setuju dengan Term and Condition yang diatur dalam periklanan Facebook. Apabila 3 syarat tersebut sudah terpenuhi, maka Anda bisa menggunakan Facebook Ads.

Sebenarnya ada beberapa cara membuat iklan di Instagram, yaitu dengan Facebook Ads, Facebook Power Editor, Instagram Partners, aplikasi Instagram dan Facebook Marketing API. Di antara 3 cara tersebut, beriklan menggunakan Facebook Ads lebih mudah.

Berikut langkah-langkah beriklan di Instagram dengan Facebook Ads Manager yang harus Anda ikuti:

  • Buka Facebook Ads Manager di alamat http://www.facebook.com/ads/manage. Pastikan Anda sudah login dengan akun Facebook yang sudah terhubung ke Instagram.
  • Hal selanjutnya Anda bisa memikirkan untuk selanjutnya menentukan metode iklan mana yang akan dipilih. Apakah itu Iklan Terpandu ataupun juga bentuk Iklan Cepat. Apabila Anda ingin jenis iklan yang spesifik, maka kami sarankan untuk membuat Iklan Terpandu.
  • Tentukan tujuan Anda membuat iklan, bisa untuk awareness keperluan branding, consideration untuk meningkatkan traffic website dan conversion untuk meningkatkan jumlah penjualan. Pilih salah satu dari 3 tujuan iklan tersebut yang sesuai dengan cita usaha Anda.
  • Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah memilih jenis iklan yang Anda butuhkan. Apakah itu jenis anggaran yang dioptimalkan atau juga jenis Uji Split. Jenis iklan Uji Split akan meminta Anda membuat dua macam iklan untuk melihat tanggapan pasar atas 2 iklan tersebut. Lantaran dobel, maka biaya jenis iklan Uji Split juga akan membengkak. Bagi pemula disarankan untuk memilih jenis iklan Pengoptimalan Anggaran.
  • Selanjutnya tulis nama iklan agar bisa dicek performa dan efektivitasnya di Instagram Ads. Jangan lupa juga untuk menentukan traffic iklan akan ditujukan kemana, pilihannya adalah ke situs web, aplikasi, messenger hingga Whatsapp.
  • Tampilkan promo agar Anda bisa meningkatkan konversi (penjualan dari traffic yang masuk) produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Tentukan target pasar/penerima iklan. Agar iklan tepat sasaran, Anda harus sangat mengenal target pasar yang cocok untuk produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Pada langkah ini Anda bisa mengatur lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, target khusus (pengguna yang sering berinteraksi dengan Anda), koneksi dan penargetan terperinci.
  • Tentukan penempatan apakah iklan tersebut mau ditampilkan di Facebook dan Instagram atau hanya di Instagram saja.
  • Pilih jadwal penayangan iklan, tentunya sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Jadwal penayangan bisa ditentukan per hari mulai dari tanggal sekian hingga tanggal sekian.
  • Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Facebook Ads Manager dengan Instagram Bisnis (cara upgrade Instagram Bisnis sudah dijelaskan di atas).
  • Jangan lupa untuk menentukan pilihan pada format iklan paling tepat ya. Anda bisa memilih format sesuai selera mulai dari postingan gambar atau video tunggal, kolaborasi keduanya serta format koleksi yang lebih banyak maupun juga tayangan slide.
  • Buat teks deskripsi semenarik mungkin yang menceritakan hal-hal baik mengenai jasa atau produk yang ditawarkan.
  • Langkah selanjutnya pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan, beri judul dan masukkan URL.
  • Lakukan pembayaran dengan kartu kredit maupun kartu debit, jika sudah pihak Facebook akan melakukan pratinjau. Apabila sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan, iklan baru bisa ditampilkan.

Cara Iklan di Instagram Langsung dari Aplikasi IG

Apabila Anda sudah menghubungkan akun Instagram Bisnis ke Facebook Ads Manager, maka sekarang Anda bisa langsung beriklan di Instagram. Cara iklan di Instagram langsung dari aplikasinya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan konten paling menarik yang sudah Anda konsepkan untuk menawarkan produk dan jasa di feed Instagram.
  • Ada 3 tujuan iklan yang harus Anda pilih ketika Anda telah menekan/tap tombol “Promosikan”/”Promote”. 3 tujuan tersebut adalah “Profile Anda”, “Situs Web Anda” dan “Etalase Anda”.
  • Selanjutnya atur target iklan, bisa otomatis atau buat aturan milik versi Anda sendiri. Target iklan otomatis artinya iklan hanya menjangkau profil Instagram yang sering berinteraksi dengan akun Anda. Sedangkan jika Anda pilih mengaturnya sendiri, maka Anda bisa memilih target pasar sesuai dengan umur, domisili, jenis kelamin, minat dan lain sebagainya.
  • Tentukan anggaran dana yang Anda siapkan untuk beriklan, biayanya mulai dari 10 ribu rupiah per hari. Anda juga bisa menentukan durasi iklan tersebut ditampilkan. Rumusnya, semakin lama iklan ditampilkan, semakin mahal pula biaya yang harus Anda keluarkan.
  • Tinjau iklan yang Anda buat, apakah sudah sesuai dengan ekspektasi Anda.
  • Tentukan metode pembayaran yang ingin digunakan, bisa menggunakan kartu kredit dan kartu debit.
  • Pratinjau iklan sekali lagi, jika sudah benar-benar puas Anda bisa mulai menjalankan iklan tersebut.

Cara Iklan di Instagram Gratis dengan IG Story

Cara iklan di Instagram selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur IG Story. Anda memang bisa beriklan gratis melalui foto,video, tayangan slide dan karosel, namun beriklan di IG Story terbukti lebih efektif.

Selain bisa untuk meningkatkan follower, Story IG juga bisa dijadikan lahan testimoni sekaligus media promosi yang efektif. Fitur IG Story juga memungkinkan Anda menautkan link ke website bisnis Anda. Jadi kerahkan semua kreatifitas Anda untuk membuat iklan di IG Story yang menjual.

Berikut cara post IG Story menarik di Instagram :

  • Buka aplikasi Instagram dan klik foto profil akun Instagram Anda yang berada di pojok kiri atas.
  • Ambil gambar/video yang ingin Anda jadikan konten untuk promosi usaha Anda.
  • Edit konten tersebut dengan menambahkan emoji, sticker, text dan lainnya agar lebih menarik.
  • Jika sudah yakin, post Story IG yang memuat promosi tersebut. Jangan lupa untuk mengatur agar Story IG Anda bisa dilihat oleh banyak orang, agar promosi semakin efektif dan menguntungkan. Apabila mereka tertarik dengan akun dan jualan Anda, tentunya mereka tidak akan ragu lagi untuk follow Anda secara lebih lanjut.

Demikian artikel mengenai cara iklan di Instagram, semoga postingan tentang social media Instagram ini dapat menjadi manfaat.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133