Bisnis

Cara Jadi Dropship di Shopee Tokopedia Bukalapak

Ladang bisnis kini bisa ditemukan di manapun dengan cara apapun. Salah satunya dengan menjadi dropshipper. Cara jadi dropship ternyata cukup mudah dipahami dengan nilai keuntungan yang cukup menjanjikan.

Dropship kini bisa dilakukan oleh siapa pun hanya bermodalkan saldo sedang dan gadget mumpuni.

Anda tentu bisa jadi dropship andalan dengan beragam keuntungannya. Tertarik untuk jadi dropshipper unggulan?

Cara Dropship di Shopee

Shopee jadi salah satu platform jual beli yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia bahkan pasarnya bisa menyentuh Malaysia dan Singapura.

Terbayang betapa luasnya pasar yang disentuh oleh satu platform online ini.

Terlebih bagi Anda yang hendak jadi dropshipper, bisa terbayang betapa banyak keuntungan yang bisa datang bila bisa menyentuh pasar luar negeri.

Tidak perlu bingung memulainya, berikut cara jadi dropship di marketplace berlogo kantong belanja orange alias Shopee:

Buat Akun Shopee

Hal pertama yang harus dilakukan yakni dengan mendaftarkan diri dalam Marketplace Shopee. Anda bisa membuat akun layaknya daftar akun biasa untuk berbelanja.

Gunakan email dan nomor telepon yang tepat agar prosesnya lebih mudah.

Anda lebih direkomendasikan untuk membuat email khusus bisnis dropship agar tidak bercampur dengan data lain. Laporan hasil transaksi juga akan lebih mudah didapatkan tanpa bercampur dengan info lainnya.

Mulai Log In dan Belanja

Selanjutnya Anda bisa melakukan verifikasi email dan nomor telepon. Jangan lupa masukan data pengiriman barang yang sesuai dengan alamat Anda saat ini.

Anda bisa mulai log in di aplikasi tersebut layaknya log in pengguna biasa.

Tidak perlu menunggu proses lainnya Anda bisa langsung menggunakan opsi belanja untuk memulai bisnis.

Gunakan banyak kesempatan potongan harga hingga jenis diskon lainnya untuk meraup keuntungan yang lebih banyak.

Pilih Opsi Kirim Sebagai Dropshipper

Perlu jadi perhatian, Anda harus mencentang opsi “kirim sebagai dropshipper”. Langkah ini jadi langkah utama untuk kelancaran bisnis Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengisi kolom lanjutan yang harus diisi.

Jangan lupa untuk mencentang opsi ini agar nantinya tidak terjadi kesalahan. Sekali pemesanan barang mungkin Anda tidak bisa membatalkannya. Jangan sampai mengalami rugi karena melewati langkah satu ini.

Cek Barang yang Dipesan

Terakhir, cek barang yang sudah dipesan secara keseluruhan sebelum memencet kolom konfirmasi pembelian. Hal ini penting dilakukan seperti halnya memastikan Anda mencentang opsi kirim sebagai dropshipper.

Pastikan jumlah barang, jenis, warna, hingga spesifikasi lainnya sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya. Jangan sampai bisnis berujung hancur hanya karena kesalahan fatal satu ini.

Cara Dropship di Tokopedia

Tidak jauh dari Shopee, Anda juga bisa menjadi dropshipper di Marketplace besar Tokopedia. Tempat jual beli online satu ini juga menawarkan pengalaman dropship yang lebih menjanjikan dengan income yang lebih besar.

Berikut cara jadi dropship Tokopedia:

Buat Akun Tokopedia

Langkah awal yakni membuat akun Tokopedia. Buat saja akun yang sama dengan akun belanja Anda. Bila terlanjur memiliki akun tidak masalah untuk menjadikannya sebagai akun dropship yang akan dipegang selama berbisnis.

Hal ini tidak akan jadi masalah besar bila Anda bisa mengontrol proses pembelian hingga pengiriman barang. Tidak jarang Anda melewatkan langkah untuk menjadikan produk belian sebagai produk dropshipper.

Pilih Produk yang Akan Dibeli

Langkah lanjutan yang bisa langsung dilakukan yakni langsung memilih produk dropship-an. Tidak ada kriteria khusus untuk membeli barang dropship. Anda bisa menyesuaikannya dengan rencana awal yang telah dibuat.

Namun, ada cara jitu untuk menentukan produk apa yang harus dijadikan bahan bisnis. Anda bisa melihat laporan kecenderungan pembelian barang.

Lewat informasi ini Anda bisa menyesuaikan barang apa yang lebih potensial untuk dijadikan barang bisnis begitu.

Centang Opsi Dropshipper

Setelah memilih barang jangan lupa centang opsi dropshipper untuk mulai menjalankan bisnis Anda. Terkadang Anda lupa mencentang opsi ini sehingga bisnis tidak berjalan dengan baik.

Terlebih bagi Anda yang memilih menyatukan akun belanja biasa dengan dropshipper.

Tidak jarang langkah ini terlewat begitu saja hingga kesempatan mendulang keuntungan hilang. Jangan sampai kemungkinan ini terjadi karena nantinya bisa jadi kebiasaan dan berakibat fatal pada jalannya bisnis dropship.

Isi Form di Bawahnya

Terakhir jangan lupa isi form pengisian di bawahnya. Setelah mencentang opsi dropship akan muncul form pengisian sebagai dropshipper. Inilah yang harus diisi dengan benar sesuai dengan data yang dimiliki.

Setelah mengisi semua form barulah Anda bisa melakukan check out. Biarkan sistem yang memproses langkah lanjutannya. Namun, tetap saja perhatian Anda sebagai dropship harus tetap dilakukan.

Cara Dropship di Bukalapak

Tempat jual beli online selanjutnya yang bisa dijadikan ladang mudah berbisnis adalah Bukalapak. Tingginya atensi masyarakat atas platform jual beli online satu ini bisa dimanfaatkan Anda sebagai dropshipper.

Bukalapak cenderung digunakan sebagai tempat dropship barang furnitur dan perkakas rumah tangga lainnya.

Tidak berbeda jauh dengan platform jual beli lain, berikut cara jadi dropship Bukalapak yang bisa Anda lakukan sekarang juga:

Buat Akun Bukalapak

Sama seperti platform jual beli online lainnya, yang harus Anda lakukan pertama adalah membuat akun pribadi.

Sebaiknya Anda memisahkan akun dropship dengan akun pembelian pribadi. Ini dilakukan agar bisa fokus di satu akun saja.

Gunakan email terdaftar dan nomor telepon yang masih aktif untuk mendaftarkan diri pada aplikasi.

Setelahnya lakukan langkah verifikasi guna melegalkan akun yang tengah didaftarkan. Anda bisa mengikuti proses awal ini dengan mudah.

Cari Produk Dropship

Selanjutnya cari produk dropship. Anda bisa leluasa memilih produk di platform online ini. Terutama di Bukalapak Anda banyak disarankan untuk dropship perkakas atau alat rumah tangga dengan model terbaru.

Dibanding dengan produk daily wear, pada platform ini Anda bisa menjadi dropship furnitur atau alat keseharian lainnya bukan alat sandang.

Ini dilakukan dengan memperhatikan kecenderungan pembeli yang menggunakan platform ini.

Centang Opsi Dropshipper

Tidak berbeda jauh dengan dropship di platform lain, Bukalapak juga menyajikan opsi centangan untuk dropshipper.

Dengan mencentang opsi ini Anda bisa menjadi pebisnis ulung tanpa harus membeberkan identitas sebagai dropshipper.

Opsi ini akan muncul sesaat sebelum Anda melakukan check out barang secara keseluruhan. Langkah ini penting dilakukan sebagai penentu apakah barang akan dikirim sebagai barang dropship atau bukan.

Isi Kolom Dropship yang Tersedia

Terakhir, isi kolom dropship yang tersedia sesaat setelah Anda mencentang opsi dropshipper. Isi sesuai dengan data yang Anda miliki. Dengan begitu, proses selanjutnya bisa dilakukan dengan nyaman.

Kolom ini tentu saja wajib diisi karena bila tidak diisi mustahil untuk melangkah ke proses akhir. Gunakan data yang sama setiap hendak mengisi kolom data sebagai dropship ini.

Langkah ini menjadi langkah akhir sebelum Anda menikmati pundi-pundi uang.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button