Marketing

Cara Kerja Digital Marketing

Cara kerja digital marketing memang berbeda dengan metode promosi lainnya. Sedikit santai hanya saja, dituntut untuk kreatif, inovatif, dan berpikir cepat. Apalagi, dengan persaingan yang semakin ketat.

Hal kecil saja bisa dijadikan sebuah branding. Contohnya saat ini adalah Samsung mengeluarkan Smartphone lipat.

Jika, diterima pasar banyak yang beli, hingga akhirnya merek lain mengikuti jejak tersebut.

Maka, Perusahaan asal Korea Selatan tersebut bisa membuat sebuah promosi sebagai yang pertama menghadirkan generasi tersebut. Bisa juga klaim lain sehingga, pelanggan semakin suka, kemudian membeli produk lainnya.

Inilah konsep digital marketing yang sedikit berisiko. Karena, mereka tidak tahu bagaimana respons pasar tetapi, tetap saja menghadirkan layar lipat sampai ke generasi ke 3.Terlalu berani dan berspekulasi tinggi.

Pada dasarnya memang begitu pemasaran online tersebut bekerja. Punya ide serta gagasan yang berbeda tetapi, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat agar mereka mau membeli. Pemikirannya sangat luas jauh ke depan.

Dengan ilustrasi dari Samsung tadi, bisa disimpulkan bahwa strategi ini menerapkan sistem jangka pendek dan panjang sekaligus. Tetapi, tetap analisa menjadi peran utama serta kunci untuk menghadirkan produk tersebut.

Dengan begini, mereka tidak akan merasa rugi. Andai saja Smartphone baru tersebut kurang disukai oleh konsumen. Setidaknya, Perusahaan tersebut sudah memberikan inovasi yang berbeda untuk dunia Handphone.

Cara Kerja Digital Marketing Dimulai dari Konsumen

Untuk memulai menerapkan pola ini Anda harus memulai dari konsumen terlebih dulu. Lihat seberapa respon mereka terhadap penawaran barang atau jasa. Berbagai pendapat hingga kritik sangat dibutuhkan demi.

Inilah alasannya mengapa Perusahaan harus memanfaatkan Website serta media sosial sebagai jembatan untuk mendapatkan feedback dari konsumen. Bisa melalui pesan langsung atau komentar oleh karena itu, Anda harus aktif.

Bahkan, untuk membaca komentar kompetitor juga menjadi salah satu cara kerja marketing online. Perlu diketahui, sebuah ide bisa datang dari mana saja. Bisa saat membaca, menulis, atau minum kopi.

Terkadang muncul ketika tidak sengaja, kemudian di olah dan menjadi salah satu strategi terbaik memenangkan persaingan. Dimana mendapatkan kreativitasan tersebut, poin utamanya adalah para konsumen itu sendiri.

Walaupun ada beberapa waktu, saat pelanggan juga harus mengikuti keinginan pabrik. Hanya saja kasus seperti ini sangat sedikit dan terjadi begitu cepat. Biasanya di bidang tertentu, seperti, fashion atau obat-obatan.

Selain dari konsumen, setiap perusahaan juga harus punya sesuatu daya jual. Bukan hanya fokus kepada produk saja, melainkan ke perusahaannya sendiri. Jadi, orang mengenal mereka karena apa.

Cara Kerja Digital Marketing Dengan Daya Jual

Dalam pembahasan daya jual membutuhkan waktu cukup panjang. Karena, menurut pengertiannya sendiri sangat luas. Terkadang pelanggan melihatnya dari penawaran produk tersebut atau melihatnya dari sebuah brand.

Sebagai contoh, ada dua Smartphone yaitu Samsung dan Polytron. Mungkin, pembeli kurang paham mengenai Handphone, tidak peduli dengan teknologi, kamera dan chipset. Tetapi, sudah pasti Samsung akan dipilih.

Walau dari segi kualitas produk sebenarnya, Polytron jauh lebih baik. Inilah tugas seorang pemasaran online.

Dimana, mereka harus mampu membuat perusahaannya bagus dimata semua orang, walau sebenarnya negatif.

Tetapi, mampu mengambil sisi positif kemudian dijadikan senjata terbaik. Harus diakui untuk bisa seperti ini Anda harus punya pengalaman tentang digital marketing. Agar branding bisa berjalan tanpa harus menunggu waktu.

Oleh karena itu, penguasaan konten harus dijadikan sebagai modal utama. Beberapa riset sudah menunjukkan bahwa, cara kerja digital marketing lebih efektif dengan penyampaian informasi secara lugas dan benar.

Misalnya saja, sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, atau baru 2 tahun sudah bisa menjadi perusahaan nomor satu. Jangan lupa juga berikan suguhan data dan fakta. Agar kepercayaan tersebut semakin muncul.

Saat ini setiap orang sudah tidak butuh lagi janji, iklan, atau kata-kata manis. Cukup singkat, buktikan sertifikat tersebut, biarkan mereka menentukan. Membangun kepercayaan seperti ini tidak mudah.

Cara Kerja Digital Marketing Harus Out Of The Box

Poin paling penting dalam menjalankan posisi ini adalah harus out pf the box. Jangan pernah melihat segala sesuatunya hanya dari satu sudut pandang, lihat dulu ke berbagai arah.

Bila perlu kunjungi saja pelanggan untuk mendapatkan ide dari mereka. Atau gabung ke sebuah komunitas sampai kelompok tertentu, Jangan pernah menjalankan sesuatu yang biasa atau itu-itu saja.

Salah satu contohnya adalah perusahaan Gojek. Dimana, mereka mampu memberikan sentuhan berbeda. Awalnya, ojek hanya dipangkalan, saat ini sudah naik kelas melalui aplikasi dan dijadikan sebagai kebutuhan orang banyak.

Untuk bisa mencapai titik terbaiknya, cobalah terus berusaha memberikan ide-ide luar biasa. Harus diakui, masukan dan saran tersebut memang dibutuhkan. Sebenarnya, tidak perlu fokus pada produk saja, fasilitas juga diperlukan.

Untuk menumbuhkan tingkat kepercayaan tersebut setiap pelanggan bukan hanya menginginkan harga murah, produk terbaik, melainkan fasilitas lainnya. Misalnya, bila terjadi keluhan atau proses klaim garansinya seperti apa.

Posisi ini memang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Mereka bisa diibaratkan sebagai senjata utama dalam meningkatkan penjualan. Cara kerja digital marketing sebenarnya mudah, hanya saja harus out of the box.

Semoga tulisan ini dapat menjawab beberapa pertanyaan mengenai cara kerja marketing online, konsep digital marketing, pengalaman tentang digital marketing.

Baca Juga : Pembicara Digital Marketing

Selain itu, Anda dapat mengetahui cara kerja digital marketing yang berbeda dari teknik pemasaran lainnya disini. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button