TeknologiSocial Media

Cara Login Whatsapp dengan Nomor Lama

Cara login Whatsapp dengan nomor lama bila ingin berganti ponsel, bisa kah? Apalagi sudah menggunakan WA dalam waktu cukup lama tanpa melakukan log out sebelumnya.

Permasalahan yang sering terjadi ketika hendak login WA terkadang terletak di kode verifikasi atau backup data.

Tidak sering orang terkendala masuk karena tidak kunjung mendapatkan kode verifikasinya. Kalaupun berhasil chatnya hilang semua.

Permasalahan ini terletak di dua tahap sebelum melakukan login ke akun WA-nya. Masalah pertama adalah tentang pencadangan pesan. Pencadangan biasanya dilakukan secara otomatis, namun pengguna bisa mematikannya.

Fitur cadangan ini berfungsi untuk memastikan pesannya aman, mulai dari teks, audio, gambar, dan file. Berfungsi untuk mengembalikan pesannya kembali ketika melakukan pemasangan ulang WA.

Apabila dimatikan, pesannya hilang semua.

Masalah kedua terletak di perangkat atau kartu SIM-nya, entah sedang tidak aktif, hilang, atau berada di luar jangkauan.

Salah satu syarat agar bisa masuk adalah mengirimkan kode verifikasi yang dikirim pada nomor melalui sms atau telepon.

Persyaratan Bisa Login WA dan Metode Verifikasi

Pesan kini sudah bisa dinikmati secara cepat dan mudah, tidak seperti dulu, harus menggunakan merpati atau jasa pengantar surat.

Kini bermodalkan smartphone dan jaringan internet sudah bisa berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia.

Namun kemudahan teknologi tersebut juga membawa permasalahan, seperti peretasan atau adanya kemungkinan orang menyusupi pembicaraan dan mengambil berbagai informasi pribadi.

Karenanya dibentuklah sistem pengaman informasi pribadi.

Salah satu caranya adalah memastikan bahwa setiap orang yang mengakses WA memang terbukti sebagai pemilik akun atau nomornya.

Caranya adalah dengan membuat sistem berupa verifikasi nomor telepon melalui SMS atau telepon.

Cara kerjanya adalah, ketika ada pengguna yang memasukkan nomor telepon atau registrasi, sistem tidak langsung memberikan akses terhadap perpesanannya.

Sistem akan masuk ke halaman verifikasi dengan mengirimkan beberapa digit angka ke nomor yang didaftarkan.

Pengguna harus memasukkan kode tersebut terlebih dahulu secara benar.

Kodenya hanya bisa didapatkan melalui pesan atau telepon, sehingga ketika ada orang yang mencoba mendaftarkan menggunakan nomor orang lain, tentu tidak akan bisa.

Ini juga menjadi syarat cara login whatsapp dengan nomor lama, sehingga privasi benar – benar terjaga dan tidak ada orang lain yang bisa meretasnya secara paksa.

Namun ternyata sistem ini juga bisa memberatkan beberapa orang.

Salah satunya ketika nomor lamanya sudah tidak aktif lagi, baik karena masa tenggang sudah terlewat atau nomornya hilang.

Fenomena tidak aktifnya SIM card bukan berita baru, mudahnya beli paket data, jarang ada orang mengisi pulsa untuk memperpanjang masa aktifnya.

Cara Login Whatsapp dengan Nomor Lama yang Masih Aktif

Nomor lama cenderung merujuk pada SIM yang sudah berumur cukup tua, sekitar 5 tahun bahkan lebih.

Biasanya cenderung dimiliki oleh orang-orang yang memiliki relasi banyak, sehingga mengharuskan punya satu nomor tetap agar mudah dihubungi.

Sebelum mengenal teknologi internet dalam berkomunikasi, pulsa menjadi salah satu komoditas utama.

Sehingga mengisi pulsa sekalian memperpanjang masa aktifnya, akibatnya nomor masih bisa digunakan untuk menerima pesan dan telepon.

Memasang atau install WA terlebih dahulu

Untuk kartu SIM masih aktif begini cara loginnya tidak sulit. Langkahnya adalah memasang atau install WA terlebih dahulu melalui google play store karena terjamin originalitasnya.

Setelah itu tinggal mendaftarkan nomornya kembali.

Verifikasi Kode

Anda akan mendapatkan perintah untuk mengirimkan kode verifikasi, pilihlah sesuai preferensi. Tunggu beberapa saat dan periksalah kotak masuk pesan, ketika kodenya sudah masuk, tuliskan secara benar dan berurutan.

Pulihkan cadangan

Lakukan langkah serupa apabila ingin cari cara untuk login whatsapp dengan nomor lama di hp baru. Pastikan kartu SIM-nya masih aktif.

Namun setelah verifikasi, pastikan memilih untuk memulihkan cadangan pesan, sehingga chatnya bisa berpindah ke ponsel baru.

Cara Login Whatsapp dengan Nomor Lama yang Sudah Hangus

Tantangan ketika hendak menggunakan WA kembali adalah ketika nomornya sudah hangus atau tidak lagi aktif.

Artinya pengguna tidak bisa menerima kode verifikasinya melalui pesan maupun telepon, tetapi tidak perlu khawatir, berikut cara menyelesaikannya.

Mengirimkan Email ke Support Center WA

Ketika tidak bisa mendapatkan kodenya, Anda bisa mengajukan permohonan ke support Whatsapp. Caranya tinggal masuk ke dukungan WhatsApp messenger dan pilih “hubungi kami”.

Pilih perangkat, lalu Anda akan mendapatkan email support centernya.

Kirimkan pesan yang menunjukkan bahwa Anda sedang membutuhkan kode verifikasinya. Tunggulah informasi balasannya dan ikuti instruksinya.

Pada dasarnya tidak ada cara login WA tanpa verifikasi, proses ini membantu Anda mendapatkan kodenya.

Mengaktifkan Kembali Kartu Lama yang Hangus

Alternatif lainnya adalah ke pusat provider di kotamu untuk mengaktifkan kembali nomornya. Pastikan membawa berkas-berkas yang diperlukan, minimal KTP dan KK.

Apabila hangusnya masih belum lama, kemungkinan besar masih bisa dikembalikan.

Pada dasarnya login ke aplikasi perpesanan WA tidaklah sulit, kendalanya ada di bagian verifikasinya.

Baca Juga : Cara Login Whatsapp Dengan Nomor Yang Sudah Hilang

Cara login whatsapp dengan nomor lama paling efektif adalah memastikan nomornya masih aktif atau mengaktifkannya kembali.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

One Comment

  1. Tolong bantu saya,wa saya tidak bisa aktif dengan nomor lama karna sudah mati,
    082383204230.
    Terimakasih banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button