TeknologiSocial Media

Cara Login Whatsapp di Laptop

Cara login whatsapp di laptop sangat membantu Anda yang sering menggunakan atau kerja melalui laptop. Salah satunya adalah lebih cepat dalam berkoordinasi, mengirim file, dan memindahkan dokumen.

Bila dikerjakan melalui smartphone akan kesulitan karena layarnya kecil dan multitaskingnya terbatas.

Diketahui bahwa aplikasi perpesanan tidak hanya sekedar mengirim dan menerima pesan saja, tetapi bisa menjadi alat komunikasi efektif jarak jauh. Berbagai fitur dikembangkan seperti layanan video call, layanan status, atau bahkan versi bisnis.

Perkembangan tersebut juga membuat penggunaan WA tidak hanya sebatas pribadi saja, tetapi juga digunakan untuk kepentingan lainnya. Mulai dari aktivitas belajar secara daring, telekonferensi, atau aktivitas bisnis seperti promosi dan endorsement.

Bekerja menggunakan perangkat seperti laptop atau PC bisa mengefisiensikan beragam aktivitas dan proses koordinasi.

Mengetahui kebutuhan pengguna yang seperti itu, pengembang mulai mengeluarkan beragam fasilitas baru seperti membuat aplikasi untuk desktop.

Baca :

  1. Cara Login Whatsapp di PC Tanpa HP
  2. Cara Login Whatsapp Dengan Email
  3. Cara Login Whatsapp dengan Nomor Lama
  4. Cara Login Whatsapp Web Tanpa Barcode
  5. Cara Login Whatsapp Tanpa Verifikasi

Ada dua jenis, yaitu versi web (tanpa perlu install) atau versi dekstop (harus install aplikasinya terlebih dahulu).

Prosedur dan Cara Login Whatsapp di Laptop

Pengembangan aplikasi WA pada platform laptop atau PC tentunya sangat dinanti – nanti, kehadirannya tentu sangat menggembirakan banyak orang. Karena dengan adanya inovasi tersebut berkirim pesan dan bekerja bisa semakin efektif dan efisien.

Meskipun fitur ini tergolong sudah beberapa waktu berselang sejak diriilsnya, tetapi ada beberapa orang yang masih belum familiar. Bahkan untuk login saja kesulitan, harus mengakses ke mana agar bisa menggunakan aplikasi berbasis dekstop ini.

Meskipun ada dua varian, yaitu web dan aplikasi, cara masuk whatsapp di laptop tidak ada perbedaannya. Mulai dari syarat, prosedur, dan langkahnya sama semua, pembedanya adalah satunya menggunakan aplikasi satunya bisa dibuka pada web browser.

Langkah pertama agar bisa login adalah dengan memastikan kedua perangkat memiliki koneksi internet terlebih dahulu. Apabila ini pertama kalinya hendak melakukan login, pastikan ponsel dan laptopnya berdekatan, karena butuh scan code QR.

Setelah itu masuk ke web browser dan ketikkan “web.whatsapp.com” apabila menggunakan versi web atau tinggal buka saja aplikasi desktopnya. Setelah itu kamu akan diarahkan untuk melakukan scan kode QR, kodenya terbatas, sehingga harus segera scan.

Bukalah ponsel, kemudian klik titik 3 di pojok kanan atas, kemudian pilihlah whatsapp web. Kamu akan diarahkan untuk melakukan scan QR code. Arahkan kamera ke laptop, apabila scan berhasil, laptop akan otomatis masuk ke dalam akun WA kamu.

Apa Ada Perbedaan Cara Login Whatsapp di Laptop dengan Nomor HP?

Sebenarnya untuk login ke laptop tidak perlu menggunakan nomor HP, nomor tetap dibutuhkan karena harus login dulu ke perangkat ponsel.

Untuk loginnya sendiri juga tidak ada perbedaan cara, baik versi web dan versi dekstop, keduanya harus scan QR code baru bisa masuk.

Perbedaannya terletak di fasilitas-fasilitasnya, seperti story, map, telepon, dan video call.

Perbedaan fasilitas tersebut disebabkan karena kebutuhan berbeda, karena terkadang orang hanya perlu mengirim dan mendapatkan pesan saja tanpa harus call dan lainnya.

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan Versi Web

Untuk menggunakan fitur basic, pilihlah WA web saja. Selain tidak harus menginstall aplikasinya lagi, juga sudah bisa menunjang keperluanmu, kini berkirim pesan bisa lebih cepat, mudah, dan memindahkan file juga menjadi tidak ribet.

Keunggulan lainnya adalah menjaga memori dan RAM laptop tetap optimal, karena menginstall aplikasi tambahan akan memakan banyak ram ketika multitasking dijalankan.

Kurang cocok untuk laptop-laptop yang sudah hampir penuh digunakan untuk beragam aplikasi.

Namun kelemahannya adalah fasilitasnya hanya basic, pengiriman dan penerimaan pesan saja. Tidak bisa digunakan untuk memanggil atau menggunakan video call.

Sehingga ponsel harus tetap diletakkan berdekatan, apabila ada telepon bisa diangkat melalui ponsel.

Kelemahan lainnya adalah apabila membuka tab terlalu banyak, akan membebani laptop juga, terkadang terkesan lemot atau bahkan cepat panas.

Untuk penggunaan dalam jangka waktu lama juga kurang nyaman, karena tidak jauh berbeda ketika menggunakan versi dekstop.

Keunggulan dan Kelemahan menggunakan versi Desktop

Setelah memahami cara login whatsapp web di laptop, cobalah beralih ke versi desktop. Cara loginnya tidak berbeda, tetapi harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu, sekitar 100 mb saja, tidak besar dibandingkan berbagai aplikasi sejenisnya.

Keunggulan menggunakan whatsapp desktop adalah fiturnya lengkap, bahkan hampir sama dengan versi ponsel, bedanya adalah tidak bisa mengirimkan lokasi.

Anda bisa menggunakan fitur panggilan suara dan video, sehingga bisa telepon sambil tetap bekerja di laptop.

Namun kelemahannya terletak di penggunaan RAMnya cukup besar, selain itu belum ada fitur menjalankan di latar belakang.

Artinya ketika WA di tutup (close), maka tidak bisa menerima notifikasi pesan. Aplikasinya harus senantiasa dijalankan.

Meningkatkan produktivitas salah satunya bisa dengan mengoptimalkan media perpesanan untuk berkirim pesan dan memindahkan data.

Karenanya cara login whatsapp di laptop bisa menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan produktivitas.

Semoga artikel cara login whatsapp di laptop ini bisa menjawab pertanyaan lainnya seperti cara login whatsapp di laptop dengan nomor HP, cara masuk whatsapp di laptop, cara login whatsapp web di laptop.

Artikel telah publish di wahyublahe.id, silahkan akses informasi penting lainnya di kategori Teknologi

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button