TeknologiSocial Media

Cara Login Whatsapp Web Tanpa Barcode

Cara login Whatsapp Web tanpa barcode apakah ada? Jawabannya tentu saja ada, tetapi harus memperhatikan syarat-syarat khususnya.

Dan pastinya sangat menyebalkan memang, ketika setiap kali menggunakan WA di laptop atau komputer harus melakukan scan terlebih dahulu dan HP harus ready.

Karena, untuk bisa masuk ke Whatsapp Web tidak bisa langsung digunakan untuk mengobrol dan mengirimkan pesan, sebelum scan kodenya.

Munculnya fasilitas berbasis dekstop atau web ini memang menjadikan pengguna bisa lebih leluasa serta fleksibel dalam menggunakan WA.

Kegiatan bekerja, berkoordinasi, atau sekedar mengobrol dengan teman bisa dilakukan dengan cepat dan semakin mudah.

Kirim file atau memindahkan file dari ponsel ke laptop juga bisa lebih cepat.

Tidak perlu menggunakan kabel data atau bluetooth seperti dulu, tinggal mengirimnya ke salah satu chat, kemudian mengunduhnya di laptop.

Begitu juga ketika ingin mengirimkan file dari komputer ke smartphone, tinggal kirimkan saja melalui WA web atau dekstop.

Berbagai aktivitas ini tentunya akan lebih nyaman apabila tidak terganggu dengan aktivitas scan setiap kali membuka aplikasinya di browser.

Apa Fungsi Barcode di Whatsapp Web

Tentu setiap kali notifikasi ini muncul tidak jarang ada rasa geram dan jengkel ketika melihatnya. Namun tanpa disadari, ternyata barcode ini memiliki fungsi dan peranan besar bagi penggunanya.

Apakah Anda sudah menyadari pentingnya barcode ini?

Sebagai Langkah Verifikasi Bahwa Itu Adalah Anda

Salah satu yang harus diwaspadai ketika mencari cara login whatsapp web tanpa QR code adalah potensi pencurian data. Pada dasarnya setiap laman login memerlukan verifikasi berupa kode QR untuk bisa masuk ke halamannya.

Selain itu adanya QR memungkinkan akun Anda tidak bisa diakses oleh orang lain. Karena QR mengharuskan penggunanya agar melakukan scanning.

Apabila orang tidak bertanggung jawab tidak memiliki ponselmu, ia tidak bisa login menggunakan akunmu.

Keamanan Maksimal Bagi Penggunanya

Pada dasarnya ada banyak alternatif cara masuk whatsapp web tanpa barcode yang bisa dikembangkan oleh developernya.

Salah satunya adalah pemberian kode OTP, dikirimkan melalui SMS atau telepon. Serupa ketika registrasi akun WA di ponsel.

Namun kode OTP memiliki kelemahan, terkadang dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Tidak sedikit kasus orang mengaku-ngaku sebagai bagian dari aplikasi tertentu untuk meminta kode OTP.

Kelemahan tersebut bisa diatasi dengan menerapkan scan QR, orang sulit memanfaatkannya karena harus memiliki ponselnya juga, tidak hanya sebatas informasi nomor akun dan passwordnya saja. Sehingga dengan adanya barcode bisa mengamankan akunmu.

Alternatif Cara Login Whatsapp Web Tanpa Barcode

Ada beragam cara apabila tidak ingin melihat notifikasi tersebut setiap kali melakukan login ke WA web.

Cara login Whatsapp harus dilakukan secara berhati-hati, karena bisa berbahaya apabila dilakukan secara sembarangan, contohnya di komputer umum.

Mengaktifkan Fitur “Keep me signed in”

Apabila Anda perhatikan ketika mempelajari cara masuk whatsapp tanpa scan barcode, akan melihat tulisan kecil di bawah barcodenya.

Tulisan tersebut adalah “keep me signed in” yang artinya adalah biarkan saya tetap masuk.

Artinya adalah ketika menutup aplikasinya, Anda tetap masuk ke WA web, sehingga serangkaian aktivitas seperti scan code tidak lagi akan dijalankan.

Anda akan langsung masuk dan bisa menggunakan chatnya secara bebas.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, tinggal centang informasi tadi. Untuk memastikan langkahnya sudah benar, tutup WA webnya, kemudian buka kembali situsnya.

Apabila Anda langsung masuk ke perpesanan berarti seluruh prosesnya berhasil.

Kini Anda tidak perlu melakukan scan-scan lagi apabila menginginkan untuk masuk dan menggunakan WA webnya.

Anda mungkin perlu sesekali scan lagi, tetapi hal tersebut tidaklah aneh dan masih wajar, ikuti saja petunjuk di WA-nya.

Hindari Melakukan Hapus Chache atau Lupakan Perangkat

Langkah yang harus dihindari dari cara login whatsapp web tanpa barcode adalah menghapus cache atau melupakan perangkat.

Menghapus cache akan mengakibatkan laptop atau komputer melupakan bahwa Anda pernah login WA web, sehingga harus mengulang prosesnya kembali.

Hindari juga melupakan perangkat dari smartphonemu, ini bisa menyebabkanmu terlog out otomatis dari komputer.

Apabila bisa menjaga kedua hal tersebut, Anda tidak perlu lagi melakukan pemindaian barcode setiap kali membuka webnya atau dekstopnya.

Menggunakan Emulator Android

Cara login whatsapp web tanpa barcode terakhir adalah memanfaatkan emulator android. Memanfaatkan emulator pada dasarnya adalah Anda memiliki ponsel di dalam laptopmu.

Caranya sederhana tinggal cari emulator favorit (nox atau bluestack) kemudian install WA seperti biasanya.

Registrasikan dengan nomor yang bisa dihubungi untuk menerima kode registrasinya. Setelah menerima kodenya tinggal diisikan kemudian lanjutkan prosesnya hingga selesai.

Sekarang Anda bisa login di laptop tanpa harus memindai QR sama sekali.

Fitur barcode merupakan inovasi agar penggunanya semakin aman dan nyaman ketika menggunakan WA web.

Namun keamanan berlebihan juga mengganggu, karenanya ada beberapa cara login whatsapp web tanpa barcode yang dapat Anda coba.

Baca :

  1. Cara Login Whatsapp di PC Tanpa HP
  2. Cara Login Whatsapp Dengan Email
  3. Cara Login Whatsapp dengan Nomor Lama

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan mengenai cara masuk whatsapp web tanpa barcode, cara login whatsapp web tanpa QR code, cara masuk whatsapp tanpa scan barcode.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button