2 Cara Login Whatsapp Dengan Nomor Yang Sudah Hilang

Cara Login Whatsapp Dengan Nomor Yang Sudah Hilang

Cara login Whatsapp dengan nomor yang sudah hilang? Bisa atau nggak ya?

Baik, coba saya uraikan di bawah ini.

Sering terjadi nomor yang digunakan untuk mendaftar Whatsapp hilang, dikarenakan beberapa hal. Bisa karena habis masa aktifnya, smartphone hilang dan sebagainya.

Nomor hilang artinya Anda tak bisa login ulang. Tenang saja, pelajari cara login Whatsapp dengan nomor yang sudah hilang berikut.

Mengetahui cara login Whatsapp dengan nomor yang sudah hilang bisa jadi solusi nomer yang hilang agar tidak menjadi masalah lagi. Tanpanya Anda masih bisa login ulang akun Whatsapp lama Anda.

Bagaimana caranya? Tidak perlu basa-basi lagi, detailnya bisa dibaca di ulasan berikut.

Telepon Hilang/Dicuri dan Efeknya Terhadap Akun Whatsapp

Sebelum kita bahas cara login Whatsapp menggunakan nomor yang sudah hilang, kita pelajari dahulu apa yang terjadi kepada akun Whatsapp kita selama masa kehilangan tersebut.

Ketika smartphone hilang/dicuri, kita bisa mengasumsikan bahwa akun Whatsapp kita sudah tidak aktif lagi.

Di samping fakta Anda kehilangan smartphone atau nomor ponsel, nyatanya kehilangan akses data keamanan Whatsapp juga terbilang tak kalah urgent bagi manusia modern.

Anda tentu harus bisa memastikan bahwa tak ada seorang pun yang bisa mengakses/menggunakan akun Whatsapp itu.

Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyalahgunaan data pribadi terjadi :

Pertama Anda harus blokir kartu SIM yang Anda daftarkan sebagai akun Whatsapp di smartphone yang sudah hilang. Caranya bisa dengan menghubungi pihak provider untuk memblokir kartu SIM tersebut. Apabila kartu sudah terblokir, orang lain tidak akan bisa menerima kode verifikasi dari Whatsapp dan akun Anda akan aman.

Selanjutnya Anda memiliki dua pilihan, membeli smartphone baru dan daftarkan nomor baru untuk akun Whatsapp. Maupun menghubungi pusat bantuan Whatsapp dengan mengirimkan email dan nomor seluler yang hilang (detailnya akan dijelaskan di poin selanjutnya).

Perlu Anda ingat bahwa dua langkah di atas harus Anda lakukan segera jika ingin akun Whatsapp aman. Mengapa? Karena tanpa nomor pun Whatsapp masih bisa digunakan asalkan perangkat tersambung ke internet, misalnya saja melalui Wi-Fi.

Sebab itu, Anda harus segera menghubungi Whatsapp untuk menonaktifkan akun Anda sementara karena Anda tidak bisa menonaktifkan Whatsapp dari jarak jauh dengan perangkat apapun. Cara ini adalah satu-satunya langkah agar akun Whatsapp aman dan tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Mengenai cadangan chat, foto, video dan voice note, semuanya akan aman jika Anda rutin mencadangkannya. Mencadangkan file Whatsapp bisa dilakukan dengan Google Drive maupun OneDrive. Nanti begitu nomor dipulihkan di gerai operator, Anda bisa memuat semua file tersebut.

Nah, ketika Anda sudah meminta Whatsapp untuk menonaktifkan akun Whatsapp, maka yang selanjutnya terjadi dengan akun tersebut adalah sebagi berikut :

  • Akun Anda tidak sepenuhnya terhapus, jadi jangan khawatir karena Anda masih bisa mengaksesnya lagi dengan nomor yang dihidupkan lagi.
  • Semua kontak yang berada di akun Whatsapp masih bisa melihat profil Anda, jadi akun Anda tidak serta merta lenyap.
  • Kontak Anda masih bisa mengirimkan pesan, namun dalam kondisi tertunda kira-kira selama 30 hari.
  • Nanti begitu Anda berhasil mengaktifkan kembali akun tersebut, pesan yang tertunda tadi akan terkirim.
  • Satu hal yang tak boleh terlupakan bahwasanya masa penonaktifan akun yang dilakukan lebih dari 30 hari bisa berakibat fatal. Akun Whatsapp Anda bisa saja hilang dari sistem atau terhapus untuk selamanya.

Cara Login Whatsapp dengan Nomor yang Sudah Hilang

Kontak Pusat Bantuan Verifikasi Whatsapp

Bisakah kita login Whatsapp secara mandiri dengan nomor seluler yang hilang dan tak aktif lagi? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak. Ya, sampai kapan pun kita tidak akan bisa login ulang dengan nomer yang sudah hilang maupun tidak aktif lagi, tanpa bantuan pihak Whatsapp.

Hal yang perlu diperhatikan selalu yakni bahwa Whatsapp mempunyai kebijakan untuk mengirim verifikasi prosedural untuk setiap kali login. Jadi karena nomornya hilang entah kemana, kode verifikasi tersebut tidak bisa Anda lihat dan otomatis Anda tidak bisa login akun Whatsapp yang lama.

Tenang, Anda tidak perlu khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya. Salah satu cara login Whatsapp dengan nomor hilang yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi pusat bantuan verifikasi Whatsapp.
Langkah-langkahnya akan kami ulas per poin di bawah ini :

  • Pertama buka browser melalui PC maupun smartphone lalu akses link https://www.whatsapp.com/contact/?lang=id
  • Pada opsi “Dukungan Whatsapp Messenger”, pilih opsi “Hubungi Kami”. Layanan ini sangat berguna jika Anda ingin bertanya banyak hal tentang Whatsapp Messenger.
  • Selanjutnya Anda akan disuruh memilih perangkat apa yang sedang digunakan, bisa Android, IOS, Windows Phone, Desktop dan lainnya.
  • Apabila sudah memilih perangkat yang sedang digunakan, selanjutnya Anda akan dialihkan ke papan perpesanan e-mail.
  • Tulis masalah yang Anda alami, dalam hal ini adalah minta bantuan verifikasi nomer yang sudah hilang. Ingat, Anda harus menulis dalam dua versi, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  • Inti dari pesan tersebut harus berisi permintaan bantuan untuk verifikasi akun Whatsapp sebab nomor yang biasa digunakan telah hilang. Anda juga harus pastikan secara seksama bahwa nomor yang Anda masukkan tidak memiliki kesalahan sedikitpun ya.
  • Apabila sudah yakin dengan isi pesan, Anda bisa mengirimnya.
  • Sekarang yang harus dilakukan adalah menunggu hingga pihak Whatsapp menerima dan memproses e-mail Anda.
  • Jika pihak Whatsapp sudah membalas, Anda bisa langsung mengikuti instruksi yang mereka berikan langkah demi langkah secara lengkap hingga Anda bisa sukses login kembali.

Aktifkan Ulang Nomor di Gerai Operator

Apabila nomor yang didaftarkan untuk akun Whatsapp hilang, maka cara termudah adalah datang ke gerai operator resmi dan minta untuk diaktifkan ulang. Masalah yang sering terjadi adalah jarak gerai operator, yang biasanya hanya terdapat di daerah kota saja. Tentu tetap layak untuk Anda coba ya.

Begitu nomor yang hilang sudah diaktifkan lagi, Anda bisa langsung login Whatsapp. Cukup masukkan nomor tersebut dan sistem akan langsung mengirimkan kode verifikasi dan Anda berhasil mendapatkan akun Whatsapp lama kembali.

Berikut akan kami rinci langkah-langkah mudah mengaktifkan nomor hilang di gerai operator :

  • Datang ke gerai operator resmi yang ada di kota Anda dengan membawa fotokopi kartu identitas/ KTP.
  • Anda bisa ambil nomor antrean jika sedang ramai dan begitu dipanggil oleh CS langsung saja utarakan keinginan Anda untuk mengaktifkan nomor yang hilang.
  • Anda akan diminta untuk menunjukkan nomor yang ingin dihidupkan kembali beserta KTP.
  • Selanjutnya permintaan Anda akan diproses dan bisa ditunggu selama sekitar 10 menit.
  • Apabila proses sudah selesai Anda akan dipanggil kembali, biasanya Anda akan dikenakan tarif sebesar 10 ribu rupiah meski terkadang bisa juga digratiskan.
  • Nah, terakhir karena nomor sudah hidup kembali, Anda tinggal daftar Whatsapp menggunakan nomor tersebut.

Untuk bacaan lainnya :

Sebagai catatan, begitu nomor hilang, Anda harus segera mengaktifkannya lagi karena kalau sudah lama nomor tersebut bisa saja hangus.

Selamat mencoba ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133