TeknologiSocial Media

Cara Mematikan Centang Biru di WA

Cara mematikan centang biru di WA mungkin berguna untuk meningkatkan privasi Anda. Meski sebenarnya tanda tersebut bermanfaat sebagai informasi kepada lawan komunikasi. Menunjukkan bahwa Anda telah membaca pesan yang dikirim.

Tentu Anda juga kurang nyaman pada saat berkirim WA namun lawan bicara seolah tidak membaca.

Namun pada saat tertentu yang bersangkutan mengirimkan jawaban. Hal ini dikarenakan tanda centang biru dinonaktifkan.

Pada kondisi tertentu Anda mungkin memerlukan privasi. Tidak ingin terganggu WA dari orang lain. Atau sedang butuh waktu berpikir sebelum memberikan jawaban dari pesan yang terkirim pada hp Anda tersebut.

Untuk kondisi seperti itu Anda perlu menonaktifkannya pada WA. Meski Anda membaca pesan, tapi seolah belum Anda buka. Ini bisa jadi keuntungan tersendiri untuk menghindari pesan yang tidak ingin dibuka.

Cara Mematikan Centang Biru di WA dengan Mudah

Menyembunyikan informasi bahwa Anda telah menerima dan membaca pesan jadi alternatif menjaga privasi. Beruntungnya pengguna WA, fitur ini sudah tersedia tanpa menggunakan aplikasi lain. Berikut langkahnya untuk menonaktifkan centang biru:

1. Cara mematikan centang biru di WA yang pertama adalah masuk pada aplikasi. Buka WA dengan tap ikonnya di HP baik di Android, laptop maupun iOS untuk menonaktifkan tanda centangnya tersebut.

2. Klik tanda titik tiga di bagian kanan atas. Akan terbuka menu kecil di pojok atas, langsung pilih setting. Masuk pada menu “akun”, bergambar kunci, letaknya berada di bagian bawah foto.

3. Setelah masuk akun, pilih menu paling atas yaitu “privasi”. Cari menu “read receipt” atau laporan dibaca dengan scroll ke bawah. Menu ini ada di bawah status jadi bisa lebih mudah.

4. Matikan bagian ini dengan menggeser tanda hijau ke sebelah kiri. Selanjutnya Anda tidak akan lagi mengirimkan atau menerima laporan dibaca menggunakan cara nonaktifkan centang biru seperti yang disebutkan di atas.

Untuk hasilnya nanti bisa langsung dicek langsung dengan berkirim pesan langsung ke nomor lain. Sehingga tahu bagaimana tingkat keberhasilannya menggunakan cara yang baru saja dibahas sebelumnya di atas dengan mudah.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menonaktifkan Centang

Menerapkan cara mematikan centang biru di WA perlu memperhatikan beberapa hal. Berhubungan dengan etika dalam pergaulan dan komunikasi online. Sebab Anda perlu menjaga hubungan dengan baik meski dilakukan secara online.

Fitur ini akan berlaku untuk semua lawan Anda. Baik itu teman, rekan kerja, keluarga, orang-orang tercinta dan lainnya. Tidak dapat diseleksi hanya untuk beberapa orang saja. Jadi bisa berlaku semuanya.

Sehingga jika Anda perlu berkomunikasi dengan atasan kerja atau tokoh penting, perlu dipertimbangkan lagi pengaplikasiannya. Supaya tidak menimbulkan salah persepsi terhadap respon Anda terhadap lawan. Sehingga diperlukan langkah tersendiri nantinya.

Penerapan cara mematikan notifikasi centang biru tidak akan berlaku untuk pesan sebelumnya. Pesan yang sudah terkirim tetap dalam pengaturan lama, sehingga yang sudah terbaca tetap akan muncul tanda centang biru.

Anda bisa mengaktifkan kembali tanda tanda read receipt ketika kembali diperlukan. Jadi untuk beberapa saat saja ketika ingin menjaga privasi, tanda tersebut bisa dinonaktifkan kembali. Jadi caranya cukup sederhana sekali.

Terdapat kondisi dimana centang biru tidak muncul padahal aktif. Ini bisa terjadi ketika lawan komunikasi Anda belum membuka WA. Bisa juga karena sinyal kurang bagus sehingga pesan belum sampai juga.

Seperti itulah cara mematikan centang biru di WA yang perlu diperhatikan pada aplikasi whatsapp. Lalu seperti apakah hubungannya antara tanda tersebut dengan last seen? Simak penjelasannya berikut ini.

Hubungan Centang Biru dengan Last Seen

Menonaktifkan tanda biru di Whatsapp berkaitan dengan last seen. Informasi ini menunjukkan bahwa Anda online atau tidak sedang online. Bagi lawan komunikasi mungkin informasi ini penting.

Harapannya ketika mengetahui Anda online, maka pesan akan segera dibalas, minimal info penting telah tersampaikan. Serupa dengan last seen yang menunjukkan kapan terakhir Anda online.

Fitur last seen memberikan informasi kapan terakhir Anda menggunakan WA bahkan untuk orang yang tidak masuk dalam daftar kontak. Sehingga bisa memperkirakan apakah WA yang dikirim akan dibaca atau tidak.

Sama halnya dengan centang biru sebagai penanda read receipt, last seen juga dapat dimatikan. Sehingga tidak ada yang tahu bahwa Anda baru saja online. Seolah WA dalam kondisi tidak aktif.

Buka WA kemudian klik titik tiga di bagian kanan atas. Pilih setting di bagian paling bawah, masuk menu “account” lanjut “privacy”. Kemudian masuk pada menu “last seen”.

Pengaturan default pada last seen adalah “everyone”. Artinya semua orang yang akan menghubungi Anda bisa tahu kapan terakhir online. Ubah menjadi “my contact” untuk membatasi.

Untuk membatasi semua orang, pilih “nobody”. Namun meski dipilih “nobody”, pada saat Anda memulai mengetik pesan secara otomatis akan terlihat online. Sedikit berbeda dengan cara mematikan centang biru di WA.

Baca Juga : Cara Memuat Link Whatsapp

Demikian artikel mengenai cara mematikan centang biru di WA Anda. Semoga artikel ini dapat membantu, dan semoga bermanfaat.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button