7 Cara Membeli Mobil Bekas Agar Tak Salah Pilih

Cara Membeli Mobil Bekas

Cara membeli mobil bekas agar tak salah pilih, menjadi pilihan saya untuk mengulasnya di beberapa paragraf di bawah ini. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin memiliki mobil impian.

Nah, kita ketahui bahwa mobil bekas memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Namun diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam memilihnya. Tak semua mobil bekas dijual dalam kondisi yang baik.

Jadi, Anda harus benar-benar memeriksa seluruh kondisinya sebelum memutuskan untuk membeli.

Apabila beruntung, Anda bisa mendapatkan mobil bekas rasa mobil baru dengan harga miring. Anda juga perlu berhati-hati karena banyak oknum tak bertanggung jawab yang memalsukan kondisi mobil bekas.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan tips cara memilih mobil bekas yang berkualitas khusus untuk Anda pencinta otomotif.

Satu hal yang penting yang harus Anda siapkan sebelum membeli mobil bekas adalah kesabaran.

Orang bisa menjual mobil bekas di mana saja. Membuat iklan di surat kabar, memasang iklan di media sosial, atau memasang iklan penjualan di market place.

Di mana pun Anda melihat iklan mobil bekas dan tertarik untuk membelinya, pastikan Anda melakukan tips di bawah ini.

Pastikan Catatan Servis Lengkap

Hal pertama yang harus Anda pastikan dalam membeli mobil bekas adalah kelengkapan catatan servis. Catatan servis berguna untuk mengetahui apakah mobil diservis secara rutin atau tidak? Apakah servis dilakukan di bengkel resmi atau tidak?

Mobil bekas bisa memiliki kondisi yang baik jika dilakukan servis secara berkala. Jika dilakukan servis rutin, kerusakan pada mesin akan sangat minim. Semakin sedikit kerusakan yang terjadi, semakin baik pula performa sebuah mobil.

Jangan Tergiur Mobil dengan Harga Miring

Harga barang umumnya berbanding lurus dengan kualitasnya. Pernyataan tersebut juga berlaku untuk mobil bekas. Umumnya, mobil yang berkualitas bagus memiliki harga yang lebih tinggi. Tenang, Anda tetap punya kesempatan untuk meminang mobil bagus dengan harga terjangkau.

Sebaiknya Anda jangan langsung tergiur dengan harga yang ditawarkan oleh penjual. Periksalah seluruh kondisi kendaraan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Periksa Aksesoris dan Interior

Mobil memiliki fitur yang sangat kompleks. Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa seluruh fitur atau aksesoris mobil, terutama di bagian interior. Pastikan semua tombol di dalam mobil dapat berfungsi dengan baik.

Jangan lupa untuk mencoba menyalakan AC serta audio. Perhatikan juga seluruh indikator yang ada di dashboard mobil dalam keadaan yang normal.

Anda juga harus memperhatikan detail kecil seperti kondisi pengait sabuk pengaman, tombol pada pintu, dan juga lampu kabin. Kalau Anda sudah memastikan semua dalam keadaan baik, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Periksa Body

Interior mobil sudah dicek, kini saatnya Anda memeriksa bagian luar mobil. Mulai pemeriksaan dari bagian yang kecil seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein. Pastikan semua lampu menyala.

Beralih ke bagian pintu mobil, periksa apakah seluruh pintu bisa dibuka dan ditutup dengan normal atau tidak? Perhatikan juga kaca mobil serta spion, jangan sampai ada bagian yang retak atau pecah.

Perhatikan lapisan cat di seluruh permukaan mobil, pastikan tak ada goresan yang berarti. Langkah terakhir, Anda perlu memeriksa sasis mobil. Mobil yang pernah mengalami tabrakan biasanya mengalami kerusakan pada sasis. Sebaiknya Anda menghindari mobil dengan kondisi tersebut.

Cek Kondisi Mesin

Kondisi fisik mobil yang bagus tak cukup untuk membuat Anda menarik kesimpulan. Bukalah kap untuk melihat kondisi mesin secara langsung. Pastikan semua komponen dalam keadaan yang baik. Anda juga perlu mencoba menghidupkan serta mengemudikan mobil yang akan dibeli.

Saat mengemudi, sebaiknya Anda memastikan mesin memiliki performa yang bagus ketika berada di kecepatan rendah, sedang, dan tinggi. Cek juga kondisi rem dan rasakan pula suspensi mobil saat Anda berada di jalan.

Kelengkapan Dokumen

Apabila sudah yakin, Anda juga harus menanyakan kelengkapan dokumen mobil kepada pemiliknya. Setidaknya ada 3 dokumen penting yang harus ada yaitu faktur pembelian, BPKB, dan STNK. Kalau semuanya ada dan asli, mobil yang Anda beli dapat dipastikan aman.

Datang Bersama Teman Mekanik

Cara memilih mobil bekas yang terakhir memeriksa mobil bersama dengan teman mekanik. Mengapa harus mekanik? Mekanik merupakan orang yang ahli dalam menganalisis kondisi mobil serta kerusakan yang terjadi.

Teman mekanik Anda bertugas untuk membantu Anda memastikan apakah mobil bekas ini benar-benar layak untuk dibeli. Membawa teman mekanik juga bisa menjadi langkah untuk menghindari penipuan.

Baca : Mobil Bekas Berkualitas Pilihan Expert, Ada Di Seva.id

Ok, sekian informasi yang bisa disampaikan.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133