Teknologi

Cara Membuat Artificial Intelligence

Cara membuat Artificial Intelligence tidak hanya bisa dilakukan oleh para ahli di laboratorium penelitian canggih. Sebenarnya, proses pembuatan AI bisa dikatakan rumit karena memiliki rangkaian cukup panjang.

Begitupun, kecerdasan buatan ini dapat dikembangkan oleh orang dengan kecerdasan bahkan dengan keterbatasan sumber daya.

Saat ini juga sudah ada proses pembuatan AI sederhana, yaitu pembuatan software-software yang biasa digunakan di handphone android. Ini bisa dibuat dengan lebih mudah dan cepat oleh para programmer andal.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk pembuatan kecerdasan buatan adalah menggunakan logika fuzzy. Penggunaannya kebanyakan untuk pembuatan aplikasi game di ponsel pintar, seperti android.

Kali ini, kami ingin menginformasikan mengenai pembuatan AI menggunakan logika fuzzy untuk membuat game dan tahapan pembuatannya. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasinya, silakan simak uraian berikut ini.

Cara Membuat Artificial Intelligence dengan Logika Fuzzy

Membuat kecerdasan buatan membutuhkan proses panjang, sebab Ai dibuat berdasarkan kecerdasan yang ada pada manusia. AI merupakan sebuah perangkat lunak hasil dari tiruan pola pikir manusia.

Dalam proses pembuatannya dibutuhkan searching, reasoning, dan learning. Oleh sebab itu, dalam proses dan cara membuat Artificial Intelligence dibutuhkan logika berpikir yang tepat, salah satunya adalah logika fuzzy.

Logika fuzy digunakan dalam tahapan reasoning yaitu tahapan kemampuan untuk berpikir rasional seperti manusia. Ini perlu dibangun agar hasil dari AI dapat sesuai keinginan pembuatnya.

Salah satu contoh hasil dari penelitian dan penciptaan kecerdasan buatan adalah sebuah game. Contoh pembuatan AI Logika Fuzzy dalam game adalah mengimplementasikan bagaimana cara berpikir manusia dimasukkan ke dalam sebuah permainan.

Pada dasarnya logika fuzzy merupakan logika dengan akan jamak berupa bilangan real antara 0 – 1. Dalam penerapannya berkonsep parsial, yaitu hanya dapat bernilai 2, sepenuhnya salah atau sepenuhnya benar.

Sebab logika fuzzy hanya didasarkan pada pengamatan tingkah laku manusia dalam membuat keputusan berdasarkan informasi diterimanya. Jadi, hanya akan ada dua keputusan yaitu benar atau tidak benar.

Cara membuat Artificial Intelligence dengan 5 Tahap

Pada dasarnya untuk proses pembuatan kecerdasan buatan menggunakan logika fuzzy terdapat 5 langkah yang harus diikuti. Berikut adalah 5 tahapan pembuatan hingga mencapai output berupa sebuah aplikasi game:

Membuat Variabel Linguistik

Langkah pertama adalah membuat atau menentukan variabel linguistik, yaitu parameter tingkatan yang jadi acuan perhitungan. Ada dua jenis, yaitu input dan output.

Input merupakan atribut yang dimiliki karakter saat ini dan output adalah aksi atau aktivitas dari karakter tersebut. Contoh mudahnya, input berupa damage, energy, armor, atau health, sedangkan output adalah attack dan heal.

Menentukan Nilai Fuzzy

Kemudian cara membuat Artificial Intelligence menggunakan logika fuzzy dilanjutkan dengan penentuan nilai. Pada tahapan ini harus dilakukan banyak percobaan agar bisa mendapatkan nilai tepat.

Mulai dari menentukan maksimum nilai setiap variabel, misalnya damage 100. Lalu mengisi nilai range pada setiap bagian peningkatan dengan level yang diatur sedemikian rupa, bisa juga terjadi penurunan.

Menetapkan Rule

Langkah berikutnya adalah penetapan aturan yang akan menentukan output. Misalnya, 1 input menghasilkan output apa, 2 input menghasilkan output berbeda, dan seterusnya.

Proses ini juga menggunakan metode trial and error, bisa dikatakan menjadi proses terlama dan terpanjang, terutama ketika digunakan untuk menghasilkan sebuah gim. Biasanya, ada banyak coding digunakan pada bagian ini.

Pengujian

Selanjutnya tahapan membuat kecerdasan buatan dengan fuzzy adalah pengujian yang dilakukan secara matematis menggunakan rule yang sudah dibuat. Pengujian bisa dilakukan oleh tim maupun orang luar.

Evaluasi

Setelah pengujian akan dilakukan evaluasi untuk melihat bagian mana yang perlu ditingkatkan, ditambahkan, atau dikurangi. Bisa juga dilakukan setelah peluncuran prototype yang dicoba oleh beberapa user.

Implementasi Artificial Intelligence Sebuah Game

Cara membuat Artificial Intelligence dengan fuzzy tidak hanya sampai pada proses evaluasi saja, tapi juga pengembangan dari buatan sederhana menjadi lebih luas. Contohnya dengan meluncurkan versi demo yang dapat dicoba khalayak umum.

Dari hasil peluncuran versi demo ini, para pembuat akan bisa menambahkan probabilitas dalam gim. Misalnya menambahkan health, damage, attack, atau perkembangan karakter dalam gim tersebut.

Implementasi kecerdasan buatan menjadi bagian penting sebelum peluncuran produk sesungguhnya ke pasar. Selain itu, proses implementasi akan melibatkan banyak pihak, yakni pembuat game, user, juga platform tempat diluncurkannya.

Dari hasil implementasi akan terlihat apakah gim tersebut bisa diterima oleh khalayak atau justru tidak diminati. Apabila hasilnya yang kedua, maka keputusan untuk perbaikan harus dilakukan, bisa jadi harus melakukan perombakan game Artificial Intelligence dari awal.

Pembuatan kecerdasan buatan bukan hanya untuk software industri, pendidikan, atau kesehatan saja, tapi juga dapat diimplementasikan dalam pembuatan game. Bahkan perkembangan dalam bidang ini paling banyak dilakukan.

Logika fuzzy merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk pengembangan AI. Karena hanya punya dua komponen, yaitu benar atau salah, cara membuat Artificial Intelligence menggunakan logika ini hanya perlu 5 tahapan saja.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button