Cara Membuat Artikel di Blog

Cara Membuat Artikel di Blog

Cara membuat artikel di blog sangat dibutuhkan oleh para pemula, agar bisa sukses dan mampu meraup keuntungan yang besar dari kegiatan tersebut. Saat ini bloging bisa menjadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dan produktif.

Selain bisa menyalurkan hobi menulis, Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan lain. Untuk mendapatkan keuntungan, blog harus dikelola dengan baik agar mampu memiliki trafik yang konsisten dan bisa muncul di halaman pencarian paling atas.

Daftar Cara Membuat Artikel di Blog Bagi Pemula

Sebagai pemula, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum membuat blog. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda bisa mengelola blog dengan baik dan bisa memberikan keuntungan. Simak cara membuat artikel di blog di bawah ini:

1. Tentukan Niche yang Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan saat membuat blog adalah menentukan niche atau topik pembahasan blog. Hal ini bisa dikatakan sebagai tema yang akan diangkat sebuah blog.

Terdapat banyak sekali topik yang bisa digunakan seperti makanan, traveling, musik, dan lainnya. Peranan niche sangatlah krusial sehingga harus dipilih dengan cermat dan hati-hati.

Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk bisa mengetahui topik apa yang lebih banyak disukai oleh para pembaca. Dengan adanya niche, maka pembaca bisa mengetahui karakter sebuah blog dan akan menunggu update konten terbaru yang diberikan.

2. Pilih Web Hosting Terbaik

Saat ini terdapat beberapa jenis hosting yang bisa dipilih untuk memposting konten. Platform blogging merupakan software yang digunakan untuk mengelola serta mempublikasikan blog dan kontennya.

Terdapat dua tipe platform yang tersedia, yaitu platform gratis dan self hosted. Platform gratis sangat cocok bagi pemula yang sedang belajar membuat blog. Namun, terdapat berbagai batasan serta aturan yang harus dipatuhi jika Anda menggunakan platform gratis.

Sedangkan platform self hosted memungkinkan para pengguna untuk mengatur sendiri nama domain yang diinginkan. Hal ini akan membuat blog Anda terlihat lebih menarik. Terdapat juga berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola blog dengan lebih baik.

Namun, untuk dapat menggunakan berbagai fitur tersebut, Anda perlu mengeluarkan biaya langganan dengan jumlah tertentu.

3. Daftarkan Nama Domain yang Diinginkan

Domain adalah alamat URL unik yang ada pada setiap blog. Pilihlah nama domain yang mudah diingat dan unik agar terlihat menarik. Pemilihan nama domain yang tepat mampu membantu untuk menunjang keberhasilan blog.

Untuk itu, Anda tidak perlu terburu-buru memilihnya. Jika kesulitan, Anda bisa menggunakan tool generator untuk bisa mendapatkan nama domain yang sesuai.

4. Install Platform untuk Blog

Setelah persiapan awal telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menginstall platform blogging. Terdapat beberapa platform yang umumnya digunakan yaitu WordPress, Drupal, dan Joomla. Pilihlah platform yang mudah digunakan dan menawarkan fitur yang lengkap.

5. Membuat dan Mempublikasikan Konten

Untuk menarik minat para pembaca, buatlah konten yang menarik dan informatif. Pastikan Anda telah melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat sebuah konten. Hal tersebut perlu dilakukan agar semakin banyak pembaca yang berkunjung ke blog Anda.

Pilihlah topik hangat yang sedang menjadi bahan pembicaraan di masyarakat atau yang banyak dicari. Dengan begitu, Anda bisa menarik perhatian para pembaca secara optimal.

6. Kelola Blog agar Memiliki Banyak Pengunjung

Selain membuat konten yang menarik dan informatif, Anda juga perlu melakukan pengelolaan konten yang diposting agar dapat memiliki banyak pengunjung. Anda perlu membuat konten yang saling terkait satu dengan yang lainnya.

Hal tersebut akan membuat pembaca semakin penasaran untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya secara lebih mendalam. Dengan begitu, waktu yang dihabiskan pembaca untuk mengakses blog Anda akan semakin lama.

Tips Mengelola Blog Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

Untuk mendapatkan banyak pengunjung, Anda harus menulis konten yang menarik dan informatif. Hal tersebut tentu sangat berperan dalam keberhasilan blog. Semakin lama pengguna mengakses blog Anda, maka keuntungan yang didapatkan semakin besar. Simak tipsnya sebagai berikut:

1. Pelajari Teknik Dasar SEO

Teknik SEO perlu dipelajari untuk mengoptimasi artikel yang dibuat. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menaikkan posisi blog agar direkomendasikan paling atas oleh mesin pencarian.

Menduduki peringkat satu dalam mesin pencarian merupakan tujuan yang ingin diraih oleh para blogger. Semakin sering blog dikunjungi oleh para pembaca, maka akan semakin besar juga keuntungan yang bisa diraih.

Terdapat beberapa jenis teknik SEO yang bisa Anda terapkan. Untuk dapat memilih teknik yang paling cocok, Anda bisa melakukan percobaan terlebih dahulu. Setelah itu, memantau hasilnya apakah mampu bekerja secara efektif atau tidak.

2. Riset Kata Kunci yang Akan Digunakan

Sebelum menulis artikel, Anda harus riset kata kunci yang akan digunakan terlebih dahulu. Hal tersebut perlu dilakukan agar artikel mudah ditemukan atau direkomendasikan oleh mesin pencarian. Dengan begitu, jumlah pengunjung blog Anda akan semakin meningkat.

Pilihlah kata kunci yang relevan dan tambahkan juga kata kunci turunan. Dengan adanya kata kunci, maka pembahasan dalam artikel bisa terpusat dan mengarah kepada kata kunci tersebut. Hal ini membantu pembaca untuk mendapatkan konten yang lebih informatif.

3. Riset Para Kompetitor

Untuk mengoptimalkan kinerja blog yang dikelola, Anda perlu melakukan riset terhadap kompetitor. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa memahami sistem seperti apa yang diterapkan oleh kompetitor.

Selain itu, Anda juga bisa menganalisa jenis konten apa yang lebih disukai oleh para pembaca. Dengan memahami seperti apa karakteristik pada kompetitor, Anda bisa berupaya untuk menyesuaikan diri guna menyusun strategi yang tepat agar blog memiliki banyak pengunjung.

4. Rencanakan Pembuatan Konten dengan Baik

Sebuah konten bukan hanya harus menarik dan informatif, namun penempatannya juga merupakan hal yang penting. Anda perlu melakukan perencanaan tentang berapa banyak artikel yang harus diupload setiap harinya, jam berapa saja konten diupload dan lainnya.

Hal tersebut perlu dilakukan agar pembaca bisa langsung mendapatkan informasi ketika membutuhkannya. Pada jam tertentu, kebanyakan orang memiliki waktu senggang dan umumnya dihabiskan untuk mencari berbagai informasi yang disukainya.

Artikel harus diupload secara konsisten agar pembaca bisa percaya bahwa dengan mengunjungi blog Anda, mereka bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

5. Audit Konten Secara Berkala

Untuk bisa mengetahui kualitas dari konten yang dibuat, Anda perlu melakukan audit terhadap konten yang sudah dibuat secara berkala. Hal tersebut guna menunjang kemampuan menulis Anda agar semakin baik.

Gunakan bahasa yang informatif dan mudah dimengerti agar konten bisa dipahami oleh para pembaca. Tambahkan gambar dan gunakanlah metode list agar konten terlihat lebih menarik. Periksa kembali penggunaan bahasa dan ejaan sebelum konten diposting.

Pastikan artikel yang diposting bersifat original dan bebas dari plagiarisme. Hal tersebut perlu dilakukan agar mesin pencarian dapat terus merekomendasikan artikel dan blog Anda ke posisi teratas, supaya mendapatkan banyak pengunjung.

Baca Juga :

Cara Mudah Agar Blog Banyak Pengunjung

Jasa Pembuatan Blog Murah Terpercaya

Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133