Cara Membuat Blog

Kebanyakan dari kita memilih blog sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi melalui tulisan, atau untuk tujuan bisnis dan sebagainya. Karena di era ini banyak kalangan muda yang menggunakan blog sebagai wadah untuk menjadi influenser maupun buzzer yang kemudian dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana sih cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang?

Pertanyaan di atas akan terjawab setelah Anda menyimak ulasan di bawah ini.

 

Cara Membuat Blog Di Blogspot

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang Anda butuhkan sebelum membuat blog di blogspot. Sebelum membuat blog yang harus Anda lakukan adalah memilih niche blog. Hal ini supaya lebih memudahkan Anda dalam membangun blog kedepannya. Sehingga, alangkah baiknya Anda sudah memikirkan sejak awal tujuan apa yang ingin Anda capai melalalui blog yang akan dibangun.

Jika Anda menyukai traveling, Anda bisa menjadi seorang travel blogger, atau jika Anda menyukai kuliner, Anda bisa menjadi food blogger, atau Anda penyuka film dan buku atau yang lainnya? Nah, itulah mengapa memilih niche merupakan hal yang paling penting sebelum memulai ngeblog.

Setelah Anda menemukan apa niche pada blog Anda, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain. Dalam hal ini Anda bisa memilih domain yang berbayar maupun yang gratisan. Biasanya blog yang sering dipantau oleh para pemberi job adalah blog yang menggunakan domain berbayar berupa Top Level Domain (TLD).

Namun apabila Anda baru memulai untuk ngeblog, tidak ada salahnya kalau Anda ingin memulainya dengan domain yang gratisan. Setelah domain aktif Anda langsung dapat mempublish konten dan mengembangkan blog.

Setidaknya ada tujuh langkah yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin mendaftarkan atau punya keinginan untuk memiliki blog di blogspot. Namun, jangan khawatir meskipun ada banyak langkah yang perlu Anda lakukan. Karena, semuanya itu dapat Anda lakukan cukup dengan sekali duduk.

Berikut ini adalah tujuh cara membuat blog di blogspot yang penting untuk diketahui.

 

1. Akses Laman Blogger

 

Cara Membuat Blog di Blogspot

Untuk membuat blog di blogspot yang perlu Anda lakukan yaitu mengakses laman blogger.com hal ini terlihat sangat mudah sekali. Apablila Anda telah memiliki akun Google malah lebih memudahkan lagi dalam pembuatannya.

Namun jika belum punya, yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan akun terlebih dulu. Membuat akun juga bisa dilakukan di laman yang sama pada link tersebut.

 

2. Masuk Ke Blogger

 

Setelah memiliki akun, yang berikutnya dapat Anda lakukan adalah masuk atau login. Login menggunakan akun Google yang telah Anda daftarkan. Anda perlu memasukkan username dan password yang telah Anda daftarkan, dan ini hanya semudah membuat status di WhatsApp.

Login ke Blogger

 

3. Lanjut Ke Blogger

 

Apabila sudah berhasil login, yang kemudian harus Anda lakukan adalah klik Lanjutkan ke blogger. Dalam hal ini Anda diberikan kesempatan untuk berpikir apakah sudah benar-benar yakin akan membuat blog di blogspot, jika iya langsung saja lanjutkan ke blogger, yang nantinya Anda akan diarahkan untuk membuat blog baru melalui laman yang muncul kemudian.

 

4. Klik Blog Baru

Membuat Blog Baru

Setelah Anda mengklik blog baru, Anda akan disajikan dengan beberapa form yang berisi judul blog, alamat blog, dan template blog. Di sini Anda dibebaskan untuk membuat judul blog yang Anda sukai, dan bebas membuat alamat blog. Alamat blog ini yang kemudian kita sebut sebagai domain.

Domain yang disediakan oleh blogger adalah blogspot.com, sehingga setelah Anda membuat alamat blog Anda, maka akan terbentuk sebuah alamat blog dengan laman https://alamatbloganda.blogspot.com.

Setelah itu Anda disuruh membuat template. Ada banyak template yang bisa Anda pilih dari blogger, silakan sesuaikan dengan keinginan Anda.

 

5. Klik Lihat Blog

 

Ini adalah tahapan berikutnya dalam membuat blog di blogspot. Yaitu memastikan blog yang telah Anda buat beneran sudah bisa digunakan, maka yang perlu Anda lakukan adalah klik lihat blog.

Blog Anda sekarang sudah jadi, dan Anda tinggal mengisinya dengan konten yang sesuai dengan niche yang telah Anda tentukan sendiri. Mulailah dengan membuat postingan baru di blog Anda. Setelah itu Anda dapat menentukan apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda atau belum. Jika belum, Anda selalu dapat mengotak-atik bagian template dan widget sehingga laman blog Anda seseuai dengan yang Anda inginkan.

 

6. Pasang Widget Pilihan

 

Menyesuaikan widget dapat Anda lakukan dengan masuk kebagian Tata Letak yang ada di blogger. Di sana sudah disediakan beberapa gadget yang siap untuk Anda pasang pada blog Anda. Tentu Anda tidaklah wajib untuk memasang semuanya, namun jika ingin memasang semuanya juga tidak ada salahnya.

Pasang Widget

Hanya saja, cukup pilih widget yang benar-benar Anda butuhkan. Karena itu merupakan pilihan yang lebih baik.

 

7. Membuat Menu

 

Setelah berhasil memasang widget, yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah membuat menu. Menu-menu ini sangat penting untuk Anda pahami, sebab dapat memudahkan Anda dalam mengelola blog ke depannya. Dengan adanya menu pada blog, ini nantinya juga akan memudahkan para pengunjung dalam mencari konten yang ingin dicarinya. Maka dari itu, keberadaan menu pada blog adalah sesuatu yang lumayan penting.

 

Tujuh langkah di atas adalah beberapa poin penting yang perlu dilakukan oleh Anda jika ingin membuat blog di blogspot.

Selanjutnya Anda dapat mengimproviasasi blog Anda sendiri dengan mengedit template, atau mencari template yang sudah jadi, kemudian mengimportnya ke blog Anda, atau Anda juga dapat menambahkan favicon, mendaftakan domain pada blog Anda dengan Top Level Domain (TLD), serta Anda juga dapat mengganti judul blog Anda menggunakan logo yang full art.

Hal ini dapat Anda pelajari sendiri seiring jam terbang Anda yang lebih banyak dalam kegiatan perbloggeran.

Selanjutnya supaya blog Anda tidak terlalu sepi, maka Anda ada baiknya mencari teman sebanyak-banyaknya melaui media social, atau Anda juga dapat mencarinya melalui proses blogwalking.

Blogwalking

Kegiatan ini adalah jalan-jalan ke blog milik orang lain, kemudian Anda dapat meninggalkan jejak via komentar pada postingan yang telah dibuatnya. Jika orang yang Anda kunjungi ini punya iktikad baik, tentu saja akan mengunjungi blog kita kembali, dan kegiatan ini dapat Anda lakukan secara berkala.

Demikianlah tadi panduan tata cara membuat blog di blogspot. Setelah mengetahui cara membuat blog di blogspot semestinya membuat Anda lebih konsisten dalam mengelola blog, dan membuat postingan secara konsisten supaya eksistensi atau keberadaan blog Anda dapat terbaca melalui pencarian google.

Dengan begitu Anda dapat menggunakannya sebagai ladang untuk mencari uang dengan mereview beberapa produk endorsement, atau mendaftarkannya ke Google Adsense.

 

Cara Membuat Blog Di WordPress Dengan Praktis

 

Blogging saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi para warganet. Melalui blog, mereka bisa mencurahkan isi hati, promosi diri, hingga berjualan.

Banyak blogging platform menjadi incaran para warganet. Satu diantaranya, WordPress. Hal ini tak ayal membuat pencarian di mesin pencari tentang cara membuat blog di WordPress menduduki posisi teratas.

 

Sudah Tahu Apa Itu WordPress?

 

WordPress adalah rumah yang nyaman bagi para blogger. Baik itu blogger senior maupun blogger pemula. Sebanyak lebih dari 75 juta website di dunia dibuat menggunakan blogging platform populer satu ini. website tersebut ada yang dimiliki pribadi. Ada pula yang dimiliki lembaga atau komunitas tertentu.

Wordpress

WordPress menjadi sangat populer karena segala kemudahan dan fitur menyenangkan yang ia berikan. WordPress sendiri memiliki dua rumah yang menjadi andalan bagi para blogger, yaitu:

com. Sering dikenal sebagai hosted platform dimana para pengguna bisa membuat blog secara gratis langsung di wordpress.com.

org. Sering dikenal sebagai self-Hosted platform dimana para pengguna bisa menginstal WordPress di hosting milik sendiri.

Sampai di sini, apakah Anda masih bersama saya? Ingin segera membuat blog di WordPress?

Baiklah, saya akan segera membagikan cara membuat blog di WordPress dengan praktis untuk Anda di bawah ini. Anda langsung bisa mempraktekkannya sendiri. Tanpa ribet dan banyak drama.

 

Cara Membuat Blog Di WordPress.Com

 

Hosted platform ini membuat banyak calon blogger tertarik untuk membuat blognya di sana. Meskipun diberikan secara gratis alias cuma-cuma, fitur yang diberikan sangat membuat nyaman penggunanya.

 

Baiklah, yuk sekarang kita ikuti tahapar cara membuat blog di WordPress berikut ini.

 

1. Buka website WordPress.com di browser Anda. Klik GET STARTED

Wordpress Website

 

2. Masukkan alamat email, username yang akan Anda pakai sebagai nama blog, dan password. Kemudian, klik CREATE YOUR ACCOUNT.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan dengan akun Google untuk memulai membuat blog lebih cepat. Klik saja CONTINUE WITH GOOGLE yang terletak di bawahnya.

Jangan lupa untuk memasukkan alamat email yang valid dan selalu Anda periksa secara berkala.

 

Cara Membuat Blog di WordPress

 

3. Pilih jenis web yang akan dibuat, di sini kita pilih : Blog

 

Blog di WordPress

 

4. Pilih topic : Blogging

Kategori Blog WordPress

 

5. Klik tombol continue

Lanjut Blog WordPress

 

Buat nama blog : SEOptimizer

SEOptimizer

 

Pilih : Free seoptimizerid.wordpress.com

SEOptimizer Free Blog

 

Selanjutnya, klik akan menggunakan alamat gratis : “Start with a free site”.

Free Site WordPress

 

Terakhir, blog Anda telah selesai : “Your site has been created!”

Jadi Website

8. Pihak WordPress kemudian akan mengirimkan link verifikasi ke alamat email Anda. Segera buka email Anda, lalu klik link verifikasi tersebut.

9. Setelah itu, tab baru akan terbuka pada browser Anda. Anda sudah bisa melihat DASHBOARD WordPress milik Anda sendiri. Dan mulailah membuat blog.

10. Anda juga bisa mengganti logo untuk blog baru Anda. Anda bisa pilih menggunakan pilihan logo di online logo maker seperti Logaster.

 

Memilih Hosting dan Domain Untuk Blog di WordPress.org

Wordpress Site

Sebelum beralih ke cara membuat blog di WordPress dot org, ada baiknya Anda mengetahui tentang hosting dan domain. Keduanya akan sering Anda baca saat membuat atau membaca blog orang lain (blogwalking).

  • Domain

Anda tentu sering membaca blog dengan akhiran .com, .net, .org, .net, .biz, .cc, dan .web, bukan?Itulah jenis-jenis domain yang bisa Anda pilih saat ingin membuat blog di self-hosted platform seperti di WordPress.org ini.

Setiap jenis domain mewakili topik yang dibahas di dunia maya. Seperti .com yang bisa mewakili semua topik website (umum digunakan), .net pun sama dengan .com (dot com berada di atas dot net), .id domain khusus untuk Indonesia, .biz domain khusus untuk bisnis, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan nama domain ini, Anda bisa melakukan pembelian di berbagai situs penyedia layanan domain terpercaya. Bahkan ada sejumlah website yang bisa memberikan domain gratis dengan beberapa persyaratan tertentu. Pilihan ada di tangan Anda. Harga domain .com biasanya dibanderol mulai 100 ribu rupiah per tahun.

  • Hosting

Hosting adalah tempat yang Anda sewa untuk menyimpan data website Anda seperti gambar, file, alamat email, aplikasi, dan program. Mirip seperti hardisk digital website Anda. Hosting juga bisa dibeli di tempat yang sama ketika Anda membeli domain.

Harga hosting berkisar antara 15 sampai 60 ribu per bulan. Saran saya, sebaiknya Anda membeli hosting untuk jangka waktu 3 atau 6 bulan sekalian. Semuanya nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan data Anda.

 

Cara Membuat Blog Di WordPress.Org

 

Sampai pada sub judul artikel ini saya telah berasumsi jika Anda sudah memiliki hosting dan domain. Karena keduanya adalah cikal bakal pembuatan blog di WordPress.org Anda. Setelah itu, Anda bisa menginstal WordPress-nya ke dalam hosting Anda.

Untuk melakukan instal otomatis atau auto installer, saran saya Anda bisa menggunakan aplikasi web seperti Softaculous. Dengan begitu, Anda bisa melakukan instal WordPress dengan cara:

1. Membuka cpanel web Anda.

2. Selanjutnya, Anda bisa menemukan instalasi Softaculous.

3. Klik WordPress. Lalu, ikuti arahannya dan klik INSTALL pada tab menu.

4. Usai klik Install, selanjutnya akan muncul formulir yang harus Anda isi. Penjelasan pengisian formulirnya dimulai dari bagian teratas adalah sebagai berikut:

CHOOSE PROTOCOL, lewatkan saja (kosongkan).

CHOOSE DOMAIN, ketikkan domain yang akan Anda instal.

IN DIRECTORY, default-nya adalah wp. Jadi, nanti alamat web yang akan diinstal WordPress akan berakhiran ‘/wp’

SITE NAME, nama website/blog Anda.

SITE DESCRIPTION, Anda bisa meletakkan deskripsi website Anda secara singkat. Ada juga yang menuliskan tagline yang akan sering muncul di website-nya kelak.

ENABLE MULTISITE, tidak perlu dicentang bagi Anda blogger pemula.

ADMIN USERNAME, username ini yang seterusnya digunakan untuk masuk ke admin panel.

ADMIN PASSWORD, masukkan password yang sesuai dengan username admin panel tadi.

ADMIN EMAIL, alamat email yang Anda gunakan untuk registrasi.

SELECT LANGUAGE, pilih bahasa yang Anda pergunakan dalam menjalankan WordPress.

LIMIT LOGIN ATTEMPTS, Anda bisa mencentangnya demi keamanan website Anda.

SELECT THEME, pilih tema sesuai selera Anda. Jika Anda bingung saat ini, pilih asal saja. Suatu saat nanti, tema ini bisa Anda ganti.

EMAIL INSTALLATION DETAILS TO, bisa Anda isi dengan email yang sama untuk registrasi. Semua proses instalasi ini nantinya akan dikirimkan riwayatnya ke email tersebut.

5. Setelah formulir terisi semua, Anda bisa klik INSTAL.

Diharapkan Anda telah menerapkan cara membuat blog di WordPress tadi ya. Dan saya punya satu saran untuk Anda sebagai pemula. Buatlah blog di WordPress sesuai dengan minat dan kemampuan (budgetting) Anda. Selanjutnya, jika Anda sudah mahir menggunakan WordPress, baru Anda bisa melangkah ke hal yang lebih besar lagi untuk mensukseskan blog Anda.

 

Cara Membuat Blog Agar Banyak Pengunjung Bagi Blogger Pemula

 

Semua orang dapat membuat blog. Tujuan kita membuat blog tentu bermacam-macam. Ada yang bertujuan sebagai bentuk curahan perasaan, ada yang sengaja berbagi informasi yang berguna, dan ada juga yang memang untuk meraih keuntungan.

Dari berbagai macam tujuan membuat blog tersebut, hampir semuanya bertujuan sama: agar blog mereka dapat dibaca. Banyaknya blog dan situs di internet tentu membuat kemungkinan blog kita dibaca semakin kecil. Apalagi sebagai seorang blogger pemula, tantangannya tentu lebih berat.

Namun dengan langkah yang tepat, kita bisa “mengundang” pengguna di internet untuk membaca blog kita. Berikut ini tips mudah cara membuat blog agar banyak pengunjung bagi blogger pemula.

 

1. Konten Yang Bermutu Dan Konsisten

 

Masalah utama bagi blogger pemula adalah menemukan konsistensi. Seringkali semangat hanya muncul di awal dan makin menurun seiring berjalannya waktu. Artikel yang diunggah juga akhirnya mengikuti pola ini.

Seringkali kita mampu mengunggah artikel yang berkualitas dan konsisten secara frekuensi di awal-awal pembuatan blog. Karena itu, kita perlu memantapkan tekad agar kita konsisten mengunggah artikel yang bekualitas.

Langkahnya selain niat tentu adalah manajemen pribadi. Kita dapat menarget diri kita untuk menulis satu artikel per hari. Jika memungkinkan, kita bisa memberi penghargaan dan hukuman bagi diri sendiri agar target ini tercapai.

Sedangkan untuk konten yang bermutu, maka tidak ada cara lain selain banyak membaca dan rutin menulis. Dengan membaca artikel berkualitas maka secara tidak langsung kita memahami susunan tulisan yang menarik dan tidak.

Banyak membaca juga memungkinkan kita untuk menghimpun banyak informasi yang tentunya memperkaya modal kita untuk menulis artikel sendiri. Dengan sering membaca tulisan artikel bermutu, kita juga secara sengaja atau tidak sengaja dapat mengadopsi karakter dan gaya penulisan yang nantinya membentuk karakter penulisan kita sendiri.

Namun kebiasaan membaca juga akan percuma jika kita tidak menuangkannya dalam bentuk tulisan. Menulis merupakan keahlian yang berkembang karena kebiasaan. Karena itu, kita bisa mengakali untuk senantiasa menulis artikel review dari setiap artikel yang kita baca.

Selain untuk membiasakan diri, artikel tersebut juga dapat kita jadikan bahan konten untuk blog yang kita miliki.

 

2. Konten Yang Menarik Dan Diminati

 

Seringkali blog berisi artikel dan konten yang tematik. Kita juga dapat membuat blog yang berisi tentang informasi dan konten sesuai tema tertentu. Tema yang kita pilih tentu harus yang kita sukai. Namun agar dibaca pengunjung, maka kita harus mengetahui tema populer di dunia maya.

Bagaimana mengetahuinya? Ada banyak cara, mulai dari yang simpel hingga yang memerlukan keahlian khusus. Anda dapat memanfaatkan mesin pencari di internet untuk melihat kecenderungan konten yang diminati hingga kata kunci apa yang sering digunakan pengguna di internet.

Untuk mendapatkan kata kunci ini, kita bahkan dapat menggunakan situs, baik gratis maupun berbayar. Tentu pilihan menggunakan situs berbayar harus diperhitungkan berdasarkan tujuan membuat blog. Jika sudah menemukan, maka kita bisa menyesuaikan konten kita dengan kata kunci yang digunakan tersebut.

 

3. Membentuk Blog Berkarakter

 

Ada sangat banyak blog di ruang siber, baik yang masih aktif maupun yang sudah terkubur. Namun hampir semua blog yang aktif dan laris memiliki karakter yang khas sehingga tetap mengundang pembaca untuk terus mengunjungi situs tersebut.

Karakter yang dibentuk oleh setiap blog seringkali tidak rumit, namun khas.

Memang susah untuk membentuk karakter blog. Anda dapat meniru karakter blog laris dari situs berbahasa asing kemudian menyesuaikan dengan bahasa Indonesia atau bahasa daerah. Mungkin juga untuk membentuk karakter blog berdasarkan karakter kontennya yang tematik.

Konten yang tematik dan khas tidak harus spesifik atau belum dibahas oleh orang lain, karena hal itu belum tentu mengundang banyak pengunjung. Misalnya blog yang mengkhususkan pada review film bisu, tentu jarang dikunjungi. Karena itu, penentuan karakter blog harus berdasarkan sesuatu yang sedang populer di pengguna internet di masa kini.

 

4. Mencoba SEO

 

Cara membuat blog agar banyak pengujung yang bisa dilakukan selanjutnya adalah SEO (Search Engine Optimization).

Definisi sederhananya, SEO atau optimalisasi mesin pencari adalah proses untuk meningkatkan keterlihatan sebuah situs atau blog di hasil pencarian mesin pencari. Proses ini merupakan cara teknis yang dapat meningkatkan pengunjung di situs atau blog.

Namun untuk menerapkannya tidaklah mudah dan membutuhkan keahlian khusus. Keahlian terkait SEO dapat Anda pelajari secara gratis atau berbayar di berbagai situs. Anda juga dapat menyewa instansi yang menyediakan jasa SEO dengan tarif tertentu. Tentu biaya untuk jasa ini sesuai dengan hasil yang ditunjukkan intansi tersebut.

Dengan adanya SEO yang baik maka blog yang dibuat akan bersaing dengan situs lain di halaman pertama mesin pencari di internet. Dengan ini, maka kemungkinan blog untuk dikunjungi akan semakin besar.

Untuk menyesuaikan dengan SEO, maka kita harus menyesuaikan konten di blog agar “SEO friendly”, alias mudah dioptimalkan. Contoh dari konten SEO friendly adalah frekuensi penggunaan kata kunci dan panjang artikel minimal.

Namun tetap kita harus menyesuaikan kebutuhan dan tujuan pembuatan blog sebelum mengeluarkan biaya untuk SEO, termasuk menyewa jasa profesional. Namun jika Anda tertantang dan ada waktu luang, tentu belajar SEO secara mandiri dapat memberikan berbagai kelebihan.

 

5. Blog Yang Interaktif

 

Seiring dengan perkembangan dunia internet, maka komunikasi yang terjalin tidak hanya searah. Sebuah blog tidak perlu kita posisikan semacam media cetak atau media elektronik yang sifat komunikasinya. Kita bisa memilih fitur di blog kita sehingga memungkinkan komunikasi yang interaktif.

Pengguna tidak hanya dapat membaca namun juga berkomentar secara interaktif. Fitur ini sebenarnya sudah jamak di berbagai blog, namun tetap perlu dicermati.

Selain hal tersebut, Anda juga dapat menyediakan berbagai bentuk konten di blog Anda. Anda tidak harus mengisi blog dengan artikel berbentuk tulisan. Anda dapat membuat berbagai konten menarik yang berbentuk audio seperti podcast atau audio visual dalam bentuk video amatir.

Dengan adanya kemudahan aplikasi editing audio dan visual di telepon pintar atau di internet, kita tentu dapat menghasilkan bentuk konten audio visual sederhana dengan mudah.

Itulah lima tips dasar cara membuat blog agar banyak pengunjung. Sekali lagi Anda perlu memutuskan tujuan dari pembuatan blog.

Jika kita membuat blog hanya untuk kepuasaan pribadi, tentu langkah-langkah yang memerlukan biaya tidak perlu dilakukan. Bisa juga Anda melakukan langkah-langkah tersebut dengan cara belajar terlebih dahulu karena semua informasi dan pelatihan langkah tersebut bisa kita dapatkan di internet.

Namun jika memang tujuan dari pembuatan blog adalah komersil, maka tidak ada salahnya untuk mencoba langkah yang berbayar dan berdampak positif secara langsung.

 

Cara Membuat Blog Agar Dibayar Google Dan Jadi Mesin Uang

 

Ada banyak sekali orang-orang yang sudah mempunyai blog di zaman sekarang ini, tapi tahukah Anda? Bahwa dari blog itu kita bisa meraup pendapatan yang banyak sehingga dengan hanya menulis artikel di blog Anda sudah dibayar.

Yang menjadi pertanyaannya setelah punya blog, kita dibayar oleh siapa ? Ya, jawabannya di bayar oleh Google.Laluadakahcara membuat blog agar dibayar Google?

Anda harus membuat blog agar dibayar Google, jelas itu menjadi syarat awal untuk bisa memperoleh pendapatan dari blog. Dengan Anda mempunyai blog yang berisikan konten-konten yang menarik, seperti blog pribadi, blog bisnis ataupun blog travel dan masih banyak contoh lainnya yang bisa dibahas di blog Anda nantinya.

 

Mengenal Google Adsense

 

Ada banyak sekali orang yang mungkin sudah paham dan tidak asing lagi dengan Google Adsense, namun bagi para pemula tentunya Google Adsense ini masih menjadi tanda tanya besar bagi mereka, Apakah itu Google Adsense?

Google Adsense adalah sebuah media periklanan milik Google yang bisa digunakan sebagai media untuk memfasilitasi para advertiser atau pemasang iklan di seluruh dunia yang ingin berpromosi dengan beriklan secara online bersama Google, Google akan mempromosikan iklan dari para advertiser yang sudah menjalin kerja sama dengan Google Adsense secara online.

Google akan mempromosikan iklan para advertiser di media online melalui produk Google, seperti blog, aplikasi android, dan media online lainnya sehingga iklan para advertiser akan lebih mudah dan cepat sampai pada target yang diharapkan.

 

Memulai Sebuah Blog

 

Bingung mulai dari mana? Sebagai permulaan cara membuat blog agar dibayar Google maka inilah yang harus dipahami, pertama Anda harus tahu konten yang akan dibuat seperti apa? Topik apa yang akan dibahas di blog Anda nantinya, setelah menemukan topik yang menarik dan sesuai dengan kemampuanmu untuk membahas topik tersebut di blog Anda.

Maka langkah selanjutnya Anda harus membuat blog terlebih dahulu, ada banyak platform blog yang tersedia, Anda bisa membuat blog dari platform blog seperti blogger ataupun WordPress. Namun WordPress merupakan salah satu platform yang populer saat ini untuk menjadi alat yang akan membantu Anda agar konten-konten atau karya Anda bisa berada di website.

Anda bisa menggunakan platform blog yang gratis seperti blogger, WordPress ataupun yang berbayar, masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri, namun karena Anda masih pemula yang mungkin saja tidak mempunyai banyak dana bila harus mengeluarkan modal dulu untuk membangun sebuah blog dan untuk membeli domain TLD (Top Level Domain).

Buatlah nama blog yang unik dan menarik, atau Anda juga bisa menyesuaikan nama blog yang sesuai dengan topik yang Anda bahas, dan pastinya nama blog Anda tidak terlalu panjang namun mudah diingat,mudah diketik dan Anda juga harus memastikan nama yang Anda gunakan untuk blog Anda belum digunakan oleh orang lain, perusahaan atau organisasi lain.

 

Desain Blog

 

Tahapan selanjutnya Anda harus desain tampilan blog Anda agar lebih enak dilihat karena apabila blog Anda sudah mempunyai tampilan yang bagus dan menarik, maka akan mengundang minat pengunjung sehingga mereka betah untuk terus mengikuti dan membaca informasi terbaru yang ada di blog Anda.

Untuk mendesain blog Anda, tidak perlu harus di desain berlebihan, cukup yang elegan dan minimalis sehingga terlihat simple namun menarik, Anda bisa memilih tema blog yang responsive, selain lebih ringan untuk blog Anda, dengan menggunakan tema blog yang responsive maka blog Anda bisa diakses dengan cepat.

Bila blog Anda sudah ringan dan temanya sudah responsive, potensi blog Anda diterima Google lebih cepat karena Anda sudah memenuhi salah satu syarat dari cara membuat blog agar dibayar Google.

 

Mencari Pengunjung Blog

 

Terdengar sulit sepertinya bagi pemula untuk bisa mendatangan pengunjung  blog dalam waktu singkat, semua butuh proses bukan sampai blog Anda bisa dikenal Google? Ya, Anda cukup update selalu blog Anda dengan sering memposting artikel sebanyak mungkin.

Dan usaha lainnya Anda bisa mencoba share artikel blog Anda ke sosial media agar banyak orang mengetahui blog Anda.

 

Buatlah Konten Yang Menarik

 

Buat konten yang menarik? Menarik seperti apakah yang dimaksud disini? Jika Anda memperhatikan bagaimana cara membuat blog agar dibayar Google, membuat konten yang menarik merupakan bagian yang sangat penting.

Karena apa? Bila konten yang Anda buat merupakan hasil copy paste dari blog orang lain, maka bisas dipastikan Google tidak bisa menerima blog Anda.

Buatlah karya sendiri, angkat topik yang Anda suka dan benar-benar Anda kuasai, lalu Anda publish di blog Anda, ada banyak topik menarik seperti olahraga, kesehatan, travel dan masih banyak lagi.

Apabila Anda kekurangan ide dalam membuat konten, Anda bisa mencoba membaca artikel di berbagai blog sehingga wawasan Anda bertambah dengan demikian imajinasi akan tumbuh sehingga Anda tahu harus membuat konten seperti apa.

 

Apa Hubungannya Google Adsense Dengan Blog?

 

Apakah Google Adsense dan blog ada hubungannya? Jelas sekali sangat berhubungan, karena apabila Anda ingin agar blog Anda dibayar oleh Google, maka setelah blog Anda sudah mempunyai pengunjung yang konsisten setiap harinya dan postingan di blog Anda juga sudah banyak. Maka Anda bisa coba mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense.

Mengapa harus daftar ke Google Adsense? Karena dengan mendaftar blog ke Google Adsense, blog Anda akan direview oleh Google apakah layak dan memenuhi syarat untuk bisa di pasang iklan dari Google.

Apabila blog Anda lulus setelah di review maka Google akan memberikan informasi ke email Anda sebagai pemberitahuan bahwa blog Anda diterima oleh Google.

Setelah blog Anda diterima Google, maka Anda sudah bisa memasang iklan Google ke dalam blog Anda, dan itu artinya blog Anda akan memperoleh pendapatan bahkan bisa menjadi mesing uang bagi Anda nantinya.

Demikianlah yang harus Anda pahami mengenai cara membuat blog agar dibayar Google, selanjutnya Anda harus terus update blog Anda dan apabila blog Anda sudah dipasang iklan dari Google. Anda cukup memposting artikel secukupnya saja dalam sehari, 2 atau 3 postingan saja.

Karena, apabila Anda memposting artikel dalam jumlah yang banyak maka Google akan mendeteksi sebagai spam. Dan ini bisa berdampak buruk bagi blog Anda.

 

Jadikan Blog Anda Sebagai Mesin Uang

 

Bila Anda ingin meraup lebih banyak penghasilan dari Google? Maka Anda harus membuat blog lebih banyak lagi, dan pastikan Anda bisa fokus ke satu blog dulu sebelumnya sehingga setelah blog Anda sudah mendapat pengunjung yang stabil, maka Anda bisa coba membangun blog lainnya dengan tema yang sama dengan tema blog Anda sebelumnya.

Sebagai catatan, semoga Anda sanggup membagi waktu untuk bisa mengurus blog-blog Anda, rutin memposting artikel dan memperhatikan trafik blog Anda selalu, dan terus asah kreativitas dan ide-ide Anda sehingga Anda jadi lebih tahu membuat konten yang disukai pembaca.

Baca Juga : (Blogger Indonesia Yang Sukses Menginspirasi)

Baiklah, untuk saat ini artikel cara membuat blog telah saya tuliskan dengan harapan dapat bermanfaat untuk Anda blogger pemula yang ingin eksis di dunia blogging.

Silahkan berkomentar pada kolom di bawah ini ya. Salam sukses!

15 thoughts on “Cara Membuat Blog

  1. wahh, artikel keren lengkap dan mudah di pahami. memang mantab kali guru seo 🙂

    di tunggu next artikel ya abngda

  2. aku masih kesusahan cari pengunjung blog, jadi agak susah dapat pembaca blog dari mesin pencari

  3. Terima kasih bang untuk tipsnya, sangat bermanfaat tentunya.

    Saya pun sedang mencoba ngeblog nih, semoga bisa memberikan manfaat dengan tulisan 🙂

  4. Wuih, panjang bener tulisannya bang. Cakep, selalu suka tulisan abang. Kalau boleh usul kasih tutorial gambar napa bang. Krn bagi yang awwam (awak dkk) akan sangat membantu untuk memahami teks yang dituliskan..
    🙂

  5. sudah saya baca bang artikelnya, ternyata blog gratisan juga masih keren ya dan bisa muncul di halaman pertama search engine. saya sudah coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *