Cara Membuat Google Form Yang Menarik

Cara membuat Google Form yang menarik berikut ini disajikan dengan sangat mudah agar Anda bisa membuat link pendaftaran dengan cepat. Bahkan di sini Anda hanya butuh waktu tidak lebih dari 5 menit, asalkan Anda ikuti langkah dan cara-cara membuat link pendaftaran di Google Form berikut.

 

Cara Membuat Link Pendaftaran di Google yang Mudah

 

Tidak hanya bagi pelajaran saja, tetapi karyawan sebuah perusahaan pastinya juga harus tahu cara membuat link pendaftaran, tujuannya tidak lain untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan.

Jika dulu untuk membuat link pendaftran ini hanya bisa dilakukan secara manual. Misalnya saja dengan membuat draf-nya terlebih dulu di PC, kemudian mencetaknya. Yang sebelum akhirnya berkeliling untuk temukan responden yang berkenan untuk Anda mintai jawabannya.

Metode yang demikian saat ini sudah ketinggalan zaman. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat link pendaftarannya dengan cara membuat Google Form.

 

Google Form

 

Google Form sendiri merupakan alat formulir yang memiliki fitur lengkap dan tersedia secara gratis, Anda bisa membuatnya dengan mudah lewat akun Google yang Anda miliki.

Melalui Google Form ini pula Anda bisa menambahkan jenis pertanyaan standar, fitur Drag & Drop sesuai urutan yang disukai, mengumpulkan tanggapan dalam formulir, menyesuaikan bentuk dengan tema atau warna foto, maupun menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet.

Apabila Anda memang belum tahu cara membuat link pendaftaran di Google, Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab melalui artikel berikut kami akan kasih Anda step by step-nya. Silakan ikuti langkah pembuatannya tanpa harus melewatkan satu step pun agar Anda berhasil membuat link pendaftaran sendiri.

Langkah Pertama

Sebagai langkah awal dalam membuat link pendaftaran di Google yang mudah adalah memastikan Anda sudah memiliki akun Google terlebih dulu, apalagi handphone yang Anda gunakan adalah Android. Jika belum, maka Anda perlu membuat akun Google seperti biasa.

Langkah Kedua

Apabila Anda sudah berhasil membuat akun Google Anda, maka langkah selanjutnya adalah menuju link berikut, docs.google.com. Melalui situs tersebut Anda nanti bisa langsung memilih template formulir yang ingin digunakan. Pastikan Anda sudah memilih template formulir yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Apabila Anda memang ingin membuat link pendaftaran dari Google Drive, maka Anda bisa langsung memilih dan menekan menu New. Menu tersebut bisa Anda temukan di sudut kiri atas. Jika sudah, lanjutkan dengan mengeklik menu More dan pilihlah opsi Google Form.

Misalnya saja Anda butuh data survei-mu untuk spreadsheet yang Anda miliki di Google Sheet, maka Anda bisa membuatnya dengan mudah. Caranya adalah dengan mengklik menu atau opsi Insert, lalu pilihlah opsi Form.

Langkah Ketiga

 

Memasuki langkah ketiga ini Anda harus membuat sebuah Form yang baik dan benar. Perlu untuk diketahui bahwa Google Form pada dasarnya memiliki banyak sekali variasi pilihan pertanyan yang bisa dipilih, juga disesuaikan dengan jenis data yang Anda butuhkan dalam pembuatan link pendaftaran secara online.

Adapun jenis pertanyaan yang bisa Anda berikan pada respondenmu diantaranya jawaban singkat, pilihan ganda, paragraf, atau kotak centang. Tentu saja istilah yang ada di dalamnya juga bisa berubah menjadi bahasa Inggris, sebab menyesuaikan dengn pengaturan Google Anda. Selain itu, Anda juga bisa buat respondenmu mendownload atau mengunggah file, seperti dokumen atau foto.

Tidak hanya itu saja Anda bahkan bisa menambahkan gambar maupun video yang sifatnya umum. Apabila Anda sudah selesai menyusun beberapa pertanyaan, Anda hanya perlu menekan tombol Kirim yang ada di sudut paling atas. Kemudian bagikan link pendaftaran Google Form Anda kepada responden, jangan lupa juga untuk centang Perpendek Url, tujuannya agar Anda bisa mendapatkan link yang lebih singkat sehingga lebih mudah juga untuk diingat.

Langkah Keempat

 

Pada langkah terakhir ini setelah Anda selesai membagikan link pendaftaran Google Form-mu, tentu saja Anda juga ingin melihat hasil survei yang sudah Anda lakukan. Anda bisa melihatnya di bagian Tanggapan yang ada di samping Pertanyaan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba melihat versi spreadsheet-nya, caranya mudah sekali yakni dengan melakukan klik pada ikon berwarna merah yang ada di pojok kanan atas.

Serba-Serbi Seputar Google Form

 

Meskipun terbilang mudah, tapi pada kenyataannya cara membuat link pendaftaran di Google secara online ini tidak banyak orang yang tahu. Bahkan beberapa dari mereka ada yang masih kebingungan harus membuat link pendaftaran online dengan aplikasi maupun software apa. Tak perlu khawatir, sebab Google Form bisa menjadi solusi terbaiknya.

Cara membuat link pendaftaran di Google Form ini ternyata sangat mudah dan sederhana sekali, sebab yang Anda butuhkan di sini hanya PC, komputer, atau laptop dan pastikan jaringan internet, baik WiFi atau pun kuota internet. Ada baiknya sebelum Anda mencoba cara membuat link pendaftaran di Google tersebut, Anda ketahui terlebih dulu mengenai serba – serbi seputar Google Form, lengkap dengan kegunaannya. Dengan begitu ke depannya Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut dengan baik dan semaksimal mungkin.

 

Apa Itu Google Form

 

Jika berbicara mengenai Google Form, sudahkah Anda tahu apa itu Google Form? Sudah sejak dulu hingga sekarang Google pada dasarnya sudah banyak sekali membantu kita lewat produk – produk yang ditawarkannya. Anda bahkan bisa mengakses semua produk buatan Google tersebut secara gratis kapan pun dan di mana pun Anda mau, salah satu produk Google yang saat ini lagi kita bahas adalah Google Form.

Sesuai namanya, Google Form merupakan produk Google yang dibuat secara khusus untuk menyediakan layanan pembuatan link pendaftaran secara online. Namun demikian, untuk bisa mengakses atau menggunakan layanan yang ditawarkan, Anda harus lebih dulu memiliki akun Gmail. Penggunanya pun juga sudah terintegrasi dengan aplikasi lain, seperti Google Docs atau pun Google Drive.

Jadi nanti Anda bisa membuka Google Form tersebut di mana saja, bahkan dari smartphone yang Anda miliki lewat aplikasi Google Drive. Anda bahkan bisa memanfaatkan layanan pembuatan link pndaftaran online dari Google Form ini untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan penelitian, penyebaran formulir pendaftaran, survey, dan lain sebagainya.

Layanan Google Form pastinya bisa diakses secara gratis, bahkan dengan layanan tersebut membuat Anda tidak perlu lagi repot – repot mencetak banyak kertas, jadi ramah lingkungan juga.

 

Kegunaan Google Form

 

Adapun contoh kegunaan Google Form sendiri diantaranya sebagai berikut.

  • Membuat link pendaftaran untuk pengumpulan data – data penelitian
  • Membuat link kuis atau ulangan online
  • Membuat link pendaftaran untuk pendataan warga
  • Membuat link survey performa karyawan
  • Formulir registrasi yang lainnya

Dengan memanfaatkan Google Form Anda bahkan tak perlu khawatir lagi akan kehilangan data-data penting Anda. Sebab, Google Form akan menyimpan semua data Anda dengan aman di server milik Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *