Cara Membuat Kata Pengantar (Lengkap dari A sampai Z)

Cara Membuat Kata Pengantar

Kata pengantar memiliki fungsi yang penting di dalam suatu karya tulis. Meskipun, banyak orang yang belum paham bagaimana cara membuat kata pengantar tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini akan diulas mengenai cara membuat kata pengantar yang baik dan benar.

Anda harus memahami terlebih dahulu makna, jenis-jenis serta apa saja fungsi dari kata pengantar. Selain itu, mempelajari tentang komponen yang harus Anda tulis di dalam kata pengantar juga sangat penting.

Apa Itu Kata Pengantar?

Kata pengantar merupakan halaman di dalam suatu karya tulis yang memuat ucapan-ucapan penulis atas keberhasilannya dalam menyelesaikan karya tersebut. Ucapan tersebut meliputi ucapan rasa syukur kepada Tuhan dan ucapan rasa terima kasih.

Selain itu, juga berisi tujuan, manfaat, serta kritik dan saran. Berikut ini merupakan pengertian kata pengantar menurut pendapat beberapa ahli:

Lexico

Kata pengantar merupakan pengantar dari buku yang menunjukkan subjek, ruang lingkup maupun tujuannya.

Dictionary

Kata pengantar merupakan pernyataan pendahuluan yang terdapat di dalam buku. Kata pengantar tersebut ditulis oleh penulis atau editor yang memaparkan tentang tujuan, ruang lingkup dan pernyataan atas bantuan orang lain di dalam penyusunan buku.

Cambridge Dictionary

Kata pengantar merupakan pengantar di awal buku yang berisi tentang tujuan, ucapan terima kasih kepada orang-orang yang berkontribusi dalam penyusunan buku dan lain-lain.

Apa Saja Isi Dari Kata Pengantar?

Pembukaan

Cara membuat kata pengantar dapat Anda awali dengan kalimat pembuka. Pembukaan berisi ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena karya tulis yang Anda buat telah berhasil diselesaikan. Anda bisa menuliskanya sebanyak satu hingga dua paragraf saja.

Langkah selanjutnya adalah Anda tuliskan ucapan rasa terima kasih yang ditujukan kepada orang-orang yang telah berkontribusi di dalam penyusunan karya tulis. Anda dapat menuliskan dari orang yang paling berpengaruh terhadap karya yang dibuat.

Isi

Isi menjadi bagian yang penting saat Anda membuat kata pengantar sehingga tidak boleh terlewatkan. Pada bagian isi, Anda bisa memulai dengan menyebutkan judul lalu menjelaskan gambaran umum mengenai karya tulis yang dibuat.

Anda dianjurkan untuk membuat bagian isi ini secara singkat, jelas, padat dan menarik. Tujuannya adalah agar membuat pembaca penasaran sehingga tertarik untuk membaca karya tulis Anda hingga akhir.

Penutup

Bagian penutup kata pengantar berisi ungkapan permintaan maaf dan harapan dari penulis. Permohonan maaf perlu ditulis karena penulis adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Anda juga bisa meminta kritik dan saran demi perbaikan karya tulis Anda.

Suatu hari, apabila pembaca menemukan adanya kesalahan pada karya tulis yang dibuat maka Anda telah meminta maaf atas kesalahan tersebut. Setelah itu, Anda bisa mengungkapkan harapan kedepan mengenai karya tulis.

Contoh: Penulis menyadari bahwa karya tulis masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis ingin meminta maaf jika masih banyak dijumpai kesalahan.

Penulis berharap bahwa karya tulis ini dapat bermanfaat dan menginspirasi pembaca untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Penulis juga memohon kritik dan saran dari pembaca.

Anda bisa menuliskan tempat dan tanggal di mana karya tulis dibuat di akhir kata pengantar. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan nama penulis atau tim yang menyusun karya tulis. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut:

Magelang, 3 Juni 2020

Hafiz Al Huda

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar memiliki fungsi mengajak pembaca untuk terus membaca sampai akhir. Selain berisi tentang ucapan rasa syukur, di dalam kata pengantar juga mengandung ucapan terima kasih dan gambaran umum tentang karya yang Anda buat.

Apabila kata pengantar yang Anda buat menarik maka dapat merangsang pembaca untuk penasaran dengan isi karya tulis Anda. Kata pengantar juga dapat menunjang kredibilitas dan profesionalitas karya tulis yang telah berhasil Anda selesaikan.

Kata pengantar dibuat sebagai wujud rasa hormat seorang penulis kepada pembaca. Oleh karena itu, cara membuat kata pengantar yang baik adalah dengan menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami oleh pembaca.

Kata pengantar dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memperkenalkan hasil karya nonfiksi. Contohnya adalah buku, tesis, disertasi, karya tulis ilmiah dan lain-lain. Selain itu, sebagai sarana untuk memperkenalkan latar belakang dan membangun kredibilitas Anda.

Jenis Kata Pengantar

Ada dua cara membuat kata pengantar yang dapat Anda praktekkan. Kata pengantar dapat ditulis oleh Anda sendiri (preface) dan bisa juga ditulis oleh orang lain (freword). Berikut ini merupakan perbedaan diantara kedua jenis kata pengantar tersebut:

Preface

Preface merupakan jenis kata pengantar yang ditulis oleh Anda sendiri sebagai penulis karya tulis. Cara membuat kata pengantar jenis ini bisa dikatakan cukup mudah, karena mewakili diri sendiri.

Kata pengantar di sini digunakan sebagai sarana untuk memberi tahu pembaca bagaimana penulis menyusun karya tulis beserta alasannya.

Bagian ini disusun guna menciptakan kredibilitas baik untuk penulis maupun buku. Anda juga harus menunjukkan kepada pembaca bahwa buku atau karya tulis yang dibuat layak untuk dibaca.

Freword

Freword merupakan jenis kata pengantar yang bukan ditulis oleh penulis sendiri namun ditulis oleh seorang tokoh terkenal dan yang dihormati. Penulis freword biasanya mempunyai pengalaman yang cocok dengan topik yang diangkat pada buku atau karya tulis.

Kata pengantar dibuat dengan tujuan untuk mengenalkan penulis dan hasil karyanya kepada pembaca. Selain itu, untuk membangun integritas diantara keduanya.

Lebih Dulu Kata Pengantar Atau Daftar Isi?

Anda dapat melihat urutan penulisan kata pengantar dan daftar isi yang benar di dalam sistematika penulisan karya tulis. Kata pengantar ditulis di halaman sebelum daftar isi.

Alasannya adalah Anda bisa melihat dari segi tujuan dibuatnya kata pengantar. Kata pengantar dibuat sebagai pengantar bagi pembaca sebelum membaca lebih dalam mengenai isi suatu karya tulis.

Kata pengantar juga berisi mengenai ungkapan rasa syukur, terima kasih dan permohonan maaf. Penulis juga menuangkan berbagai macam harapan di dalam kata pengantar.

Daftar isi dibuat agar pembaca lebih mudah untuk mencari halaman dari setiap pembahasan yang ada di dalam suatu karya tulis. Dengan demikian, sebelum daftar isi perlu adanya kata pengantar yang memberikan penjelasan umum tentang suatu karya tulis secara singkat.

Contoh Cara Membuat Kata Pengantar

Laporan PKL

Kata Pengantar

Puji Syukur kehadirat Allah SWT atas hidayah-Nya sehingga penulis bisa menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT Maju Lancar Abadi dengan lancar. Laporan ini disusun guna memenuhi salah satu syarat mendapatkan gelar Sarjana di Universitas Negeri Jakarta.

Laporan ini berhasil diselesaikan atas bantuan dari berbagai pihak. Penulis menghaturkan ucapan terima kasih kepada:

1. Ibu Mulyatin Oktaviani, S.Si., M.Si., selaku dosen pembimbing.
2. Ibu Prita Mulia Sari, M.Sc., selaku pembimbing di lapangan.
3. Salsabila Nur Hazmi, selaku partner PKL.
4. Orang tua yang selalu memotivasi dan mendoakan penulis.
5. Teman-teman dan semua orang yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.

Penulis ingin meminta maaf apabila dalam penyusunan laporan PKL ini masih banyak kekurangan. Diharapkan laporan PKL ini dapat memperkaya wawasan dan pengalaman pembaca.

Jakarta, 10 Mei 2020

Penulis

Laporan Praktikum

Kata Pengantar

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat serta kasih sayang-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan praktikum tentang protein dengan tepat waktu.

Laporan praktikum ini disusun untuk memenuhi mata kuliah Biokimia Dasar. Penulis menghaturkan ucapan terima kasih kepada:

1. Bapak Suharno, M.Sc., selaku dosen mata kuliah praktikum Biokimia Dasar.
2. Azizah Nur Rahma, selaku asisten praktikum mata kuliah Biokimia Dasar.
3. Teman-teman yang selalu membantu selama praktikum.
4. Orang tua yang memberikan motivasi, doa dan dukungan kepada penulis.

Penulis sadar bahwa laporan praktikum ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, penulis ingin meminta maaf dan meminta kritik serta saran untuk perbaikan laporan ini. Semoga laporan praktikum ini dapat memperkaya referensi pembaca.

Yogyakarta, 23 Mei 2020

Penulis

Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga penulis dapat menulis makalah tentang “Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.” Makalah ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian mata kuliah Fisiologi Tumbuhan.

Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Muhammad Ridwan selaku dosen pengampu mata kuliah Fisiologi Tumbuhan yang selalu memberikan arahan dan bimbingan. Tidak lupa teman-teman dan semua pihak yang berkontribusi dalam penyusunan makalah ini.

Penulis memohon maaf jika dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan. Oleh karena itu, penulis meminta kritik dan saran dari pembaca guna memperbaiki makalah.

Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat untuk memahami perbedaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Selain itu, pembaca diharapkan dapat mengetahui ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Magelang, 25 Mei 2020

Penulis

Kata Pengantar Buku

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan karunian-Nya penulis bisa selesai membuat buku ini dengan lancar tanpa hambatan suatu apa pun.

Buku dengan judul “Panduan Cara Belajar Menghitung dengan Cepat” ini disusun untuk membantu siswa sekolah dasar dalam belajar menghitung. Adanya buku ini diharapkan para siswa lebih mudah dalam menguasai ilmu matematika.

Penulis ingin memberikan apresiasi kepada seluruh tim penyusun buku matematika yang telah bekerja keras demi terwujudnya buku ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.

Ilmu matematika sangat penting untuk dikuasai sejak dini karena banyak diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah dalam hal jual beli barang di pasar.

Semoga kehadiran buku ini bisa membantu orang tua dalam mengajari anaknya belajar matematika. Penulis meminta maaf jika masih banyak dijumpai kesalahan di dalam buku ini. Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran untuk memperbaiki kualitas buku ini.

Yogyakarta, 26 Mei 2020

Tim Penyusun

Laporan Skripsi

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang telah diberikan sehingga laporan skripsi ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Laporan skripsi ini dibuat untuk memenuhi syarat menjadi sarjana. Penulis menghaturkan ucapan terima kasih kepada:

1. Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, M.Si., Akt., Ph.D., yang bertindak sebagai Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
2. Dr. Suharnomo, SE., M.Si., selaku dosen pembimbing skripsi.
3. Orang tua yang selalu mendukung, memberikan motivasi dan membantu secara finansial.
4. Teman-teman seperjuangan dan pihak-pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
5. Seluruh warga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Penulis memohon maaf apabila di dalam laporan ini masih dijumpai banyak kesalahan. Penulis juga mengharapkan kritik dan saran guna perbaikan laporan skripsi ini. Semoga laporan penelitian skripsi ini bisa menjadi sumber referensi penelitian berikutnya.

Semarang, 29 Mei 2020

Penulis

Proposal Tesis

Kata Pengantar

Puji syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan sehingga penulis bisa menyusun proposal penelitian tesis berjudul “Pengaruh Pemberian Kombinasi Pupuk Terhadap Produktivitas Berbagai Jenis Tanaman Padi” hingga selesai.

Proposal penelitian tesis ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar master. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dr. Sumiyati Suharni, M.Sc. dan Dr. Puji Rahayu, M.Sc. selaku dosen pembimbing.

Penulis juga menghaturkan ucapan terima kasih kepada orang tua tercinta. Tidak lupa teman-teman dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Penulis menyadari proposal penelitian ini tidak luput dari kesalahan. Oleh karena itu, penulis ingin meminta maaf dan memohon kritik serta saran yang sifatnya membangun. Semoga proposal penelitian ini bisa digunakan sebagai pedoman pelaksanaan penelitian.

Yogyakarta, 1 Juni 2020

Penulis

Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Puji syukur selalu dipanjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan inayah-Nya penulis berhasil membuat karya ilmiah berjudul “Daur Ulang Botol Plastik Bekas Menjadi Barang Bernilai Ekonomis Tinggi.”

Penulis menghaturkan ucapan terima kasih kepada Ibu Sunarni, S.Pd. selaku guru pembimbing ekstrakurikuler KIR. Tidak lupa teman-teman yang telah berpartisipasi dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Limbah botol plastik jika diolah menggunakan sentuhan seni dapat menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar sampah plastik dapat diminimalisir.

Penulis sadar bahwa masih banyak terdapat kekurangan di dalam penulisan karya ilmiah ini. Oleh karena itu, penulis ingin meminta kritik dan saran yang membangun. Semoga kehadiran karya ilmiah ini menginspirasi pembaca untuk memanfaatkan barang bekas.

Magelang, 2 Juni 2020

Penulis

Makalah Agama

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa kesehatan sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah agama berjudul “Arti Penting Mengenalkan Pendidikan Agama Islam Sejak Dini.”

Penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam penyusunan makalah. Makalah ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi para orang tua dalam mendidik anak.

Penulis memohon maaf apabila di dalam makalah masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis ingin meminta kritik dan saran demi memperbaiki makalah. Harapannya, makalah ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi para orang tua.

Surabaya, 3 Juni 2020

Penulis

Kesimpulan

Dengan informasi yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa kata pengantar dibuat dengan tujuan mengarahkan pembaca untuk memahami karya tulis yang Anda buat. Oleh karena itu, wajib ada kata pengantar di dalam suatu karya tulis.

Anda bisa mengetahui cara membuat kata pengantar yang baik dan benar dengan mempelajari isi dari kata pengantar. Selain itu, Anda harus memahami juga jenis kata pengantar yang ingin dituangkan di dalam karya tulis.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133