7 Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Facebook tidak hanya media sosial yang digunakan untuk sebatas hiburan saja. Ada banyak cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa Anda coba terapkan. Sehingga lebih bermanfaat dan mendatangkan keuntungan yang memuaskan.

Ditengah kemajuan teknologi saat ini semua kegiatan dapat dilakukan secara online. Bahkan mayoritas orang lebih memilih transaksi secara online dengan memanfaatkan social media. Termasuk juga sebagai media marketing yang paling efektif dan efesien adalah dengan cara online.

Network Marketing

Saat ini sudah memasuki era millenial sehingga segala sesuatu dilakukan secara digital. Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi jika Anda sudah memiliki banyak teman dan relasi dari akun Facebook Anda.

Anda bisa membuka network marketing paling sederhana yaitu dengan membuka online shop. Mendapatkan uang dengan marketing ini sangat mudah dan banyak diminati oleh semua orang. Terutama untuk melakukan marketing yang lebih mudah dan cepat.

Anda bisa menggunakan akun Facebook dan memposting produk yang ditawarkan dengan berbagai caption dan foto yang menarik. Atau Anda bisa membuat fanspage online shop dengan nama Halaman yang menarik dan keren.

Agar marketing Anda bisa cepat dan diterima oleh banyak pengguna, Anda bisa memakai fanpage dan menambahkan iklan dari Facebook Ads. Baik itu memproduksi barang sendiri atau menjadi dropshipper dan menjual barang orang lain.

Fanpage dengan Niche dan Monetisasi

Monetisasi merupakan kegiatan mengelola akun dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang suka memposting sesuatu yang menarik. Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan postingan tersebut jika banyak disukai oleh pengguna lain.

Cara mendapatkan uang dari Facebook dengan Monetisasi bisa dimulai dengan memilih tema khusus yang menarik dan Anda kuasai. Setelah itu update konten menarik secara rutin hingga banyak disukai dan dikenal oleh orang lain. Agar lebih menguntungkan, Anda bisa menggunakan Facebook Ada untuk memasukan iklan.

Setelah fanpage Anda sudah dikenal banyak orang, Anda bisa menerima iklan atau membuka endorse untuk brand tertentu. Cara ini lebih mudah dan praktis karena tanpa perlu membuat website. Anda perlu mengelola fanpage tersebut dengan baik dan membuat postingan secara berkala.

Bahkan saat ini, Facebook sudah didukung dengan berbagai fitur tambahan yang canggih. Salah satunya fitur untuk live streaming untuk memberikan endorse yang lebih menarik. Serta menggunakan video commersial dengan animas yang keren untuk menarik perhatian calon pembeli.

Buzzer Politik

Bagi Anda yang suka dunia politik, Anda bisa mencoba terjun menjadi Buzzer Politik. Perlu diketahui bahwa menjadi Buzzer Politik adalah sesuatu yang dilarang karena kegiatan ini bernilai positif jika dimanfaatkan dengan baik oleh penggunanya.

Jika Anda mempunyai pengaruh dan banyak relasi serta teman yang terhubung dengan facebook, Anda bisa membuat kampanye melalui Facebook. Karen media sosial menjadi sarana paling tepat untuk kampanye online apalagi yang mempunyai relasi cukup banyak.

Cara mendapatkan uang dengan menjadi Buzzer Politik ini sangat mudah dan fleksibel. Cukup dengan membagikan kampanye yang baik dan real untuk mendukung pihak tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pihak penyelenggara kampanye.

Pastikan semua konten kampanye yang dibagikan adalah fakta. Agar Anda tidak mendapatkan masalah yang terhubungan dengan politik. Serta akun Facebook Anda tetap aman bahkan dikenal oleh banyak pihak.

Menjadi Influencer

Menjadi seorang influencer tidak hanya berlaku untuk akun Instagram atau Youtube saja. Anda bisa memanfaatkan akun Facebook untuk menjadi terkenal dan populer. Serta mendapatkan keuntungan yang memuaskan hanya dengan akun Facebook Anda.

Cara mendapatkan uang dari Facebook dengan menjadi influencer membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Karena Anda harus bisa diterima oleh pengguna Facebook lain dengan konten yang kreatif dan menarik. Konten tersebut harus terus diperbarui sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara real.

Konten yang kreatif dan menarik akan menarik perhatian para pengguna Facebook. Sehingga banyak orang yang penasaran dan mengikuti akun Facebook Anda. Sudah banyak orang yang terkenal dan menjadi influencer di Facebook dengan konten yang menarik dan unik.

Anda bisa memulainya dengan menentukan tema atau konsep yang sedang ngetren saat ini. Pastikan konsep tersebut tidak bertentangan dengan fakta dan norma yang ada. Setelah itu, Anda bisa mulai mengupload konten menarik dengan berbagai caption yang unik dan disukai oleh semua orang.

Fanpage untuk Menarik Trafik Website

Jika Anda mempunyai website, Anda bisa menaikan trafik website dengan membuat fanpage di Facebook. Cara mendapatkan uang dari Facebook ini sangat mudah dengan mempromosikan website Anda dengan postingan yang menarik. Sehingga membuat orang lain penasaran dan mengunjungi website Anda.

Jika fanpage tersebut sudah banyak pengikutnya, Anda bisa mempromosikan website dengan rutin membagikan konten terbaru pada website Anda. Orang yang membaca postingan tersebut pasti akan tertarik dan mengunjungi website tersebut.

Semakin banyak orang yang tertarik, semakin banyak pula pengunjung website. Sehingga trafik website Anda akan naik dan bisa mendapatkan keuntungan dari website tersebut. Anda tidak perlu promosi lagi cukup dengan memanfaatkan fanpage saja.

Agar pengunjung fanpage menyukai postingan Anda, pastikan selalu aktif menjawab komentar yang masuk. Dengan balasan tersebut pengunjung akan merasa senang dan sering mendarat di postingan Anda. Serta dapat menarik perhatian pengunjung lain untuk meramaikn fanpage Anda.

Anda bisa membuat website komersil untuk menjual produk. Setelah pengunjung mengetahui produk tersebut dari fanpage, mereka akan mengunjungi website dan bisa membeli produk yang disediakan. Sehingga dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan uang dari website tersebut.

Agar tidak mengecewakan pengunjung, pastikan konten atau produk yang disediakan menarik dan berkualitas. Karena jika produk tersebut bagus dapat meningkatkan penjualan produk tersebut. Sehingga trafik website semakin meningkat dan produkpun semakin laris.

Membuat Grup Facebook

Selain fanpage, Facebook juga menyediakan fitur lain yang bisa mendatangkan keuntungan yaitu Grup. Grup Facebook bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk berjualan atau komersil. Atau sebagai komunikasi online untuk bertransaksi dan berdiskusi.

Anda bisa membuat grup komersil dan berinteraksi dengan para anggota grup. Dengan keaktifan Anda tersebut dapat membuat anggota nyaman dan senang. Sehingga mereka betah dan percaya dengan topik atau konten yang dibicarakan dalam grup tersebut.

Agar grup tetep berkualitas, pastikan Anda menyaring pertanyaan atau konten yang masuk. Jika ada yang melenceng dari pembahasan atau topik, Anda bisa mengeluarkan anggota tersebut dengan sopan. Sehingga tidak meresahkan anggota lain dan membuat grup lebih disiplin dan terpercaya.

Anda bisa menawarkan produk atau jasa kepada para anggota sesuai kebutuhan mereka. Atau Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan membuka marketing dari pihak lain untuk dipromosikan produknya dala grup Anda.

Membuat Facebook Ads

Jika Anda mempunyai modal, Anda bisa membuat Facebook Ads. Facebook Ads merupakan endorse atau iklan yang digunakan dalam Facebook untuk para pengguna Facebook. Anda bisa memasang iklan dengan modal hanya Rp. 10.000 saja untuk mengenalkan produk Anda ke pengguna lain.

Cara mendapatkan uang dari Facebook Ads ini dimulai dari menentukan target iklan yang tepat dan spesifik. Selanjutnya menentukan remarketing yang tepat serta mengumpulkan leads. Dari situ Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari modal Anda.

Banyak orang yang berhasil memanfaatkan Facebook Ads sebagai sarana bisnis. Dengan modal yang dikeluarkan, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga beberapa kali lipat dari modal tersebut.

Demikian artikel mengenai cara mendapatkan uang dari Facebook, semoga bermanfaat ya

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133