24 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Cara mendapatkan uang dari youtube sepertinya mudah ya, jika melihat para youtuber yang sekali posting dapat jutaan views. Kok bisa?

Ya. Memang benar mudah, jika Anda mengikuti strategi algoritma youtube dan konsisten dalam mengunggah video pada channel.

Dari mulai membuat channel Youtube, melakukan monetisasi dan optimasi, dan tips-tips lainnya tentu saja harus dilakukan dengan benar.

Bahkan, seorang pemula pun bisa dengan mudah mendapatkan uang dari youtube.

Berikut panduannya:

Membuat Channel Youtube

Cara mendapatkan uang dari Youtube yang pertama adalah membuat channel Youtube terlebih dahulu. Channel berfungsi sebagai tempat penyimpanan video yang akan diunggah.

Selengkapnya : Jangan Sembarangan Buat Channel di Youtube, Ini Cara Benarnya

Pilih Jenis Konten yang Cocok dengan Anda

Channel kini telah selesai dibuat.

Selanjutnya, tentukan tema yang akan Anda usung dalam membuat video.

Umumnya, para Youtuber memilih tema atau niche yang sesuai dengan passion atau hobi.

Jenis konten Youtube dikelompokkan ke dalam 6 jenis, yaitu:

Edukasi

Konten yang termasuk dalam kategori edukasi antara lain penjelasan materi serta soal dan cara menyelesaikannya. Tutorial desain grafis juga dapat dikategorikan dalam rumpun edukasi. Channel edukasi banyak dicari oleh murid sekolah atau mahasiswa sebagai sarana belajar alternatif

Kecantikan

Channel bertema kecantikan sangat diminati oleh wanita di Indonesia dan dunia internasional. Jika Anda suka memakai make up, cobalah untuk membuat video tutorialnya. Anda juga bisa membuat video review produk-produk kecantikan.

Kuliner

Tema kuliner umumnya mencakup dua hal yaitu memasak dan review makanan. Beberapa Youtuber juga membuat video makan besar atau mukbang dengan ASMR.

Teknologi

Channel bertema teknologi juga sangat digemari, terutama oleh anak-anak muda. Saat ini, perkembangan smartphone dan gadget sangat pesat. Oleh sebab itu, banyak bermunculan channel yang khusus mereview gadget.

Game

Gaming merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Beberapa Youtuber terkenal membuat channel gaming karena hobi.

Contohnya PewDiePie yang dinobatkan sebagai Youtuber gaming nomor satu di dunia. Apakah Anda juga berminat mengikuti jejak kesuksesan channel PewDiePie?

Baca : Awal Mula Jadi Youtuber, Banyak Subscriber Dan Kaya

Hiburan

Contoh tema terakhir yang banyak digemari penonton Youtube yaitu hiburan atau entertainment. Video blog, podcast, cover lagu, dan web series termasuk ke dalam kategori hiburan.

Pilihlah salah satu tema yang Anda sukai. Melakukan hal yang disukai akan sangat menyenangkan, bukan?

Riset Keyword

Tema atau niche channel sudah didapatkan, sekarang saatnya Anda melakukan riset keyword. Tujuan melakukan riset adalah mengetahui apa saja yang banyak dicari oleh pengguna internet. Di internet banyak sekali pilihan tools untuk riset keyword. Salah satunya Google Trends.

Google Trends menampilkan data kata-kata kunci yang sedang menjadi trending di platform Youtube. Ada juga grafik yang menunjukkan jumlah pencarian berdasarkan urutan waktu.

Jadi, Anda akan dengan mudah memprediksi konten seperti apa yang sedang dicari oleh netizen.

Anda juga bisa memanfaatkan kolom pencarian yang dimiliki oleh Youtube. Ketik kata kunci yang sifatnya umum, Youtube akan memberikan saran secara otomatis. Saran ini muncul berdasarkan frekuensi pencarian yang dilakukan oleh pengguna.

Membuat Video yang Menarik dengan Durasi yang Panjang

Kata kunci menjadi dasar dalam pembuatan video. Anda harus menyusun konsep video secara kasar lalu mengubahkan ke dalam bentuk skrip. Tanpa adanya naskah atau skrip, Anda akan lebih banyak melakukan improvisasi selama pembuatan video. Hal ini dinilai kurang efektif.

Buatlah konsep video yang menarik dan durasinya panjang. Pemirsa Youtube lebih menyukai video yang menarik dibandingkan video yang bermanfaat. Kemas konsep menarik yang sudah Anda buat dalam video yang berdurasi sekurang-kurangnya 10 menit.

Mengapa harus 10 menit? Beberapa pakar di Youtube menyebutkan bahwa video yang kurang dari 10 menit akan sulit mendapatkan jatah iklan. Sebaiknya Anda membuat video yang durasinya lebih dari 10 menit untuk “cari aman.”

Optimasi Judul dan Deskripsi

Pernahkah Anda mendengar tentang SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Mesin pencari memiliki algoritma tersendiri untuk menampilkan hasil pencarian yang diminta oleh pengguna.

SEO berperan besar dalam algoritma ini. Anda bisa membuat video dan channel Anda tampil pada laman hasil pencarian dengan menerapkan SEO. Upaya optimasi dapat dilakukan pada judul dan deskripsi.

Buat judul yang menarik dan mengandung kata kunci. Sisipkan kata-kata yang membuat orang mengeklik video Anda saat melihatnya di halaman hasil pencarian. Tidak hanya judul, deskripsi video juga sama pentingnya dengan judul.

Tuliskan hal-hal yang menjadi poin utama video di dalam deskripsi. Idealnya, deskripsi video berisi 250 kata, dan 25 kata pertama menjadi kalimat yang paling penting. Jangan lupa untuk menuliskan kata kunci di dalamnya. Setidaknya kata kunci diulang 2 hingga 3 kali.

Baca : Teknik SEO Yang Diterapkan di YouTube Jadi Trending

Manfaatkan Tag

WordPress memperkenalkan tag untuk menandai dan mengelompokkan artikel berdasarkan tema tertentu.

Ternyata, Youtube juga menerapkan hal yang serupa. Tag yang ada di Youtube memiliki fungsi yang sama seperti di WordPress.

Keberadaan tag membuat mesin pencari lebih mudah memahami konteks video Anda. Begitu pula dengan pembaca. Sebaiknya Anda memanfaatkan tag untuk menaikkan jumlah jangkauan dan penonton video.

Tag dapat ditambahkan sebelum Anda mengunggah video. Tepatnya pada jendela detail video.

Beberapa kata yang wajib dicantumkan dalam tag antara lain kata kunci, kata kunci tambahan, dan kata kunci lain yang masih berkaitan dengan isi video.

Membuat Call to Action di Video

Penonton video Anda dapat berinteraksi secara tidak langsung melalui tombol suka atau tidak suka dan kolom komentar. Tindakan aktif para penonton dapat membawa pengaruh yang positif bagi video dan channel.

Semakin banyak orang bereaksi, Youtube menilai bahwa konten Anda menarik dan layak ditonton oleh banyak orang.

Tak heran jika banyak Youtuber yang mengajak pemirsanya untuk menyukai videonya, menuliskan komentar, atau mengeklik link yang ada di kolom deskripsi.

Ajakan ini disebut dengan call to action. Pemilik video meminta penontonnya untuk melakukan aksi yang menguntungkan.

Memahami Faktor Penentu Rangking Youtube

Penghasilan seorang Youtuber sangat dipengaruhi oleh peringkat channelnya.

Sebelum Anda mengetahui cara mendapatkan uang dari Youtube lebih jauh, sebaiknya pahami beberapa faktor yang menentukan rangking sebuah channel dan video di Youtube.

Jumlah Komentar

Pernahkah Anda memperhatikan detail pada video yang masuk jajaran trending? Video-video itu tidak hanya memiliki jumlah penonton yang besar, namun juga jumlah komentar yang lebih banyak.Komentar memang menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan rangkingvideo di Youtube.

Sebaiknya Anda membuat penonton tertarik untuk memberikan komentar agar rangking video Anda bisa meningkat. Coba lemparkan pertanyaan dan Anda meminta penonton menjawabnya. Meminta pendapat penonton tentang ide di video selanjutnya juga bisa mendatangkan banyak komentar.

Jumlah Subscriber Setelah Menonton Video

Subscriber merupakan orang-orang yang berlangganan pada channel Anda, mereka mendapatkan pemberitahuan ketika Anda mengunggah video baru.

Penentu rangking di Youtube selanjutnya adalah penambahan subscriber setelah menonton sebuah video.

Misalnya Anda mengunggah video A, kemudian subscriber Anda bertambah banyak. Youtube mengartikan bahwa video yang Anda unggah tersebut menarik bagi penonton sehingga rangkingnya naik.

Share Video

Bentuk interaksi yang menentukanrangking sebuah channel atau video di Youtube adalah banyaknya share. Semakin banyak orang membagikan video, Youtube menganggapnya sebagai sesuatu yang bagus. Video Anda mendapatkan banyak perhatian sehingga layak dinaikkan rangkingnya.

Click Trough Rate (CTR)

Click trough rate merupakan perbandingan antara berapa kali video muncul di hasil pencarian dengan banyaknya orang yang mengeklik video tersebut. Apabila video Anda menarik, CTR akan semakin tinggi. Rangking video akan semakin naik seiring dengan tingginya CTR.

Durasi Video

Faktor terakhir yang memengaruhi rangking di hasil pencarian Youtube adalah durasi video. Menurut pakar di bidang SEO Youtube, rangking teratas hasil pencarian Youtube lebih banyak diisi oleh video yang durasinya lebih panjang.

Durasi video yang lebih panjang menunjukkan isi yang lebih lengkap dibandingkan dengan video berdurasi pendek. Usahakan untuk selalu membuat video yang berdurasi panjang. Namun hindari membuat video yang isinya bertele-tele.

Membuat High Retention Video

Retensi sebuah video adalah perbandingan durasi total dengan rata-rata durasi orang menonton. Misalnya Anda membuat video yang panjangnya 15 menit.Jika pemirsa hanya menonton hingga menit ke-10, artinya retensi video Anda adalah 66,7%.

Video dengan tingkat retensi tinggi lebih disukai oleh Youtube dan menempatkannya di rangking teratas. Semakin tinggi retensi video, orang akan lebih lama menggunakan platform Youtube. Hal ini tentu memberikan keuntungan kepada Youtube dan pemilik video.

Meningkatkan retensi video dapat diusahakan dengan cara membuat video yang berkualitas dan menarik. Buatlah video yang menjawab pertanyaan atau permasalahan penonton. Jika Anda menyajikan konten yang dibutuhkan penonton, retensi video otomatis akan meningkat.

Monetisasi Youtube Channel

Monetisasi artinya mengubah pengelolaan video untuk kebutuhan komersial sehingga pemiliknya bisa mendapatkan penghasilan dari sana.

Youtube tidak membayar kreator video secara otomatis. Pihak Youtube baru akan memberikan bayaran ketika Anda melakukan monetisasi. Bagaimana caranya?

  • Kunjungi situs Youtube di browser atau aplikasi pada ponsel Anda.
  • Masuk menggunakan akun Google, ketik email dan kata sandi.
  • Setelah berhasil masuk, pilih menu “Account Information” yang biasanya terletak di sebelah pojok kanan.
  • Klik pada pilihan “Creator Studio”. Anda akan diarahkan menuju halaman untuk mengelola channel.
  • Lihat pada bilah menu di sebelah kiri layar, klik pada pilihan “Channel”.
  • Cari pilihan “Status and Features”.
  • Setelah itu, pilih “Enable Monetisation” untuk mengaktifkan monetisasi.
  • Baca persyaratan dan persetujuan dengan teliti lalu setujui.

Mengaktifkan pilihan monetisasi adalah cara mendapatkan uang dari Youtube yang paling penting. Jangan sampai Anda melewatkan langkah ini, ya.

Menyambungkan Youtube Channel ke Adsense

Setelah Anda mengaktifkan pilihan monetisasi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menautkan channel dengan Adsense.

Google Adsense

Mengapa harus Adsense? Karena adsense merupakan sumber penghasilan bagi Youtuber yang paling menjanjikan.

Ada beberapa persyaratan sebelum Anda bisa menautkan channel dengan Adsense, antara lain:

  • Channel telah terverifikasi sehingga Anda bisa mengunggah video yang durasinya panjang.
  • Telah ditonton setidaknya selama 4.000 jam dalam waktu satu tahun.
  • Memiliki subscriber minimal 1.000 orang.
  • Tidak ada komentar yang sifatnya spam di semua video.

Jika persyaratan di atas sudah bisa Anda penuhi, sambungkan Youtube dan Adsense dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Kunjungi laman Youtube di browser Anda.
  • Log in menggunakan akun Google.
  • Pilih menu “Account Information” di sebelah kanan layar.
  • Klik pada “Creator Studio”
  • Lakukan langkah-langkah yang sama dengan cara mengaktifkan pilihan monetisasi.
  • Klik “Start” pada pilihan “Sign up for Adsense”.
  • Klik “Create Account”
  • Isi formulir yang ada dengan data yang lengkap. Jika sudah selesai, klik “Submit”.

Hingga tahap ini, Anda sudah berhasil mengajukan permohonan pendaftaran Adsense kepada Google. Tunggu beberapa hari hingga Google selesai melakukan verifikasi terhadap permohonan Anda. Jika semua persyaratan terpenuhi, permohonan Adsense Anda akan disetujui.

Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi pada Youtube Channel

Penghasilan Anda dari Youtube akan lebih tinggi jika Anda melakukan optimalisasi. Langkah-langkah berikut ini dapat Anda ikuti:

  • Membuat video yang menarik, menjawab permasalahan, dan mudah diterima oleh penonton.
  • Buat konten yang benar-benar orisinal dan murni dari pemikiran Andasendiri. Hal ini bertujuan agar video Anda dapat dipromosikan.
  • Hindari penjiplakan atau plagiasi konten dari kreator lain. Jika Anda melakukan plagiasi, seluruh hasil yang didapatkan dari video tersebut akan mengalir ke akun pemilik konten yang dijiplak. Anda tidak akan mendapatkan hasil apa pun.
  • Patuhi Term of Service dan Community Guidelines dari pihak Youtube, jangan sampai Anda melanggar ketentuan yang tercantum di sana.

Ketika Anda mengaktifkan fitur monetisasi, iklan akan muncul pada video. Jumlah dan jenis iklan yang ditampilkan bisa Anda atur pada laman “Creator Studio”.

Meskipun memasang banyak iklan dapat menghasilkan lebih banyak uang, sebaiknya jangan memasang iklan terlalu banyak. Penonton akan merasa malas dan terganggu karenanya. Menyisipkan satu hingga tiga buah iklan saja sudah cukup.

Mempromosikan Video di Media Sosial

Pada poin sebelumnya telah disebutkan bahwa rangking video di Youtube akan meningkat apabila jumlah share tinggi. Anda bisa meningkatkan jumlah share dengan mempromosikan channel dan video pada media sosial.

Rajin mempromosikan video di media sosial akan meningkatkan jumlah kunjungan dan jam tayang. Bagikan video Anda pada forum atau grup di media sosial seperti Facebook, Line, Instagram, Whatsapp, dan Twitter.

Tak ada salahnya meminta bantuan teman untuk mempromosikan video Anda. Semakin banyak orang yang mempromosikan, akan semakin banyak pula orang yang akan menonton video Anda. Buatlah konten semenarik mungkin agar penonton tidak segan membagikan ulang video Anda di sosmed.

Promosi video di media sosial tak hanya dilakukan oleh Youtuber pemula. Akun-akun besar pun melakukan hal ini untuk tetap mendapatkan banyak penonton.

Menghubungkan Video di Youtube dengan Blog

Promosi video Youtube tidak hanya bisa dilakukan dengan media sosial. Blog atau website juga bisa menjadi salah satu media promosi yang bagus. Promosi melalui blog akan lebih efektif jika traffic pengunjung ke blog Anda sudah tinggi dan stabil.

Sisipkan video Youtube Anda pada artikel yang berkaitan.

Pembaca pun akan betah berlama-lama membaca artikel jika Anda menyertakan video di dalamnya. Dengan cara ini, Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu bertambahnya jumlah tayangan video Youtube dan durasi membaca artikel.

Peringkat website atau blog dan video YoutubeAnda akan naik dalam waktu bersamaan. Sangat menguntungkan, bukan?

Menarik Sponsorship

Cara mendapatkan uang dari Youtubetidak terbatas pada meningkatkan rangking hasil pencarian dan jumlah iklan yang ditayangkan. Anda juga bisa memperoleh penghasilan dengan menarik sponsorship atau bekerja sama dengan brand.

Contoh kerja sama brand yang paling banyak dilakukan oleh Youtuber adalah endorsement. Brand akan memberikan produk mereka untuk direview oleh Youtuber.

Kerja sama dalam bentuk endorsement menuntungkan kedua belah pihak. Dari sisi brand, mereka berkesempatan mendapat konsumen baru dari penonton video di channel Anda. Kreator juga diuntungkan karena mendapatkan produk gratis.

Di tahap awal, Anda perlu mengajukan proposal permohonan kerja sama dengan brand. Tentu saja ada persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya jumlah subscriber, rata-rata penonton per video, dan jangkauan video Anda.

Ketika channel Anda sudah berkembang menjadi lebih besar, brand akan datang dengan sendirinya. Pihak brand tak segan untuk menawarkan kerja sama dengan nilai yang fantastis kepada kreator yang channelnya sudah besar.

Menambahkan Link di Deskripsi Video

Apakah Anda masih ingat tentang call to action (CTA) yang telah dibahas pada poin sebelumnya? Pembahasan pada poin ini masih berkaitan dengan call to action. CTA merupakan upaya Anda untuk meminta penonton melakukan aksi tertentu, salah satunya yaitu mengeklik tautan di kolom deskripsi.

Anda bisa menambahkan beberapa link dengan tujuan promosi. Misalnya Anda sudah bekerja sama dengan brand, coba tambahkan link untuk menuju laman resmi brand tersebut. Pihak brand akan membayar untuk hal ini.

Menambahkan link ke media sosial juga cukup lumrah dilakukan oleh Youtuber. Tujuannya adalah meningkatkan jumlah pengikut.

Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Ketika Anda sudah bekerja sama dengan brand, jadikan kesempatan ini untuk meningkatkan conversion rate pada video Youtube.Conversion rate di Youtube merupakanaksi yang menguntungkan sebuah brand yang didapatkan setelah seseorang menonton video.

Contoh aksi yang paling sering diminta brand adalah kunjungan ke product page mereka. Untuk mewujudkan permintaan brand tersebut, buatlah video yang menarik tentang sebuah produk. Anda bisa melakukan promosi secara tersirat maupun secara langsung.

Biasanya, content creator lebih memilih untuk membuat video review yang memperlihatkan keunggulan sebuah produk.Cantumkan tautan menuju product page pada kolom deskripsi.Sarankan kepada penonton untuk mengeklik tautan tersebut.

Anda pasti sudah sering mendengar seorang Youtuber mengatakan hal ini, “Jika Anda ingin membeli produk ini, saya sudah cantumkan linknya di deskripsi.” Kalimat tersebut termasuk dalam kategori Call to Action yang telah dibahas sebelumnya.

Menjual Video di Website Penjualan Video

Mungkin Anda merasa aneh ketika membaca subjudul di atas. Membahas cara mendapatkan uang dari Youtube tapi menyarankan untuk menjual video di website lain. Jangan salah sangka, tips ini juga bisa meningkatkan penghasilan Anda dengan bantuan Youtube. Mari kita bahas.

Di internet banyak sekali situs yang digunakan untuk menjual video. Anda juga bisa menjual karya Anda di situs tersebut. Lalu apa hubungannya dengan Youtube? Youtube berperan sebagai sarana promosi agar orang membeli video Anda.

Unggah teaser video Anda di Youtube. Kemas dengan tampilan yang menarik dan membuat orang penasaran. Di akhir video, arahkan penonton untuk membelinya di situs penjualan video. Jangan lupa untuk menyertakan tautannya di kolom deskripsi.

Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Pemasaran afiliasi atau affliliate marketing adalah strategi pemasaran produk melalui sistem rekomendasi. Setidaknya ada 3 pihak yang terlibat dalam sistem pemasaran ini, yaitu pemilik produk, perantara, dan konsumen akhir.

Di sini, Anda berperan sebagai perantara yang memberikan rekomendasi kepada calon konsumen. Ketika ada konsumen yang membeli produk menggunakan link rekomendasi dari Anda, brand akan memberikan komisi. Besaran komisi beragam, tergantung kesepakatan antara dua belah pihak.

Dahulu, orang-orang banyak melakukan affiliate marketing menggunakan media blog dan website. Namun cara ini dinilai kurang efektif karena orang-orang semakin malas membaca. Orang lebih tertarik untuk menonton video dari pada membaca.

Anda bisa memanfaatkan video Youtube sebagai sarana untuk meningkatkan traffic menuju afiliasi link. Buatlah video yang menarik tentang produk atau layanan lalu arahkan penonton untuk membeli produk menggunakan rekomendasi link atau kode refferal dari Anda.

Cara ini membuat Anda memiliki dua sumber penghasilan, yaitu adsense dan komisi dari brand. Semakin banyak orang yang membeli produk, akan semakin besar pula penghasilan Anda.

Melakukan Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement

Channel Youtube akan terus berkembang apabila dikelola dengan baik. Salah satu indikator berkembangnya suah channel yaitu mendapatkan banyak subscriber.

Youtube juga memberikan apresiasi kepada channel berupa silver, gold, dan diamond play button ketika subscriber mencapai angka 100.000, 1.000.000, dan 10.000.000.

Ketika channel sudah berkembang, fans atau fanbase akan muncul dengan sendirinya. Hal ini merupakan sebuah peluang yang sangat baik bila dilihat dari sudut pandang bisnis. Adakan pertemuan dengan penggemar setia channel Anda untuk meningkatkan engangement.

Pertemuan bisa dikemas menjadi sebuah acara talk show atau sekedar meet and greet bersama penggemar. Namun ketika acara semacam ini tidak mungkin dilakukan, Anda masih bisa menemui penggemar melalui siaran langsung.
Saat komunikasi dengan penggemar berjalan dengan baik, Anda bisa menyisipkan iklan atau promosi produk. Jangan lupa untuk mempromosikan konten Anda agar mendapatkan lebih banyak penonton.

Berpikir Out of The Box

Jangan takut untuk berpikir di luar kebiasaan masyarakat umum. Buatlah konten yang berbeda dari yang lain. Warga net cenderung mudah bosan jika Anda menyajikan konten yang sama seperti kreator lainnya. Oleh sebab itu, Anda dituntut untuk menyajikan karya yang out of the box.

Anda tak perlu menciptakan jenis video baru, cukup lakukan modifikasi dan pengemasan menarik dari jenis video yang ada. Contohnya konten unboxing produk. Meskipun sudah banyak kreator yang membuat konten unboxing, Anda masih tetap bisa membuat video serupa.

Kemas video unboxing tersebut dengan lebih menarik dan buatlah ciri khas Anda. Orang akan lebih tertarik dengan konsep baru yang Anda usung ketimbang menonton video unboxing biasa.

Jangan Terobsesi untuk Menjadi Viral

Fokuslah pada cara mendapatkan uang dari Youtubedan menghasilkan karya yang baik. Jangan fokus untuk menjadi viral. Sesuatu yang viral hanya akan bertahan dalam waktu yang relatif singkat. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik agar tidak mudah dilupakan.

Sudah banyak contoh kreator yang melakukan berbagai macam hal konyol demi menjadi viral. Hal seperti ini sebaiknya tidak perlu dijadikan panutan. Lebih baik Andamengembangkan kemampuan dan bakat agar konten yang Anda hasilkan lebih berkualitas.

Ada sebuah ungkapan yang terdapat dalam serial Game of Thrones, yaitu “Jangan berjuang untuk menjadi terkenal. Berjuanglah untuk menjadi berbakat.” Kalimat tersebut diucapkan oleh pemeran Arya Stark, Maisie Williams. Jadikan ungkapan tersebut sebagai motivasi Anda dalam berkarya di Youtube.

Keanggotaan Channel

Youtube menyediakan fitur khusus bernama keanggotaan atau pelanggan channel. Fitur ini berbeda dengan sistem berlangganan biasa. Seseorang diharuskan membayar untuk mendapatkan keanggotaan.

Anda bisa memberikan konten khusus kepada orang yang tergabung di dalam keanggotaan tersebut. Konten ini sifatnya terbatas dan tidak dapat diakses oleh orang yang berada di luar keanggotaan.

Ada 2 persyaratan utama untuk mengaktifkan fitur ini yaitu telah berusia 18 tahun atau lebih. Syarat yang kedua adalah jumlah subscriber telah mencapai angka lebih dari 30.000.

Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan keanggotaan channel:

  • Buka situs Youtube melalui browser atau aplikasi.
  • Masuk menggunakan akun Google yang sudah terdaftar.
  • Cari menu atau tab membership yang biasanya berada di sebalah kanan layar.
  • Ketika halamannya sudah terbuka, pilih “Get started”.
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga selesai.

Fitur keanggotaan channel ini memberikan efek yang berarti di channel yang sudah besar dan memiliki fanbase yang cukup kuat. Cara ini kurang disarankan bagi channel yang masih dalam tahap merintis.

Rak Merchandise

Rak merchandise menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Youtubebagi kreator yang sudah memiliki komunitas besar. Rak merchandise merupakan tempat khusus yang disediakan oleh Youtube untuk memasarkan pernak-pernik yang berhubungan dengan channel Anda.

Penggemar channel dapat membeli barang-barang tersebut dan menghasilkan keuntungan bagi Anda. Sayangnya, fitur ini baru tersedia di beberapa negara seperti Singapura, India, Amerika, Australia, dan negara-negara Eropa.
Diperlukan subscriber lebih dari 30.000 untuk bisa mengaktifkan fitur rak merchandise. Anda juga harus berusia minimal 18 tahun.

Jika fitur rak merchandise sudah bisa diakses di Indonesia, ada bisa mengaktifkannya dengan cara berikut ini:

  • Kunjungi situs Youtube Studio di browser atau melalui aplikasi ponsel.
  • Masuk atau log in menggunakan email dan password yang sudah terdaftar.
  • Klik pada menu “Monetization”.
  • Akan muncul beberapa tab pada halaman tersebut. Klik pada tab “Merchandise”.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya hingga tahap akhir.

Menjual merchandise resmi juga bisa menjadi salah satu upaya branding agar masyarakat lebih mengenal channel Anda.

Super Chat dan Super Stickers

Subscriber dan penggemar channel dapat berinteraksi dengan Anda melalui live chat. Namun memperhatikan chat dari penggemar satu per satu akan sangat menyulitkan bagi Anda. Oleh sebab itu, Youtube menghadirkan fitur super chat dan super stickers.

Pengguna harus membayar sejumlah uang untuk menggunakan dua fitur khusus tersebut. Keuntungan bagi pengguna adalah mendapatkan sorotan dari pemilik channel.

Pemilik channel Youtube turut mendapatkan keuntungan dari pembelian fitur super chat dan super stickers. Bagaimana cara mengaktifkannya? Ikuti langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs Youtube Studio melalui browser di perangkat desktop.
  • Log in menggunakan akun yang terkait dengan channel Anda.
  • Klik pada menu “Monetization”.
  • Pilih tab yang berjudul “Live Chat”.
  • Lakukan pengaturan dengan mengeklik “Get Started”.
  • Pelajari persyaratan dan ikuti langkah-langkahnya sesuai petunjuk.

Fitur super chat dan super sticker hanya bisa dilihat dan digunakan pada aplikasi dekstop. Saat menggunakan aplikasi atau browser ponsel, fitur ini tidak bisa digunakan.

Youtube Premium

Cara mendapatkan uang dari Youtube yang terakhir adalah bergabung ke layanan Youtube Premium.

Youtube Premium

Seseorang harus membayar untuk bisa menggunakan layanan premium ini. Fitur ini terbilang baru dan masih dalam masa promosi.

Anda akan mendapatkan penghasilan ketika mengunggah video khusus untuk pelanggan premium. Sebagian biaya langganan mereka akan dialokasikan kepada kreator.

Pelajari lebih lanjut mengenai konten premium di Youtube melalui Community Guidelines yang terbaru.

Ok, sekian. Ternyata banyak cara mendapatkan uang dari Youtube. Bila bermanfaat, bagikan ini di social media Anda.

Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133