TeknologiSocial Media

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Terhapus

Cara mengembalikan kontak WA yang terhapus perlu dipelajari. Karena kita tidak mau kalau tiba-tiba nomor WA teman terhapus padahal sedang dibutuhkan.

Meskipun sering kontak pada aplikasi Whatsapp bisa hilang karena memang sengaja dihapus, terhapus atau disebabkan hal lain.

Terkadang seseorang baru menyadarinya ketika akan menghubungi nomor tersebut sehingga menyebabkan kepanikan.

Sebenarnya jika memang terjadi tidak perlu khawatir dan panik berlebihan karena sangat mungkin untuk dikembalikan.

Banyak cara jadi pelajari aja cara-caranya agar Anda tidak bingung ketika mengalami kejadian seperti ini.

Untuk mengembalikan kontaknya bisa mencoba gunakan cara untuk mengembalikan kontak WA yang terhapus berikut ini.

Silahkan perhatikan penjelasan caranya dan gunakan cara yang Anda anggap paling mudah.

Hapus dan Bersihkan Data Cache

Canche berfungsi menyimpan data-data sementara namun jika tidak dibersihkan maka membuat memori penuh. Hal ini menyebabkan kinerja ponsel menjadi lebih lemot dan menyebabkan kontak di WA hilang atau terhapus.

Maka sangat perlu membersihkan data canche tersebut untuk mengembalikan kontak-kontak yang hilang. Caranya cari menu Settings atau pengaturan terlebih dahulu kemudian pilih Aplikasi dan temukan aplikasi Whatsapp.

Setelah itu pilih Storage dan akan muncul pilihan tombol clear canche tinggal tekan saja maka terhapus otomatis. Jika sudah terhapus restart ponsel dan lakukan pengecekan apakah sudah muncul atau belum.

Memakai Aplikasi Recover Deleted Contacts

Cara kembalikan kontak Whatsapp terhapus lainnya yaitu Anda bisa memanfaatkan aplikasi Recover Deleted Contacts. Jadi kontak yang terhapus karena berbagai penyebab bisa dikembalikan dan tidak jadi hilang.

Pertama harus menginstall aplikasi Recover Deleted Contacts di smartphone terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasinya dan temukan menu Deleted yang tersedia pada bagian samping lalu tab All.

Pada menu Deleted tersebut akan dimunculkan kontak Whatsapp yang sudah pernah terhapus sebelumnya. Jika Anda ingin mengembalikan salah satu atau beberapa maka tinggal tekan nama kontaknya saja.

Namun ada satu hal yang harus Anda perhatikan dimana aplikasi ini tidak bisa mengembalikan jika terlalu lama dihapusnya. Jadi pastikan segera sadari jika nomor terhapus sehingga segera bisa dikembalikan.

Cek Menu Permission

Ketika ada beberapa nomor Whatsapp tiba-tiba hilang bisa jadi karena menu permission memang belum aktif. Biasanya penyebab nomor tersebut hilang ketika Whatsapp tidak terkoneksi internet atau saat tidak sengaja restart.

Agar hal seperti ini tidak terjadi maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan menu permission terlebih dahulu. Anda harus memastikan kalau menu ini sudah selalu dalam keadaan aktif.

Caranya cari menu settings kemudian aplication lalu pilih menu Whatsapp baru temukan menu permission. Jika sudah ketemu tinggal aktifkan saja sampai sistem bisa membaca kontak-kontak yang ada di ponsel Anda.

Cek Pilihan Pengaturan Kontak

Sebelum menggunakan cara mengembalikan kontak di WA yang terhapus di hp sebaiknya pahami dulu penyebabnya. Bisa jadi karena Anda salah memilih pengaturan tampilan kontak sehingga ada beberapa yang hilang.

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini maka coba masuk ke Settings atau pengaturan. Setelah itu pilih contact dan cek list pilihan display all contacts sehingga semua daftar nomor telepon ditampilkan lagi.

Memakai Cadangan dari Google

Tahukah Anda cara mengembalikan kontak WA yang terhapus dengan mudah yaitu memanfaatkan cadangan dari Google. Biasanya data-data nomor Whatsapp terintegrasi otomatis dengan akun Google Anda.

Jika Anda ingin menggunakan cara satu ini maka cobalah masuk ke menu pengaturan atau setting. Kemudian cari pengaturan kontak dan cari menu contact to display lalu cek list akun Google.

Pilih akun yang memang Anda gunakan untuk mencadangkan kontak setelah itu Refresh Contact. Silahkan cek kontak yang masuk ke Whatsapp apakah sudah bisa muncul kembali atau

Pakai History Chat

Jika beberapa cara diatas sudah Anda coba dan hasilnya tetap tidak bisa dikembalikan kontaknya. Maka coba mengembalikan kontak WA yang terhapus permanen satu ini dijamin berhasil.

Anda bisa memanfaatkan history obrolan yang ada pada aplikasi Whatsapp untuk menemukan nomornya kembali. Cari saja nomor tanpa nama dari daftar chat maka akan muncul riwayat chatting asalkan belum terhapus.

Agar lebih cepat proses pencariannya maka Anda bisa menggunakan kata kunci misalnya nama orang tersebut. Jika sudah ketemu tinggal simpan ulang dan permasalahan Anda sudah terselesaikan dengan mudahnya.

Hapus dan Install Ulang

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan menghapus terlebih dahulu Whatsapp kemudian diinstall ulang. Cara ini jarang digunakan karena banyak orang tidak suka jika harus menghapus aplikasinya dan berisiko.

Namun karena tidak ada pilihan lain maka mau tidak mau Anda harus segera mencoba agar kontak terhapus terselamatkan. Cara ini memungkinkan membuat data hilang jadi backup dulu datanya baru mulai.

Kehilangan nomor Whatsapp baik karena terhapus dengan sengaja atau tidak terkadang sangat merepotkan. Maka segera kembalikan saja dengan menggunakan cara mengembalikan kontak WA yang terhapus untuk Anda coba.

Baca : Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus

Semoga dapat menjawab ya untuk pertanyaan cara mengembalikan kontak WA yang terhapus serta cara kembalikan kontak Whatsapp terhapus, dan cara mengembalikan kontak di WA yang terhapus di hp.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button