Cara Menghitung Harga Jual Mobil Bekas

Cara Menghitung Harga Jual Mobil Bekas

Cara menghitung harga jual mobil bekas perlu diketahui sedini mungkin. Apalagi, mobil bekas sering dipandang sebelah mata oleh beberapa orang karena harganya relatif murah dan kondisi sudah terpakai.

Namun ternyata mobil bekas tidak selalu begitu, kini sudah banyak mobil bekas yang layak pakai dengan harga terjangkau. Bisa dengan cara mendapatkannya di Seva mobil bekas.

Karena, nyatanya semakin banyak orang yang tertarik dengan mobil bekas, membuat Anda tidak perlu khawatir lagi jika akan menjual mobil.

Kali ini saya akan membagikan cara menghitung harga jual mobil bekas, agar mobil yang Anda dapat terjual dengan cepat. Simak pejelasan selengkapnya di bawah ini.

Pastikan Tahun Keluaran Mobil

Tahun keluaran mobil menjadi langkah nomor satu yang harus diperhatikan, untuk mengetahui identitas lengkap mobil Anda.

Mengetahui tahun keluaran mobil akan membantu Anda untuk mengetahui, sejauh mana dan seberapa sering mobil ini pernah digunakan.

Cara untuk memastikan tahun keluaran mobil sangatlah mudah. Anda hanya perlu memeriksa STNK atau buku kepemilikan yang tersedia saat Anda membeli mobil tersebut.

Setelah itu, Anda akan mengetahui data lengkap mobil untuk menjadi informasi dasar saat promosi.

Tahun keluaran juga menjadi penentu harga jual, semakin lawas mobil maka harga jualnya bisa jadi semakin murah atau semakin mahal.

Pahami Sistem Penurunan Harga

Anda perlu memahami aturan tidak tertulis tentang penurunan harga mobil bekas, hal ini sangat penting dalam cara menghitung harga jual mobil bekas. Untuk memastikan harga, Anda bisa belajar langsung dari pasar mobil bekas.

Contoh cara menghitung harga jual mobil bekas; ketika menjual mobil tahun 2010 maka semakin bertambah tahun, penurunan harganya semakin kecil.

Jika mobil terjual pada 2011, maka penurunan harga sekitar 10-15% saja. Namun jika terjual pada 2013, penurunan harga hanya sekitar 5-8%.

Artinya Anda akan mendapat keuntungan lebih besar, saat menjual mobil keluaran terbaru dengan jarak tahun yang tidak terlalu jauh.

Tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain yang membuat harga jual mobil Anda semakin tinggi.

Pastikan Kondisi Mobil

Memiliki mobil yang mulus dan bagus adalah impian setiap orang, begitu juga dengan orang-orang yang hendak membeli mobil bekas. Mereka pasti akan mencari mobil dengan kondisi terawat. Seat empuk, sound system bagus, jok bersih, dan rem yang berfungsi dengan baik adalah kuncinya.

Sebelum Anda menjual mobil bekas, sebaiknya rawat dulu keseluruhan mobil seperti interior, eksterior, aki, mesin, dan semua hal yang dapat dihilat dengan kasat mata.

Kondisi mobil tentunya sangat memengaruhi harga jual mobil, calon pembeli pun akan lebih tertarik dengan mobil terawat.

Tidak ada salahnya jika merawat mobil dengan rajin, meski belum berniat untuk menjualnya. Hal ini bisa dilakukan sebagai jaga-jaga, jika suatu saat Anda ingin menjual mobil.

Perlu sangat diingat bahwa kondisi mobil yang bagus akan memiliki harga jual yang tinggi.

Pantau Harga Kompetitor

Harga kompetitor adalah harga saing mobil yang ada di pasaran karena setiap mobil memiliki kompetitor pada segmen masing-masing.

Anda harus sering mengecek harga kompetitor, agar tidak kewalahan saat menentukan harga jual. Karena jika beda sedikit saja, bisa jadi mobil sulit terjual.

Carilah jenis kompetitor mobil Anda dan langsung cek harga, Anda bisa melakukannya dengan mencari website otomotif di internet.

Penggunaan website tidak ada salahnya jika langsung mendatangi pasar mobil bekas untuk mengecek harga kompetitor di sana.

Cari Platform Jual Beli Mobil Bekas

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus penjualan mobil, ada banyak platform dengan jasa jual beli mobil bekas. Penggunaan platform akan membuat harga mobil bisa diatur otomatis dan tentunya tetap memerhatikan beberapa hal penting yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu, mobil Anda juga berpotensi cepat terjual jika menggunakan jasa dari platform tersebut. Anda hanya perlu mendaftar dan tidak memerlukan cara menghitung harga jual mobil bekas lagi.

Semua urusan penjualan mobil akan diatur oleh penyedia jasa.

Baca : 4 Mobil Mewah Yang Cocok Untuk Anak Muda

Ok, sekian informasi tentang dunia otomotif, semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133