TeknologiSocial Media

Cara Mengunci WA di IOS Android

Ada banyak sekali cara mengunci WA supaya tidak bisa dibuka oleh orang lain. Biasanya, beberapa orang menginginkan privasinya tidak dibaca orang lain. Terutama jika ada banyak pesan penting didalamnya.

Memang, keamanan privasi jadi salah satu hal paling penting.

Data penting hingga riwayat pesan bisa saja tersebar Ketika berhasil dibobol. Sistem keamanan menjadi dibutuhkan ketika bahaya ini terus mengintai.

Oleh sebab itulah ada baiknya jika mulai mencoba untuk mengunci aplikasi Whatsapp supaya lebih aman. Lalu, bagaimana caranya supaya bisa aman?

Sebenarnya, ada banyak sekali jika Anda ingin mengunci Whatsapp supaya lebih aman. Bahkan, pengguna Android atau IOS sekalipun memiliki caranya sendiri-sendiri.

Berikut ini adalah beberapa cara mengunci WA supaya keamanannya terjaga

Cara untuk Mengunci WA di IOS

Bagi Anda yang menggunakan Iphone, ada sistem keamanan kunci aplikasi khusus. Namun, sistem tersebut hanya bisa dipakai pada IOS 9 ke atas. Untuk Iphone 5S juga sudah bisa menggunakannya.

• Pertama, ke menu Settings. Semua pengaturan yang berkaitan dengan akun WA milikmu ada dalam menu ini, termasuk kunci aplikasi. Kemudian, pilih menu Account dan kemudian pilih Privacy.

• Setelah masuk ke menu Privacy, Anda akan menemukan halaman Privacy. Pada halaman tersebut Anda akan menemukan menu Screen Lock. Pilih menu tersebut untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

• Pada menu Screen Lock, ada dua pilihan yang bisa Anda pilih. Pertama adalah metode Face ID dan kedua adalah Touch ID. Pilih salah satu yang menurutmu paling aman.

• Atur jangka waktu penguncian otomatis. Jadi setelah dalam dangka waktu tertentu, WA akan terkunci secara otomatis. Misalnya Anda memilih jangka waktu antara Immedietely atau sementara hingga 1 jam.

• Jika sudah selesai, maka cobalah kunci keamanan WA tersebut. Ada beberapa kali kesempatan gagal saat mencoba membuka kunci. Jika gagal, Anda tetap bisa masuk menggunakan passcode Iphone milikmu sebelumnya.

Cara Mengunci WA di Android

Bagi pengguna Android sebenarnya juga bisa menikmati layanan security system ini. Jika diperhatikan, caranya hampir mirip dengan pengguna IOS.

Itulah mengapa banyak orang langsung bisa memahami setiap langkah-langkahnya.

Pertama, masuk ke Menu Settings. Semua pengaturan untuk keamanan akun berada dalam menu ini sehingga pengguna bisa lebih mudah mencarinya. Kemudian, cari menu Privacy dan mulailah melakukan pengaturan.

Umumnya, bagi pengguna Android harus melakukan aktivasi sidik jari terlebih dahulu. Jika Anda belum melakukannya, maka akan diminta terlebih dahulu. Inilah yang membedakan dengan IOS untuk memiliki keamanan WA.

Jika sudah melakukan aktivasi, maka Anda bisa melakukan kunci keamanan pada Whatsapp. Nantinya, untuk membuka WA Anda harus memasukan kode yang telah Anda buat sebelumnya.

Cara Mengunci WA Tanpa Aplikasi

Untuk mengunci Whatsapp sebenarnya tidak perlu adanya aplikasi tambahan. Biasanya, setiap smartphone sudah menyediakan sistem keamanan sendiri. Anda hanya perlu memanfaatkannya saja untuk mengunci WA.

Cari menu Settings pada smartphone dan kemudian cari menu Security. Didalamnya ada beberapa pilihan menu, termasuk aktivasi sidik jari. Lakukan aktivasi sidik jari untuk menyelesaikan prosesnya.

Jika sudah, masuk ke aplikasi WA dan pilih tombol titik 3. Pilih Settings dan pergi ke menu Account. Selanjutnya pilihlah menu Privacy dan aktifkan keamanan sidik jari.

Cara ini dinilai lebih aman karena tidak perlu ada tambahan aplikasi tambahan. Sistem keamanan smartphone dirancang untuk melindungi data pengguna. Termasuk aplikasi apa saja yang digunakan.

Cara Mengunci WA dengan Aplikasi

Pengguna WA sebenarnya juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan kunci keamanan pada Whatsapp. Ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa dipakai, terutama aplikasi dengan fitur app lock.

Namun, tidak semua aplikasi seperti itu memiliki sistem keamanan yang baik. Ada juga beberapa aplikasi yang rentan terhadap penyalahgunaan data pribadi. Bahkan ada juga beberapa aplikasi yang jadi sarang virus.

Pilih salah satu aplikasi app lock dengan rating terbaik. Lihatlah apakah komentar pengguna menunjukan hal positif atau tidak. Jika banyak komentar positif, maka pilih aplikasi tersebut dan install.

Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut hingga selesai. Biasanya, aplikasi pihak ketiga seperti ini memberikan banyak pilihan kunci keamanan aplikasi. Anda bisa memilih aplikasi Whatsapp untuk diberikan kunci keamanan.

Ada beragam pilihan keamanan yang disediakan. Umumnya, kunci keamanan berupa pola dan password angka 6 digit. Anda bisa memilih salah satu jenis kunci keamanan yang Anda anggap paling aman.

Anda akan diminta melakukan konfirmasi kunci keamanan. Tujuannya untuk memastikan bahwa pola atau password tersebut benar dan Anda harus mengingatnya. Jadi, jangan buat pola atau password sulit.

Jika sudah, coba untuk mulai mengetes apakah kunci keamanan tersebut berhasil. Jika berhasil, maka kunci keamanan Whatsapp sukses. Jangan beritahukan kunci keamanan tersebut kepada orang lain.

Memberikan kunci keamanan pada WA memang diperlukan. Jika Anda memiliki banyak rahasia, maka hal ini sangat penting. Itulah mengapa cara mengunci WA perlu Anda ketahui.

Baca :

Cara Merekam Video Call WA

Cara Share Lokasi Lewat WA

Cara Membuat Link WhatsApp

Artikel ini telah publish di wahyublahe.id kategori Teknologi. Semoga bermanfaat apa yang dituliskan di atas ya.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button