Ragam

Cara Mengundang Pembicara Seminar

Cara mengundang pembicara seminar bisa Anda dapatkan di artikel ini. Jadi nggak usah bingung bila Anda sedang memiliki rencana untuk menyelenggarakan sebuah acara.

Ingin tahu trik atau cara mengundang pembicara seminar, Kan? Berikut ini pembahasannya saya ulas untuk Anda.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengundang pembicara ke tempat Anda. Tetapi yang harus Anda ketahui adalah soal sikap dan kriteria pembicara.

Acara akan semakin asik dan berbobot jika memiliki sesi khusus untuk pembicara. Anda bisa saja mengangkat satu topik yang sedang banyak dibicarakan belakangan ini, dan jadikan itu sebagai tema sebuah acara. Dan agar semakin menarik, tambahkan sesi untuk seminar.

Namun sebelum itu, Anda wajib tahu bagaimana agar bisa mengundang dengan tepat. Sebab, banyak kasus dimana pembicara menolak untuk hadir dan berpartisipasi hanya karena cara mengundang yang tidak tepat. Meskipun mereka tertarik tentang topik yang dibawa.

Dalam mengundang pembicara seminar harus tepat agar pembicara secara terhormat mau menyempatkan waktunya untuk menyampaikan materi. Terlebih lagi, mereka akan merasa bahwa yang mengatur acara ini lebih professional sehingga acara berjalan dengan lancar.

Sebelumnya, Anda harus tahu dulu acara dengan adanya pembicara akan semakin asik. Dan dengan ini juga dapat kita simpulkan bahwa pembicara dalam seminar adalah aspek penting dan kita harus tahu apa yang harus kita lakukan dalam undangan tersebut dengan benar.

Jika tidak, bukan tidak mungkin undangan kita akan ditolak sejak mereka melihat penawaran. Semua ini soal tata krama dan professionalisme. Jadi, agar cara mengundang seorang pebicara, kita dapat dilakukan dengan benar jika mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Lakukan Riset tentang Latar Belakang Pembicara

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah lakukan riset lebih jauh soal lata belakang pembicara. Ini menyangkut soal keahlian dan juga relevansi dengan topik yang Anda pilih. Dan ini adalah cara wajib untuk adakan seminar dengan pembicara.

Jangan sampai ketika Anda sudah lanjut ke tahap lain, tetapi langsung ditolak karena alasan tidak ahli dalam topik tersebut. Sehingga ini juga yang menjadi alasan kami mengatakan cara mengundang pembicara seminar harus lihat latar belakangnya.

Melakukan Kontak Dengan Sopan

Yang harus dilakukan selanjutnya adalah Anda mulai menghubungi manajer, atau pembicaranya langsung. Tetapi dengan catatan, semua ini dilakukan dengan sopan dan mengerti tata krama dalam mengirim pesan atau berkunjung ke kantor.

Mulai dengan perkenalan diri Anda dulu, dan lanjutkan dengan menyampaikan tujuan dan maksud Anda menghubunginya. Terlebih dahulu dalam tahap ini juga bisa sampaikan garis besar acara sebelum Anda kirim proposal yang lebih detail.

Mengirimkan Proposal dan Surat Undangan Resmi

Proposal dan surat undangan resmi adalah satu hal wajib yang harus diterima sebagai trik untuk mendapatkan pembicara. Ini menunjukkan bahwa Anda merupakan seorang yang professional. Terlebih lagi, ini juga bentuk formal dari undangan.

Jika pembicara memiliki bayaran yang harus dibayarkan, maka siap sedia saja lampirkan buktinya di proposal atau surat undangan resmi tersebut. Ini merupakan langkah wajib untuk mendapatkan seorang pembicara yang lebih maju.

Yang Harus ada Ketika Cara mengundang Pembicara Seminar Bagus

Mungkin Anda bertanya, ketika ingin tahu bagaimana untuk dapatkan pembicara, apa saja yang perlu Anda sampaikan pada saat mulai menghubungi hingga mengirimkan surat undangan tersebut. Secara singkat, ada beberapa komponen yang wajib ada dengan jelas.

Tanggal dan waktu keseluruhan acara harus dipaparkan jika acara berlangsung beberapa hari. Tetapi jangan lupa untuk menyampaikan juga tanggal dan waktu pembicara akan bertugas. Cara mengundang pembicara juga sebaiknya memberikan gambaran lama waktu acara.

Ini akan membuat pembicara jadi lebih kuasai keseluruhan acara dan dapat menyiapkan materi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Tidak lupa Anda sampaikan juga alamat meskipun acara yang akan dihadiri pembicara seminar itu dilakukan secara online.

Agar materi juga sesuai dengan tema acara, di proposal tersebut jelaskan secara terperinci tentang topik yang harus disampaikan oleh pembicara. Atur juga soal keuangan termasuk pengeluaran akomodasi, honor, makanan, dan uang tanggung jawab lainnya.

Penggunaan Kata-Kata Sangat Penting untuk mengundang Pembicara Seminar

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya. Cara mengundang pembicara seminar perlu sekali memperhatikan kata-kata yang akan kita gunakan. Pembicara umumnya adalah orang yang harus dihormati sehingga Anda wajib untuk bertindak sopan dan menghormati.

Penggunaan kata ini yang menentukan, apalagi saat berkomunikasi via online atau sosial media saja. Anda sebaiknya melakukan revisi dan paham betul soal etika komunikasi melalui online agar tidak menjadi sebuah masalah saat pembicara diundang dan tetap terhormati.

Mengundang pembicara dengan cara ini bisa saja ditolak ketika penggunaan kata kita tidak sopan. Lengkapi dengan pembukaan yang jelas, perkenalkan diri Anda secara singkat serta yang pasti, sampaikan keseluruhan acara agar mereka dapat menerima undangan Anda.

Baca : Pembicara Seminar Kewirausahaan

Lagi-lagi, harus kami tekankan bahwa kata-kata adalah satu hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan seluk beluknya.

Jangan sampai kita menggunakan cara mengundang pembicara seminar yang salah, dan itu hanya akan membuat citra seseorang menjadi tidak dihargai.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button