Cara Menjadi Food Blogger Sukses Dengan 5 Langkah Ini!

Cara Menjadi Food Blogger

Meskipun kelihatannya mudah, tetapi pada kenyataannya cara menjadi food blogger butuh kerja keras, kerja cerdas, yang pastinya tidak bisa pula didapatkan secara instan dan dalam waktu yang singkat.

Seperti namanya, food blogger adalah blogger yang memiliki sebuah situs blog khusus yang di dalamnya mengupas tuntas tentang dunia kuliner. Itu artinya food blogger ini lebih cocok buat Anda yang suka makan.

Di Indonesia ternyata food blogger lagi hits, bahkan tidak boleh dianggap sebelah mata. Menariknya, kini banyak yang menjadikan profesi satu ini sebagai jalan untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Tidak salah jika pada akhirnya ada banyak pula yang tertarik untuk menjadi food blogger. Sama halnya seperti tulisan saya cara menjadi travel blogger.

Apabila Anda salah satu diantara mereka yang ingin menjadi food blogger sukses, maka 5 langkah berikut ini wajib Anda ketahui.

Wajib Memiliki Niat Atau Passion

Niat Cinta Dan Passion Kuliner

Sederhananya, untuk menjadi food blogger yang sukses dan langkah pertama yang harus Anda tahu adalah niat atau passion.

Sebagai seorang food blogger Anda diharapkan agar memiliki niat, passion, dan rasa cinta dengan dunia kuliner, sebab yang Anda kerjakan nanti pastinya selalu berkaitan dengan dunia kuliner.

Jadi, bagaimana Anda bisa menjadi food bloger yang sukses jika Anda sendiri kurang tertarik dengan dunia kuliner?

Seorang food blogger seharusnya tidak hanya berfokus pada mencari keuntungan saja. Food blogger juga harus berkesan lebih bermakna dari hanya sekadar menyicipi hidangan di sebuah restoran.

Memiliki Skil Di Bidang Tulis Menulis Dan Memotret

Cara Foto Makanan Food Blogger

Cara menjadi food blogger sukses yang selanjutnya adalah memastikan Anda memiliki kemampuan menulis yang baik dan kreatif.

Selain itu Anda juga disarankan untuk memiliki kemampuan memotret yang bagus. Kedua kemampuan ini nanti akan menjadi kekuatan sebagai modal utama untuk menjadi food blogger yang sukses.

Apabila salah satu dari kemampuan tersebut tidak ada dalam diri Anda, maka biasanya Anda akan alami stuck.

Konsisten Menulis Atau Mereview Tentang Dunia Kuliner

Konsisten Mereview Tentang Dunia Kuliner

Seperti yang sudah saya singgung di awal, bahwa untuk menjadi food blogger sukses tentu saja tidak bisa didapatkan secara instan dan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Oleh karenanya Anda harus tetap konsisten dalam menulis atau mereview tentang dunia kuliner. Dengan begitu situs blog Anda akan selalu hidup.

Hal ini juga akan membantu Anda dalam meminimalisir situs blog Anda kehilangan pembaca atau pengunjungi.

Strategi Dalam Menyiasati Dana

Strategi Dalam Menyiasati Dana

Apabila Anda benar-benar ingin menjadi food blogger, itu artinya Anda akan lebih sering berkunjung ke tempat makan atau restoran yang sekadar mencicipi makanan yang ditawarkannya.

Tentunya untuk mencicipi makanan tersebut Anda butuh dana.

Apabila Anda cukup intens pergi ke berbagai tempat makan, maka Anda harus lebih pintar lagi dalam mengatur keuangan agar tidak merugi.

Salah satu contoh yang bisa Anda coba praktikkan adalah pergi ke tempat makan ramai-ramai bersama food blogger lain. Dengan begitu Anda bisa mencicipi makanan lebih banyak. Jadi sekali datang Anda bisa mereview banyak makanan.

Jujur Dalam Memberikan Ulasan

Jujur Dalam Memberikan Ulasan

Untuk masalah satu ini memang kerap kali membuat food blogger merasa dilema. Sebab, disatu sisi ia harus merekomendasikan makanan, namun di sisi lain ia harus jujur.

Kalau makanan yang direviewnya memang enak maka tidak akan ada masalah, tapi kalau misalnya makanan tersebut sama sekali tidak enak, lantas apa iya harus bohong?

Namun meskipun demikian, Anda tetap disarankan untuk jujur dalam mereview makanan yang Anda cicipi. Sebab, dengan kejujuran maka reputasi yang baik akan tetap terjaga.

Baca : Tips Menjadi Blogger Yang Menginspirasi

Tapi apabila ada makanan yang kurang pas di lidah pastikan Anda menyampaikan hal tersebut dengan baik.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133