TeknologiSocial Media

Cara Merekam Video Call WA

Cara merekam video call WA sudah menjadi satu hal yang banyak diinginkan oleh masyarakat. Fitur video call dari Whatsapp juga sudah mengalami pembaruan sehingga semakin diminati oleh berbagai pihak.

Whatsapp sebagai aplikasi berbagi pesan sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia.

Tidak hanya berguna untuk berkirim pesan pribadi. Namun juga untuk keperluan pendidikan hingga pekerjaan.

Aplikasi tersebut bahkan sudah diunduh sebanyak 5 miliar kali melalui Google Play Store. Tidak hanya menyediakan fitur berbagi pesan. Namun juga suara, gambar, video, dokumen hingga kontak telepon.

Keunggulan lain dari Whatsapp adalah tidak membutuhkan pulsa. Cukup mengandalkan kuota atau koneksi wifi.

Bahkan aplikasi ini juga tergolong hemat kuota. Sehingga tidak perlu khawatir cepat kehabisan kuota ketika melakukan video call.

Cara Merekam Video Call WA Melalui Android

Pada mulanya, fitur video call hanya dapat dilakukan oleh 2 orang saja. Namun saat ini bisa digunakan oleh 8 orang sekaligus. Sangat menyenangkan bisa melakukannya bersama banyak orang.

Merekam panggilan tersebut dapat dilakukan dalam berbagai jenis smartphone. Mulai dari android hingga iPhone.

Apabila menggunakan android, cara paling praktis dan mudah adalah memakai fitur perekam layar bawaan.

Kamu bisa menemukan fitur tersebut dengan menggulir layar bagian atas ke bawah. Kamu akan melihat banyak menu.

Temukan ikon yang menunjukkan perekam layar. Jangan lupa mengaktifkan perekaman mikrofon pada fitur tersebut.

Namun sayangnya tidak semua smartphone android menyediakan fitur tersebut. Apabila smartphone kamu tidak mendukung fitur tersebut, tidak perlu khawatir. Bisa mencoba dengan aplikasi tambahan.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah AZ Recorder. Aplikasi yang mendukung cara merekam video call WA ini bisa diunduh secara mudah melalui Google Play Store.

Setelah menginstal Az Recorder, berikan izin untuk mikrofon, manajer file dan lain sebagainya. Kemudian layar pop-up Az Recorder akan memberi opsi untuk merekam layar.

Pilih opsi perekaman dan kamu bisa mulai merekan video call WA. Setelah selesai melakukan panggilan, jangan lupa untuk menghentikan perekaman layar. File rekaman akan tersimpan di dalam memori smartphone.

Cara Merekam Video Call WA Menggunakan Aplikasi

Tidak semua smartphone android mendukung aplikasi Az Recorder. Apabila smartphone kamu tidak support, maka bisa mencoba aplikasi lain. Salah satunya adalah DU Recorder. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis.

DU Recorder tidak hanya mempunyai kemampuan untuk merekam panggilan. Namun juga fitur mengedit video. Selain itu kamu juga dapat memilih opsi resolusi video hasil perekaman.

Kamu dapat memotong, menggabung video bahkan menambahkan backsound dan coretan gambar melalui opsi brush. Hasil perekaman panggilan bisa diedit dengan lebih bagus dan disimpan sebagai kenangan.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal aplikasi tersebut. Selanjutnya, buka aplikasi dan akan muncul ikon pada bagian pojok. Klik ikon tersebut ketika ingin melakukan video call.

Apabila kamu menyentuh ikon, maka aplikasi akan mulai melakukan perekaman. Ketika sudah selesai, kamu dapat menghentikannya dengan klik stop atau tanda silang.

Dengan begitu, hasil perekaman akan tersimpan di memori smartphone.

Aplikasi lainnya adalah Mobizen Screen Recorder. Aplikasi ini tidak hanya mampu merekam layar. Namun juga dapat menampilkan semua aktifitas layar ponsel pada laptop atau PC.

Caranya adalah dengan menghubungkan smartphone ke laptop memakai perantara kabel USB. Kamu juga dapat melakukan screenshot layar android.

Meski mempunyai banyak fitur, aplikasi ini menghadirkan interface sederhana.

Cara Merekam Video Call WA Melalui iPhone

Apabila menggunakan smartphone dengan jenis iPhone, merekam video call dapat dilakukan dengan mudah melalui fitur perekaman layar.

Fitur tersebut telah disediakan oleh iPhone. Sedangkan Whatsapp sendiri tidak menyediakan fitur perekaman panggilan.

Menu Pengaturan

Langkah pertama untuk melakukan perekaman adalah dengan mengakses menu pengaturan.

Pada menu tersebut kamu perlu menemukan Control Center. Lalu klik opsi Control Center tersebut. Selanjutnya klik opsi Customize Controls.

Screen Recording

Langkah selanjutnya dalam cara merekam video call WA melalui iPhone adalah memilih menu Screen Recording.

Menu tersebut mempunyai simbol ikon lingkaran dengan warna merah.

Kamu dapat memasukkan menu tersebut ke dalam Include agar mudah ditemukan ketika butuh. Jadi tidak perlu mengakses menu pengaturan terlebih dahulu. Cara ini membuat perekaman menjadi lebih praktis

Lakukan Video Call

Sebelum merekam panggilan video Whatsapp, terlebih dahulu kamu harus memulai video call. Setelah itu, gulir layar ponsel pada bagian atau ke bawah. Pilih opsi Screen Recording yang sebelumnya kamu tambahkan.

Jangan lupa mengaktifkan opsi mikrofon. Maka video call yang kamu lakukan akan direkam oleh perangkat. Apabila ingin menghentikan perekaman, cukup klik opsi Stop.

Fitur ini tidak akan otomatis berhenti ketika panggilan berhenti.

Whatsapp merupakan aplikasi yang menghadirkan banyak fitur menarik. Salah satunya adalah panggilan video.

Namun tidak menyediakan fitur perekaman. Cara merekam video call WA dapat dilakukan melalui fitur bawaan ponsel atau aplikasi tambahan.

Baca :

Cara Share Lokasi Lewat WA

Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Diketahui

Demikian informasi mengenai cara merekam video call WA. Semoga dapat menjawab pertanyaan mengenai fitur perekam layar bawaan, fitur mengedit video, merekam panggilan video Whatsapp.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button