TeknologiSocial Media

Cara Video Call WA Lewat Laptop

Cara video call WA lewat laptop perlu Anda pelajari untuk lebih memudahkan dalam hal digitalisasi. Selain Zoom dan Google meeting, WA menjadi salah satu media pembelajaran maupun bekerja secara daring.

Selain keperluan tersebut, bisa juga dimanfaatkan untuk urusan pribadi.

Melakukan panggilan telepon menggunakan video lebih mengena. Bagi sebagian orang lebih puas karena bisa langsung melihat wajah lawan bicara secara langsung.

Bagi keluarga jauh, fasilitas video call paling pas untuk sarana silaturahim. Terutama masa pandemi yang membatasi orang untuk berkumpul.

Melakukan panggilan video bisa mengobati rasa rindu setiap orang yang melakukannya.

Lebih sering dilakukan menggunakan HP, namun ternyata panggilan video bisa dilakukan menggunakan media laptop.

Sarana Whatsapp Web sudah dapat digunakan untuk keperluan ini dengan cara melakukan video call dari laptop.

Cara Video Call WA Lewat Laptop Tanpa Menggunakan Emulator

Whatsapp pada dasarnya aplikasi untuk media smartphone. Pada saat Anda menggunakannya di laptop maka yang ada adalah Whatsapp Web.

Untuk menggunakan fitur telepon biasanya harus mendownload aplikasi lain terlebih dahulu.

Namun ada cara video call praktis lewat laptop. Tanpa harus mendownload aplikasi tambahan. Langkahnya cukup mudah untuk diaplikasikan namun kualitasnya tidak kalah dengan penggunaan smartphone.

Berikut panduan menggunakan video call:

1. Create room baru. Untuk lebih mudahnya Anda perlu membuat room. Caranya adalah klik “attach” lalu pilih “room”. Setelah muncul pop up, pilih “continue in messenger”. Sehingga bisa langsung melakukannya langsung.

2. Login ke dalam messenger. Maka secara otomatis Anda akan diarahkan untuk masuk login ke messenger. Kemudian Anda harus klik “lanjutkan sebagai”. Karena messenger berarti harus login menggunakan Facebook terlebih dahulu.

3. Buat Room khusus video call. Saat masuk messenger Anda akan ditampilkan ruang chatting. Selanjutnya klik ikon atau simbol kamera. Setelahnya akan terbuka jendela baru, Anda harus pilih “coba” untuk melakukannya.

Kemudian akan muncul pop up untuk penggunaan microphone dan kamera secara langsung. Seperti konfirmasi agar sistem mendapat akses untuk menggunakan fitur tersebut. Pilih “allow” pada saat muncul pop up tersebut.

Langkah ini terbukti efektif sebagai cara video call WA lewat laptop paling mudah. Itulah kenapa banyak orang menggunakan panduan tersebut. Karena caranya dianggap lebih mudah dan praktis untuk dilakukan langsung.

4. Setelah room untuk melakukan panggilan selesai dibuat, selanjutnya Anda masih perlu menyalin dan membagikannya. Undang teman-teman atau target yang Anda tentukan sendiri untuk masuk ke dalam room. Sehingga bisa berhasil.

Cara Video Call WA Lewat Laptop dengan Emulator

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan solusi lainnya, yaitu dengan emulator. Cara ini banyak digunakan bagi yang lebih intens menggunakan laptop ketika membuka WA.

Berikut panduan untuk melakukannya:

1. Diklaim sebagai cara paling efektif ketika melakukan video call WA dari laptop. Pertama unduh aplikasi Nox atau emulator lain di laptop. Login menggunakan Gmail seperti ketika masuk smartphone.

2. Pasang aplikasi Whatsapp di laptop. Bisa mengunduh melalui emulator dengan klik 2x pada aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai dan siap untuk digunakan.

3. Buka Whatsapp dari emulator tersebut. Kemudian login untuk dapat masuk menggunakan nomor yang sudah terdaftar. Bisa juga menggunakan nomor baru supaya nomor utama tidak ter-logout.

4. Lakukan panggilan setelah login berhasil. Klik tanda kamera yang ada di bagian atas halaman percakapan. Konfirmasi panggilan, lalu buat group untuk video call whatsapp.

5. Invite teman ke dalam panggilan sebelum waktu dimulai sehingga bisa melakukan persiapan. Langkah panggilan video WA di laptop sudah selesai, Anda bisa mulai percakapan dengan maksimal 4 orang.

Keuntungan Melakukan Video Call Menggunakan Laptop

Mengakses WA melalui laptop lebih leluasa pada saat melakukan panggilan. Layar penuh dengan tampilan lebih maksimal dibanding menggunakan HP. Sehingga apa yang ingin disampaikan dalam panggilan lebih jelas.

Berikut keuntungannya:

1. Menggunakan laptop tidak menimbulkan panas seperti smartphone. Terutama jika panggilan dilakukan dalam waktu lama seperti meeting. Sangat berisiko jika menggunakan HP, mengingat kapasitasnya lebih terbatas. Sehingga lebih aman memakai laptop.

2. Lebih fokus jika panggilan video merupakan urusan penting. Tangkapan kamera lebih luas, dengan kualitas lebih bagus menghasilkan gambar. Sesuai untuk kebutuhan pekerjaan maupun sekolah daring. Itulah kenapa banyak orang memilihnya.

Karena metode panggilan video WA di laptop lebih bagus. Selain itu juga lebih praktis, tidak memakan tempat, dan ada banyak keuntungan lainnya. Jadi tidak heran bila peminat penggunanya selalu banyak.

3. Tidak mengganggu kebutuhan komunikasi atau aktifitas lain yang menggunakan HP. Pada saat panggilan sedang on, Anda bisa sambil berkirim pesan atau menggunakan HP untuk kepentingan lain. Jadi komunikasi lebih praktis.

Membuat Anda lebih percaya diri ketika menerima atau melakukan panggilan video menggunakan laptop. Feel bekerja atau belajar lebih berasa karena cara video call WA lewat laptop tersebut sangat praktis dilakukan.

Demikian postingan wahyublahe.id mengenai cara video call WA lewat laptop, semoga menjadi bahan bacaan terkait cara video call praktis lewat laptop, metode panggilan video WA di laptop.

Baca : Cara Merekam Video Call WA

Langkah panggilan video WA di laptop perlu diketahui juga. Dan ternyata ada banyak cara video call WA lewat laptop yang bisa dilakukan saat ini.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button