Bisnis

Ciri Ciri Wirausaha Yang Berhasil

Ciri-ciri wirausaha bisa diperhatikan dari para pejuang usaha itu sendiri. Apalagi, menjadi wirausahawan adalah salah satu alternatif yang bisa menjadi jalan keluar untuk masalah pengangguran.

Ciri-ciri wirausaha ini sangat tampak terutama ketika Anda membaca kisah tentang mereka dan kesuksesannya.

Bagaimana perjalanan mereka dalam membangun usahanya, sehingga dikenal oleh masyarakat banyak.

Seorang wirausaha akan bekerja sangat keras dan memikirkan perencanaan usahanya dengan sangat serius.

Seseorang bisa disebut sebagai wirausaha apabila memenuhi wirausaha itu sendiri dan juga menunjukkan ciri-ciri berikut ini:

Bersikap Bijaksana dengan Keuangan

Seorang wirausaha umumnya berhasil mencapai kesuksesan karena bijaksana dengan keuangannya. Namun, tidak sedikit pula wirausaha yang bangkrut karena menggunakan keuntungan yang didapatnya dengan semena-mena.

Biasanya, wirausaha yang gagal seperti ini baru menjalankan usaha selama satu atau dua tahun lalu mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, keuntungan yang didapat tersebut digunakan untuk membeli barang-barang pribadi yang sebenarnya tidak perlu.

Memang Anda boleh saja berbahagia dan membelanjakan uang hasil keuntungan usaha. Hanya saja yang perlu diingat ialah jangan sampai terlena ketika berbelanja mengingat usaha itu ada pasang surutnya.

Sebaiknya juga Anda menyiapkan dana lebih untuk menghadapi masa sulit yang bisa datang kapan saja. Ada baiknya pula bila Anda menggunakan keuntungan tersebut untuk berinvestasi.

Terus Membangun Hubungan

Wirausaha yang sukses selain bijaksana dalam mengelola keuangan juga tidak akan malas dalam membangun hubungan. Pasalnya, mereka menyadari bahwa kesuksesan akan didapatkan melalui membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, termasuk partner, karyawan, dan pelanggan.

Hubungan yang baik ini akan mendukung keberlangsungan usaha. Membangun hubungan juga dapat dilakukan dengan asosiasi usaha yang sejenis. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh update informasi terkini mengenai hal-hal yang terjadi di dunia bisnis Anda.

Mempunyai Jiwa Kepemimpinan

Memang ada usaha yang bisa dijalankan sendirian, akan tetapi keinginan untuk menjalankan semuanya sendiri seperti ini bukan termasuk wirausaha. Pasalnya, seorang wirausahawan ingin agar usahanya maju dan berkembang supaya bisa menjadi tempat bagi banyak orang mendapatkan penghasilan.

Untuk bisa memimpin para karyawan tersebut, seorang yang ingin berwirausaha harus memiliki jiwa kepemimpinan terlebih dahulu. Kemampuan dalam memimpin ini mutlak diperlukan agar bisa membangun tim yang handal yang mampu memajukan usaha.

Memiliki Kemampuan dalam Melakukan Analisa Secara Mendalam

Ciri-ciri seorang wirausaha yang lainnya ialah memiliki kemampuan dalam melakukan analisa secara mendalam. Kedepannya, seorang wirausaha yang menjalankan usahanya pasti akan dihadapkan pada sejumlah masalah dan berbagai alternatif untuk menyelesaikannya.

Ini adalah tantangan tersendiri dalam wirausaha, yakni pengambilan keputusan. Untuk mengambil keputusan yang menguntungkan bagi perusahaan, tentu tidak bisa dilakukan begitu saja. Diperlukan kemampuan melakukan analisa dari berbagai fakta yang ada di lapangan.

Diperlukan kemampuan dalam menyaring berbagai masukan yang berasal dari tim, atau bahkan pelanggan serta diperlukan kemampuan analisa terhadap berbagai informasi yang datangnya dari luar perusahaan.

Dengan melakukan hal tersebut, ini memperbesar kemungkinan keputusan yang diambil adalah keputusan yang bagus dan bermanfaat untuk perusahaan. Ini juga lebih bagus dibandingkan dengan mengambil keputusan hanya berdasarkan asumsi dan intuisi belaka.

Selalu Semangat dan Pantang Menyerah

Siapa yang bilang wirausaha itu adalah hal yang mudah dan selalu menyenangkan? Justru sebaliknya, ketika menjalankan usaha, Anda akan menemukan banyak sekali masalah dan hambatan yang bahkan akan membuat Anda berpikir untuk berhenti melakukannya.

Namun, ciri-ciri wirausaha sejati tidak akan menyerah dengan mudah. Seorang wirausaha yang serius dengan usahanya akan selalu bersemangat dan pantang menyerah sekalipun hasil yang didapatkan melenceng jauh dari yang diinginkan.

Berani Mengambil Risiko

Ketika menjalankan usaha, Anda tentu akan dihadapkan pada sejumlah pilihan ketika menghadapi sebuah masalah. Umumnya, pilihan-pilihan tersebut mengandung risiko.

Seorang wirausaha juga umumnya tidak akan takut dengan risiko tersebut terutama bila berkaitan dengan keberlangsungan usahanya. Dia akan terus maju, menerima risiko dan mencari alternatif lain untuk mengatasinya.

Akan tetapi, berani mengambil risiko di sini bukanlah mengambil risiko secara sembarangan, ya. Namun maksudnya ialah memperhitungkan risiko tersebut dengan baik terlebih dahulu sebelumnya.

Apakah risiko terhitung kecil, besar atau seimbang dengan hasil yang akan didapatkan supaya operasional perusahaan bisa tetap berjalan.

Memiliki Pandangan Akan Masa Kini dan Masa Depan

Wirausaha bukan hanya mengenai mendapatkan keuntungan di masa sekarang, namun juga masa depan. Dengan memiliki pandangan terhadap masa depan, seorang wirausaha akan terpancing untuk terus belajar serta mencari inovasi-inovasi baru.

Dengan demikian, usaha tersebut akan terus berdiri dengan gagah termasuk di masa yang akan datang. Jadi intinya, seorang wirausaha tidak seharusnya terbius dengan kesuksesan sesaat atau kesuksesan yang sudah didapatnya saat ini, melainkan juga memikirkan kesuksesan di masa depan.

Belajar Secara Mandiri dan Kreatif

Salah satu ciri-ciri seorang wirausaha yang sangat penting ialah kemauan dan kemampuan untuk terus belajar termasuk secara mandiri. Kemauan ini memang harus dimiliki oleh seorang wirausaha mengingat kondisi dunia yang lekas berubah.

Selalu terbuka dan mempelajari hal baru adalah perbuatan yang bagus sebagai langkah awal agar dapat menemukan masalah yang dibutuhkan pemecahannya oleh masyarakat. Dengan belajar pula, umumnya akan mudah ditemukan solusi terbaik yang sesuai dengan masalah tersebut.

Mampu menemukan masalah dan persoalan yang ada di sekeliling serta menjadikannya sebagai peluang adalah ciri wirausaha yang lainnya. Dengan demikian, selain bisa membantu banyak orang mendapatkan apa yang dibutuhkannya, wirausaha tersebut akan mendapatkan keuntungan dari masalah yang ada.

Berorientasi pada Hasil

Fokus pada kesuksesan masa kini dan masa depan memang bagus. Akan tetapi, seorang wirausaha juga perlu mempunyai orientasi atas hasil yang bisa diperoleh. Dengan memiliki sikap ini, maka seorang wirausaha akan mampu melakukan pekerjaannya dengan baik.

Walaupun berorientasi pada hasil, tentu saja akan ada masalah dan rintangan yang datang menghambat. Ketika berada di posisi ini, Anda hanya harus tetap berjuang, berinovasi dan jangan malas apalagi menyerah.

Selalu Berpikir Positif dan Mempunyai Rasa Percaya Diri

memang sudah seharusnya wirausahawan memiliki pola dan cara pikir yang positif, terutama dalam hal menentukan langkah apa yang akan dilakukan. Dengan memiliki cara pikir yang positif seperti ini, wirausaha yang bersangkutan juga akan merasa optimis.

Sikap optimis seperti ini juga sangat diperlukan untuk mengembangkan dan memajukan usaha. Pasalnya, dengan bersikap optimis, maka pikiran takut akan gagal akan terusir.

Biasanya takut gagal ini pula yang sering menjadi momok bagi wirausahawan dan membuat mereka mundur dari peluang yang sebenarnya sangat bagus. Selain harus memiliki cara pikir yang positif, seorang wirausaha juga wajib memiliki rasa percaya diri.

Bisa dikatakan bahwa rasa percaya diri ini termasuk modal utama agar bisa meraih kesuksesan. Dengan rasa percaya diri, seorang wirausaha akan lebih mudah memasarkan produknya bahkan mendapatkan partner untuk diajak bekerjasama.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan seperti; sebutkan ciri ciri seorang wirausaha yang memiliki watak dan jiwa wirausaha.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button