Jurus Jitu Meningkatkan Visitor Dengan Clickbait, Bagus Kah?

Clickbait

Fenomena clickbait memang terdengar sangat familiar, terutama bagi penyedia portal berita online. Clickbait diklaim menjadi suatu jurus jitu dalam upaya mendulang klik berjibun.

Tampilan judul berita menggoda tentu membuat khalayak ramai merasa penasaran.

Clickbait ditengarai sebagai penarik perhatian khalayak ramai. Di samping itu, istilah auto klik tersebut juga bertujuan guna membujuk pengguna agar segera mengklik penawaran hyperlink.

Auto klik tersebut dibuat agar pengguna senantiasa ingin mencari tahu lebih lanjut dari tajuk sensasional yang dibuat.

Akan tetapi, tidak ubahnya seperti sebuah koin mata uang fenomena auto klik tersebut memiliki dua sisi berbeda yaitu negatif dan positif. Jadi, auto klik tidak melulu bertujuan untuk hal negatif saja melainkan juga terdapat cita-cita yang positif.

Apa Itu Clickbait?

Clickbait atau akrab disebut dengan umpan klik merupakan sebuah istilah yang merujuk pada konten web guna mendapatkan pendapatan dari iklan online.

Umpan klik sebenarnya merupakan sejenis judul menarik yang mampu memancing perhatian banyak orang.

Sekarang ini fenomena umpan klik tengah merebak di kalangan masyarakat luas, terutama pada laman social media.

Mayoritas para pembuat konten menggunakan clickbait untuk menarik perhatian netizen agar mengklik judul unik tersebut.

Judul berita yang memuat unsur umpan klik bahkan dengan mudah membuat netizen mengklik tombol like dan share tanpa perlu membuuka isinya terlebih dahulu. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa judul umpan balik senantiasa sukses membawa netizen untuk mengklik postingan konten tersebut.

Tujuan pembuatan umpan klik sejatinya tidak lain adalah guna menjaring banyak orang untuk membaca konten yang dibuat. Umpan klik yang baik dan benar senantiasa memiliki judul yang sesuai dengan muatan isi konten.

Namun, fenomena yang terjadi saat ini justru sebaliknya. Judul konten dibuat semenarik mungkin sekaligus membuat banyak orang penasaran.

Sayangnya, muatan isi konten seringkali tidak sesuai harapan dan tidak jarang justru menyajikan konten yang zonk.

Keadaan tersebut semakin diperparah dengan kondisi masyarakat Indonesia yang mempunyai sifat malas membaca. Kebanyakan dari mereka merasa cukup dengan membaca judul serta paragraf pertama saja tanpa mau menangkap keseluruhan isi konten.

Faktanya, meskipun terdapat banyak orang yang mengklik konten tersebut namun nantinya akan berimbas buruk bagi traffic website.

Traffic website yang buruk memungkinkan kecilnya minat konsumen untuk membeli maupun menggunakan produk bisnis yang ditawarkan.

Jika Anda bisa memanfaatkan clickbait dengan benar, tentu hal tersebut dapat memberikan keuntungan yang besar. Salah satunya dari sisi marketing.

Fenomena umpan klik sangat berpengaruh penting dalam suksesnya marketing online.

Umpan klik dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang ampuh dalam menjaring banyak jumlah konsumen. Di samping itu, umpan klik yang digunakan secara benar senantiasa dapat meningkatkan traffic website.

Kelebihan Menggunakan Clickbait

Apabila mampu memanfaatkan umpan klik dengan benar, tentu Anda akan memperoleh keuntungan yang besar. Jadi, fenomena umpak klik tidak sepenuhnya mempunyai konotasi yang negatif saja.

Umpan klik juga dapat memberikan beragam keuntungan bagi Anda.

Clickbait yang diterapkan dengan bijak dapat memberikan keuntungan yang bagus bagi Anda.

Judul umpan balik yang dibuat mesti diimplementasikan guna keperluan konten artikel, gambar, video maupun judul produk dalam suatu toko online.

Adapun keuntungan yang baik dari suatu judul clickbait di antaranya ialah seperti berikut. Kiranya dapat mengubah stigma negatif tentang fenomena umpan klik dalam lingkup masyarakat luas.

1. Meningkatkan data kunjungan

Dampak terbesar yang dapat dituai dari suatu judul umpan klik adalah meningkatnya jumlah data kunjungan. Hal ini mengingat bahwa judul suatu konten sejatinya adalah representasi dari muatan isi. Harus ada hubungan selaras antara judul dengan muatan berita.

Jadi, apabila judul tersebut dirasa menarik dan membuat penasaran maka orang pun akan banyak yang ingin membukanya. Fakta ini tentu sangat cocok bagi Anda yang mempunyai tulisan bagus pada blog maupun konten video dari akun live streaming Youtube.

2. Mengasah sisi kreativitas

Penggunaan judul umpan klik tentu mampu untuk mengasah sisi kreativitas dari diri Anda. Anda tentu akan merasa tertantang untuk membuat judul yang unik sekaligus penasaran untuk membuka isi konten.

Anda mesti tahu bagaimana cara membuat judul clickbait tanpa melenceng dari muatan konten.

Misalnya, isi konten Anda memuat daftar jenis handphone terupdate pada tahun 2020. Anda dapat membuat judul seperti berikut “Terupdate, Ini Dia Daftar Handphone Terbaru 2020”.

Judul ini tentu akan menarik minat baca pengunjung website, social media maupun blog Anda.

3. Meningkatkan pendapatan

Bagi Anda yang memiliki blog maupun situs video streaming, judul umpan klik tentu dapat meningkatkan pendapatan Anda. Terutama Youtube yang dapat dimonetize oleh Anda untuk meningkatkan pendapatan dari postingan konten.

Dalam membuat judul umpan klik pada situs live streaming, sebaiknya jangan hanya untuk lucu-lucuan saja atau malah melenceng dari isi konten.

Karena banyaknya clickbait lucu film ataupun movie digunakan juga untuk konten video youtube, hal ini tentu dapat menjadi boomerang bagi Anda.

Alih-alih meningkatkan pendapatan, justru konten Anda tidak akan diklik orang.

4. Meningkatkan transaksi

Bagi pemilik toko online, judul produk yang memanfaatkan fenomena umpan klik juga dapat menjaring banyak konsumen. Dalam mengimplementasikan judul umpan klik pada toko online, yang terpenting bukan pada postingan tiap produk.

Sebuah toko online sebaiknya menggunakan judul yang SEO friendly. Jadi, judul berbau umpan klik hanya digunakan untuk mengadakan promo saja. Misalnya, “Hanya dengan Rp. 100.000,00 Anda Bisa Bawa Pulang 3 Sandal Ini”.

Kekurangan Menggunakan Clickbait

Clickbait bertujuan untuk memperoleh viewer. Namun, umpan klik ini tidak ubahnya seperti dua sisi mata uang. Fenomena judul umpan klik juga bisa berdampak negatif dan cenderung merugikan bagi banyak kalangan.

Bahaya umpan klik yang buruk tidak hanya dapat dirasakan oleh viewer, namun juga pada kreator konten tersebut.

Berikut ini adalah sejumlah bahaya dari judul umpan klik yang kerap dijumpai dalam dunia internet.

1. Bahaya umpan klik dari sisi kreator

• Penerimaan nilai buruk dari viewer

Tidak dapat dipungkiri bahwa bahaya umpan klik paling penting dari seorang kreator adalah adanya penerimaan nilai buruk dari sisi kreator. Alih-alih mendapatkan respon positif dari para viewer, kreator justru akan mendapatkan respon negatif.

Viewer akan menilai kinerja kreator sebagai yang terburuk dalam membuat suatu konten. Parahnya lagi, nantinya viewer tersebut akan malas untuk mengklik konten buatan kreator tersebut di waktu-waktu yang akan datang.

• Konten turun rating

Bahaya berikutnya dari judul umpan klik adalah konten yang dibuat mudah turun rating. Tidak adanya viewer yang mau mengklik konten Anda tentu berakibat konten tersebut menjadi turun rating dalam laman pencarian Google.

Pada sistem search engine Google, konten yang sepi viewer tidak akan mampu bertahan lama. Hal semacam ini tentu juga akan berimbas pada pendapatan Anda. Menurunya tingkat viewers, maka menurun pula pendapatan Anda dari konten tersebut.

• Anggapan buruk dari viewer

Tidak hanya turun rating dalam pencarian konten di search engine Google, Anda juga akan ditandai oleh viewer sebagai kreator yang malas. Di samping itu, viewer juga akan menandai Anda sebagai kreator dengan kualitas buruk.

Apabila Anda bekerja sebagai kreator pada perusahaan tertentu, maka bersiap-siaplah untuk tidak mendapatkan job yang serius. Ini tentu akan menjadi permasalahan yang cukup berat bagi Anda.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari judul umpan klik yang menyesatkan.

2. Bahaya umpan klik dari sisi viewer

• Mendapatkan informasi zonk

Jika Anda seorang viewer, maka jangan begitu mudah tertarik dengan judul konten tanpa melihat isinya. Alih-alih mendapatkan informasi konten terbaru, justru Anda tidak akan menjumpai informasi yang dicari.

Dengan demikian, penting sekali untuk membaca keseluruhan isi konten.

• Membuang waktu

Tertipu judul clickbait tentu juga bisa menyebabkan Anda kehilangan banyak waktu.

Sudah tidak mendapatkan informasi yang dicari, Anda juga mesti menyia-nyiakan waktu guna membaca konten yang tidak informatif sama sekali. Hal ini akan sangat merugikan Anda.

• Hanya membuat emosi

Membaca judul konten dan mengkliknya namun tidak menemukan informasi yang dicari tentu hanya akan membuat Anda emosi. Sudah kesal, buang waktu. Anda tentu akan sangat merugi. Parahnya lagi, jika tidak selektif Anda justru akan termakan hoax.

Contoh Clickbait

Guna memberikan gambaran jelas kepada Anda, di bawah ini adalah sejumlah contoh judul konten clickbait. Kiranya dapat memberikan wawasan kepada Anda.

  • 20 Care guna Meningkatkan Traffic Website (Nomor 18 Jangan Sampai Lewat).
  • 39 Cara Mujarab Menghilangkan Lemak di Tubuh (Nomor 7 dan 17 Paling Mudah Dicoba).
  • 7 Hal Fatal saat Berkendara (Nomor 5 Paling Sering Dilakukan).
  • Putra Artis Kondang Jeremy Thomas Terserang Flu saat di Lapas.
  • 11 Hal Wajib Kamu Lakukan di Usia Seperempat Abad.
  • Cantik! Ini Dia Potret Elea, Putri Andhika Pratama yang Makin Mirip Suzy Miss A.
  • Shandy Aulia Pasangan Dodit Mulyanto Tampil Makin Menawan di Korea.
  • Jatuh Cinta Itu Wajar, Kok. Ini Dia Tandanya.
  • Saat Diciduk Paksa, Nikita Mirzani Merasa Sedih.
  • Respon Giorgino Abraham Soal Trailer Tersanjung Movie.
  • Intip 11 Koleksi Tas Mewah Jessica Iskandar.
  • Aksi Kentut Belasan Publik Figur Ini Pasti Bikin Melongo.
  • Simak Gaya Hijab Angelina Sondakh Si Penghafal Al-Qur’an dalam Lapas.
  • Makin Bening, Ini Dia Foto-Foto Yuki Kato Sahabat Karib Ariel Tatum.
  • Zodiak Tuntun Asmaramu Hari Ini.
  • Citra Kirana Nikah, Begini Respon Warganet untuk Ali Syakieb.
  • Ruang Guru di Vietnam, Fenomena yang Perlu Anda Tahu.
  • Ini Dia Kelelawar Penyebab Virus Corona.
  • 17 Kicauan Kocan Warganet Pakai Bahasa Daerah Bisa Bikin Ketawa.
  • 11 Obrolan Sensitif Ini Sukses Biking Guling-Guling Ngakak.
  • Cara Menghilangkan Lemak Tubuh Hanya 2 Minggu.
  • 20 Momen Driver Ojol Bikin Baper.
  • 17 Potret Kamar Tidur Publik Figur Indonesia. Nomor 8 Pasti Bikin Pengen.
  • Selain Rano Karno, 5 Publik Figur Ini Kunjungi Penggemar yang Sakit.
  • Tidak Perlu Mahal, Ini Dia 5 Smartphone Murah dengan Spesifikasi Mumpuni Wajib Dibeli.
  • Astaga! Segini Biaya Sekolah Anak Artis. Jumlahnya Bisa Bikin Bangun 5 Rumah.
  • 40 Rekomendasi Menu Masakan Serba Sosis Pasti Bikin Nagih.
  • Pulsa Habis Tetep Pengen Internetan? Ini Dia Caranya.
  • Gosok Gigi Saja Tidak Cukup, Lho! Anda Perlu Coba Cara Ini Agar Gigimu Tetap Sehat.
  • Bukan Kopi Saja. Ini Dia Penyebab Asam Lambungmu Gampang Naik.

Nah, demikian informasi mengenai clickbait, semoga menjadi bahan bacaan yang bermanfaat ya.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133