Teknologi

Contoh Artificial Intelligence

Contoh Artificial Intelligence atau AI saat ini sudah dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan di sekitar Anda. Sebab perkembangan kecerdasan buatan memang makin pesat dari tahun ke tahun.

Anda bisa melihatnya dari berbagai penemuan yang dipublikasikan para ahli di berbagai bidang kehidupan.

Misalnya, di dunia industri untuk bantu percepatan produksi, berbagai robot atau alat yang digunakan dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan.

Meskipun tidak langsung menggunakannya, manfaat kecerdasan buatan bisa Anda rasakan sebagai pengguna teknologi. Hanya saja, belum banyak yang menyadarinya dan merasa hanya orang tertentu dapat menikmati manfaatnya perkembangan teknologi ini.

Padahal AI sebenarnya cukup dekat dengan kehidupan Anda, memudahkan dalam fungsi pekerjaan, kehidupan sehari-hari, seperti dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Bahkan memegang peran penting dalam bidang-bidang tersebut.

Bagi Anda yang belum memahami dengan baik mengenai AI atau kecerdasan buatan ini, kami memiliki informasi penerapan AI dalam kehidupan serta apa saja contohnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Mari simak uraian berikut ini.

Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Manusia

Contoh Artificial Intelligence sebenarnya dapat dilihat dari berbagai hal yang ada di sekitar Anda. Salah satunya adalah gadget yang Anda miliki. Itu adalah produk yang dibuat berdasarkan pengembangan teknologi berbasis mesin dengan meniru kecerdasan manusia.

Sejak pertama kali dikembangkan pada tahun 1956 oleh John McCharty, tujuan kecerdasan buatan memang untuk meringankan pekerjaan manusia. Konsepnya adalah memodelkan cara berpikir manusia lalu mendesain mesin menyerupai hal tersebut.

Istilahnya cognitive tasks, yaitu kemampuan mesin berperilaku layaknya manusia. Mesin akan bisa belajar otomatis dari data dan informasi yang diberikan, kemudian melakukan pekerjaan. Inilah sebenarnya tujuannya, yaitu memberi manfaat AI bagi manusia.

Mulanya AI hanya digunakan untuk memprogram mesin untuk melakukan berbagai pekerjaan, tapi sekarang perkembangannya sudah memasuki berbagai bidang. Bahkan saat ini ada berbagai jenis robot berasal dari pengembangan kecerdasan buatan.

Dalam dunia pendidikan misalnya, AI berperan dalam banyak aspek yang bantu mempermudah pekerjaan guru, terutama dalam urusan administratif. Lalu di dunia kesehatan yang bantu para petugas kesehatan melaksanakan tugasnya lebih efisien.

Contoh Artificial Intelligence di Bidang Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, AI digunakan dengan tujuan untuk membuat siswa agar bisa belajar dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan lebih efektif. Selain itu, juga bantu permudah pekerjaan guru. Beberapa contohnya adalah:

Mentor Virtual

Salah satu contoh yang sangat mudah ditemukan adalah berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, yaitu adanya mentor virtual. Yaitu teknologi pendidikan berbasis daring.

Contoh Artificial Intelligence ini dapat ditemukan di berbagai aplikasi mentor daring, misalnya penerapan Blackboard yaitu sebuah alat yang digunakan di perguruan tinggi Eropa dan Amerika.

Di dalam alat tersebut dosen atau pengajar akan mempublikasikan catatan, pekerjaan rumah, kuis, juga tes sehingga mahasiswa dapat mempelajarinya sendiri. Atau contoh mudahnya adalah aplikasi Ruang Guru.

Voice Assistant

Teknologi ini mengandalkan suara sebagai pusat interaksi dan komunikasi, seperti Google Assistan, Siri, dan Cortana. Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang dapat bantu mencarikan berbagai informasi ini.

Smart Content

Smart content merupakan kecerdasan buatan dalam pendidikan yang sangat membantu pelajar maupun pengajar, karena dapat bantu temukan konten materi dan buku digital dengan lebih mudah dan cepat.

Salah satu penerapannya adalah perpustakaan digital, bisa ditemukan di sekolah, perguruan tinggi, atau perpustakaan umum. Contoh mudahnya adalah aplikasi iPusnas yang bisa Anda temukan di Playstore atau AppStore.

Contoh Artificial Intelligence di Bidang Kesehatan

Selain di dunia pendidikan, AI juga makin dikembangkan pada bidang kesehatan dan mampu membantu kesembuhan lebih banyak pasien. Beberapa contoh kecerdasan buatan tersebut adalah sebagai berikut:

Konsultasi Digital

Setelah pandemi Covid-19 terjadi, dilakukan lock down, PPKM, dan berbagai kebijakan untuk mencegah interaksi langsung manusia. Hal ini juga berimbas pada kesulitan pasien berkonsultasi dengan dokter.

Kemudian, banyak layanan konsultasi dibuka untuk bantu para pasien tersebut. Bisa jadi, Anda juga merupakan salah satu penggunanya. Teknologi ini merupakan Artificial Intelligence yang dikembangkan para ahli.

Sistem Pekerjaan Repetitif (Berulang)

Di sebuah rumah sakit pasien yang datang melakukan pemeriksaan tidak sedikit. Apabila tidak ada sistem pengolahan data akurat, maka pekerjaan akan lama dan rentan terjadi kesalahan.

Dengan adanya sistem pekerjaan repetitif yang dilakukan robot, maka tugas melakukan analisis tes, X-Rays, CT Scan, entri data, dan berbagai tugas lainnya dapat dilakukan lebih cepat serta akurat sehingga dapat minimalkan kesalahan.

Perawat Virtual

Pernah dengar mengenai perawat digital? Yaitu kecerdasan buatan dalam kesehatan dalam bentuk bantuan yang diberikan untuk mengawasi pasien dari jarak jauh. Perawat digital akan membantu memantau kondisi pasien dan menindaklanjutinya dengan perawatan.

Aplikasi ini merupakan program dikembangkan untuk mendukung pasien dalam kondisi mengidap penyakit kronis. Mulai dari pemantauan kesehatan hingga menjawab pertanyaan pasien dapat dilakukan aplikasi ini.

Itu dia beberapa contoh hasil penelitian para ahli tentang AI yang dipergunakan dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Masih banyak contoh Artificial Intelligence yang dapat ditemukan di sekitar Anda dan merupakan penemuan sangat bermanfaat.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button