Marketing

Contoh Iklan Bantahan

Contoh iklan bantahan bisa menjadi gambaran bagi Anda yang ingin membuat iklan sesuai dengan jenisnya, yaitu bantahan.

Sebagian dari kita mungkin masih asing dengan contoh iklan bantahan, tapi ini sangat penting bagi pemilik bisnis atau perusahaan agar lebih inovatif.

Bagi pemilik perusahaan atau bisnis, promosi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimilikinya.

Namun, ada contoh iklan bantahan dengan tujuan khusus, yaitu membantah yang isu merugikan.

Apa Itu yang Dimaksud Iklan Bantahan?

Iklan bantahan merupakan iklan yang bertujuan untuk melawan atau membantah isu yang merugikan perusahaan.
Terkadang, ada isu atau informasi tidak benar yang merugikan merek atau citra dari suatu perusahaan.

Apabila isu tersebut tidak benar adanya, biasanya perusahaan akan membuat contoh iklan bantahan sebagai bentuk klarifikasi dari isu yang ada.

Kriteria Iklan Bantahan yang Perlu Diketahui

Contoh iklan bantahan sebenarnya sudah banyak beredar di berbagai media, mulai dari media cetak hingga media elektronik.

Namun, biasanya kita mengabaikan atau tidak mengetahui dari jenis iklan bantahan yang sering dilakukan perusahaan.

Meskipun Anda belum mengenal jauh contoh iklan bantahan, tapi Anda bisa mengenalinya dengan memahami kriteria iklan bantahan.

Kriteria inilah yang membuatnya berbeda dengan jenis iklan yang lain, seperti iklan penawaran.

Pada dasarnya, iklan memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk maupun jasa dan memperkenalkan bisnis kepada khalayak umum.

Berbeda dengan contoh iklan bantahan yang memiliki tujuan tersendiri, yaitu lebih fokus pada klarifikasi.

Untuk lebih mengenal iklan bantahan dengan baik, mari kita simak apa saja yang menjadi kriteria iklan bantahan.

Menempatkan Komunikator sebagai Pihak yang Dirugikan

Komunikator merupakan orang yang membuat iklan karena memang orang itulah yang memiliki kepentingan dari isu merugikan yang beredar.

Umumnya, komunikator adalah pihak yang merasa dirugikan jadi butuh contoh iklan bantahan.

Saat mengetahui adanya isu tidak benar atau merugikan perusahaan, pihak perusahaan pasti tidak akan tinggal diam karena bisa berdampak pada bisnisnya.

Oleh karena itu, contoh iklan bantahan yang tepat sangat diperlukan perusahaan.

Perusahaan harus tahu bagaimana cara membuat iklan bantahan sebagai bentuk pertahanan diri atau pembelaan jika isu yang beredar merugikan.

Contoh iklan bantahan ini sangat penting demi mengembalikan citra perusahaan yang terganggu.

Mengeliminasi Iklan yang Tidak Menguntungkan

Sebelum adanya contoh iklan bantahan, pasti ada isu tidak benar atau merugikan.

Tanpa adanya isu merugikan, perusahaan tidak akan mengeluarkan iklan bantahan karena memang tujuan dari iklan ini adalah sebagai klarifikasi atas isu tidak benar.

Selain membuat iklan bantahan, perusahaan biasanya akan membahas atau mencantumkan sebagian atau bahkan keseluruhan isu yang beredar.

Dengan begitu, orang yang belum mengetahui sebelumnya bisa memahami contoh iklan bantahan.

Setiap contoh iklan bantahan pasti memiliki bagian ini sebagai tanda bahwa iklan yang dibuat perusahaan merupakan iklan bantahan.

Setelah iklan diterbitkan, biasanya isu tidak benar akan berkurang sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Meluruskan Isu pada Porsi yang Benar

Apabila ada isu tidak benar atau merugikan, perusahaan akan meluruskan isu tersebut dengan menyebutkan kebenaran di balik isu tersebut.

Itulah mengapa contoh iklan bantahan mengandung fakta atau klarifikasi dari isu yang beredar.

Kata-kata yang digunakan juga bisa menjadi tanda bahwa iklan tersebut berjenis iklan bantahan.

Pembenaran yang dibenarkan biasanya juga sesuai dengan porsi, yaitu tergantung dengan isu merugikan yang beredar di media, baik cetak atau TV.

Dengan contoh iklan bantahan, Anda akan semakin memahami kriteria iklan bantahan seperti apa yang disebutkan sebelumnya.

Hal ini memudahkan Anda dalam membuat iklan bantahan yang diperlukan perusahaan untuk memberi klarifikasi.

Contoh Iklan Bantahan yang Menarik

Banyak contoh iklan bantahan yang bisa Anda jadikan inspirasi agar iklan yang dibuat semakin meyakinkan.

Misalnya, Anda adalah pemilik usaha dan melihat ada isu tidak benar yang beredar di berita, isu tersebut sangatlah merugikan bisnis Anda.

Contoh iklan bantahan yang bisa dibuat adalah “Kami perusahaan Jayamaju telah melihat adanya isu tidak benar tentang kami yang beredar di media sosial.”

“Kami bisa menjamin bahwa isu itu tidak benar karena produk tersebut bukanlah produk kami.”

Setelah memberikan klarifikasi, contoh iklan bantahan biasanya juga akan memberikan pernyataan pembenaran sekaligus promosi.

Misalnya, “kami telah melalui 3 tahap pemeriksaan kualitas produk sehingga bisa dijamin kualitasnya”.

Setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam pembuatan iklan bantahan agar mampu mempertahankan citra perusahaan yang baik.

Dalam pembuatan iklan bantahan, penting untuk menunjukkan fakta kebenaran agar lebih meyakinkan.

Anda bisa menjadikan contoh iklan bantahan ini sebagai inspirasi agar perusahaan tidak dirugikan dengan adanya isu yang tidak benar.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button