Marketing

Contoh Iklan Baris dan Iklan Kolom

Contoh iklan baris dan iklan kolom bagi beberapa orang, masih cukup sulit untuk membedakannya. Apalagi, beberapa orang juga masih belum memahami bagaimana membuat iklan yang lebih baik.

Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha atau pebisnis, maka setidaknya harus mengerti tentang beberapa jenis iklan. Promosi menarik memang menjanjikan. Namun, akan lebih baik jika disesuaikan dengan keadaan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa hal mengenai iklan baris dan kolom. Anda akan mempelajari tentang pengertian, perbedaan, hingga beberapa contoh untuk iklan baris serta kolom.

Pengertian Iklan Baris dan Iklan Kolom

Seperti namanya, iklan ini merupakan promosi yang ada dalam sebuah baris ataupun kolom. Biasanya, promosi ini ada pada beberapa platform, baik offline maupun online. Namun, keduanya memiliki fungsi sama.

Di platform offline, biasanya promosi tersebut ada pada koran, majalah, atau selebaran. Sedangkan pada platform digital bisa terdapat pada sosial media, flyer, hingga platform streaming video.

Di sisi lain, biasanya promosi ini hanya dilakukan dalam satu kolom dan satu baris saja. Namun, untuk menyesuaikan dengan promosi tersebut, ukuran kolom maupun baris lebih besar dari biasanya.

Bahkan, beberapa promosi ini menggunakan satu halaman penuh. Biasanya, promosi tersebut menunjukkan banyak produk sekaligus. Misalnya, iklan produk-produk elektronik, promosi kendaraan bermotor, atau promosi lainnya.

Ciri-Ciri Iklan Baris dan Iklan Kolom

Setiap jenis iklan pasti memiliki ciri-ciri sendiri. Promosi dalam bentuk baris maupun kolom juga memiliki ciri-cirinya sendiri. Biasanya, keduanya hanya menggunakan beberapa kalimat penting saja dengan tambahan gambar.

Meskipun dalam promosi tersebut hanya beberapa kalimat singkat saja, tapi isinya langsung penjelasan produk. Ini juga merupakan nilai plus dari kedua jenis promosi tersebut dengan memberikan informasi to the point.

Promosi dalam bentuk baris hanya terdiri dari beberapa kalimat saja. Bahkan, beberapa promosi produk hanya 1 baris. Namun, isinya sangat padat, jelas, dan langsung to the point.

Sedangkan untuk promosi berbentuk kolom biasanya memiliki ukuran lebih besar. Jika Anda pernah membaca koran, pasti melihat di beberapa bagian tentang iklan beberapa produk sekaligus.

Beberapa Contoh Iklan Baris dan Iklan Kolom

Ada beberapa contoh iklan baris maupun kolom yang bisa Anda buat. Namun, terlepas dari semua itu ada beberapa tipe dalam surat kabar. Berikut ini beberapa contoh yang bisa jadikan rekomendasi.

Contoh Iklan Baris dan Iklan Kolom Produk

Pesan ini berisi tentang beberapa petunjuk produk. Biasanya, pesan ini juga tergolong pada iklan komersial. Misalnya, promosi untuk menjual mobil, sepeda motor, atau barang lain.

Dalam promosi tersebut, biasanya selalu disertai dengan informasi seputar produk, misalnya, spesifikasi, kelebihan, hingga yang lainnya. Berikut ini beberapa contoh untuk pesan baris serta kolom produk.

“Mobil A terbaru. Menggunakan mesin diesel untuk segala jenis medan jalan. Dilengkapi interior berkualitas dari kulit sintetis”.

“Motor Y terbaru menggunakan teknologi hemat bahan bakar. Mesin halus dengan tarikan nyaman. Promo 25% untuk 100 pembeli pertama di toko kami”.

“Lengkapi kebutuhan harianmu dengan bahan-bahan pokok dari toko kami. Ada banyak diskon untuk setiap produk. Diskon up to 50% dengan minimal belanja Rp1 juta”.

Contoh Iklan Baris dan Iklan Kolom Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat juga sering dijumpai dalam surat kabar. Isi dalam promosi tersebut biasanya cukup beragam. Anda bisa menjumpai pesan anti narkoba, hidup sehat, hingga keluarga berencana.

Pesan yang disampaikan biasanya sangat ringkas. Namun, dari sisi makna sudah mewakili banyak pesan. Berikut ini adalah beberapa contoh untuk iklan layanan masyarakat pada promosi baris ataupun kolom.

“Jauhi narkoba. Hargai hidupmu dan keluargamu. Jangan rusak kebahagiaan orang-orang terdekatmu”.

“Narkoba adalah musuh bersama. Tangkal benda haram ini sejauh mungkin. Jauhkan keluargamu dari narkoba karena bisa merusak masa depan”.

“Sekarang bukan jamannya lagi banyak anak banyak rezeki. Sekarang sudah zamannya banyak investasi banyak rezeki”.

“Keluarga ideal masa depan, 2 anak cukup. Mari ber-KB untuk menciptakan keluarga ideal”.

“Hidup sehat dengan rutin olahraga dan minum air putih. Ingat! Tubuh sehat, finansial terjaga”.

“Mari olahraga bersama. Budayakan hidup sehat untuk hari tua bahagia”.

Contoh Iklan Baris dan Iklan Kolom untuk Pribadi

Penggunaan untuk pribadi atau keluarga juga sering dilakukan. Mempromosikan menggunakan kolom atau baris dinilai lebih efektif. Meskipun saat ini sudah banyak promosi menggunakan platform digital seperti sosial media.

Biasanya, tipe promosi ini dipakai untuk mengumumkan sesuatu. Ini bisa berupa pernikahan, syukuran, ulang tahun, atau acara lainnya. Berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda pakai.

“Hadirilah pernikahan anak kami Dwi Putra dengan Anggraini Dwi yang bertempat di hotel A pada hari Sabtu, 14 Agustus 2022”.

“Telah lahir anak kami bernama Siti Aisyah pada hari Senin, 22 Januari 2022”.

“Hadirilah reuni akbar SMA xx angkatan 1996 pada Sabtu, 11 Desember 2022 yang bertempat di aula SMA xx”.

Beberapa kalimat ini hanya sebagian kecil saja. Anda bisa membuat contoh iklan lain. Beberapa contoh iklan baris dan iklan kolom ini setidaknya bisa Anda jadikan ide atau inspirasi.

Baca : Iklan Baris Masih Efektif di Zaman Sekarang?

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button