Marketing

Contoh Iklan di Facebook

Contoh iklan di Facebook menjadi fokus artikel kali ini untuk memberikan informasi kepada Anda yang sering menggunakan platform ini untuk bersosial media.

Anda pasti pernah membeli melalui penawaran iklan Facebook. Juga dari feed teman-teman di Facebook pasti sering terdapat promosi produk.

Facebook seakan bukan hanya sebagai media komunikasi namun juga bisnis. Tidak heran jika penggunanya milyaran.

Perlu diketahui bahwa iklan di facebook ada yang berbayar dan tidak. Tidak berbayar sering disebut organik, meski terbilang cukup efektif, namun lebih maksimal menggunakan layanan berbayar. Karena fiturnya lebih lengkap.

Menariknya, semua tipe produk maupun jasa bisa dipromosikan langsung. Selama memenuhi syarat dan tidak merupakan produk yang dilarang, pasti mendapat persetujuan.

Bahkan perhelatan event bisa dipublikasikan secara langsung bila memungkinkan.

Contoh Iklan Menggunakan Fb Ads

Contoh iklan di Facebook Ads selalu terkesan profesional dan efektif. Salah satunya penawaran MLM Oriflame. Call to Action-nya cukup simple seperti “daftar”, “hubungi kami”, “penjelasan selengkapnya”, dan masih banyak lagi.

Call to action tersebut berupa tombol yang langsung akan menghubungkan audience ke halaman penawaran secara penuh.

Ada juga yang langsung menampilkan form untuk dijadikan sebagai media pendaftaran menjadi member mereka.

Contoh iklan di Facebook yang lain berupa ajakan untuk langsung membeli produk. Biasanya digunakan oleh perusahaan retail, baik besar maupun kecil.

Tujuannya adalah bisa menghasilkan penjualan produk yang lebih efektif.

Untuk pengusaha retail perorangan, dengan brand lokal, biasanya langsung diarahkan ke menu pembelian. Jadi konsumen begitu memilih klik pada banner atau tombol call to action, langsung masuk ke menu pemesanan.

Anda pastinya sering melihat suatu tayangan penawaran produk tertentu hanya beberapa hari. Setelahnya hilang dari peredaran. Lalu kemudian muncul kembali dan running selama beberapa hari, hal ini sudah biasa terjadi.

Durasi penayangan berbeda-beda. Tergantung berapa budget yang disiapkan untuk running. Perusahaan besar umumnya memasang lebih lama.

Sehingga visibilitasnya tinggi seperti Alibaba, Shopee, Lazada dan sebagainya. Karena dana yang disiapkan besar.

Aspek Penting Pembuatan Contoh Iklan di Facebook

Contoh iklan platform digital tidak lepas dari aspek yang harus ada. Dengan begitu hasilnya bisa lebih memuaskan.

Berikut beberapa aspek penting yang harus diperhatikan saat ingin membuat iklan di Fb:

1. Perhatikan visualnya, karena kebanyakan penghuninya adalah kalangan remaja, anak muda, orang dewasa, jadi lebih mudah mempengaruhi melalui visual.

Karena umumnya mereka lebih suka melihat daripada membaca sebuah isi promosi produk.

2. Kontras antara latar dengan tulisan dan gambar harus dengan komposisi yang seimbang. Penggunaan font dan warna tidak berlebihan.

Sehingga tetap terkesan elegan namun menarik untuk dilihat oleh audiens secara langsung.

3. Relevan dengan isi. Banyak sekali iklan yang tidak sesuai dengan tampilan depan.

Pada saat audience melakukan klik call to action, atau banner ternyata tidak seperti yang ditawarkan. Sehingga hasilnya buruk.

Banyak contoh membuat iklan di Facebook menggunakan click bait. Dimana ketika audience tidak sengaja klik atau memang ingin klik, langsung dibawa ke halaman pembelian. Padahal bukan maksud audience untuk membeli.

4. Aspek lainnya adalah proporsi mengundang. Contoh, pada saat Anda membuat iklan untuk penjualan masker medis.

Gunakan kalimat promosi, “beli 5 gratis 1”, “diskon 15%” dan sebagainya untuk menarik calon pelanggan.

Call to action, atau ajakan untuk bertindak. Seperti yang disinggung sebelumnya.

Secara langsung bisa menggunakan “buruan!”, “ayo jangan ketinggalan”, “segera!” dan masih banyak lagi. Ini banyak digunakan untuk penjualan produk.

Contoh Promosi Periklanan di Facebook

Contoh iklan di Facebook bisa ditemukan dari beberapa perusahaan besar.

Di bawah ini adalah beberapa contoh promosi yang biasa ditayangkan pada halaman Fb secara langsung kepada audiens, antara lain:

1. Standard Chartered Bank misalnya, penawaran pinjaman tanpa agunan, kartu kredit, kredit usaha. Tidak banyak komposisi warna, pemilihan font standar. Namun tetap terlihat elegan ketika melihatnya.

2. Tufine.id, produsen pakaian muslim ini menampilkan video pada bannernya. Sehingga penggunaan kalimat lebih efisien lagi.

Cukup singkat menjelaskan produk, selanjutnya calon konsumen bisa membaca deskripsi di masing-masing gambar.

3. Iklan penawaran akomodasi dari Traveloka. Penjelasan isi iklan cukup singkat, terutama untuk hotel. Namun dibuat menarik dari aspek proporsi seperti “diskon 30%”, “cashback 25%” dan lain sebagainya.

4. Marketplace seperti JD.ID, identik dengan latar putih dan visual merah. Hal paling menarik yang mampu mempengaruhi konsumen adalah “gratis ongkir”. Gambar dibuat slide, sehingga bisa dilihat mana saja yang promo.

5. Layanan pendidikan seperti English First. Lebih menarik karena visualnya sangat sederhana, namun pada call to action audience diajak untuk mengukur kemampuan bahasa Inggrisnya.

Hasilnya langsung dapat diketahui setelah tes selesai.

Broker saham juga sering menggunakan layanan platform digital ini sebagai sarana promosi. Bahasa persuasinya adalah investasi dengan pengembalian menguntungkan.

Semua contoh iklan di Facebook membuktikan platform ini cukup efektif.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button