Marketing

3 Contoh Iklan Komersial

Contoh Iklan Komersial yang Anda buat harus memperhatikan terlebih dulu bagaimana pemilihan diksi atau kata. Usahakan singkat, jelas, tetapi tetap mampu menarik calon pelanggan minimal mereka bersedia melihat dulu.

Dengan melakukan hal tersebut, kesempatan untuk membeli menjadi lebih besar.

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah membuat kalimat berupa ajakan. Untuk membeli produk tersebut karena, dari berbagai alasan yang disampaikan.

Jadi, jangan hanya mengajak saja tetapi, tetap sampaikan fakta menarik dari produk produk tersebut. Misalnya, mempunyai kandungan vitamin C lengkap, mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan merek lainnya.

Agar lebih mudah untuk memahami coba simak beberapa contoh yang sudah disematkan di bawah ini. Dilengkapi dengan berbagai jenis yang selama ini terus dipertahankan oleh berbagai merek ternama.

Contoh Iklan Komersial Menggunakan Strategi

“Kulit Anda makin kusam saja? Tidak pernah dirawat ya? Lakukan perawatan sejak sekarang pakai handbody terbaik. Sampai sekarang saya masih pakai, sekarang dilengkapi dengan vitamin c juga, semakin sulit berpaling.”

Jenis pertama adalah Contoh Iklan Komersial produk menggunakan skema strategi. Dimana, merek tersebut memberikan informasi kepada pelanggannya, bahwa kandungannya tidak pernah berubah, selalu bagus digunakan untuk semua jenis kulit.

Kondisi seperti ini biasa diterapkan sebagai langkah, agar pelanggan tidak pergi dan pindah ke produk lain. Harus diakui, saat ini sudah banyak handbody sejenis dengan berbagai kandungan alami.

Mereka memberikan bukti, hanya saja ada satu poin penting harus diperhatikan bila kondisi kulit satu orang dengan lainnya berbeda. Inilah alasan mengapa setiap merek mengeluarkan berbagai produk.

Sama hanya saja ada penambahan manfaat. Misalnya, belum dilengkapi SPF, pada peluncuran baru sudah tersedia.

Teknik terebut juga sering digunakan oleh beberapa pabrikan sepeda motor. Tidak heran, mereka memberik brand new pada jagoannya. Inilah yang dinamakan sebagai strategi jadi, produk lama tidak digunakan lagi.

Tetapi, tidak meninggalkannya sama sekali. Dalam pembuatannya, Anda juga harus hati-hati, sampaikan ke pelanggan penambahannya saja. Jika, dilihat kasus diatas adanya penambahan vitamin C yang mampu merawat kulit.

Contoh Iklan Komersial Menggunakan Skema Taktis

“Dengan Mobile BCA Anda bisa melakukan transaksi Cuma sebatas Jari.”

Selanjutnya adalah Contoh iklan perusahaan yang menggunakan skema Taktis. Dimana, mereka ingin calon pelanggan baru menggunakannya.

Oleh karena itu, selalu menggunakan jargon yang memberikan informasi secara langsung.

Jika, dilihat BCA sebenarnya ingin memperkenalkan produk baru yaitu Mobile BCA. Dimana, seluruh transaksi dan keperluan cukup dari Handphone saja. Tidak perlu lagi pergi ke ATM atau ke Customer Service.

Pemilihan ungkapan tersebut bisa dikatakan cukup tepat bukan? karena, semua bisa dilakukan hanya dari ponsel. Dan cukup menggerakkan jari saja, semua dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu aktivitas.

Poin penting dalam pembuatan dari skema taktis ini adalah kata pendukung yang sesuai dengan kebutuhannya. Masih ingat produk Yakult? Dimana mereka baik untuk usus Anda, sehingga menggunakan jargon cintai ususmu.

Serta masih banyak lagi, beberapa merek ternama memakai cara seperti ini. Memang kata tersebut sederhana, tetapi bisa jadi sebuah doktrin dan hipnotis. Bila ingin menjaga organ tersebut beli Yakult.

Walaupun banyak pesaingnya, Namun merek tersebut tetap menjadi pilihan utama dan yang selalu diingat.

Usahakan kata tersebut ada di awal serta akhir keseluruhan iklan. Bila hanya menggunakan gambar pastikan tertulis.

Usahakan terbaca jelas dan menarik perhatian konsumen. Sama saja, tertulis tetapi, pada akhirnya calon pelanggan Anda tidak membacanya. Inspirasi lainnya bisa dari sprite yang cukup unik, atau Indomie.

Semua bisa digunakan, asalkan didalamnya terdapat kandungan informasi penting dan manfaat bagi Anda sendiri.

Jadi, pikirkan dengan baik, jangan tergesa-gesa untuk memutuskan. Terus ulangi, sampai enak terdengar di telinga.

Contoh Iklan Komersial yang Tidak Berhubungan dengan Niaga

Harus diketahui, strategi dari perusahaan cukup banyak. Selain membuat yang mendatang perdagangan mereka terkadang memilih iklan non komersial sebagai bagian dari jualan, apakah berhasil?

Jawabannya adalah iya, coba simak!

“Selamatkan Bumi Sekarang Juga, Ayo bersama Philips Kita Matikan 1 jam saja seluruh lampu. Cara ini sudah sangat membantu,”

Dari kasus diatas sebenarnya merupakan salah satu bagian dari komersial karena, ada merek dagang disana yaitu Philips. Hanya saja, langkah seperti ini bisa dikategorikan dengan non perdagangan atau niaga.

Kondisi tersebut biasa memanfaatkan rasa empati terhadap apa yang sedang terjadi.

Bila, Anda ingin membuat strategi periklanan tersebut, cobalah melihat momen yang tepat. Philips cukup tepat karena, mereka perusahaan lampu.

Harus diakui pemakaian lampu memang tidak terlalu bagus untuk bumi, membuat keadaan semakin panas.

Mungkin, Anda mempunyai perusahaan plastik, bisa juga menggunakannya dengan mengingatkan orang buang sampah pada tempatnya.

Membuatnya memang sedikit susah, karena harus memikirkan kata yang tepat digunakan sebagai jargon.

Hanya saja, dengan melihat berbagai Contoh Iklan Komersial lainnya, bagaimana karakteristik produk, informasi serta manfaatnya untuk pelanggan.

Baca : Contoh Iklan Niaga Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Artikel publish di kategori Marketing, semoga bermanfaat ya.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button