Marketing

5 Contoh Iklan Media Cetak

Contoh iklan media cetak tentu sudah sering kita lihat, bukan? Entah itu di koran, majalah, ataupun media cetak lainnya. Namun pernahkah Anda mencoba untuk membuat iklan di media cetak?

Iklan memang merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari perihal marketing.

Meski saat ini sudah banyak tersedia media digital untuk beriklan, tetap saja media cetak masih diminati orang banyak.

Tentunya hal ini tidak terlepas dari besarnya pasar media cetak. Karena tidak bisa diungkiri, membaca di media cetak memiliki kesan tersendiri yang tidak bisa digantikan oleh media digital.

Bagi Anda yang ingin beriklan di media cetak, perlu memahami terlebih dahulu mengenai contoh-contohnya. Dengan begitu Anda bisa merumuskan iklan terbaik sesuai dengan target dan tujuan Anda.

Perlu Anda pahami bahwa iklan di media cetak sendiri terdiri dari beragam jenis. Setiap jenis tersebut memiliki karakteristik dan kaidah tersendiri. Sehingga Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis tersebut.

Dengan mengetahui setiap jenis dari iklan media cetak serta karakteristiknya, akan mempermudah Anda dalam membuatnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari iklan media cetak serta contohnya.

Iklan Baris

Jenis iklan media cetak pertama adalah iklan baris. Iklan ini sering ditemui di media koran. Sesuai namanya iklan ini hanya terdiri dari beberapa baris saja.

Biasanya iklan jenis ini terdiri dari 3 – 5 baris saja. Ketersediaan tempat yang kecil mendorong pembuat iklan untuk lebih kreatif. Bahkan tidak jarang mereka menggunakan singkatan di dalamnya.

Biaya membuat iklan ini bergantung pada panjang dan jumlah karakter yang dibutuhkan. Berikut ini adalah contoh iklan media cetak baris yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Dijual cepat murah LB50/LT58. Harga 300JT Nego. Tersedia 4KT, 1,5KM. Sisa belakang 5M, sisa depan 4M. Lokasi Perum Kelapa Gading Blok X No 00. HP/WA 083812233432.

Iklan Di Brosur

Brosur adalah media cetak yang memang dibuat sebagai alat untuk melakukan pemasaran. Oleh karena itu tidak aneh jika sebuah brosur berisi iklan. Anda bisa membuat brosur dengan beragam ukuran.

Ukuran yang biasanya digunakan untuk membuat brosur berkisar dari A3, A4, A5 hingga A6. Semakin besar ukuran brosur tentunya akan semakin mempermudah Anda menaruh materi iklan.

Sebuah brosur biasanya terdiri dari gambar dan tulisan yang berisi informasi penawaran. Berikut ini adalah contoh iklan media cetak brosur yang sering ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan.

Grand Opening Gramedia! Diskon semua barang mulai dari 30% berlaku mulai dari 10 Agustus hingga 24 Agustus 2021. Tambahan diskon sebesar 5% bagi pemegang kartu kredit BCA.

Iklan Di Majalah

Majalah adalah salah satu media cetak yang disukai banyak orang. Sama seperti koran, Anda bisa menemukan banyak informasi di dalam sebuah majalah. Hanya saja majalah memiliki desain yang lebih menarik.

Oleh karena itu beberapa produsen lebih menyukai memasang iklan di dalam majalah. Anda bisa menempatkan iklan di satu halaman penuh atau hanya sebagian saja. Tentunya biaya yang dibutuhkan akan berbeda.

Karena desain majalah dibuat lebih berwarna, Anda bisa membuat iklan berupa gambar. Berikut ini adalah ide contoh iklan media cetak majalah yang bisa Anda terapkan untuk iklan Anda.

Yaitu dengan menempatkan berbagai produk yang Anda miliki secara menarik. Setelah itu masukkan slogan. Contohnya adalah slogan dari minuman teh botol sosro yaitu “apapun makanannya, minuman teh botol sosro”

Iklan Spanduk

Spanduk adalah media yang juga sering dijadikan sebagai alat beriklan. Spanduk dibuat secara horizontal dan biasanya diletakkan di pinggir jalan. Spanduk biasanya ditempatkan di dekat toko.

Spanduk sering dijadikan sebagai penanda sebuah toko tertentu. Dengan pemasangan spanduk yang besar, akan membuat orang-orang mudah melihat dan datang untuk berbelanja ke toko tersebut.

Sebuah spanduk biasanya berisi informasi umum seperti nama toko dan jenis produk yang dijual. Meski tidak jarang, beberapa kelebihan produk juga ditempatkan di dalam spanduk. Berikut ini contoh iklan media cetak spanduk.

Depot Isi Ulang Air Mineral AirQua. Pemrosesan dilakukan dengan cara micro filtrasi, ozonisasi dan menggunakan sinar ultraviolet. Menerima pesanan dan bisa langsung diantar ke rumah.

Iklan Flyer

Flyer adalah media cetak yang mirip dengan brosur. Hanya saja flyer terdiri dari satu halaman muka ataupun bolak-balik. Sementara brosur biasanya dilipat hingga beberapa lipatan.

Flyer biasanya dibagikan kepada masyarakat umum di berbagai tempat. Mulai dari di tengah pengadaan event, pinggir jalan, kafe dan sebagainya. Isi dari flyer kurang lebih sama seperti brosur.

Meski dunia digital sudah mengalami perkembangan yang cukup maju, media cetak tetap memiliki nilai jual untuk beriklan. Sebab banyak orang yang masih menjadikan media cetak sebagai bahan bacaan mereka.

Oleh karena itu Anda juga bisa memanfaatkan media cetak untuk memasarkan produk Anda. Dengan menggunakan contoh iklan media cetak di atas, Anda bisa membuat iklan yang cocok untuk bisnis Anda.

 

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button