Marketing

Contoh Iklan Media Elektronik

Dalam membuat contoh iklan media elektronik, Anda harus memperhatikan informasi apa yang ingin disampaikan sesuai dengan medianya radio, tv, atau cetak.

Perhatikan juga dimana Anda akan menggunakannya. Karena, satu perangkat dengan lainnya mempunyai perbedaan. Paling mencolok adalah langkah pembuatannya dibedakan menjadi tiga.

Pertama, hanya berupa suara saja. Jadi, saat membuatnya harus disertakan efek suara. Misalnya saja, sedang minum air, saat pagi hari, berada di wilayah perkotaan, atau saat naik pesawat terbang.

Pendengar harus mengerti dimana tempat tersebut berada atau dalam keadaan apa. Karena, disinilah penyampaian informasi dan pemahaman dari sebuah advertising tersebut dimulai.

Semakin jelas, kemungkinan beli cukup tinggi.

Kedua, Gambar dan teks menjadi satu kesatuan. Biasanya digunakan pada perangkat televisi. Jadi, ada beberapa adegan serta percakapan singkat. Disinilah, mereka mencoba menarik perhatian penontonnya.

Ketiga, hanya berupa gambar saja. Langkah seperti ini tersedia di media internet atau surat kabar. Mereka tidak menyebutkan spesifik maksimal 10 kata. Hanya saja, lebih menguatkan jargon untuk menarik perhatian.

Agar lebih jelas mengenai tiga karakteristik iklan elektronik tersebut.

Berikut ini ada beberapa contoh pembuatannya beserta ulasannya secara langka. Silahkan perhatikan secara seksama, bagaimana teknik pembuatannya.

Contoh Iklan Media Elektronik Radio

(terdengar suara pintu terbuka)

Ibu : habis dari mana?

Anak : Latihan bu,

Ibu : Capek sekali kelihatannya, ini ibu bawakan minuman buat mengembalikan energi Anda

Anak : terima kasih bu, (glek..glek..glek) wah iya, energi aku kembali lagi.

Contoh pertama untuk Media Elektronik di Radio ini memang cukup singkat dan jelas. Karena, perhitungan biayanya setiap detik. Walaupun tidak terlalu panjang, Anda harus memperhatikan beberapa poin pentingnya.

Misalnya, suara pintu terbuka, dimana mengindikasikan seorang anak pulang dari Rumah. Bila nanti membuat untuk obat batuk, harus disertakan juga suara orang batuk. Hal tersebut sebagai sebuah informasi.

Rumusnya cukup mudah dalam membuatnya yaitu tentukan dulu apa yang akan ditawarkan kepada pendengar.

Kemudian, pikirkan adegan yang cocok. Dari kasus diatas dapat dilihat bahwa penawarannya adalah minuman berenergi.

Kasus paling cocok adalah lelah setelah latihan dan mengembalikan energinya kembali. Agar sesuai dengan keadaan nyata harus terdengar suara orang minum. jadi, detail dari efek suara tersebut hal terpenting.

Tetapi, harus diingat semua itu harus sinkron. Jangan sampai menawarkan minuman berenergi tetapi, diminum setelah bangun tidur. Rasanya kurang masuk akal bahkan, akan ditertawakan.

Kesalahan adegan ini membuat pendengar tidak akan percaya terhadap iklan tersebut. Hal ini terjadi karena, tidak sesuai kenyataannya. Secara pikiran dunia nyata tidak mampu diterima akal. Jadi, perhatikan dengan baik.

Memang tampak remeh, hanya saja hal tersebut berdampak sangat besar. Tidak perlu menambahkan harga.

Cukup informasi mengenai fungsi dan manfaatnya setelah digunakan saja, serta bagaimana cara membelinya.

Contoh Iklan Media Elektronik Televisi

Adegan seseorang sedang memegang handphone dan bermain game

Teksnya seperti ini, “wow, handphone ini memang tiada duanya, baterainya awet, buat game kenceng, kamera oke, kecanggihannya nomero uni,”

Contoh Iklan untuk Media Elektronik TV diatas sepertinya cukup mudah. Tetapi, ada poin penting yang harus diperhatikan adalah teks yang digunakan. jadi, untuk melengkapi dan bahasa yang digunakan melebih-lebihkan.

Misalnya, kasus diatas dapat dilihat dari penggunaan kata handphone yang tiada duanya serta canggih nomero uno. Hal ini menunjukkan bahwa, Handphone tersebut bagus dari segi kualitasnya.

Hal tersebut untuk melengkapi adegan seseorang yang sedang menggunakan handphone dan memanfaatkan beberapa aplikasinya.

Ekspresi dari tokoh juga berperan besar. Bisa dikatakan ada banyak aspek harus diperhatikan.

Kondisinya hampir sama seperti membuat film. Hanya saja, durasinya lebih pendek. Karena, maksimal 2 menit untuk satu kali penayangan, terdiri dari maksimal 5 adegan dan tempat berbeda.

Contoh Iklan Media Elektronik Cetak Atau Internet

Terakhir adalah media cetak atau internet. Seperti yang sudah disebutkan, biasanya hanya gambar saja tanpa sebuah kata atau adegan. Poin pentingnya adalah jargon serta 2 informasi khusus.

Jargon tersebut digunakan agar yang membaca selalu ingat, misalnya meniru dari Yamaha, “selalu didepan.” Tidak perlu ada tambah kata saja, semua orang pasti sudah tahu dengan kualitasnya.

Bila motor mereka memang nyaman dan bisa jadi pilihan. Kata, selalu didepan tersebut bisa digunakan untuk berbagai konsumen. jadi, perhatikan pula siapa konsumen Anda. Apakah, anak muda. atau orang tua.

Karena, keduanya mempunyai kata-kata berbeda. Akan sangat terasa dari segi bahasa. Selain itu, dalam membuat Contoh Iklan Media Elektronik Cetak juga harus sesuai dengan manfaat yang dihasilkan.

Minuman berenergi bisa menggunakan kata menang setiap hari.

Karena, penggunaan kata menang ini sejalan dengan manfaat yang diberikan oleh minuman tersebut. Mampu mengembalikan kembali energi Anda, sehingga menjadi juara.

Saat membuatnya perhatikan benar berbagai karakteristiknya terlebih dulu. Agar penonton, pembaca, dan pendengar bisa paham serta tergerak untuk membeli.

Sebelum membuat contoh iklan media elektronik pahami dulu manfaat produk tersebut.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button