Marketing

Contoh Iklan Niaga untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Contoh iklan niaga memberikan gambaran bagaimana sebuah produk diperkenalkan dan membantu Anda untuk kreatif dalam memasarkan berbagai produk.

Orang membeli atau menggunakan suatu produk karena mengenal produk tersebut, caranya beragam, contoh iklan niaga, kolom, media sosial, dan beragam jenis lainnya.

Dalam sebuah bisnis, hal ini dikelola dalam suatu divisi pemasaran atau marketing. Aspek terpenting dalam sebuah marketing adalah memperkenalkan, menumbuhkan minat, serta mengajak audiensnya untuk menjadi konsumen atas produk atau jasanya.

Apabila tujuan dari pengenalan dan ajakan tersebut adalah komersial, iklannya disebut sebagai iklan niaga.

Sedangkan ajakan tanpa mengandung unsur komersial termasuk dalam kategori iklan non niaga Contohnya kampanye tentang anti narkoba, kampanye 5M dan sebagainya. Sebagai langkah dalam pengembangan bisnis, tentu iklan niaga tidak boleh dilewatkan.

Contoh Iklan Niaga Berupa Produk

Sebuah bisnis bisa berbentuk produk maupun jasa, karenanya cara marketingnya juga harus menyesuaikan jenisnya. Produk lebih fokus pada pengenalan barang yang akan dibeli atau dimiliki konsumen. Karenanya keunggulan atau kemanfaatan harus diperkuat.

Contoh pada Produk Makanan

Contoh iklan niaga atau penawaran pada produk makanan tidak sulit ditemukan, paling sederhana pasti mengenal tentang teh botol sosro. Unsur pengenalannya terletak pada fleksibilitas konsumsinya. Dengan tagline

“apapun makanannya minumannya tetap teh botol sosro”

Cara lain untuk memperkenalkan selain menggunakan tagline juga bisa menggunakan jingle. Jingle merupakan cara alternatif menyampaikan pesan pemasaran menggunakan musik. Contohnya seperti produk Indomie dengan jingle “Indomie Seleraku”.

Contoh Pada Produk Kebersihan

Tampil bersih, putih, dan berseri menjadi fokus dari produk – produk kebersihan, salah satunya adalah pasta gigi Pepsodent. Memiliki beragam bentuk kampanye, mulai dari senyum Pepsodent hingga beragam teks lainnya, seperti dipercaya dan dipakai dokter di Indonesia.

Agar produk kebersihannya mampu bersaing, menampilkan berbagai kebutuhan juga bisa menjadi salah satu cara memperkuat iklannya. Pemberian unsur kebutuhan ini akan mendorong audiens untuk merasa butuh dan pada akhirnya mau membeli produknya.

Produk kebersihan lainnya yang sangat melekat erat dalam benak audiens adalah Lifebuoy. Dalam iklannya tidak hanya menyatakan membuat tubuh menjadi bersih, tetapi juga membunuh kuman, mengharumkan, dan menjadi keharusan dalam sebuah keluarga.

Contoh Iklan Niaga Jasa

Tidak jauh berbeda dengan promosi produk, untuk jasa lebih berfokus pada memperkenalkan layanan pada masyarakat. Tujuannya adalah masyarakat mau untuk menyewa atau menggunakan jasanya, contohnya seperti penawaran bersih – bersih atau fotografi.

Cara memperkenalkan iklannya juga sedikit berbeda dari produk, mengingat audiens atau masyarakatnya tidak akan mendapatkan sebuah barang. Tetapi akan memperoleh sebuah manfaat dengan memanggil jasanya tersebut, misal badan menjadi lebih bugar setelah dipijat.

Mengenai penyusunan kata – kata dalam iklannya sendiri harus benar – benar memperhatikan layanan dan target audiensnya. Contohnya mengenai iklan salah satu jasa fotografi berikut, “Profesional Photography Solution For Your Business and Personal Needs”

Berdasarkan informasi yang tertera pada iklannya tersebut audiens akan mendapatkan beberapa informasi terkait jasanya. Pertama mengenai penawarannya, yaitu sebuah jasa untuk fotografi, atau memotret dan merekam momen.

Kedua mengenai target fotografinya, bisa untuk keperluan komersial maupun keperluan pribadi. Misalnya audiens memerlukan ahli untuk memotret produk kue yang hendak dijualnya bisa memanfaatkan jasanya. Atau memerlukan dokumentasi wedding juga bisa menggunakannya.

Untuk kredibilitas fotografernya juga tidak perlu diragukan lagi, mengingat dalam iklannya sudah tertera informasi tentangnya, yaitu dikerjakan oleh orang profesional. Kejelasan jasanya, seperti layanan, target, dan jaminannya menjadi komponen penting dalam sebuah iklan niaga.

Tips Membuat Iklan Niaga untuk Bisnismu

Mempelajari contoh iklan niaga yang tepat dapat membantu Anda untuk membuat iklanmu sendiri. Terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menyusun iklannya. Cobalah pelajari masing – masing langkahnya, dan kreasikan iklanmu sendiri.

Memahami Target Audiens

Perbedaan usia, budaya, dan tingkat pendidikan memiliki persepsi berbeda terhadap suatu hal. Agar pesannya bisa tersampaikan dengan baik, harus menyesuaikan cara penyampaiannya sesuai dengan karakter dari audiensnya.

Selain bisa menyampaikan pesan secara tepat, memahami target juga bisa mengetahui kebutuhan audiensnya. Dengan memanfaatkan pemahaman tersebut, Anda bisa menyusun iklan untuk menunjukkan benefit bagi kebutuhan audiens.

Memahami Keunggulan Produk

Produk atau jasa yang Anda tawarkan haruslah terpahami secara baik, mulai dari sejarah pembuatan produknya, berbagai fiturnya, hingga keunggulan kompetitifnya. Contohnya teh botol sosro, memperhatikan betul bagaimana keunggulan produk tehnya.

Keunggulannya yang bisa dipadukan dengan berbagai jenis makanan, memunculkan inspirasi tagline populer tersebut. Apabila Anda hendak membuat sebuah tagline, pastikan memiliki pengetahuan mendalam tentang produkmu.

Membentuk Kata-Kata yang Atraktif

Meskipun kata-katanya sederhana, tetapi harus diperhatikan dengan seksama. Diksinya haruslah mudah diucap, diingat, serta diulang oleh audiensnya. Contohlah Shopee, siapa yang tidak bisa goyang dan menyanyi jingle e-commerce berlabel warna oren tersebut.

Untuk meningkatkan kreativitas dalam menyusun kata-katanya, Anda harus banyak – banyak mempelajari bagaimana iklan kompetitor. Pahami bagaimana struktur kata – katanya mampu mendeskripsikan produknya.

Memperkenalkan produk atau jasa memang tidak mudah, namun apabila berhasil, penjualan bisa meningkat drastis. Memahami contoh iklan niaga produk terkenal, bisa membantu Anda untuk memperkenalkan produkmu lebih baik lagi.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button