Marketing

Contoh Iklan Pendidikan di Televisi dan Media Sosial

Contoh iklan pendidikan sering kita jumpai di TV, media sosial, bahkan dengan beragam bentuk lainnya. Dari iklan itulah kita mengenal berbagai lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal yang berkualitas dan terbaik.

Sekarang ini, kita bisa menemukan berbagai lembaga sekolah dengan tingkatan berbeda, baik negeri maupun swasta.

Tidak heran jika persaingan di dunia pendidikan semakin ketat sehingga membutuhkan contoh iklan pendidikan.

Iklan atau Promo Lembaga Pendidikan

Apabila tahun ajaran baru telah datang, biasanya akan bermunculan contoh iklan pendidikan atau promo lembaga pendidikan, baik formal maupun non-formal.

Iklan ini bertujuan untuk mendapatkan calon murid atau pelajar sebanyak-banyaknya.

Semakin banyak pelajar atau murid yang masuk, maka lembaga pendidikan tersebut bisa semakin maju dan berkembang.

Itulah mengapa dibutuhkan contoh iklan pendidikan agar lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan lembaga itu.

Berbagai lembaga pendidikan di Indonesia juga sudah menampilkan contoh iklan pendidikan untuk mempromosikan sekolahnya.

Mulai dari bimbingan belajar, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Pesantren dan masih banyak lembaga pendidikan lain.

Sebagian besar lembaga pendidikan ini pasti pernah menampilkan iklan untuk promosi agar semakin banyak pelajar yang mendaftar.

Bentuk Iklan Pendidikan yang bisa Dijumpai

Di zaman yang serba canggih ini, kita dipermudah dalam pembuatan contoh iklan pendidikan dengan berbagai jenis yang berbeda-beda.

Sebelum membuat iklan, tentu Anda harus mengenal berbagai bentuk iklan yang biasa digunakan.

Setiap jenis iklan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi Anda harus memahaminya agar bisa memilih bentuk iklan yang tepat.

Contoh iklan pendidikan juga tersedia dalam beberapa bentuk sebagai inspirasi dalam pembuatan iklan.

Contoh iklan pendidikan bisa Anda jumpai melalui berbagai bentuk, mulai dari brosur, poster, hingga baliho.

Setiap bentuk tersebut membutuhkan jumlah anggaran yang berbeda jadi Anda harus bisa menyesuaikannya dengan anggaran dari lembaga.

Untuk lebih memahami bagaimana kelebihan dan kekurangan dari setiap bentuk iklan pendidikan.

Iklan Pendidikan Melalui Brosur

Contoh iklan pendidikan melalui brosur bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mempromosikan lembaga pendidikan agar mendapatkan lebih banyak murid. Brosur merupakan iklan yang menggunakan selembaran kertas berisi promosi.

Selembar kertas ini nantinya akan dibagikan pada siswa atau murid di tingkat akhir agar tertarik untuk masuk ke lembaga pendidikan tersebut. Contoh iklan pendidikan seperti ini tentu membutuhkan usaha lebih dalam membagikan iklan brosur.

Dalam pembuatan contoh iklan pendidikan brosur, Anda juga harus memperhatikan desain dari iklan tersebut, bukan hanya kata-kata yang digunakan. Desain iklan yang menarik membuat pelajar atau orang tua akan membaca iklan brosur lebih lanjut.

Iklan Pendidikan Melalui Poster

Bentuk iklan lain yang bisa menjadi pilihan adalah melalui poster. Sebenarnya hampir sama dengan brosur, contoh iklan pendidikan poster juga menggunakan selembar kertas tapi ukurannya lebih besar dan fokus pada gambar dibanding kata.

Iklan dalam bentuk poster ini sangat cocok jika lembaga pendidikan Anda mengunggulkan lingkungan sekolah, kualitas gedung, fasilitas dan lainnya. Dengan begitu, gambar yang ditampilkan pada contoh iklan pendidikan akan lebih menarik.

Contoh iklan pendidikan poster biasanya tidak dibagikan secara langsung pada target, melainkan ditempelkan di tempat-tempat strategis sekitar sekolah. Misalnya, di papan pengumuman sekolah, tempat makan dekat sekolah dan tempat lainnya.

Iklan Pendidikan Melalui Baliho

Bentuk contoh iklan pendidikan berikutnya adalah berbentuk baliho. Bentuk iklan yang satu ini memiliki skala yang lebih besar karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jadi Anda harus mempersiapkan dulu anggaran yang dimiliki lembaga.

Iklan baliho dirasa memiliki efektivitas yang lebih tinggi karena dapat dilihat oleh siapa saja, khususnya jika baliho ditempatkan di tempat strategis, seperti jalan raya. Dengan begitu, contoh iklan pendidikan akan menjadi perhatian bagi banyak orang.

Dalam pembuatan contoh iklan pendidikan baliho, Anda harus memperhatikan desain, kata-kata, dan tempat baliho. Itulah mengapa Anda harus melakukan survey tempat terlebih dahulu untuk menemukan lokasi yang pas dan menguntungkan.

Setelah mengetahui beberapa bentuk iklan pendidikan, selanjutnya kita akan mengulas tentang contoh dari iklan pendidikan yang biasa kita jumpai.

Contoh Iklan Pendidikan yang Menampilkan Gambar atau Desain

Setiap contoh iklan pendidikan akan menampilkan gambar atau desain yang berkaitan dengan sekolah, seperti gedung sekolah, murid dan lainnya. Tulisan nama sekolah atau lembaga pendidikan harus berada di atas dan berukuran lebih besar.

Jangan lupa untuk menambahkan informasi secara detail pada contoh iklan pendidikan, mulai dari program kelas, syarat pendaftaran, waktu pendaftaran dan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh lembaga pendidikan tersebut.

Untuk sekolah formal, program kelas mungkin menjadi keunggulan yang harus ditampilan pada contoh iklan pendidikan. Berbeda dengan sekolah non-formal yang lebih kompetitif dalam hal biaya jadi sertakan pula promo yang sedang berlaku.

Misalnya saja dengan menuliskan “Tak perlu mahal, cukup Rp 450.000 untuk belajar setahun bersama kami”. Anda juga bisa menuliskan nominal awal sebelum promo sehingga terlihat jelas perbedaan harga yang diberikan.

Bagi Anda yang ingin membuat iklan pendidikan, pastikan dulu anggaran yang dimiliki, bentuk iklan yang tepat, baru merancang isi dari iklan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan contoh iklan pendidikan yang bermanfaat.

Baca : Contoh Iklan Dalam Bahasa Inggris

Tentunya, contoh iklan pendidikan banyak kita jumpai di berbagai media, mulai dari media massa, media cetak hingga media elektronik sebagai cara untuk promosi.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button