Marketing

Contoh Iklan Televisi

Contoh iklan televisi bisa dijadikan sebagai referensi ketika Anda akan membuat sebuah penawaran produk atau kepentingan lainnya. Tentunya akan memperkaya pengetahuan Anda soal dunia periklanan.

Karena iklan tidak hanya untuk kebutuhan komersial, namun ada banyak tipe penawaran.

Mulai dari pemasaran berbau komersil, edukasi, layanan masyarakat, kampanye dan sebagainya.

Televisi sebagai media untuk menyampaikan berbagai informasi dipilih karena mampu menjangkau hingga daerah pelosok tanah air.

Diklaim lebih efektif dibandingkan dengan internet yang belum bisa dijangkau masyarakat daerah terpencil sekaligus.

Itulah kenapa banyak pemilik produk lebih suka menggunakan Tv sebagai sarana promosi saat ini.

Tidak hanya itu saja, banyak layanan masyarakat menggunakannya untuk sarana edukasi kepada mereka tentang permasalahan umum.

Iklan dan Edukasi Terhadap Masyarakat

Manfaat contoh iklan televisi adalah untuk sarana penyampaian pesan. Salah satu yang sering ditemui adalah informasi sarat konten edukasi. Seperti cara cuci tangan yang benar menggunakan sabun dan air mengalir.

Pesan edukasi ini biasa disampaikan oleh produsen sabun seperti Lifebuoy, Dettol, dan brand lain. Apalagi di tengah masa pandemi yang sedang berlangsung. Iklan edukasi semacam ini sangat berguna untuk masyarakat.

Memiliki 2 fungsi sekaligus yaitu mengkampanyekan hidup sehat untuk mencegah penularan Covid-19 dan menawarkan produk.

Jadi kesannya tidak hanya call to action secara langsung. Melainkan pendekatan dari sisi kesehatan konsumen.

Jadi bisa dibilang bahwa pada dasarnya media pemasaran itu tidak hanya sebatas bertujuan untuk menghasilkan transaksi jual beli saja.

Berikut ini adalah contoh iklan Televisi yang berkaitan dengan edukasi masyarakat:

1. Ajakan untuk patuh terhadap peraturan protocol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan masker.

Merupakan momentum yang dapat dimanfaatkan para produsen masker untuk menjualnya. Meski penawarannya tidak dilakukan menggunakan media elektronik tersebut.

2. Ajakan mensukseskan anjuran study from home, menjadi keuntungan bagi provider seluler.

Banyak kemudian penawaran kuota internet khusus untuk kebutuhan belajar dan ini secara massif disambut baik oleh para masyarakat umum.

3. Iklan layanan ojek online seperti Gofood, Gosend dan sejenisnya mendukung anjuran untuk stay at home.

Masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah, semua kebutuhan bisa dibantu oleh layanan tersebut secara langsung.

4. Edukasi sekaligus ajakan berbagi melalui dompet amal, donasi dan sejenisnya bagi daerah yang tertimpa musibah.

Ini juga sering tayang di TV dengan maksud mengajak masyarakat peduli terhadap sesama. secara langsung

Contoh Iklan Televisi yang Menarik untuk Anak-anak

Contoh iklan TV khusus anak-anak cukup beragam. Seperti penawaran susu pertumbuhan. Target utamanya adalah orang tua, namun isi penawaran menggambarkan kehidupan anak-anak dengan pesan edukasi didalamnya.

Berikut contoh pemasaran anak-anak:

1. Seperti SGM, dengan jorgan “aku anak SGM”.

Tema promosi adalah semangat belajar anak-anak, hingga saat dewasa mampu mencapai cita-cita sebagai engineer, public figure, dan profesi berkelas lainnya. Sehingga lebih bermanfaat.

2. Iklan Milo, yang selalu mengatakan semangat, energik, sportif.

Slogan khasnya adalah “energi untuk setiap hari”. Anak-anak akan tertarik dengan ide cerita seperti bermain bola, basket, bulu tangkis, athletic dan sebagainya.

3. Susu pertumbuhan khusus balita.

Jika dilihat tema tayangan ditampilkan antara produsen satu dengan lainnya serupa.

Intinya adalah mendukung kecerdasan anak dan pertumbuhannya dengan menampilkan balita melakukan kegiatan sehari-hari dengan semangat.

4. Tidak hanya susu, biscuit dengan jorga “sekuat macan” yang dimiliki Biskuat juga menarik bagi anak-anak.

Dengan menampilkan cerita kekuatan, ketangguhan anak setelah makan biskuit, cukup mudah mempengaruhi audience yang melihatnya.

5. Contoh iklan televisi menyasar anak-anak juga dibuat oleh makanan cepat saji sekelas Mc Donald.

Materi utamanya sebenarnya menu makanan. Namun lebih menarik karena dipoles dengan bonus mendapatkan mainan secara langsung.

Cara Membaca Maksud dari Iklan

Tidak semua penawaran komersial maupun layanan masyarakat digambarkan jelas. Banyak juga yang hanya menonjolkan jargon atau tagline produk.

Masyarakat sebagai calon konsumen harus dapat membuat kesimpulan sendiri.

Contoh iklan televisi beserta penjelasannya akan Anda dapat setelah melihat tayangannya secara penuh. Contoh pada saat bulan Ramadhan banyak sekali promosi yang merupakan penggalan cerita.

Yamaha Mio, ide ceritanya adalah seorang wanita yang galau ketika dilamar pacar. Pada cerita berikutnya, tokoh wanita tersebut memilih pulang ke rumah menemui ibunya. Motor Yamaha Mio sebagai sarana.

Sirup Marjan, paling ramai saat puasa. Ide cerita yang terbaru adalah tentang pertarungan antara sisi jahat dan baik. Audience akan mengira-ngira mana yang akan menang. Namun cerita akhirnya keduanya berdamai.

Satu lagi yang cukup menarik, layanan Go Food. Pada cerita awal, seorang pemuda memasak, kemudian menggeprek ayam, namun berantakan.

Gofood menawarkan solusi untuk layanan pesan antar. Singkat, jelas namun mengena.

Media elektronik menjadi sarana paling cepat menyebarkan informasi, berita, penawaran komersial bahkan propaganda. Jika Anda mencari referensi untuk riset, penelitian, dan sebagainya gunakan saja contoh iklan televisi.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button