Teknologi

Contoh Implementasi Internet of Things

Contoh Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari itu sangat banyak. Karena, beberapa merek saat ini sudah memberikan label, “Smart” di beberapa produk terbarunya. Ini jadi poin penting dan pembeda.

Mungkin, ada sebuah pertanyaan mengapa harus berlogo smart? Jawabannya mudah.

Karena hanya label itu saja, produk tersebut memiliki sensor tambahan. Dimana pengaturannya tidak perlu manual begitu saja.

Tetapi, sudah bisa diatur melalui Smartphone, hanya saja memang ada keterbatasan. Harus diingat, sinyal yang digunakan agar terkoneksi adalah bluetooth atau wifi. keduanya mempunyai jarak maksimal agar terhubung.

Beberapa artikel internet of things juga disebutkan penggunaan teknologi ini dapat dilakukan karena, hadirnya Artificial Intelligance yang disematkan dalam berbagai produk tersebut.

Jadi, tanpa pengaturan tambahan sudah teridentifikasi sendiri.

Salah satu contohnya adalah saat Anda berlangganan sebuah media online. Dimana, beberapa kali membuka dengan topik sama. Tidak lama kemudian, pasti akan ada email masuk merekomendasikan judul lain.

Tetapi, untuk niche favorit masih sama.

Begitu pula bila, penggunanya mengganti tema. Tidak perlu bertanya atau konfirmasi, media tersebut akan mengirim email dan memberikan beberapa bahan bacaan lain.

Contoh Internet of Things di Rumah

Contoh Internet of Things di Rumah

Harus diakui, saat ini konsep Smart Living sudah mulai dikembangkan oleh beberapa brand. Dengan begini, hampir semua perangkat elektronik sudah menyediakan sensor smart yang akan membantu aktivitas sehari-hari.

Misalnya, mengubah kebiasaan dari pintu manual menjadi kunci pintar. Dimana, semua pengaturannya harus melalui Smartphone.

Menariknya, pengaturan mengenai siapa saja yang bisa membuka juga mudah tanpa perlu menyembunyikan kunci.

Cukup lakukan pengaturan saja, maka tingkat keamanannya sangat tinggi. Bahkan, saat ditinggal pergi jauh kemudian, sedang orang bertindak jahat. Notifikasi akan muncul dengan sendirinya. Jadi pergerakannya tahu.

Harus diakui, teknologi seperti ini sangat menguntungkan. Apalagi, sudah ditanamkan beberapa kepintaran. Jadi, saat terjadi perilaku yang tidak wajar maka fitur alarm akan berfungsi otomatis. Dengan begini tingkat keamanannya terjaga.

Contoh penerapan Internet of Things lainnya yang bisa dilihat di Rumah adalah penggunaan Kulkas pintar. Dimana, saat ini teknologinya sudah berkembang dari sebelumnya. Bahkan, terbaru Anda bisa berbicara dengan AI.

Teknologinya bisa membuat Anda tahu berapa stok makanan di dalamnya tanpa harus membukanya. Karena, kecerdasan buatan tersebut bisa memjawab pertanyaan yang masih berhubungan. Serta masih banyak fitur lainnya.

Harus diakui, teknologi canggih seperti ini juga membantu menghemat listrik, mengapa? Saat kulkas ini di buka biasa beban akan bertambah. Jika, terlalu sering sudah dapat dihitung sendiri bukan.

Contoh Internet of Things Bidang Kesehatan

Contoh Internet of Things Bidang Kesehatan

Bukan hanya di Rumah saja, Anda juga bisa menikmati teknologi tersebut di bidang kesehatan. Dimana, saat ini sudah bisa didownload sebuah aplikasi yang akan mendeteksi keberadaan Anda dimana.

Salah satu contoh IOT di Indonesia adalah keberadaan aplikasi peduli lindungi. Dimana, apk dari pemerintah tersebut berfungsi sebagai tracing. Saat ada yang positif, secara otomatis peduli lindungi akan memberikan berbagai data.

Apk tersebut sudah melacak beberapa orang sebelum positif mereka. Jadi, untuk tracing semakin mudah. Hanya saja, Anda harus download dulu di Playstore dan mengaktifkan bluetooth agar dapat terdeteksi.

Sayangnya, kalau bluetooth tersebut tidak diaktifkan maka, tracing tersebut kurang berjalan baik. Tidak hanya itu saja, beberapa Rumah Sakit juga sudah menghadirkan aplikasi khusus, Jadi, saat dilakukan scan muncul semua.

Bagaimana riwayat penyakitnya, dan sudah mendapatkan penanganan apa saja. Termasuk, sudah menggunakan obat apa saja. Dengan begini, saat melakukan pemeriksaan lagi cukup lanjutkan saja semua jejak digitalnya.

Kondisi ini dinilai paling efektif Apalagi, kalau dalam pemasukan datanya sangat lengkap. Mulai dari saturasi oksigen, kadar gula dan masih banyak lagi. Pemantauan kesehatannya bisa dilakukan real 24 jam.

Contoh Internet of Things Bidang Pertanian

Contoh Internet of Things Bidang Pertanian

Penggunaan konsep IOT ini juga dikembangkan di Bidang Pertanian dimana, teknologi ini mampu membawa pengaruh baik pada para petaninya. Mereka bisa melihat semua datanya di Smartphone dan indikatornya banyak.

Mulai dari awal pemupukan, melihat kondisi lahan, sampai nanti Panen dapat dimonitor hanya melalui ponsel saja. Contoh IOT di Bidang Pertanian seperti ini menjadi solusi bagus bagai mereka.

Jadi, pekerjaan lebih efektif dan tidak harus bekerja dua kali. Para Petani juga bisa melihat bagaimana cuacanya dan saran yang harus dilakukan agar kondisinya nanti sesuai dengan yang diharapkan.

Contoh aplikasi internet of things yang sudah dikembangkan, semua data akan terkumpul menariknya hasil itu sangat akurat karena, proses analisanya sangat baik. Selain itu, dalam aplikasi juga bisa dilihat kebutuhan air atau pupuknya.

Perhitungannya sangat detail bahkan, IOT ini juga memberikan data lengkap mengenai pemberian jenis pupuknya apa. Serta masih banyak lagi Informasi yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan konsepnya.

Ada banyak lagi Teknologi yang bisa dilihat serta digunakan. Dimana, semuanya sangat membantu menjalankan kehidupan sehari-hari. Tidak heran bila beberapa produk menjadi salah satu contoh Internet of Things.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button