Marketing

Contoh Jurnal Internasional Manajemen Pemasaran

Pembuatan jurnal internasional manajemen pemasaran pasti akan terasa sangat menantang bagi Anda yang belum pernah melakukannya. Jika dilihat dari contoh jurnal internasional manajemen pemasaran, format jurnal tersebut sama seperti jurnal nasional.

Akan tetapi, jurnal ilmiah internasional memiliki kriteria khusus.

Jika suatu jurnal tidak dapat memenuhi kriteria tersebut, maka tidak dapat disebut sebagai jurnal ilmiah internasional.

Membaca contoh jurnal internasional manajemen pemasaran sangat bermanfaat dalam proses penulisan jurnal internasional manajemen pemasaran anda. Dari contoh ini bahkan Anda dapat memperoleh sumber referensi, jadi jangan ragu untuk mendownload contoh tersebut.

Kriteria Jurnal Ilmiah Internasional

  1. Jurnal berisi karya ilmiah yang ditulis sesuai dengan etika keilmuan dan kaidah ilmiah yang berlaku. Hal ini berarti bahwa isi kandungan jurnal dapat dipertanggungjawabkan, dapat diterapkan, sesuai norma, obyektif, dan rasional
  2. Jurnal telah terdaftar dan mempunyai ISSN (International Standard of Serial Number). Untuk memperoleh ISSN, Anda dapat mengajukan pendaftaran ke lembaga terkait, yaitu LIPI.
  3. Jurnal telah diterbitkan dalam versi online. Di Indonesia, terdapat website publikasi jurnal ilmiah milik pemerintah, yaitu SINTA. Peneliti juga dapat mempublikasikan penelitiannya di Google Scholar.
  4. Jurnal ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa resmi PBB. Bahasa resmi PBB tidak hanya mencakup bahasa Inggris saja, namun juga bahasa Prancis, Arab, Russia, serta China.
  5. Jurnal dikelola secara profesional. Pengelolaan jurnal secara profesional sangat penting untuk mendukung jurnal bereputasi. Hal ini akan mempengaruhi penilaian kualitas jurnal.
  6. Dewan redaksi yang terlibat dalam jurnal ilmiah internasional adalah pakar dalam bidang tersebut. Jika Anda menulis jurnal manajemen pemasaran, maka Anda sebaiknya memilih jasa publikasi dan pengelola jurnal yang khusus menangani jurnal manajemen secara umum atau jurnal manajemen pemasaran secara khusus.
  7. Jurnal mengandung suatu isu serta penulisnya berasal dari beragam negara. Jurnal sebaiknya mengangkat isu terkini yang sedang dihadapi oleh dunia serta menawarkan solusi atau memberi dampak positif pada penanganan isu tersebut.
  8. Jurnal terindeks dalam database internasional terpercaya, contohnya Scopus dan WOS. Kebanyakan peneliti dan dosen lebih memilih Scopus karena platform ini mendukung 4 bidang ilmu termasuk sosial humaniora serta memiliki lebih banyak jurnal, menyajikan data hak paten, dan menyediakan layanan penilaian jurnal.

Belajar dari Contoh Jurnal Internasional Manajemen Pemasaran

Menulis jurnal internasional manajemen pemasaran untuk pertama kalinya bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk mempelajari contoh jurnal internasional manajemen pemasaran terlebih dahulu sebelum melakukan proses penulisan jurnal.

Dari contoh tersebut, Anda dapat memperoleh beberapa keuntungan.

Mendapat Ide tentang Topik Penulisan Jurnal Internasional

Beberapa orang terkadang merasa bingung dalam memilih topik jurnal manajemen pemasaran yang akan ditulis. Untuk memperoleh ide tentang topik ini, Anda dapat membaca berbagai contoh jurnal terbaru.

Dari contoh-contoh tersebut, Anda akan tahu topik-topik apa yang masih perlu diangkat dalam jurnal internasional. Memilih topik jurnal baru yang masih memerlukan research tentu akan membuat jurnal anda lebih menarik dan memperoleh penilaian yang baik.

Familiar dengan Format Jurnal Internasional

Membaca banyak contoh jurnal internasional manajemen pemasaran akan membuat Anda lebih familiar dengan format jurnal internasional. Apabila Anda telah familiar dengan format penulisan, maka Anda dapat dengan mudah membuat outline jurnal penelitian yang akan ditulis.

Mengetahui Penggunaan Bahasa yang Baik dan Benar dalam Penulisan Jurnal

Penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam penulisan jurnal sangatlah penting. Penggunaan bahasa ini nantinya akan mempengaruhi penilaian jurnal yang anda tulis.

Sayangnya, beberapa orang mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa yang baik dan benar pada jurnal internasional karena jurnal ini ditulis dalam bahasa asing.

Anda yang terbiasa menulis jurnal dalam bahasa Indonesia mungkin akan mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajarinya dai contoh jurnal internasional yang telah ada.

Dari contoh tersebut, Anda akan mengetahui kata-kata formal, jargon-jargon, dan tata bahasa asing yang dipakai pada jurnal internasional manajemen pemasaran.

Belajar Cara Menarik Perhatian Pembaca

Jurnal manajemen pemasaran yang dapat menarik perhatian pembaca akan memiliki nilai tambah. Namun, bukanlah hal yang mudah bagi penulis yang baru pertama kali menulis jurnal internasional.

Salah satu cara untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan membaca banyak contoh jurnal internasional manajemen pemasaran. Dari contoh ini, Anda akan tahu cara menulis jurnal dengan runut, menarik, dan mudah dipahami meski menggunakan istilah atau jargon ilmiah.

Tips Membuat Jurnal Internasional Manajemen Pemasaran yang Baik

Selain belajar dari contoh jurnal internasional manajemen pemasaran, Anda juga perlu menerapkan beberapa tips dan trik dalam penulisan jurnal internasional manajemen internasional. Dengan menerapkannya, jurnal Anda akan memiliki ranking yang baik.

Jurnal Memberi Kontribusi pada Masyarakat dan Ilmu Pengetahuan

Jurnal yang Anda tulis akan dinilai memiliki ranking tinggi jika jurnal tersebut dapat memberi kontribusi pada masyarakat dan ilmu pengetahuan. Oleh karenanya, Anda harus memilih topik penelitian yang mengangkat isu terbaru dalam bidang manajemen pemasaran.

Jika Anda mampu memberikan solusi sekecil apapun dalam penanganan isu tersebut melalui penelitian dan jurnal anda, maka jurnal tersebut akan memiliki rank yang baik. Kontribusi ini tidak harus berskala dunia, cukup berskala lokal atau daerah terpencil terkadang sudah cukup.

Jurnal Memiliki Ide Konsep Teori yang Berkualitas

Jurnal internasional manajemen pemasaran yang menarik untuk dibaca serta memiliki tata bahasa yang baik memang akan memiliki nilai plus. Akan tetapi, jurnal yang memiliki ide konsep teori yang berkualitas adalah yang paling baik.

Hal ini berarti bahwa Anda tetap harus memprioritaskan ide konsep teori dari jurnal yang akan ditulis. Apabila Anda telah menemukan ide konsep tersebut, jangan ragu untuk menuangkannya dalam penelitian dan jurnal anda.

Janganlah terlalu khawatir tentang tata bahasa dan pemilihan bahasa asing yang Akan anda gunakan dalam jurnal. Masalah bahasa ini dapat dipikirkan belakangan. Selain itu, ada jasa proofreader, reviewer, dan translator yang dapat membantu anda dalam aspek bahasa.

Mengetahui Target Pembaca

Mengetahui siapa target pembaca jurnal dapat membantu Anda mengetahui minat pembaca. Dengan pengetahuan tersebut, Anda dapat memilih topik jurnal yang tepat dan menarik pembaca.

Untuk itu, Anda sebaiknya menentukan website publikasi sejak awal. Setiap web publikasi memiliki sasaran pembaca yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat memilih satu yang sesuai dengan target pembaca jurnal anda.

Hindari Plagiarisme

Jurnal anda akan langsung ditolak oleh publisher jika terbukti mengandung plagiarisme. Untuk menghindarinya, Anda perlu membuat penelitian seautentik mungkin dan pandai-pandai memparafrase referensi yang anda gunakan dalam jurnal.

Jangan Menyerah Jika Publisher Menolak dan Memberi Review yang Negatif

Terkadang publisher menolak jurnal yang dikirim oleh peneliti serta memberi review negatif atau menyakitkan. Jangan menyerah jika Anda mengalaminya. Jadikan hal tersebut sebagai sarana memperbaiki jurnal.

Setelah jurnal diperbaiki, Anda dapat mengirimnya ke publisher lain.

Baca : Situs Jurnal Internasional

Nah, demikian artikel contoh jurnal internasional manajemen pemasaran. Semoga bermanfaat ya.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button