MarketingBisnis

Contoh Jurnal Manajemen Pemasaran

Contoh jurnal manajemen pemasaran banyak dicari untuk dijadikan sebagai referensi penulisan karya tulis ilmiah serupa. Ada banyak jurnal yang terbit untuk dijadikan sebagai referensi penulisan karya ilmiah sejenis.

Biasanya jurnal seperti ini akan diterjemahkan secara berkala oleh instansi terkait.

Salah satu yang paling umum adalah perguruan tinggi. Anda bisa mencarinya dengan mudah lewat situs resmi tiap-tiap perguruan tinggi maupun laman pencarian Google.

Contoh Judul Jurnal Manajemen Pemasaran

Sebagai referensi penulisan jurnal manajemen pemasaran, tentunya Anda membutuhkan contoh judul terkait. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui gambaran jurnal seperti apa yang ingin ditulis.

Jadi, Anda bisa langsung mencari tahu contoh jurnal manajemen pemasaran.

1. Segmentasi Gaya Hidup Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang Selatan Terhadap Studi Pemasaran.

2. Analisis Web Quality, Trust dan Loyalty Pelanggan Online Shop Cikita Maudy.

3. CRM dan Aplikasinya untuk Industri Jasa dan Manufaktur.

4. Perilaku serta Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Produk Healthy Bar.

5. Pengaruh Selebgram dalam Penjualan Produk Toko Online Rachel Juicy Shop.

6. Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Penggunaan Hotel Mawar Melati Bekasi Barat.

7. Pengaruh Bauran Pemasaran Marketing Mix 7P pada Pembelian Produk Coklat Bar di Jakarta Timur.

8. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Marina Meningkat di Kota Tangerang.

9. Pengaruh Marketing Mix 4P Terhadap Pembelian Produk Mobil Toyota di Bogor.

10. Pengaruh Kerjasama Perusahaan Supplier dengan Freight Forwarder Terhadap Permintaan Produk Import China.

Contoh Jurnal Manajemen Pemasaran Mudah Dipahami

Agar memudahkan Anda dalam penulisan jurnal manajemen pemasaran, maka sebaiknya cobalah untuk menyimak contohnya terlebih dahulu.

Tentunya contoh jurnal manajemen pemasaran berikut bisa dijadikan referensi terbaik bagi Anda:

Analisis Pengaruh Marketing Mix 7P dan Perilaku Konsumen pada Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Cimory Yoghurt di Tangerang Selatan

Erwan Djamal, Nia Agnestia, Rubi Ridl Angeline

Jurusan Teknologi Ilmu Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Ilmu Pertanian

Universitas Kilogis Indonesia

Penulis Korespondensi; Email: [email protected]

Abstrak

Peningkatan aktivitas serta pendapatan penduduk, mendorong kebutuhan akan makanan praktis dan menyehatkan seperti halnya Cimory Yoghurt.

Ini merupakan produk minuman kaya gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tujuan dari penelitian ini tentu saja untuk mengetahui seberapa besar pengaruh simultan serta parsial dari variabel marketing mix 7P dan perilaku konsumen tersebut dalam mengkonsumsi produk Cimory Yoghurt.

Penelitian ini dilakukan dengan 100 responden.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel marketing mix 7P secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk Cimory Yoghurt.

Kemudian, perilaku konsumen juga berpengaruh secara signifikan. Namun, variabel lingkungan tidak berpengaruh secara signifikan.

Pendahuluan

Peningkatan kegiatan serta pendapatan penduduk, tentu mendorong kian dibutuhkannya makanan maupun minuman praktis dan kaya gizi.

Pendapatan masyarakat yang terus meningkat juga diikuti dengan perilaku hidup untuk semakin modern.

Hal tersebut kemudian menimbulkan permintaan yang tinggi terhadap makanan maupun minuman dengan gizi terbaik. Salah satunya adalah Cimory Yoghurt. Cimory Yoghurt bukan hanya sekedar produk minuman biasa.

Ini merupakan produk yang bukan hanya dapat diminum saja, melainkan juga memiliki kandungan gizi tinggi serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cimory Yoghurt mengandung nutrisi berimbang bagi tubuh dan cocok dikonsumsi untuk segala jenjang usia.

Dalam rangka mencukupi kebutuhan gizi, tentunya banyak produsen yang mengeluarkan varian keunggulan dari tiap-tiap produk. Adapun keputusan pembelian produk Cimory Yoghurt dipengaruhi oleh marketing mix 7P.

Diantaranya promotion, place, price, product, process, physical evidence serta people. Selain itu, juga ada faktor individual, lingkungan dan psikologis yang berpengaruh.

Tentunya hal ini akan menjadi suatu hal penting untuk diketahui.

Tujuan dari penelitian ini tentunya untuk mengetahui secara parsial dan simultan berbagai variabel marketing mix terhadap adanya keputusan pembelian produk Cimory Yoghurt.

Penelitian ini dilakukan di Kota Tangerang Selatan sebagai hasil studi kasus.

Tinjauan Teoritis

Terdapat tiga macam teori yang dipakai dalam penelitian ilmiah ini. Teori tersebut diantaranya marketing mix, perilaku konsumen untuk pembelian serta analisis regresi linier berganda.

Yang dijelaskan rinciannya seperti berikut:

1. Marketing Mix 7P

Marketing mix 7P merupakan konsep utama dalam strategi pemasaran modern dan sering disebut sebagai bauran pemasaran.

Sementara itu, 7P merupakan pengembangan teori 4P yaitu people, process, physical evidence, price, product, place, dan promotion.

2. Perilaku Konsumen untuk Pembelian

Perilaku konsumen untuk pembelian didefinisikan sebagai keterlibatan langsung orang-orang untuk mendapatkan, mengkonsumsi hingga menghabiskan produk tertentu.

Perilaku konsumen seperti ini tentunya dipengaruhi oleh lingkungan, perilaku individu hingga faktor psikologi.

3. Regresi Linier Berganda

Perhitungan regresi linier berganda berguna untuk memprediksi berapa besaran pengaruh variabel bebas terhadap sejumlah variabel terikat.

Hal ini sangat penting untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh marketing mix 7P dengan perilaku konsumen dalam pembelian produk Cimory Yoghurt.

Pengembangan Hipotesis

Penelitian ilmiah ini memiliki sifat deskriptif analitik yang berguna untuk mengetahui pengaruh simultan maupun parsial terhadap variabel keputusan pembelian produk Cimory Yoghurt.

Berdasarkan kerangka penelitian, maka diperoleh hipotesis seperti berikut.

1. H1 : Marketing mix yang terdiri atas atribut produk, harga, saluran distribusi, orang, promosi, proses, lingkungan fisik maupun perilaku konsumen.

Yang terdiri dari faktor psikologi, lingkungan dan individu untuk memberikan pengaruh simultan terhadap keputusan pembelian produk.

2. H2 : Marketing mix yang yang terdiri dari harga, atribut produk, saluran distribusi, promosi, orang, lingkungan fisik, proses dan perilaku konsumen.

Yakni faktor psikologi, lingkungan maupun individu dalam memberikan pengaruh parsial terhadap keputusan pembelian produk tersebut.

Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada sejumlah tempat yang menjual produk Cimory Yoghurt seperti tempat fitnes, senam dan sport center di Kota Tangerang Selatan.

Kota ini dipilih karena merupakan salah satu kota yang cukup maju di Provinsi Banten dan berdekatan dengan ibukota Jakarta.

Teknik penarikan sampel dalam penelitian ilmiah ini adalah teknik sampel tanpa peluang. Teknik ini dapat didefinisikan sebagai metode judgement sampling.

Adapun kriteria pengambilan sampel dari metode judgment ini di antaranya:

1. Menentukan pilihan konsumen yang bersedia untuk diwawancarai maupun melakukan pengisian kuesioner tertentu. Tentunya kuesioner tersebut sudah disiapkan sebelumnya.

2. Konsumen menjadi pihak responden dengan kriteria usia 18 – 40 tahun berjenis kelamin perempuan. Tentunya mereka adalah orang-orang yang mengerti, mengenal, dan mengkonsumsi produk Cimory Yoghurt.

Alasan pemilihan konsumen perempuan dengan rentang usia 18 – 40 tahun karena dinilai jauh lebih menyukai camilan maupun minuman penuh gizi seperti Cimory Yoghurt.

Hal ini juga dikarenakan para wanita jauh lebih menjaga kesehatan dan kerampingan tubuhnya.

Jumlah responden yang akan ditentukan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Selain itu, penelitian ilmiah ini juga menggunakan teknik pengumpulan data yang sesuai.

Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini ialah:

1. Kuesioner

Kuesioner merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dianggap cukup efektif. Kuesioner akan diberikan kepada para responden dengan sifat tertutup.

Nantinya para responden dapat memilih alternatif jawaban yang terdapat pada kuesioner tersebut.

2. Teknik Wawancara

Teknik wawancara merupakan semacam teknik yang dilakukan guna mendapatkan data pendukung dan penunjang yang berasal dari para responden. Tentunya setelah mendapatkan data utama dari kuesioner responden.

3. Studi Pustaka

Studi pustaka menjadi suatu instrumen pengukuran variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Studi pustaka penelitian ini menggunakan skala Likert guna melakukan pengukuran sikap, pendapat maupun persepsi seseorang maupun sekelompok lainnya terkait kejadian maupun gejala sosial lainnya.

Sementara itu, perhitungan penelitian ini memakai program komputer bernama Statistical Product and Service Solution.

Atau yang dikenal dengan nama SPSS untuk sistem operasi Windows 2010 dalam pengujian validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, multikolinieritas, normalitas, heteroskedasitas, uji T dan F.

Hasil dan Pembahasan

Berdasarkan penelitian dan kajian yang dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian dan uraian pembahasan. Tentunya hasil dan pembahasan berikut didapatkan secara objektif tanpa adanya penambahan apapun.

1. Karakteristik Responden

Karakteristik responden memberikan gambaran kondisi responden terhadap penelitian ini.

Gambaran tersebut meliputi usia, pendidikan terakhir yang diampu, pekerjaan, penghasilan per bulan, jumlah anggota keluarga serta status responden.

Responden yang diambil untuk melakukan penelitian ini adalah mereka yang berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia mulai dari 18 sampai 40 tahun.

Adapun total keseluruhan responden dalam penelitian ini adalah 100 orang.

Pemilihan kriteria responden tersebut dilakukan karena perempuan cenderung lebih suka memperhatikan penampilan dan kesehatan tubuhnya.

Setelah dilakukan penelitian dengan berbagai teknik pengumpulan data yang dilakukan, maka diperoleh hasil yang sangat mengejutkan.

Responden yang banyak mengkonsumsi Cimory Yoghurt berada pada rentang usia 18 sampai 20 tahun sebanyak 57% atau 57 responden dari total 100 responden.

Hal ini menunjukan fakta bahwa rentang usia tersebut termasuk golongan muda yang masih senantiasa produktif.

Pada rentang usia tersebut, responden banyak bekerja dan melakukan sosialisasi dengan rekan kantor, rekan kuliah dan lainnya.

Bahkan mereka juga kerap berinteraksi di platform sosial media sehingga sangat mudah dalam menerima maupun memahami isu-isu lingkungan yang tren saat ini.

Sementara itu, kelompok dengan tingkat pendapatan Rp. 1.000.000,00 sampai Rp. 2.500.000,00

Merupakan kelompok yang mendominasi tingkat konsumsi Cimory Yoghurt yakni sebanyak 34% dari total keseluruhan responden.

2. Sebaran Frekuensi Jawaban Item Pernyataan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh sebaran atau distribusi frekuensi jawaban item pernyataan.

Distribusi tersebut dapat dijelaskan secara mendetail dan terperinci melalui uraian seperti berikut.

• Marketing Mix 7P

– Produk

Secara keseluruhan dari akumulasi papan responden yang diperoleh dari penelitian, maka diketahui sebanyak 33% responden setuju bahwa produk Cimory Yoghurt memiliki cita rasa enak dan khas.

Kemudian, sebanyak 54% setuju bahwa produk tersebut mempunyai zat bermanfaat bagi tubuh.

Lalu, sebanyak 43% responden setuju bahwa produk tersebut mudah dikonsumsi kapan dan dimana saja. sebanyak 59% responden setuju bahwa produk minuman penuh gizi tersebut mempunyai izin halal.

Sementara itu, 51% responden menyatakan setuju bahwa desain kemasan produk sangat bagus.

– Harga

Berdasarkan akumulasi data responden yang diperoleh tentang variabel produk ditemukan beberapa fakta tentang harga. Sebanyak 36% responden menyatakan bahwa harga produk Cimory Yoghurt masih dalam batas wajar.

Sebanyak 36% responden tidak setuju bahwa harga tersebut sesuai dengan harapan konsumen. Sementara itu, sebanyak 38% responden memberikan pernyataan netral terkait harga produk yang dinyatakan wajar.

– Saluran Distribusi

Berdasarkan akumulasi dari data responden yang sudah didapatkan tentang variabel produk, ditemukan sejumlah hasil penting.

Sebanyak 40% responden menyatakan bahwa terdapat jaminan ketersediaan produk serupa di toko-toko, mall, supermarket dan tempat kebugaran lainnya di Kota Tangerang Selatan.

Sebanyak 39% responden menyatakan setuju terkait penjualan produk yang mudah dijangkau.

Kemudian, sebanyak 42% responden menyatakan sikap netral tentang ketersediaan produk serupa di berbagai toko dengan varian yang lengkap.

– Promosi

Jika ditinjau berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh data terkait promosi.

Diketahui sebanyak 59% responden menyatakan setuju bahwa produk Cimory Yoghurt dipromosikan dengan baik di berbagai media elektronik, cetak dan online.

Kemudian, sebanyak 44% responden menyatakan setuju bahwa produk tersebut juga mampu memberikan informasi yang lengkap pada bagian kemasan.

Sementara itu, 39,38% responden setuju bahwa dalam promosi produk Cimory Yoghurt menyampaikan pesan kepedulian pada kesehatan tubuh.

– Orang

Kemudian, untuk bauran pemasaran dalam segi orang diperoleh data berikut. Sebanyak 60% responden menyatakan sikap netral tentang pelayanan pramuniaga yang baik dan ramah terhadap pembelian produk di toko.

Kemudian, sebanyak 51% responden netral bahwa layanan pelanggan produk tersebut tersedia.

Sementara itu, sebanyak 67% responden menyatakan netral terhadap proses pelayanan dalam pembayaran produk Cimory Yoghurt yang relatif cepat.

Dengan proses pembayaran yang cepat tersebut, maka membuat pembelian produk bisa teratur dengan baik.

– Lingkungan Fisik

Dari penelitian yang dilakukan, maka berhasil diperoleh data terkait lingkungan fisik.

Sebanyak 51% responden menyatakan kesetujuannya bahwa produk Cimory Yoghurt mempunyai penataan rak yang bagus di toko-toko penjualan.

Kemudian, sebanyak 54% responden menyatakan setuju terkait kondisi tempat pembelian produk Cimory Yoghurt yang rapi, bersih sekaligus nyaman.

Inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri dalam pembelian produk.

• Perilaku Konsumen

– Faktor Lingkungan

Berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan terhadap produk Cimory Yoghurt, diperoleh data tentang faktor lingkungan.

Sebanyak 47% responden menyatakan sikap netral terhadap kemampuan daya beli produk yang tinggi.

Kemudian, sebanyak 42% responden menyatakan tidak setuju bahwa pembelian produk karena ingin menunjukan adanya kelas sosial kepada lingkungan masyarakat.

Sementara itu, sebanyak 42% responden menyatakan sikap netral terhadap situasi pembelian produk yang nyaman.

– Faktor Individu

Jika ditinjau dari penelitian yang sudah dilakukan, maka diperoleh data seperti berikut. Sebanyak 40% responden menyatakan sikap netral bahwa pembelian produk Cimory Yoghurt sesuai dengan pendapatan bulanan.

Sebanyak 39% responden menyatakan bahwa tidak setuju terkait keputusan pembelian produk karena mengikuti trend terkini.

Kemudian, sebanyak 42% responden menyatakan tidak setuju jika pembelian produk menyesuaikan dengan gaya hidup.

– Faktor Psikologi

Kemudian, dari faktor psikologi terkait penelitian ilmiah yang dilakukan maka ditemukan beberapa data. Sebanyak 35% responden menyatakan sikap netral karena mempunyai penerimaan informasi yang baik dan benar.

Sebanyak 42% responden menyatakan netral bahwa pembelian produk dipengaruhi oleh adanya perubahan sikap serta perilaku konsumen dalam hal mengkonsumsi makanan maupun minuman tertentu.

Tentunya sikap dan perilaku sangat berpengaruh terhadap komunikasi promosi produk.

• Keputusan Pembelian produk

Keputusan pembelian produk dipengaruhi analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda menggunakan software yang sudah ditentukan.

Dari teknik olah data tersebut, maka diperoleh beberapa asumsi seperti normalitas, multikolinieritas, non heteroskedastisitas, hipotesis simultan serta parsial.

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan yang penting.

Selain itu, juga terdapat saran sehingga bisa bermanfaat nantinya untuk kajian-kajian lain berkaitan dengan teori marketing mix 7P yang digunakan.

1. Kesimpulan

• Variabel dalam marketing mix 7P secara simultan mempunyai pengaruh terkait pembelian produk Cimory Yoghurt di Kota Tangerang Selatan.

• Variabel dalam konsep marketing mix 7P secara parsial berpengaruh kepada pembelian produk serupa di Kota Tangerang Selatan.

2. Saran

• Produsen Cimory Yoghurt bisa mempertahankan kualitas produk bahkan memberikan inovasi variasi produk seiring dengan kepuasan konsumen.

• Dari hasil penelitian ditemukan bahwa produsen Cimory Yoghurt bisa meningkatkan keseluruhan aspek secara kontinyu karena adanya kepuasan konsumen tersebut.

Demikian informasi mengenai contoh jurnal manajemen pemasaran, publish di kategori Marketing, semoga bermanfaat ya.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button